Friday 14 October 2016

Pengertian Upacara Adat Pramuka


Salam pramuka! apa kabar kakak-kakak adik-adik pramuka dan juga pembaca yang budiman. pada postingan ini saya akan share tentang Pengertian Upacara Adat Pramuka. Upacara Adat Pramuka merupakan kegiatan urgen dalam satuan pramuka. karena ini merupakan kegiatan inti yang memang menjadi salah satu agenda utama dalam satuan tersebut. kita tidak cukup hanya tau macam-macam upacara adat saja namun kita perlu mengetahui pengertiannya dari Upacara Adat Pramuka tersebut. nah dibawah ini sudah saya share tentang Pengertian Upacara Adat Pramuka. semoga postingan ini bermanfaat bagi kalian semua. salam pramuka!



      A.    Pengertian Upacara
Upacara adalah serangkaian tindakan atau perbuatan yang ditata dalam suatu ketentuan peraturan yang dilakukan atau diadakan sehubungan dengan peristiwa penting seperti upacara adat, pelantikan, pemberian tanda penghargaan, peringatan, dan upacara lainnya serta dilaksanakan dengan khidmat dan tertib, sehingga merupakan kegiatan teratur untuk menciptakan kebiasaan yang mengarah kepada budi pekerti luhur.
Tujuan dan sasaran upacara dalam Gerakan Pramuka adalah membentuk sikap disiplin, menghargai suatu proses berkaitan dengan sejarah, tradisi, perjuangan dan keberhasilan yang dicapai agar peserta didik:
1) Memiliki rasa cinta kepada tanah air, bangsa, dan negara.
2) Memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin pribadi.
3) Selalu tertib dalam kehidupan sehari-hari.
4) Memiliki jiwa gotong royong dan percaya pada orang lain.
5) Dapat memimpin dan dipimpin.
6) Dapat melaksanakan upacara dengan khidmat dan tertib.
7) Meningkatkan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

      B.     Pengertian Adat Pramuka
Adat pramuka merupakan adat kebiasaan yang diciptakan oleh satuan pramuka dan disepakati sebagai suatu yang harus ditaati serta merupakan tata nilai yang dijadikan pedoman dalam upaya meningkatkan kepeduliaan terhadap Tuhan YME, kepedulian pada bangsa dan tanah air sesama hidup dan alam lingkungannya kepedulian terhadap diri pribadinya, serta ketaatannya pada Kode Kehormatan Pramuka.



Adat pramuka terdiri dari bagian-bagian.
1.      Pendahuluan yang memuat definisi, tujuan, fungsi dan sasaran
2.      Perangkat adat yang memuat segala sesuatu identitas seperti nama, lambang, sandi, amsal, dan pusaka.
3.      Perlengkapan adat yang memuat alat-alat pendukung penyelenggaraan upacara-upacara, semisal upacara buka dan tutup kegiatan, penerimaan anggota baru, tamu, dan lain-lain.
4.      Proses perjalanan bakti anggota. Perjalanan bakti anggota tentu dimulai dar tamu, calon anggota, anggota, dan di ambalan racana ada proses berdasarkan jenjang SKU.
5.      Upacara-upacara, jelas yang dmaksud adalah tata upacara. Misalkan upacara buka tutup kegiatan, penerimaan tamu, pelantikan, dan lain-lain.
6.      Anugerah, kehormatan, dan sanksi. Dalam kepramukaan tentu mengenal anugerah, kehormatan dan sanksi sebagai salah satu alat pembinaan.
7.      Aturan perubahan dan pembukuan. Mengapa tata aturan ini perlu ditambahkan? Karena untuk mengantisipasi apabila diperlukan perubahan, sudah menemukan kesepakatan sebelumnya. Yaitu yang dtuangkan dalam tata aturan ini. Tujuannya antara lain agar tidak menimbulkan konflik akibat banyak penafsiran.
Upacara di satuan Pramuka dilaksanakan sesuai dengan aspirasi satuan pramuka itu sendiri dan atas dasar ketentuan-ketentuan upacara yang berlaku.

      C.    Kesimpulan Pengertian Upacara Adat Pramuka
Upacara Adat Pramukamerupakan upacara adat kebiasaan yang diciptakan oleh satuan pramuka dan disepakati sebagai suatu yang harus ditaati serta merupakan tata nilai yang dijadikan pedoman dalam upaya meningkatkan kepeduliaan terhadap Tuhan YME, kepedulian pada bangsa dan tanah air sesama hidup dan alam lingkungannya kepedulian terhadap diri pribadinya, serta ketaatannya pada Kode Kehormatan Pramuka.