KATA PENGANTAR
??? ???? ?????? ?????
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT, Karena atas limpahan rahmat dan hidayat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas ini pada waktunya. Yang berjudul Unsur Pengawasan dalam Manajemen Perspektif Al-Quran.
Dalam menyelesaikan tugas individual 2 ini, saya banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya.
Saya menyadari bahwa tugas ini masih banyak kekurangan di dalamnya. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk menyempurnakan tugas ini.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaaat bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk lebih memahami materi tentang Unsur Pengawasan dalam Manajemen Perspektif Al-Quran.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Pamekasan, 23 November 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGAN TAR...............................................................................
DAFTAR ISI...............................................................................................
A. Pengertian StrategiManajemen.................................................................
B. Prinsip-PrinsipStrategiManajemen............................................................
C. StrategiManajemenDalamPersepektif Islam..............................................
D. PembahasanMaknaMufrodat....................................................................
E. Kesimpulan...............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA..............................................................................
A. Pengertian Strategi Managemen
Secara harfiyah, manajemen strategi terbangun dari dua kata yaitu strategi dan manajemen. Kata menajemen diartikan sebagai proses pemahaman sumber daya secara efektf untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan.[1]Istilah strategi berasal dari bahasa Yunani Strategos atau Strategus dengan kata jamak strategi. Strategos berarti jendral tetapi dalam bahasa Yunani kuno sering berarti perwira negara (state officer) dengan fungsi yang luas.
Strategi manajemen adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu stratgi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan.
Ada beberapa pendapat tentang pengertian strategi menurut para tokoh:
Griffin mengidentifkasikan strategi sebagai rencana konfrehensif untuk mecapai tujuan organisasi. Tidak hanya sekedar mencapai, tetapi strategi juga dimaksudkan untuk mempertahankan keberlangsungan organisasi dilingkungan dimasa organisasi tersebut menjalankan aktifitasnya.
Menurut Pearch dan Robinson (1997) dikatakan bahwa manajemen strategi adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi[2]
Srategi manajemen adalah suatu proses yang berkelanjutan dan masing-masing bagian dalam proses tersebut yaitu pengembangan misi, penetapan tujuan, pembentukan strategi, pemilihan dan pelaksanaan strateg serta evaluasi, merupakan suatu kesatuan yang saling berkaitan dan tidak dapat begitu saja dipisah-pisahkan dengan batas yang jelas.[3]
B. Prinsip-Prinsip Strategi Manajemen
1. Strategi harus konsisten dengan lingkungannya. Ikutilah arus perkembangan yang bergerak dimasyarakat.
2. Setiap strategi tidak hanya membuat satu strategi. Tergantung pada ruang lingkup kegiatannya.
3. Strategi hendaknya memfokuskan dan menyatukan semua sumber daya dan tidak mencerai beraikan atau memisahkan satu dengan yang lainnya.
4. Srtaategi hendaknya memusatkan perhatian pada apa yang merupakan kekuatannya dan tidak pada titik yang justru pada kelemahannya.
5. Sumber daya adalah satu yang kritis mengingat strategi yang mungkin maka harus membuat seuatu strategi yang layak dan dapat dilaksanakan.
6. Strategi hendaknya memperhitungkan risiko yang tidak terlalu besar.
7. Strategi hendaknya disusun diatas landasan keberhasilan yang telah dicapai.
8. Tanda-tanda dari suksesnya strategi ditampakkan dengan adanya dukungan dari pihak-pihak yang terkait.[4]
C. Strategi Manajemen dalam Bingkai Al Qur�an
?? ??? ??? ??? ??? ?? (?) ?? ??? ????? ??? ?? ???? ??? ? ????? (?)
Artinya :kemudian sesungguhnya aku telah menyuruh mereka (kepada Iman) dengan cara terang-terangan. Kemudian sesungguhnya aku (menyeru) mereka (lagi) dengan terang-terangan dan diam-diam. (QS: Nuh . 8-9)
D. Pembahasan Makna Mufrodat
?? ??? ??? ???kemudian sesungguhnya aku telah menyuruh mereka maksudnya adalah bahwa nabi nuh menyuruh kaumnya untuk beriman kepada Allah.
??? ??yaitu dengan cara terang-terangan (dengan sekuat suaraku)
?? ??? ????? ???kemudian Nabi Nuh menyerulagi kepada mereka (kaumnya)
?? ????(dan pula telah membisikka).atau seruanku.
??? ? ????(kepada mereka dengan sangat rahasia).[5]
Dari ayat ini dipahami bahwa Nuh A.S. telah melaksanakan tugas tanpa menghiraukan bahaya yang mungkin mengancam jiwanya, untuk mencari keridaan Allah. Nabi Nuh melakukan segala cara atau strategi untuk bisa menyelamatkan kaumnya, diantara cara atau strategi tersebut ialah dengan mengajak kaumnya masuk agama Islam dengan sembunyi-sembunyi dan kemudian secara terang-terangan. Itulah cara atau strategi Nabi Nuh mengajak kaumnya masuk Islam.
Ayat diatas jika dikaitkan dengan sebuah strategi manajemen yaitu dimana cara tersebut sebagai alat untuk mengambil sebuah keputusan tanpa strategi (cara) maka sebuah manajemen (organisasi) tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan.Didalam Islam strategisangatpenting agar sebuah tujuan tersebut bisa tercapai, tanpa tujuan, strategi tidak mempunyai dasar yang jelas untuk menilai keberhasilannya.
Adapun tahap-tahap penyusunan strategi manajemen sebagai berikut:
1. Menetapkan struktur apa yang akan dijalankan disebuah organisasi.
2. Menerjemahkan visi dan misi dalam suatu tujuan strategi yang terukur dan berbagai target kinerja yang harus dicapai.
3. Menyusun strategi yang tepat untuk mencapai tujuandan target.
4. Menjalankan strategi yang terpilih dan melakukan berbagai keputusan taktis dengan efisien dan efektif.
5. Melakukan valuasi terhadap kinerja dan jika perlu melakukan berbagai penyesuaian terhadap arah, tujuan, strategi, dan pelaksanaannya sesuai dengan situasi terbaru yang dihadapi oleh perusahaan atau organisasi.[6]
Ada empat alasan pentingnya sebuah strategi manajemen diantaranya:
1. Tujuannya membantu mendefinisikan organisasi dalam lingkungannya.
2. Tujuannya untuk membantu mengkoordinasi keputusan dan pengambilan keputusan.
3. Tujuannya menyediakan norma untuk menilai pelaksanaan prestasi organisasi.
4. Tujuan merupakan sasaran yang lebih nyata dari pada pernyataan visi dan misi.[7]
E. Kesimpulan
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa:
Srategi manajemen adalah suatu proses yang berkelanjutan dan masing-masing bagian dalam proses tersebut yaitu pengembangan misi, penetapan tujuan, pembentukan strategi, pemilihan dan pelaksanaan strategiserta evaluasi, merupakan suatu kesatuan yang saling berkaitan dan tidak dapat begitu saja dipisah-pisahkan dengan batas yang jelas.
Dari QS.Nuh: 8-9
Pada Ayat ini jika dikaitkan dengan sebuah strategi manajemen yaitu dimana cara tersebut sebagai alat untuk mengambil sebuah keputusan tanpa strategi (cara) maka sebuah manajemen (organisasi) tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Didalam Islam strategi sangat penting agar sebuah tujuan tersebut bisatercapai, tanpa tujuan, strategi tidak mempunyai dasar yang jelas untuk menilai keberhasilannya.
DAFTAR PUSTAKA
Salim Peter dan Salim Yenni, 1991, Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer,Jakarta : Modern English Press.
Purwanto Iwan, 2006, Manajemen Strategi,Bandung : Yrama Widya.
Hariadi Bambang, 2003 Trategi Manajemen, Malang : Bayu Media Publishing.
Imam Jalaluddin, 2009,Tafsir Jalalain Juz 2, Bandung: Sinar Baru Algensindo
[1]Peter Salim dan Yenni Salim, Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer,(Jakarta : Modern English Press, 1991), edisi pertama, hlm., 92.
[2] Iwan Purwanto, Manajemen Strategi, (Bandung : Yrama Widya, 2006), hlm., 73.
[3] Bambang Hariadi, Strategi Manajemen, (Malang : Bayu Media Publishing, 2003), hlm., 15.
[4]Iwan Purwanto, Manajemen Strategi, (Bandung : Yrama Widya, 2006), hlm., 76-77.
[5]Imam Jalaluddin Al-Mahalli,tafsir jalalainJuz 2,(Bandung: Sinar Baru Algesindo,2009), hlm,. 1171
[6]Bambang Hariadi, Strategi Manajemen, (Malang : Bayu Media Publishing, 2003), hlm., 11.
[7]Iwan Purwanto, Manajemen Strategi, (Bandung : Yrama Widya, 2006), hlm., 78.