MEMBUAT ANIMASI LOADING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PROFESSIONAL
TUGAS
AKHIR
OLEH
:
NAMA : MUTMAINNATUS SHALEHAH
KELAS : XII-IPA3
NIS : 3645
PROGRAM
PENDIDIKAN SETARA DIPLOMA SATU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMONIKASI (PRODIDTIK)
MADRASAH
ALIYAH NEGERI PAMEKASAN
2013
HALAMAN PERSETUJUAN
Tugas akhir ini
diajukan oleh:
Nama
|
:
|
Mutmainnatus Shalehah
|
NIS
|
:
|
3645
|
Program studi
|
:
|
Diploma 1
|
Judul TA
|
:
|
Membuat Animasi Loading Menggunakan Macromedia Flash 8
Professional
|
Telah
disetujui oleh instruktur pembimbing dan diterima sebagai persyaratan yang
diperlukan untuk mengikuti seminar tugas akhir Program Setara Diploma 1
Komputer MAN Pamekasan.
Ditetapkan
di : Pamekasan
Pembimbing
Hairuddin,
S.Kom
Hairuddin,
S.Kom
|
HALAMAN PENGESAHAN
Tugas akhir ini
diajukan oleh:
Nama
|
:
|
Mutmainnatus Shalehah
|
NIS
|
:
|
3645
|
Program studi
|
:
|
Diploma 1
|
Judul TA
|
:
|
Membuat Animasi Loading Menggunakan Macromedia Flash 8 professional
|
Telah
berhasil dipertahankan dihadapan dewan penguji dan ditrima sebagai persyaratan
yang di perlukan untuk yudisium dan memperoleh sertifikat Program Setara
Diploma I Komputer MAN Pamekasan.
Ditetapkan
di : Pamekasan
Tanggal :
November 2013
Dewan
Penguji
( )
NIP.
|
Ketua
Prodistik MAN Pamekasan
H. ABDUSSALAM, S.Pd
NIP.197803192005011006
|
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Tugas Akhir ini saya
persembahkan untuk:
1. Ucapan
syukur kepada Allah karena atas nikmat, rahmat, dan kesempatan-Nya yang
diberikan, penulis bisa menyelesaikan tugasa akhir ini dengan sempurna.
2. Ibu
dan Bapak Yang tercinta yang telah memberikan motivasi serta doa yang selalu
beliau panjatkan agar penulis menjadi
anak yang berbakti dan sukses
3. Terimakasih
saya ucapkan untuk guru – guru yang telah mendidik, membina, dan membimbingku
dengan penuh kesabaran dan kejelian sehingga menjadikan penulis orang yang
profesiaonal
4. Untuk
teman – teman kelas XII, khususnya XII-IPA3 tercinta semoga kita
lulus semua amien dan bisa menjadi orang –orang sukses
5. Untuk
guru pembimbingku terimakasih saya sampaikan karena telah membantu dan
memberikan pengarahan dalam menyelesaikan tugas akhir ini
Pembimbing
Hairuddin,
S.Kom
Hairuddin,
S.Kom
|
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Segala puji bagi Allah
swt, berkat limpahan rahmat, taufik , dan hidayah-Nya, penulis dapat
menyelesaikan pembuatan Tugas Akhir (TA) lancar dan tanpa hambatan yang
berarti.
Penulis mengucapkan
banyak terimakasih kepada para pembimbing yang telah membantu dalam proses
pembuatan tugas akhir ini sehingga kesulitan – kesulitan yang diihadapi penulis
dapat diselesaikan dengan baik.
Penulis menyadari bahwa
tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Oleh karena itu, penulis tetap
mengharapkan kritik dan saran guna
membangun dan berusaha menyempurnakan isi dari pada tugas ini.
Akhir kata, kami selaku
penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada para pihak yang bersangkutan yang
telah membantu dalam proses pembuatan tugas akhir ini dapat berguna dan
bermanfaat amien.
Pamekasan, 18 November 2013
Penulis
Mutmainnatus Shalehah
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................ i
HALAMAN PERSETUJUAN......................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN ....................................................................... iv
KATA PENGANTAR...................................................................................... v
DAFTAR ISI.................................................................................................... vi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang ......................................................................... 1
1.2
Rumusan
Masalah .................................................................... 2
1.3
Batasan
Masalah ...................................................................... 2
1.4
Tujuan
...................................................................................... 3
1.5
Manfaat
.................................................................................... 3
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1
Animasi..................................................................................... 4
2.2
Macromedia
Flash..................................................................... 8
2.3
Fungsi
Dan Keunggulan Macromedia Flash............................. 15
BAB III PEMBAHASAN
3.1
Langkah-langkah
Membuat Animasi Kartun Bergerak............... 16
BAB IVPENUTUP
4.1
Kesimpulan
.............................................................................. 30
4.2
Saran ....................................................................................... 30
DAFTAR PUSTAKA
|
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang tinjauan mengenai pengertian,
sejarah, macam – macam macromedia Flash, macam – macam animasi macromedia
flash, cara membuka aplikasi macromedia flash, area kerja dan menu – menu
aplikasi macromedia flash, Toolbox, kegunaan, kelebihan serta keuntungan dari
aplikasi Macromedia Flash.
Macromedia Flash 8 adalah sebuah program grafis animasi standar professional untuk menghasilkan
produk-produk multimedia seperti Courseware, Multimedia Presentation,
Website,
Computer Game dan Animation.
Program ini mampu menghasilkan animasi yang demikian canggih, sehingga sebagian
besar aplikasi tutorial yang interaktif, game, presentasi, dan lain-lain
2.2. Sejarah Macromedia Flash
Dari
sejarahnya yang panjang hingga versi saat ini, yakni versi CS3 atau yang lebih
dikenal dengan Adobe Flash CS3. Peminat Flash semakin banyak, hal ini terbukti
dengan munculnya berbagai komunitas Flash di Internet yang bertujuan untuk
membahas dan berbagi pengetahuan tentang aplikasi Flash.
Macromedia
berhasil menciptakan sebuah alat Bantu yang berguna bagi para pembuat web.
Dimulai pada tahun 1996, beberapa program pembantu mulai tersedia dalam
membantu untuk pembuatan gambar animasi dalam bentuk GIF yang digunakan oleh
para pembuat Web. Saat ini pembuatan situs Web biasa menggunakan program
aplikasi Macromedia Flash. Flash mampu membuat sebuah penyajian hasil produksi
kepada para konsumen yang disertakan kedalam sebuah CD-ROM.
Ketika
Macromedia Flash memberikan kemajuan dan selalu tumbuh dengan pengaktualisasian
softwarenya, maka didapatlah versi terakhir yang lebih revolusioner, Macromedia
Flash 8.Macromedia Flash 8 kini mampu berkomunikasi dengan script-script server
dalam program, menggunakan standar variable URL atau struktur XML. Suara yang
dihasilkan dapat diekspor menjadi MP3 dengan kualitas yang tinggi Walaupun
sangat interakitif namun hasil yang didapatkan tetap sebuah file yang ukurannya
sangat kecil, cocok untuk file-file Web.
Flash adalah salah satu software yang
merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati
saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file
extension.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash
Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernamaActionScript.
Flash lahir dari kepala seseorang bernama
Jonathan Gay. Jon yang geek gemar menulis game dan membuat animasi di komputer.
Ia menciptakan game Mac Airborne! tahun 1985, ketika ia masih duduk di bangku
sekolah.
Tahun 1993 ia mendirikan FutureWave
Software dengan produk pertama SmartSketch. Inilah cikal bakal Macromedia
Flash. Tahun 1995 SmartSketch berganti nama menjadi CelAnimator. Menjelang
akhir 1995, FutureWave sempat mengalami masalah finansial dan mencari pembeli.
Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah John Warnock dari Apple, lalu
juga Adobe dan Fractal Designs.
Juli 1996 CelAnimator berubah nama kembali
menjadi FutureSplash Animator. Produk ini menimbulkan minat di kalangan
industri. Tak kurang dari Microsoft yang menggunakan dan amat menyukainya.
Disney juga sama. Ketika itu MSN ingin dibuat mengikuti model televisi, dan
animasi-animasi full screen dibuat denganFutureSplash.
Desember 1996, Macromedia yang sedang
membujuk Disney agar memakai Shockwave - plugin browser untuk produk
animatornya bernama Director - mendekati Jon. Akhirnya terjadilah deal dan
FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0. Ada desas-desus bahwa
jika Macromedia membeli FutureWave, maka Microsoft akan mencaplok Macromedia.
Ternyata dugaan tersebut tidak benar, karena Microsoft kemudian mengubah haluan
dan menjadikan MSN lebih berbasis teks KetimbangTelevisi.
Selanjutnya Flash 2 dirilis pertengahan
1997 dan mendapatkan pujian di mana-mana. Flash 3 dan Generator menyusul April
1998. Karena tekanan Adobe yang mempromosikan format SVG Macromedia mengumumkan
membuka format file.swfBagiPublik.Flash 4 dan 5 menyusul 1999 dan Juli 2000.
Sementara itu semakin banyak software lain yang mendukung memainkan dan
menghasilkan .swf, antara lain QuickTime dan CorelDRAW. Versi 5 menambahkan
integrasi dengan XML, Generator, dan ActionScript. Penetrasi browser terus
meningkat hingga kini mencapai 96%. Player Flash telah tersedia untuk berbagai
platform: Windows, Mac, Unix, BeOS, hingga OS/2 dan PocketPC.Jonathan Gay kini
bekerja sebagai developer untuk Macromedia.Adobe Flash (dahulu bernama
Macromedia Flash dikarenakan Macromedia yang merupakan produsen pembuat flash
profesional kini telah merjer dengan adobe corp, perubahan terjadi pada
macromedia flash series 9 menjadi Adobe Flah CS3 pada April 16, 2007 ) merupakan
tools yang dikembangkan untuk membuat berbagai aplikasi berbasis internet. Pada
awalnya, Flash yang dilengkapi bahasa pemrograman ActionScript digunakan oleh
developer web untuk mendesain web menjadi lebih interaktif dengan berbagai
macam animasi. Namun, kemudian Flash banyak digunakan untuk membuat aplikasi
multimedia interaktif. Seperti iklan banner, intro film, CD interactive, hingga
pembuatan dan animasi.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh
Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli
program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di
pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash
8.Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan
seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi AdobeFlash
2.3. Macam
– macam Macromedia Flash
Macromedia Flash mempunyai berbagai macam
jenis, serta tahun terbitnya di antaranya sebagai berikut :
1.
FutureSplash Animator (10 April 1996)
2.
Flash 1 (Desember 1996)
3.
Flash 2 (Juni 1997)
4.
Flash 3 (31 Mei 1998)
5.
Flash 4 (15 Juni 1999)
6.
Flash 5 (24 Agustus 2000) - ActionScript 1.0
7.
Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
8.
Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) -
ActionScript 2.0
9.
Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September
2003)
10. Flash
Basic 8 (13 September 2005)
11. Flash
Professional 8 (13 September 2005)
12. Flash
CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.0
13. Flash
CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)
14. Adobe
Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010,
codenamed “Viper).
2.4. Macam
– macam Animasi Dalam Macromedia Flash
Macromedia Flash memiliki berbagai macam
animasi serta penjelasan dari masing–masing animasi sebagai berikut :
1.
Animasi frame to frame :
adalah animasi yang jarang sekali di buat
oleh orang-orang,karena sulit membuatnya juga memakan banyak memori.
2.
Animasi motion tween :
adalah animasi yang di buat untuk membuat
suatu gerakan yang teratur.
3.
Animasi motion guide :
adalah animasi yang dapat kita gunakan
untuk membuat suatu gerakan yang mengikuti jalur yang kita buat.
4.
Animasi masking :
adalah animasi yang digunakan untuk
menampilkan objek yang semula di sembunyikan.
5.
Animasi motion shape :
adalah animasi yang digunakan untuk
membuat animasi perubahan bentuk dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
6.
Animasi
motion tween rotate
adalah
animasi yang digunakan untuk membuat animasi perputaran,baik berputar di tempat
maupun berputar sambil berjalan.
2.5.
Kelebihan Macromedia Flash 8
1.
Hasil akhir Flash memiliki ukuran yang lebih kecil
(setelah dipublish)
2.
Flash dapat mengimpor hampir semua gambar dan file-file
audio sehingga dapat lebih hidup.
3.
Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol
4.
Gambar Flash tidak akan pecah meskipun di zoom beberapa
kali karena gambar flash bersifat gambar vektor.
5.
Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam bentuk
seperti *.avi, *.gif, *.mov, maupun file dengan formal.
2.6.
Komponen-komponen Macromedia Flash 8
1. Title
Bar
Adalah
sebuah baris informasi yang terletak di sudut kiri paling atas aplikasi yang
menerangkan judul movie yang sedang dikerjakan.
Gambar.2.1
Title Bar
2.
Menu Bar
Adalah kumpulan menu yang terdiri
atas daftar menu-menu yang di golongkan dalam satu katagori. Misalnya menu file
terdiri ats perintah new, open, save, import, export, dan lain-lain.
Gambar.2.2 Menu Bar
3. Tool
Box
Adalah kumpulan tool - tool yang sering digunakan untuk
melakukan seleksi, menggambar, memberi
warna objek, mengatur besar kecil tampilan stage, dan lain-lain. Dalam
Tool Box menjadi 4 bagian yaitu:
Gambar.2.3 Tool Box
a.
Tools
Dalam bagian ini berisi alat-alat (tool) yang
berguna untuk membentuk dan merubah tampilan dari berbagai macam objek.
1)
Selection Tool
Tool ini
berguna untuk menyeleksi objek atau merubah bentuk sebuah objek. Anda dapat
memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan
shortcut key V pada keyboard.
2)
Subselection Tool
Tool ini
berguna untuk merubah bentuk sebuah objek pada titik atau nodenya. Anda dapat
memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan
shortcut key A pada keyboard.
3)
Line Tool
Tool ini berguna membuat bentuk garis. Anda
dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan
shortcut key N pada keyboard.
4)
Lasso Tool
Tool ini
berguna untuk memotong objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon
dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key L pada keyboard.
5)
Pen Tool
Tool ini
berguna untuk membuat bentuk objek dalam titik atau node. Anda dapat memilihnya
dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key P
pada keyboard.
6)
Text Tool
Tool ini
berguna untuk membuat teks. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon
dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key T pada keyboard.
7)
Oval Tool
Tool ini
berguna untuk membuat bentuk oval atau lingkaran. Anda dapat memilihnya dengan
memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key O pada
keyboard.
8)
Rectangle Tool dan Polystar Tool
Tool ini
berada pada satu tempat, dan anda dapat memilih salah satunya dengan klik tahan
pada tool. Tool ini berguna untuk membuat bentuk persegi / kotak (rectangle) dan segilima
(polistar). Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox
atau dengan menekan shortcut key R pada keyboard untuk memilih Rectangle Tool.
9)
Pencil Tool
Tool ini
berguna untuk membuat bentuk yang anda sukai, namun berbasis garis. Anda dapat
memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan
shortcut key Y pada keyboard.
10)
Brush
Tool
Tool ini
berguna untuk membuat bentuk objek yang berbasis brush. Anda dapat memilihnya
dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key B
pada keyboard.
11)
Free
Transform Tool
Tool ini
berguna untuk merubah / transformasi bentuk berupa ukuran, rotasi, maupun skew.
Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan
menekan shortcut key Q pada keyboard.
12)
Fill
Transform Tool
Tool ini
berguna untuk merubah warna gradasi. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya
pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key F pada keyboard.
13)
Ink Bottle
Tool ini berguna untuk mewarnai garis tepi objek / stroke. Anda
dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan
shortcut key S pada keyboard.
14)
Paint Bucket Tool
Tool ini berguna untuk mewarnai objek / fill. Anda dapat
memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan
shortcut key K pada keyboard.
15)
Eyedropper Tool
Tool ini berguna untuk menduplikat warna. Anda dapat
memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan
shortcut key I pada keyboard.
16)
Eraser Tool
Tool ini berguna untuk menghapus objek. Anda dapat memilihnya
dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key E
pada keyboard.
b.
View
Dalam bagian ini berisikan tool untuk merubah tampilan atau
display dokumen, dimana sangat berguna jika anda ingin memperbesar atau
memperkecil tampilan layer untuk melihat detail dari sebuah objek.
1)
Hand Tool
Tool ini berguna untuk menggeser layer seperti halnya tangan.
Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox bagian view
atau dengan menekan shortcut key H pada keyboard.
2)
Zoom Tool
Tool ini berguna untuk memperbesar atau memperkecil layer
seperti halnya lup. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam
Toolbox bagian view atau dengan menekan shortcut key M atau Z pada keyboard.
c.
Colors
Dalam bagian
Color ini berisikan tool untuk merubah warna dari objek dabik itu berupa warna
stroke maupun fill.
1)
Stroke Color Tool
Stroke Color berguna untuk mewarnai bentuk stroke atau garis
luar dari objek.
2)
Fill Color Tool
Fill Color berguna untuk mewarnai bentuk fill atau warna
dalam dari objek.
d.
Options
Dalam bagian ini berisikan macam-macam option yang
digunakan untuk melakukan modifikasi objek. Option dalam bagian ini dinamakan modifier
dimana jenisnya bermacam-macam tergantung dari objek yang kita pilih.
4.
Stage
Stage dalam Flash berguna sebagai lembar kerja untuk
pembuatan berbagai bentuk objek yang kita inginkan. Dalam Flash MX Profesional
2004 kita dapat langsung membuat berbagai bentuk objek dengan memilih Tool yang
kita inginkan kemudian membuatnya dalam Stage yang tersedia.
Gambar.2.4 Stage
5. Panel
Timeline
Timeline
dalam Flash berguna untuk mengatur letak dan waktu dari animasi sebuah objek.
Dalam Timeline ini terdapat dua bagian utama yaitu Layer dan Frame. Dalam Timeline terbagi menjadi dua bagian yaitu:
a. Layer,
Dalam bagian Layer ini berguna sebagai
tempat meletakkan objek. Untuk membuat sebuah layer anda dapat dengan
menggunakan cara klik icon Add Layer
atau melalui Menu Insert >
Layer
Gambar. 2.6 Membuat Layer
atau dengan cara klik kanan Layer >
Insert Layer
Gambar.2.7 Membuat Layer
b. Frame
Frame
berfungsi untuk mengatur waktu dari objek ataupun animasi akan ditampilkan.
Kecepatan frame yang dimainkan sangat berpengaruh dari
framerate yang digunakan. Makin tinggi framerate maka akan makin cepat pula
sebuah animasi akan dimainkan.
Gambar.2.8
Frame.Kecepatan
framerate sebuah animasi dapat diatur dengan cara double click frame pada
Timeline, kemudian memasukkan nilai framerate yang anda inginkan.
6. Property Inspector
Property Inspector dalam Flash berisi
property dari objek yang kita pilih menggunakan Selection Tool .. Tiap objek yang kita pilih memiliki
property yang berbeda dengan objek lainnya. Sebagai contoh jika kita memilih
objek lingkaran yang kita buat dengan Oval Tool
maka
akan berbeda property-nya dengan teks yang kita buat menggunakan Text
Tool
Gambar.2.9
Property InspectorDalam
Property Inspector ini kita dapat merubah tiap property dari objek yang kita
pilih baik itu berupa objek, maupun animasi dengan merubah parameter dalam
Property Inspector objek maupun animasinya.
7. Actionscript
Dalam Flash
kita dapat membuat objek dalam aplikasi yang kita buat menjadi lebih
interaktif. Untuk membuat interaktivitas dalam Flash kita dapat mengunakan
perintah perintah yang biasa disebut dengan Actionscript. Pada dasarnya
actionscript yang kita buat hampir sama dengan bahasa pemrograman Javascript,
maka jika anda telah terbiasa dengan bahasa pemrograman ini maka ini akan
sangat membantu anda dalam membuat aplikasi menggunakan actionscript ini. Dalam
actionscript anda harus memahami tiga macam komponen untuk membuat aplikasi
anda menjadi lebih interaktif, yaitu :
a.
Event Merupakan peristiwa yang terjadi untuk memicu
sebuah aksi pada objek.
b.
Action Merupakan aksi atau kerja yang dikenakan
atau diberikan pada suatu objek.
c.
TargetMerupakan objek yang dikenai oleh aksi.
Actionscript dalam Flash 8 terdapat dalam panel Action yang dapat anda tampilkan dengan memilih menu Window – Action, atau dengan menekan
tombol F9 pada keyboard.
Gambar.2.10 Memasukkan Action.
Dalam Panel Action, anda dapat mengetikkan
perintah langsung ke dalam jendela yang tersedia, ataupun dengan memilih menu
bantuan yang sudah disediakan pada panel ini
Gambar.2.11 Actions
2.7 Cara Membuka Dan Menutup Aplikasi
Macromedia Flash 8
1.
Membuka Aplikasi Macromedia Flash 8
a.
Pilih Start > Program > Macromedia>Macromedia
Flash 8
Gambar.2.12 Membuka
Aplikasi.
b. Pilih Ikon macromedia flash 8 pada dekstop dengan
double klik
(di Layar monitor).
Gambar.2.13 Membuka
Aplikas
2.
Menutup Aplikasi Macromedia Flash 8
a.
Klik file kemudian pilih Exit.
Gambar.2.14 Menutup
Aplikasi.
Atau
b. Klik tanda X pada pojok
kanan aplikasi.
2.8 Kegunaan Macromedia Flash
Animasi Flash adalah
gambar bergerak yang dibuat dengan menggunkan alat (software) khusus untuk
membuat website yang interaktif dan website yang dianimasikan.Definisi
animasi flash telah dibahas sebelumnya. Setelah kita mengetahui apa
itu definisi animasi flash, rasanya kurang lengkap kalau kita tidak tahu fungsi
atau kegunaan dari macromedia flash.
Berikut kegunaan dari macromedia
flash :
1.
Animasi : aplikasi yang menggunakan animasi tersebut misalnya banner,kartu
ucapan online,kartun,iklan,dan sebagainya.Flash menyediakan berbagai elemen
animasi yang cukup lengkap.
2.
Games : beberapa games yang terutama berbentuk 2 dimensi banyak yang
dibangun dengan aplikasi ini.games menggabungkan kemampuan animasi pada flash
dengan bahasa scripting yang dimilikinya yang dikenal dengan ActionScript.
3.
User Interface : aplikasi user interface yang biasa dibangun menggunakan Flash
adalah aplikasi-aplikasi berbasis web.interface tersebut biasanya dilengkapi
dengan kotak-kotak navigasi sederhana sampai pada antarmuka yang lain yang
lebih kompleks.
4.
Aplikaasi FMA ( Flexible
Messaging Area ) : merupakan area pada web page yang dirancanguntuk menampilkan
pesan tertentu yang bisa berubah setiap waktu.sebagai contoh FMA pada website
restaurant,yang mungkin akan menampilkan menu special harian yang akan
beruba-ubah.
5.
RIA ( Reach Internet
Aplication ) : merupakan aplikasi internet yang membutuhkan tingkat manipulasi
dan transfer data yang tinggi. Sebagai contoh ,catalog belanja, test online,
kalender, inventory online, system informasi akademik,dll.
2.9 Kesimpulan
Fungsi flash ternyata beragam,
tidak hanya untuk membuat animasi saja. Dengan Flash kita dapat membuat
bermacam karya diantaranya:
1. Membuat
presentasi
2. Membuat
aplikasi
3. Membuat
animasi
4. Membuat
konten video
5. Membuat
media-rich flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan
efek-efek khusus.
2.10 Kelebihan Aplikasi Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah sebuah program
grafis dan animasi yang keberadaannya ditujukan bagi pecinta desain dan animasi
untuk berkreasi membuat animasi web interkatif, film animasi kartun 2D,
presentasi bisnis atau kegiatan, company/organization profile dan
game flash yang menarik. Oleh karena itulah, maka pada program Macromedia Flash
ini disediakan berbagai fasilitas serta kemampuan penunjang lainnya yang
berfungsi sebagai sarana untuk berkreasi guna melahirkan ide-ide yang tersimpan
didalam pikiran kita. Dengan begitu, terbukalah jalan untuk menyalurkan ide-ide
cemerlang yang kita miliki untuk mewujudkan karya – karya kita.
Maromedia Flash, sebagai program
multimedia dan animasi, mempunyai beberapa kelebihan diantaranya sebagai
berikut:
1.
Seorang pemula yang masih awam terhadap dunia
desain dan animasi dapat dengan mudah mempelajari dan memahami macromedia flash
tanpa harus dibekali dasar pengetahuan yang tinggi tentang bidang tersebut.
2.
Pengguna
program Macromedia Flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat
animasi dengan gerakan luwes (bebas ) sesuai dengan alur adegan animasi yang
diinginkan.