Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 1
Tanggal : 25 Agustus 2018
Tema :Pendahuluan/Kontrak Belajar (Penjelasan
mengenai Rencana Perkuliahan Semester
(RPS), Sistematika Penilaian).
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Penjelasan RPS
dan perencanaan pembelajaran pada setiap pertemuan.
2.
Sistematika
penilaian tugas, assessment penilaian dan proses pembelajaran di kelas.
3.
Pembuatan jurnal
belajar, dan portofolio di akhir semester sebagai tugas terstuktur dalam setiap
pertemuan.
4.
Penjelasan
tentang penugasan untuk mencari SK, KD, dan revisi Taksonomi Bloom
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami
karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak
ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah
mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan
pemahaman dan keterampilan adalah dengan belajar giat, rajin dan jujur pada
setiap pertemuan dan pada setiap pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 2
Tanggal : 01 September 2018
Tema : Memahami SK dan KD IPA di SD/MI
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Makna dari
SK dan KD IPA pada tingkat SD/MI
2.
Penugasan yang
dibagi menjadi 3 kelompok, yang terdiri dari kelompok kelas 4, kelas 5, dan
kelas 6.
3.
Penjelasan
tentang manfaat Taksonomi Bloom revisi dan penggunaannya
4.
Penempatan
SK dan KD pada RPP
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami
karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak
ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah
mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan
pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih
giat lagi.
Nama : Sitti Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 3
Tanggal : 08 September 2018
Tema : Memahami Pembuatan Indikator
Pembelajaran
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Cara pembuatan
indikator pembelajaran yang tepat
sesuai dengan Taksonomi Bloom.
2.
Penugasan
kembali terkait pembuatan indikator yang belum benar.
3.
Penugasan
tentang pembuatan tujuan pembelajaran
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami
karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Apa
perbedaan antara tujuan dengan indikator pembelajaran.
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah
mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan
pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih
giat lagi.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 4
Tanggal : 15 September 2018
Tema : Memahami Cara Membuat Tujuan
Pembelajaran
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Cara
pembuatan tujuan pembelajaran.
2.
Bahasa yang
digunakan dalam tujuan pembelajaran.
3.
Penugasan
kembali terkait pembuatan tujuan pembelajaran yang belum benar
4.
Penugasan
tentang pembuatan langkah-langkah pembuatan indikator
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami
karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
1. Apakah dalam penulisan tujuan pembelajaran itu ada
kata-kata “siswa mampu” apa tidak ada?
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah
mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan
pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih
giat lagi dan bertanyalah jika ada hal-hal yang masih belum bisa dipahami.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 5
Tanggal : 22 September 2018
Tema : Langkah-Langkah Pembuatan
Indikator
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Langkah-langkah
pembuatan indikator yang benar.
2.
Bahasa serta
peletakan nomor indikator yang benar.
3.
Penjelasan
tentang kaitan SK-KD dengan indicator
4.
Penjelasan
tentang pembuatan indikator berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan
psikomotor.
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami
karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Bagaimana Cara pembuatan indikator
berdasarkan 3 aspek yang berbeda secara benar?
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah
mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan
pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih
giat lagi.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 6
Tanggal : 29 September 2018
Tema : Pengembangan Indikator
Pembelajaran
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1. Pengembangan indikator pembelajaran
dilakukan dengan cara membuat soal terkait indikator yang sudah dibuat.
2. Dalam pembuatan soal, setiap KD harus
terdiri dari soal sulit, sedang, dan mudah.
3. Tingkatan soal tersebut dapat dilihat
dari Taksonomi Bloom.
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak
ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya
sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Seperti
apakah ciri-ciri soal yang termasuk ke dalam tingkatan sulit, sedang dan mudah.
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan
penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan
adalah dengan cara
mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagidan
berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 7
Tanggal : 06Oktober 2018
Tema : Macam-Macam Media Pembelajaran
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1. Penjelasan tentang media pembelajaran.
2. Penjelasan tentang macam-macam media
pembelajaran.
3. Penjelasan tentang pembuatan media
pembelajaran.
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak
ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
1.
Penggunaan media yang baik seperti apa?
2.
Bagaimana mempergunakan media yang baik dan
sederhana namun tetap berkualitas?
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan
penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan
adalah dengan cara
mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi
n berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 8
Tanggal : 06Oktober 2018
Tema : Ujian Formatif (UTS)
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1. Penugasan tentang pembuatan RPP sebagai
pengganti UTS
2. Mengumpulkan RPP dalam bentuk print out
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak
ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
3.
Apakah masih ada revisian dalam pembuatan RPP ini?
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Dengan cara pemberian tugas dengan
membuat RPP sehingga dosen bisa mengetahui tingkat kemampuan dan kepemahaman
kami.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 9
Tanggal : 20 Oktober
2018
Tema : Alat Peraga
Pembelajaran
IPA di SD/MI
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1. Penjelasan tentang alat peraga
pembelajaran
2. Penjelasan tentang macam-macam alat
peraga pembelajaran
3. Penjelasan tentang pembuatan alat peraga
pembelajaran
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep
yang belum dipahami, karena penjelasan dosen sudah dipaparkan secara detail.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak
ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Untuk
meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa, hasil pembuatannya tersebut.
dosen saya menyuruh membuat alat peraga pembelajaran serta memperagakan di
depan kelas
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 10
Tanggal : 27 Oktober
2018
Tema : Rancangan Aplikasi Penilaian
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Cara meng-input penilaian.
2.
Mengetahui pertimbangan aspek penilaian.
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak
ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya
sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
1.
Bagaimana cara meng-input nilai yang benar.
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan
penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan
adalah dengan cara
mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi
n berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 11
Tanggal : 03 November
2018
Tema : Membuat
Rancangan Pembelajaran (RPP)
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Penjelasan tentang pembuatan RPP secara detail.
2.
Mengetahui susunan point-point dalam RPP.
3.
Penjelasan mengenai manfaat dari RPP itu sendiri.
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak
ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya
sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak
ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan
penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan
adalah dengan cara
mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagidan
berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami serta Dosen
saya merevisi pembuatan RPP yang ditugaskan sebagai pengganti UTS kemarin.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 12
Tanggal : 10 November
2018
Tema : Perencanaan
Tematik IPA SD/MI
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1. Dosen saya hanya mengevaluasi terkait
materi sebelumnya yang belum dipahami.
2. Dari pertemuan ke 1 sampai ke pertemuan
11 rata-rata sudah bisa saya pahami.
3. Perencanaan tematik tidak dijelaskan
karena dalam mata kuliah ini fokus pada 1 mata pelajaran, yaitu pelajaran IPA
di MI/SD.
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep
yang belum dipahami, karena penjelasan dosen sudah dipaparkan secara detail.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Bagaimana
cara membuat kartu soal dan cara membuat KKM?
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Untuk
meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dosen kami mengevaluasi
penugasan yang dari pertemuan pertama samai ke-11, jika ada kesalahan akan ada tindakan perevisian.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 13
Tanggal : 17 November
2018
Tema : Teknik
Membuka Pelajaran IPA SD/MI
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Penjelasan Cara membuka pelajaran IPA di SD/MI yang
baik.
2.
Durasi waktu yang pas dalam membuka pelajaran IPA di
SD/MI.
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak
ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya
sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak
ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan penjelasan
yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah
dengan cara mendengarkan
penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagidan
berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami, sekaligus dosen
kami dalam hal ini menyuruh setiap mahasiswa untuk mempraktekkan membuka
pelajaran dengan baik dan benar sesuai waktu yang sudah ditentukan.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 14
Tanggal : 24 November
2018
Tema : Teknik
Menutup Pelajaran IPA SD/MI
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1.
Cara menutup pelajaran IPA di SD/MI yang baik.
2.
Durasi waktu yang pas dalam menutup pelajaran IPA di
SD/MI
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak
ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya
sudah sangat jelas.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Seperti apakah bahasa yang
digunakan dalam teknik menutup pelajaran?
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan
penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan
adalah dengan cara
mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi
n berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami, sekaligus
dalam hal ini Dosen kami menyuruh setiap mahasiswa untuk mempraktekkan menutup
pelajaran dengan baik dan benar sesuai waktu yang sudah ditentukan.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 15
Tanggal : 01 Desember
2018
Tema : Praktek
Melaksanakan Pembelajaran
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1. Penjelasan tentang pelaksanaan
pembelajaran yang baik ketika diaplikasikan.
2. Penjelasan ulang tentang pentingnya
pengaruh guru dalam melakukan suatu pembelajaran.
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep
yang belum dipahami, karena penjelasan dosen sudah dipaparkan secara detail.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Bagaimana jika suatu saat nanti,
ada salah satu KD dalam pembelajaran tersebut tidak tercapai?
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setiap
kelompok melakukan praktek melaksanakan pembelajaran di dalam kelas menggunakan
media dan alat peraga, sehingga dengan begitu dapat meningkatkan pemahaman dan
keterampilan mahasiswa.
Nama : Sitti
Sutartinah
Nim : 20160701050097
Mata Kuliah : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke- : 16
Tanggal : 01 Desember
2018
Tema :Ujian Sumatif (UAS)
v
KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
1. Bentuk ujiannya mengumpulkan seluruh
penugasan dari awal yang disatukan dalam bentuk portofolio dalam map mika warna
kuning, dan dari sebagian tugas tersebut ada yang disatukan dalam jilid buku.
2. Pengumpulan harus sesuai dengan jadwal
UAS
v
KONSEP PENTING YANG
BELUM DIPAHAMI
Penyusunan portofolio secara urut dalam map kuning
tersebut.
v
PERTANYAAN YANG
MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
1.
Apakah pengumpulan tersebut hanya disatukan ke
kordiantor kelas saja?
2.
Apakah setelah pengumpulan selesai bisa langsung
pulang atau bagaimana?
v
UPAYA YANG
DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Dosen
menyuruh mahasiswa yang kurang faham untuk bertanya kepada mahasiswa yang sudah
memahami mengenai tugas –tugas yang diberikan oleh dosen.