Makalah Ruang Lingkup Ilmu Alam Dasar, Sosial Dasar dan Budaya Dasar - contoh makalah

Makalah Ruang Lingkup Ilmu Alam Dasar, Sosial Dasar dan Budaya Dasar

download[4]
-
BAB I
PENDAHULUAN
A . Latar belakang
     Dalam kehidupan sehar-hari banyak berbagai macam fenomena alam,sosial, dan budaya.kehidupan di alam semesta ini tidak terjadi begitu saja, tetapi ada prosesnya. Konsep ilmu alamiah, sosial, dan ilmu budaya dasar merupakan komponen yang sangat penting untuk memahami eksistensi dan esensi alam semesta serta manusia yang saling berkaitan erat.ilmu alamiah dasar, ilmu sosial dasar, dan ilmu budaya dasr sangat berhubungan dengan masalah kemanusiaan dan kealaman.
     Ilmu alamiah dasar merupakan sarana yang baik karena mempelajari  ilmu alamiah akan terbiasa melakukan langkah-langkah yang pada akhirnya akan terbina  pula sikap ilmiah.
     Ilmu sosial dasar merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial.

B. Rumusan Masalah
1.  Bagaimana ruang lingkup ilmu alam dasar ?
2.  Bagaimana ruang lingkup ilmu sosial dasar ?
3.  Bagaimana ruang lingkup ilmu budaya dasar ?

C .Tujuan
1.  Untuk mengetahui ruang lingkup ilmu alam dasar.
2.  Untuk mengetahui ruang lingkup ilmu sosial dasar.
3.  Untuk mengetahui ruang lingkup ilmu budaya dasar.  
    

BAB II
PEMBAHASAN
A . Ruang Lingkup Ilmu Alam Dasar
Ilmu alamiah dasar (IAD) merupakan ilmu pengetahuan alam yang mengkaji prinsi-prinsip esensial saja.secara garis besar meliputi:
1.      Fisika (plivsics)
Adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tidak hidup atau mati dari aspek wujud dengan perubahan-perubahan yang bersifat sementara.fisika dalam klasik dibagi dalam mekanika; panas ,bunyi ,cahaya dan lain-lain.
2.      Kimia (Chemistry)
Adalah suatu ilmu yang mempelajari benda  hidup dan tidak hidup dari aspek susunan materi dan perubahan-perubahan yang bersifat tetap.
3.      Biologi (Biological Science)
Adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya.biologi di bagi atas cabang-cabang sebagai berikut:
a.)    Botani
   Adalah suatu cabang biologi yang mempelajari tentang seluk-beluk tumbuhan.
b.)    Morfologi
Adalah suatu cabang biologi yang mempelajari tentang struktur luar atau bentuk luar makhluk hidup.
c.)    Anatomi
Adalah suatu cabang biologi yang mempelajari tentang struktur dalam atau bentuk dalam makhlukhidup.
d.)   Fisiologi
Adalah suatu cabang biologi yang mempelajari tentang fungsi bagian tubuh atau organ makhluk hidup.
e.)    Sitologi
Adalah suatu cabang biologi yang mempelajari tentang sel secara mendalam meliputi struktur molekul dan lain-lain.

Menurut Abdullah Aly dan Eny Rahma dalam bukunya  meliputi:
1.      Kelahiran Alam Semesta
a.) Mengenal alam semesta
b.) Teori terbentuknya alam semesta
Ø  Teori ledakan
Teori ledakan ini bertolak dan adanya suatu massa dan berat jenis yang sangat besar, meledak dengan hebat karena adanya reaksi ini, massa itu kemudian berserakan mengembang sangat cepatnya menjauhi pusat ledakan.
Ø  Teori ekspansi dan kontraksi teori
Teori ini berlandaskan pikiran bahwa ada suatu siklus dan alam semesta, yaitu masa ekspansi dan masa kontraksi diduga bahwa siklus ini berlangsung dalam waktu 30.000 juta tahun.
2.      Tata Surya
Tata surya adalah suatu organisasi yang teratur pada matahari
3.      Bumi
Teori tentang kejadian bumi:
a.)    Teori kant laplace
     Di alam raya sudah ada alam yang telah berputar makin lama makin mendingin,perputaran ini mengakibatkan pendataran di bagian-bagian kutubnya dan menimbun materi dibagian khatulistiwanya yang merupakan daerah paling tidak stabil sewaktu perputaran makin cepat,bagian tersebut akan terlepas materi dan massa asal.kemudian mengambil kondensasi akhirnya menjadi padat berputar  mengelilingi massa asal, maka asal tersebut menjadi matahari dan bagian terlepas setelah padat menjadi planet.
b.)    Teori Chamberlain dan Maulton
Mereka mengemukakan suatu teori tentang matahari dan bumi,teorinya terkenal dengan teori plenetesimal.
c.)    Teori Jean dan jefreys
4.      Asal Mula Kehidupan Di Bumi

B. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar (ISD) adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana untuk mencari jalan keluar memecahkan masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.adapun ruang lingkup pembahasan meliputi:
1.      Adanya  berbagai aspek pada suatu masalah sosial,biasanya masalah sosial dapat di tanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda oleh bidang-bidang pengetahuan keahlian yang berbeda-beda pula,baik sebagai pendekatan tersendiri maupun gabungan (antar bidang).
2.      Adanya berbagai golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri, tetapi memiliki banyak persamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran dan tingkah laku yang menyebabkan adanya pertentangan maupun hubungan-hubungan setia kawan dan bekerja sama dalam masyarakat.
3.      Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat,yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
4.      Konsep-konsep sosial yang dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial.dapat kita pahami dan sadari didalam masyarakat selalu terdapat:
v  Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual maupun kelompok.
v  Persamaan dan perbedaan kepentingan.
v  Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
5.      Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam  berbagai kenyataan social yang antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
Pengertian masalah sosial ada dua macam:
Ø  Menurut umum atau warga masyarakat bahwa masalah sosial menyangkut  segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan umum.
Ø  Menurut para ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat berdasarkan studi mereka yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.
   Ilmu sosial dasar, sebagaimana halnya dengan ilmu budaya dasar dan ilmu alamiah dasar, bukanlah pengantar  suatu bidang keahlian (disiplin) ilmu-ilmu sosial tertentu. tidak seperti penganta r ilmu politik, pengantar sosiologi, atau pengantar antropologi dan sebagainya tetapi menggunakan pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang keahlian untuk menanggapi masalah=masalah sosial.

C. Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Ilmu budaya dasar (IBD)adalah ilmu yang mempelajari budaya atau akal manusia yang sangat humaniter, Ilmu budaya dasar juga memiliki kecenderungan  dengan basic humanities, humanities berasal dari kata latin humanus yang artinya manusiawi, berbudaya, dan halus (refined).ilmu budaya dasar tidak identik dengan pengetahuan budaya yang mencakup keahlian filsafat dan seni yang dapat dibagi-bagi lagi kedalam berbagai bidang keahlian seperti;seni sastra, seni tari dan lain-lain.ruang lingkup budaya dasar meliputi;
1.      Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya maupun gabungan berbagai di siplin dalam pengetahuan budaya.
2.      Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi bergam wujudnya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat.dalam menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya, tetapi juga ketidak seragaman.
Bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian, manusia tidak saja sebagai subjek,melainkan sebagai objek pengkajian.bagaimana hubungan manusia dengan alam, sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan tuhan meenjadi tema sentral dalam ilmu budaya dasar.  
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam ilmu pengetahuan alam (IPA) dan teknologi.ilmu alamiah dasar meliputi:
v  Fisika
v  Kimia
v  Biologi
v  Kelahiran Alam Semesta
v  Tata Surya
v  Bumi
Ilmu sosial dasar adalah ilmu-ilmu sosial di pergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.yang meliputi:
v  Adanya  berbagai aspek pada suatu masalah sosial
v  Adanya berbagai golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan
v  Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari budaya atau akal manusia.yang meliputi:
v  Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya.
v  Hakikat manusia yang satu atau universal.

B . Saran
Dengan adanya makalah ini,diharapkan kepada mahasiswa agar lebih mudah memahami secara mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dikaji kedalam IAD, ISD,dan IBD.
Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekhilafan, oleh karena itu kepada para pembaca mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun akan diterima dengan senang hati demi kesempurnaan makalah selanjutnya.
Kepada semua pihak khususnya kepada dosen pengampu yang telah memberikan saran dan kritik konstruktif demi kesempurnaan makalah ini, kami ucapkan terima kasih.

Daftar Pustaka
 Hidayati Nur, Ir., Mawardi, Drs., Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya     Dasar, CV.  Pustaka Setia, Bandung, 2000 .
Sulaeman Munandar, Dr. M, Ilmu Budaya Dasar, PT. Refika Aditama, Bandung, 2012.
Haryanto Rudy, MM, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Pena Salsabila, Surabaya, 2013.
S0elaeman Munandar, Ir. MS. M, Ilmu Sosial Dasar,PT. Eresco, Bandung, 1993.


0 Mayu kana' jhek rasarah jhek kun becah malolo tang blog rea mara komentari blog rea se ajudul "Makalah Ruang Lingkup Ilmu Alam Dasar, Sosial Dasar dan Budaya Dasar"

Back To Top