Wednesday 18 October 2017

Sejarah amerika selatan,Bentuk benua amerika bagian selatan




AMERIKA SELATAN
 MAKALAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Geografi yang diampu oleh Ibu Sri Ira Suharwati, M.PD


Oleh Kelompok 7:
Mar’atush Shalihah : 20160701050054
Siti Sutartinah : 2016070105005497
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
2017






KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua yang berupa ilmu dan amal.Berkat rahmat dan hidayah-Nya pula, penulis dapat menyelesaikan makalah “Ameraka Selatan” insya Allah tepat pada waktunya.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Akhirnya, kritik,saran, dan masukan yang membangun sangat penulis butuhkan untuk dijadikan pedoman dalam penulisan kearah yang lebih baik lagi. Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Amiin.
Wassalamu’alaikumWr. Wb

Pamekasan, 17- oktober- 2017

Penulis
Kelompok 7









DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................... ii
Daftar Isi........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................ 1
C.     Tujuan Masalah............................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Sejarah amerika selatan................................................................. 2
B. Letak lokasi................................................................................... 3
C. Bentuk benua amerika bagian selatan............................................ 4
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................... 5
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 6




                                                                                                      

 

BAB I
PEDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Konsep regional, seperti yang telah banyak dikemukakan oleh para ahli geografi, merupakansuatu konsep yang mempelajari suatu wilayah geografi. Suatu region ukurannya bervariasi, dari yang sangat luas sampai luasnya terbatas. Yang menjadi patokan adalah region harus memiliki karakteristik ertentu, memiliki kekuasaan yang dapat dibedakan dari region, wilayah lainnya. Geografi regional dunia merupakan ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari gejal-gejala dan kenyataan-kenyataan geografi dunia dalam hubungan dengan berbagai aspek kehidupan di dunia tertentu.
B.     Rumusan Masalah
1.      Sejarah amerika selatan
2.      Letak lokasi
3.      Bentuk benua amerika selatan bagian selatan
C.    Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui sejarah amerika serikat
2.      Untuk mengetahui letak lokasi
3.      Untuk mengetahui bentuk benua amerika serikat bagian selatan















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sejarah Amerika Selatan
Amerika selatan terdiri dari 12 negara republik merdeka, yaitu: Argentina, Bolivia, Brazilia, Chili, Colombia, Ecuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, dan Veneuzela. Kawasan benua ini uga mencakup propinsi seberang lautan prancis, yakni guyana prancis dan kepuluan falkland milik inggris. Negara-negara amerika selatan sering disebut dengan amerika lati, meskipun amerika latin adalah suatu istilah untuk bagian benua amerika yang kebudayaan penduduknya dipengaruhi oleh budaya latin. Secara geografis amerika latin juga mencakupi mexico, negara-negara di amerika tengah dan kependudukan. Karibia, yang menggunakan bahasa portugis, spanyol dan prancis. [1]
Keanekaragaman dan kekontrasan juga merupakan ciri penduduk amerika selatan. Latar belakang etnis dan kebudayaan, begitu pula dengan tingkah peadapan, menyebabkan penyatuan dan pembauran di kawasan ini mengalami hambatan. Warisan peninggalan spanyol tampak jelas di mana-mana. Bahasa spanyol dan portugis, pengaruh agama katolik roma yang berakar, nilai sosial lama, dan stratifikasi kebudayaan yang ketat, kegairahan untuk mendiami perkotaan, kegemaran pada tata cara upacara dan pemerintahan terpusat, prestise atas pemilikan, terdapat di mana-mana. Demikian pula perbedaan yang sangat jelas antara yang kaya dan yang miskin, anatar yang terpelajar dan buta aksara, antara perubahan dinamis da kemandekan yang tanpa batas, aantara perkembangan pesat dan ketidak pedulian yang tidak tergoyahkan, serta antara populasi kota yang terus membengkak dan wilayah yang kosong.
B.     Letak Lokasi
1.      Letak astronomis
Secara astronomis, benua amerika terletak pada koordinat 13  LU-53 LS dan 35 -82





. l

2.      Letak geografis benua amrika selatan
Terletak antar samudera atlantik dan samudera pasifik. Amerika selatan berada di bagian selatan dari daratan amerika. Amerika selatan, biasa disebut dengan nama amerika latin adalah sebuah benua yang berada di antara samudera pasifik dan samudera atlantik yan tersambung dengan amerika utara melalui tanah genting panam. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di bealaha bumi selatan. Bagian barat benua amerika selatan terdiri dari barisan pengunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian besar merupakan basin sungai amazon, dengan hutan tropis yang lebat.[3]
C.    Bentuk benua amerika bagian selatan
Apabila kita lihat berdasarkan bentuk dari benua amerika selatan sendiri, mempunyai bentuk yang memanjang dan terpecah. Hal ini terbukti dengan kenampakan bentuknya yang menyerupai “kerucut tempat es krim”, ujung utaranya seperti “sendok es krim”, sedangkan ujung selatannya berbentuk “kerucut”. Negara-negara yang membentk kerucut ini terletak di bagian selatan yaitu Argentina, Chilla, Paraguay, dan Uruguay. Oleh sebab itu negara-negara kelompok ini di sebut negara kerucu selaatn. Bagian negara yang terpecah yaitu  kepuluan Falkland dan Georgia Selatan.















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Negara-negara amerika selatan sering di sebut dengan amerika latin, meskipun ameriak latin adalah suatu istilah unutuk bagian benua amerika yang kebudayaan penduduknya dipengaruhi oleh budaya latin[4]. Letak lokasi ada dua bagian anaratanya letak astronomis, dan letak geografis benua amerika selatan, bentuk benua amerika bagian selatan terbentuk dengan kemampakan bentuknya yang menyerupai “kerucut tempat es krim”, ujung utaranya seperti “sendok es krim”, sedangkan ujung selatannya berbentuk “kerucut”.[5]























DAFTAR PUSTAKA
http//julinawati.blogspot.co.id/2014/06/normal-0-false-false-false-in-x-none-ar.html?m=1




































[1] http://julimawati.blogspot.co.id/2014/06/normal-0-falsefalse-false-in-x-none-ar.html?m=1
[2] http://geografi-agoes.blogspot.co.id./2014/01/amerikaselatan.html?m=1
[3] ibid
[4] ibid
[5] ibid