Thursday, 24 November 2016

Pengertian Ice Breaking Menurut Beberapa Mahasiswa Stain Pamekasan




PROFIL

Nama lengkap             : ZUBAIDAH
Facebook                     : Zubaida Aida
WA                             : 083850169909
Kelas                           : BKI B
                                                            ICE BREAKING
A.    Pengertian Ice Breaking
Ice Breaking seringkali diartikan sebagai pemecah kebekuan pembelajaran dan pembekuan yang ada dalam diri tiap peserta, karena perbedaan usia, perbedaan status, perbedaan divisi ataupun baru saling mengenal.
Aplikasi diri ice breaking seringkali menggunakan game-game yang fun yang membuat peserta melupakan sementara batas-batas yang menghalangi setiap personal.
B.     Tujuan Ice Breaking
Tujuan dilaksanakan ice breaking ini adalah :
1.      Menciptakan kondisi kesetaraan antara sesama peserta outbound.
2.      Menciptakan kondisi yang dinamis.
3.      Menciptakan kegairahan dan harapan.
Game akan seru jika dimainkan ramai-ramai, dan pasti suasana yang beku akan mencair seperti ice breaking.
C.    Contoh Salah Satu Bentuk Ice Breaking.
UJI KONSENTRASI DALAM MENGHITUNG

Dalam Game Ini Harus Ada Perwakilan Dari Satu Orang, Yang Mana Satu Orang Itu Memberikan Petunjuk Dengan Cara Menghitung,Dari Satu Sampai Selesai,Dan Perwakilan Satu Orang Itu Menyebutkan Angka Yang Dia Suka Lalu Dalam Kelompok Itu Yang Mempunyai Hitungan Angka Masing-Masing Mempersiapkan Diri,Lalu Satu Orang Itu Yang Mendapatkan Angkanya Yang Disebut Didepan Langsung Menyebutkan Angka Yang Dia Suka Sampai Ujung Kesalahan Bagi Yang Tidak Konsentrasi.
SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERHASIL.




ROFIL
 
Nama lengkap             : SULASTRI
Nim                             :18201501090106
Kelas                           : BKI B
                                                            ICE BREAKING
A.    Pengertian Ice Breaking
Ice Breaking seringkali diartikan sebagai pemecah kebekuan pembelajaran dan pembekuan yang ada dalam diri tiap peserta, karena perbedaan usia, perbedaan status, perbedaan divisi ataupun baru saling mengenal.
Aplikasi diri ice breaking seringkali menggunakan game-game yang fun yang membuat peserta melupakan sementara batas-batas yang menghalangi setiap personal.
B.     Tujuan Ice Breaking
Tujuan dilaksanakan ice breaking ini adalah :
1.      Menciptakan kondisi kesetaraan antara sesama peserta outbound.
2.      Menciptakan kondisi yang dinamis.
3.      Menciptakan kegairahan dan harapan.
Game akan seru jika dimainkan ramai-ramai, dan pasti suasana yang beku akan mencair seperti ice breaking.
C.    Contoh Salah Satu Bentuk Ice Breaking
KATA BERANTAI…..
Ø Satu orang menyebutkan nama buah, contoh: APEL lalu dilanjutkan pada teman sebelahnya.
Ø Menyebutkan nama buah juga dengan berawalan huruf akhir yang tertera pada buah pertama yaitu (APEL/ L).
Ø Jadi buah selanjutnya adalah LEMON dan teman sebelahnya lagi menyebutkan nama buah juga, dengan berawalan huruf  N contoh: NANGKA, dan seterusnya.


     KEKOMPAKAN  MENGALAHKAN  
                     SEGALANYA……








Ice Breaking: “Tebak Sambung Kata Akhir”
A. Pengetian Ice Breaking
Ice Breaking menurut saya pribadi adalah suatu kegiatan dimana bertujuan agar memecahkan suasana membosankan di sebuah kegiatan pembelajaran ataupun yang lain. Ice Breaking sering kali menggunakan sebuah kegiatan yang menyenangkan peserta didik, seperti Game, Cerita lucu,dll.
B. Tujuan Ice Breaking Tebak Sambung Kata Akhir:
Ø  Ice Breaking ini bertujuan untuk memberi suasana yang lebih ceria kepada siswa/mahasiswa.
Ø  Melatih ketanggapan, kefokusan dan konsentrasi otak siswa/mahasiswa.
Ø  Untuk melatih kekompakan siswa/mahasiswa dalam berkelompok.
C. Langkah Ice Breaking :
1. Bentuklah 2 kelompok, Kelompok A dan kelompok B
2. Lalu kelompok A mengawali game ini dengan kata yang bernada, contoh: “Makan apa, makan apa, makan apa sekarang, sekarang makan apa, makan apa sekarang?”
3. Selanjutnya kelompok B harus menyambung kata sesuai pertanyaan dari kelompok A dan harus sesuai dan masuk akal. Jika sudah ada jawaban lansung jawab dengan bernada juga, lalu tanyakan balik kata akhir dari jawaban kelompok B contoh jawaban: “Makan ayam, makan ayam, makan ayam sekarang, sekarang makan apa, makan apa sekarang?”
4. Dan seterusnya saling silih berganti memberikan pertanyaan dan sambung kata, dan apabila salah satu kelompok tersebut tidak bisa menyambung kata dari pertanyaan  kelompok lain, maka kelompok tersebut kalah.



Text Box: Nama   : Nuri Qurrota A’yun
Prodi/Kelas : BKI/B
NIM  : 18201501090081
Pos-El  : 1. Facebook : Nuri Qurrota A’yun
    2. E-Mail : mazhendik@gmail.com




Ice Breaking adalah sebuah permainan untuk memecah kejenuhan saat ada acara pertemuan. Ada yang mengatakan bahwa ice breaking adalah pemecah kebekuan pembelajaran, biasanya dengan menggunakan sebuah game/permainan, bernyanyi, dan hal lain yang membuat peserta didik merasa senang. J
*      Tema Ice Breaking: “Tralalalero”
*      Tujuan Ice Breaking Tralalalero:
®    Ice Breaking “Tralalalero” ini bertujuan untuk memberi motifasi kepada anak didik seraya bermain.
®    Melatih kecerdasan dan konsentarasi otak dalam merangsang sebuah perintah
®    Melatih ketangkasan
*      Gerakan Ice Breaking :
1.      Siswa duduk bersila
2.      Gerakan pertama, dimulai dari satu kali menepuk paha dengan dua tangan, setelah itu tangan kanan menepuk bahu kiri, begitupun sebaliknya secara bergantian, sambil bernyanyi tralalalero.. tralalalero.. tralalalero.. lero.. lero..la 2x setelah itu kepalkan tangan didepan dada sambil mengatakan “aku pintar”
3.      Gerakan kedua, sama dengan gerakan yang pertama, hanya saja tepukannya dua kali (tepuk paha dan tepuk bahu). sambil bernyanyi tralalalero.. tralalalero.. tralalalero.. lero.. lero..la 2x setelah itu kepalkan tangan didepan dada sambil mengatakan “aku pintar”
4.      Gerakan ketiga, kedua tangan menepuk paha dua kali: tepukan pertama (tangan kanan menepuk paha kanan, tangan kiri menepuk paha kiri dilakukan secara bersama), tepukan kedua, (menepuk secara bersilang/ tangan kanan menepuk paha kiri, tangan kiri menepuk paha kanan), setelah itu melakukan petikan jari, dan satu kali tepukan diatas kepala. sambil bernyanyi tralalalero.. tralalalero.. tralalalero.. lero.. lero..la 2x setelah itu kepalkan tangan didepan dada sambil mengatakan “aku pintar”
5.      Gerakan ke empat, menggoyangkan kedua tangan seperti ombak secara bergantian. sambil bernyanyi tralalalero.. tralalalero.. tralalalero.. lero.. lero..la 2x setelah itu kepalkan tangan didepan dada sambil mengatakan “aku pintar”
6.      Gerakan kelima, gerakan menggulung tangan kedepan dan kebelakang, sambil bernyanyi tralalalero.. tralalalero.. tralalalero.. lero.. lero..la 2x setelah itu kepalkan tangan didepan dada sambil mengatakan “aku pintar”
7.      Menggabungkan semua gerakan menjadi satu. sambil bernyanyi dan menaikkan ritme gerakan.                                                                                                      J J J