Wednesday 13 March 2019

Pendahuluan/Kontrak Belajar (Penjelasan mengenai Rencana Perkuliahan Semester (RPS), Sistematika Penilaian).


Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 1
Tanggal                       : 25 Agustus 2018
Tema                           :Pendahuluan/Kontrak Belajar (Penjelasan mengenai Rencana Perkuliahan Semester (RPS), Sistematika Penilaian).
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.    Penjelasan RPS dan perencanaan pembelajaran pada setiap pertemuan.
2.    Sistematika penilaian tugas, assessment penilaian dan proses pembelajaran di kelas.
3.    Pembuatan jurnal belajar, dan portofolio di akhir semester sebagai tugas terstuktur dalam setiap pertemuan.
4.    Penjelasan tentang penugasan untuk mencari SK, KD, dan revisi Taksonomi Bloom
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan belajar giat, rajin dan jujur pada setiap pertemuan dan pada setiap pelaksanaan pembelajaran di kelas.




Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 2
Tanggal                       : 01 September 2018
Tema                           : Memahami SK dan KD IPA di SD/MI
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.    Makna dari SK dan KD IPA pada tingkat SD/MI
2.    Penugasan yang dibagi menjadi 3 kelompok, yang terdiri dari kelompok kelas 4, kelas 5, dan kelas 6.
3.    Penjelasan tentang manfaat Taksonomi Bloom revisi dan penggunaannya
4.    Penempatan SK dan KD pada RPP
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi.



Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 3
Tanggal                       : 08 September 2018
Tema                           : Memahami Pembuatan Indikator Pembelajaran
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.    Cara pembuatan indikator pembelajaran yang tepat sesuai dengan Taksonomi Bloom.
2.    Penugasan kembali terkait pembuatan indikator yang belum benar.
3.    Penugasan tentang pembuatan tujuan pembelajaran
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Apa perbedaan antara tujuan dengan indikator pembelajaran.
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi.




Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 4
Tanggal                       : 15 September 2018
Tema                           : Memahami Cara Membuat Tujuan Pembelajaran
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.    Cara pembuatan tujuan pembelajaran.
2.    Bahasa yang digunakan dalam tujuan pembelajaran.
3.    Penugasan kembali terkait pembuatan tujuan pembelajaran yang belum benar
4.    Penugasan tentang pembuatan langkah-langkah pembuatan indikator
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
1.    Apakah dalam penulisan tujuan pembelajaran itu ada kata-kata “siswa mampu” apa tidak ada?
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi dan bertanyalah jika ada hal-hal yang masih belum bisa dipahami.




Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 5
Tanggal                       : 22 September 2018
Tema                           : Langkah-Langkah Pembuatan Indikator
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.    Langkah-langkah pembuatan indikator yang benar.
2.    Bahasa serta peletakan nomor indikator yang benar.
3.    Penjelasan tentang kaitan SK-KD dengan indicator
4.    Penjelasan tentang pembuatan indikator berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Bagaimana Cara pembuatan indikator berdasarkan 3 aspek yang berbeda secara benar?
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi.





Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 6
Tanggal                       : 29 September 2018
Tema                           : Pengembangan Indikator Pembelajaran
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.   Pengembangan indikator pembelajaran dilakukan dengan cara membuat soal terkait indikator yang sudah dibuat.
2.   Dalam pembuatan soal, setiap KD harus terdiri dari soal sulit, sedang, dan mudah.
3.   Tingkatan soal tersebut dapat dilihat dari Taksonomi Bloom.
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
            Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Seperti apakah ciri-ciri soal yang termasuk ke dalam tingkatan sulit, sedang dan mudah.
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
            Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagidan berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami.




Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 7
Tanggal                       : 06Oktober 2018
Tema                           : Macam-Macam Media Pembelajaran
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.   Penjelasan tentang media pembelajaran.
2.   Penjelasan tentang macam-macam media pembelajaran.
3.   Penjelasan tentang pembuatan media pembelajaran.
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
1.   Penggunaan media yang baik seperti apa?
2.   Bagaimana mempergunakan media yang baik dan sederhana namun tetap berkualitas?
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
            Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi n berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami.



Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 8
Tanggal                       : 06Oktober 2018
Tema                           : Ujian Formatif (UTS)
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.   Penugasan tentang pembuatan RPP sebagai pengganti UTS
2.   Mengumpulkan RPP dalam bentuk print out
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
3.   Apakah masih ada revisian dalam pembuatan RPP ini?
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
            Dengan cara pemberian tugas dengan membuat RPP sehingga dosen bisa mengetahui tingkat kemampuan dan kepemahaman kami.










Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 9
Tanggal                       : 20 Oktober 2018
Tema                           : Alat Peraga Pembelajaran IPA di SD/MI
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.   Penjelasan tentang alat peraga pembelajaran
2.   Penjelasan tentang macam-macam alat peraga pembelajaran
3.   Penjelasan tentang pembuatan alat peraga pembelajaran
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami, karena penjelasan dosen sudah dipaparkan secara detail.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa, hasil pembuatannya tersebut. dosen saya menyuruh membuat alat peraga pembelajaran serta memperagakan di depan kelas




Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 10
Tanggal                       : 27 Oktober 2018
Tema                           : Rancangan Aplikasi Penilaian
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.      Cara meng-input penilaian.
2.      Mengetahui pertimbangan aspek penilaian.
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
            Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
1.      Bagaimana cara meng-input nilai yang benar.
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
            Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi n berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami.




Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 11
Tanggal                       : 03 November 2018
Tema                           : Membuat Rancangan Pembelajaran (RPP)
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.      Penjelasan tentang pembuatan RPP secara detail.
2.      Mengetahui susunan point-point dalam RPP.
3.      Penjelasan mengenai manfaat dari RPP itu sendiri.
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
            Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
            Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagidan berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami serta Dosen saya merevisi pembuatan RPP yang ditugaskan sebagai pengganti UTS kemarin.






Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 12
Tanggal                       : 10 November 2018
Tema                           : Perencanaan Tematik IPA SD/MI
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.   Dosen saya hanya mengevaluasi terkait materi sebelumnya yang belum dipahami.
2.   Dari pertemuan ke 1 sampai ke pertemuan 11 rata-rata sudah bisa saya pahami.
3.   Perencanaan tematik tidak dijelaskan karena dalam mata kuliah ini fokus pada 1 mata pelajaran, yaitu pelajaran IPA di MI/SD.
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami, karena penjelasan dosen sudah dipaparkan secara detail.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Bagaimana cara membuat kartu soal dan cara membuat KKM?
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dosen kami mengevaluasi penugasan yang dari pertemuan pertama samai ke-11, jika ada kesalahan akan ada tindakan perevisian.




Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 13
Tanggal                       : 17 November 2018
Tema                           : Teknik Membuka Pelajaran IPA SD/MI
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.   Penjelasan Cara membuka pelajaran IPA di SD/MI yang baik.
2.   Durasi waktu yang pas dalam membuka pelajaran IPA di SD/MI.
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
            Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Tidak ada pertanyaan yang muncul karena dalam penyampaian materi sudah sangat jelas.
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
            Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagidan berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami, sekaligus dosen kami dalam hal ini menyuruh setiap mahasiswa untuk mempraktekkan membuka pelajaran dengan baik dan benar sesuai waktu yang sudah ditentukan.






Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 14
Tanggal                       : 24 November 2018
Tema                           : Teknik Menutup Pelajaran IPA SD/MI
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.      Cara menutup pelajaran IPA di SD/MI yang baik.
2.      Durasi waktu yang pas dalam menutup pelajaran IPA di SD/MI
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
            Tidak ada konsep yang belum dipahami karena materi yang disampaikan oleh dosen saya sudah sangat jelas.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Seperti apakah bahasa yang digunakan dalam teknik menutup pelajaran?
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
            Setelah mendengarkan paparan penjelasan yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan adalah dengan cara mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama sekaligus belajar lebih giat lagi n berkonsultasi dengan dosen sesuai dengan apa yang tidak dipahami, sekaligus dalam hal ini Dosen kami menyuruh setiap mahasiswa untuk mempraktekkan menutup pelajaran dengan baik dan benar sesuai waktu yang sudah ditentukan.






Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 15
Tanggal                       : 01 Desember 2018
Tema                           : Praktek Melaksanakan Pembelajaran
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.   Penjelasan tentang pelaksanaan pembelajaran yang baik ketika diaplikasikan.
2.   Penjelasan ulang tentang pentingnya pengaruh guru dalam melakukan suatu pembelajaran.
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Tidak ada konsep yang belum dipahami, karena penjelasan dosen sudah dipaparkan secara detail.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
Bagaimana jika suatu saat nanti, ada salah satu KD dalam pembelajaran tersebut tidak tercapai?
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Setiap kelompok melakukan praktek melaksanakan pembelajaran di dalam kelas menggunakan media dan alat peraga, sehingga dengan begitu dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa.




Nama                           : Sitti Sutartinah
Nim                             : 20160701050097
Mata Kuliah                : Pembelajaran IPA di SD/MI
Dosen                          : Moh. Imam Sufiyanto, S.SI, M.Pd
Pertemuan ke-             : 16
Tanggal                       : 01 Desember 2018
Tema                           :Ujian Sumatif (UAS)
v  KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
1.   Bentuk ujiannya mengumpulkan seluruh penugasan dari awal yang disatukan dalam bentuk portofolio dalam map mika warna kuning, dan dari sebagian tugas tersebut ada yang disatukan dalam jilid buku.
2.   Pengumpulan harus sesuai dengan jadwal UAS
v  KONSEP PENTING YANG BELUM DIPAHAMI
Penyusunan portofolio secara urut dalam map kuning tersebut.
v  PERTANYAAN YANG MUNCUL PADA MASING-MASING INDIVIDU
1.      Apakah pengumpulan tersebut hanya disatukan ke kordiantor kelas saja?
2.      Apakah setelah pengumpulan selesai bisa langsung pulang atau bagaimana?
v  UPAYA YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN
Dosen menyuruh mahasiswa yang kurang faham untuk bertanya kepada mahasiswa yang sudah memahami mengenai tugas –tugas yang diberikan oleh dosen.