MANAJEMEN ADMINISTRASI SEKOLAH
MAKALAH
Untuk memenuhi tugas mata kuliah
manajemen madrasah
yang dibina oleh ibu
lailatul fitriyah,M.Pd.
DisusunOleh
:
SITTI MUNAWAROH
NIM. 18201501040166
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PAMEKASAN
2016
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt.
yang telah banyak memberikan beribu-ribu Nikmat kepada kita hambanya. Rahmat
beserta salam semoga tetap tercurah limpahkan
kepada junjungan kita, pemimpin akhir zaman yang sangat dipanuti oleh
pengikutnya yakni Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam. Sehingga
kami dapat menyelesaikan tugas Makalah manajemen madrasah yang berjudul “manajemen administrasi sekolah ”.semuga
apa yang saya tulis bisa ada mamfaatnya.
Kami menyadari bahwa dalam
pembuatan makalah ini terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu
kami mohon saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Pamekasan, 19 oktober 2016
Penyusun
i
|
KATA PENGANTAR…………………………… ………………………………
DAFTAR ISI……………………………………………........................................
BAB I : PENDAHULUAN……………………………………..............................
A. Latar Belakang
………………………………………………………………..
B.
Rumusan Masalah……………………………………………………………..
C.
Tujuan Penulisan……………………………………………………………....
BAB II : PEMBAHASAN…………………………………………………………
A. pengertian manajemen............................................................................
B. Pengertian
dministrasi.............................................................................
C. Pengertian
administrsi pendidikan.........................................................
D. Pengertian
adminisrtasi sekolah............................................................
E. Administrasi Budaya lingkungan sekolah.............................................
F. Administrasi
peran masyarakat serta kmitraan sekolah..........................
G.
Ruang lingkup administrasi
sekolah..………………………..
BAB III : PENUTUP…………………………………………………………..
A. Kesimpulan…………………………………………………………………..
B.
Saran……………………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………
ii
|
BAB 1
a.
Latar
belakang
melakukan
suatu pekerjaan melalui orang lain. (management is getting done brough other
people). Pengertin itu dikatakan masih kurang lengkap karna manajemen
sebagai penggerak dalamorganisasi untuk
mencapai tujauan, disamping itu juga di jelaskan bagaimana orang orang lain mencapai tujuan melalui kerja
sama. Oleh karna itu kemudian pengertian itu
berkembang bahwa manejemen adalah proses pencapaian tujuan melaluai kegiatan kegiatan kerja sama orang orang lain.
Dari sudut istilah manajemen berasal dari kata kerja manage berasal dari bahasa italia yang
bersumberdari perkataanlatin manus yangberarti tangan. Secara harfiyah manage berart
imenangani sedangkan secara maknaiyah
berarti memimpin ,membimbing , atau mengatur .
Administrasi
adalah merupakan suatu fungsi yang memegang peranan yang
sangat penting terhadap tercapainya kelancaran usaha kegiatan, maupun aktivitas
yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Sehingga dengan demikian dapat
dikatakan administrasi juga merupakan urat nadi perusahaan dan administrasi
juga dapat memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk
perencanaan secara rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat,
formulir serta laporan yang meliputi tugas administrasi.
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil.
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil.
b.
Rumusan
masalah
a. Apa
manajemen itu...?
b. Apa
dministrasi itu...?
c. Apaadministrsi
pendidikan....?
d. Apa
adminisrtasi sekolah...?
e. Administrasi
Budaya lingkungan sekolah.....?
f. Administrasi
peran masyarakat serta kmitraan sekolah.....?
g. Serta
ruang lingkup administrasi sekolah..?
c.
Tujuan penulisan
a. mendiskrisikan manajemen itu.
b. mendiskripsikan
administrasi itu
c. mendiskripsikan administrsi
pendidikan
d. mendiskripsikan adminisrtasi sekolah
BAB 11
PEMBAHASAN
A.Pengertian manajemen
Manajemen adalah melakukan suatu
pekerjaan melalui orang lain. (management is getting done brough other
people). Pengertin itu dikatakan masih kurang lengkap karna manajemen
sebagai penggerak dalamorganisasi untuk
mencapai tujauan, disamping itu juga di jelaskan bagaimana orang orang lain mencapai tujuan melalui kerja
sama. Oleh karna itu kemudian pengertian itu
berkembang bahwa manejemen adalah proses pencapaian tujuan melaluai kegiatan kegiatan kerja sama orang orang lain.[1]
Dari sudut istilah manajemen berasal dari kata kerja manage berasal dari bahasa italia yang
bersumberdari perkataanlatin manus yangberarti tangan. Secara harfiyah manage berart
imenangani sedangkan secara maknaiyah
berarti memimpin ,membimbing , atau mengatur .
Adpun menurut para ahli mengartikan
tentang manajemen:
1.
George R.Teri
Menejemen
merupakan sebuah proses has, yang terdiridari tindakan-tindakan perencanaan
peng organisasian, penggiatan dan pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan
serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber
daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
2.
Harold Koonts Cyiril
O’Donell
Adalahpenyelesaian
pekerjaan melalui orang lain
3.
JohnM.Pfiffner
Managemen
berhubungan dengan pengarahan orang dan fungsi-fungsinya untukmencapaitujuan
yang telah ditetapkan
4.
Howard M. Carlisle
Mnagement
adalah proses pengentegrasian, perkoordinasian, atau pemanfaatan elemen-elemen
untuk mencapai tujuan secara efesien.
5.
The Liang Gie
Manajemen
sebagai seni perencanaan, pengorganisasian pengarahan, pengkordinasian dan
pengontrolan terhadap sumber daya manusia dan alam untuk mencapai tujuan yang
telah ditentukan.[2]
Administrasi adalah
merupakan suatu fungsi yang memegang peranan yang sangat
penting terhadap tercapainya kelancaran usaha kegiatan, maupun aktivitas yang
dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Sehingga dengan demikian dapat dikatakan
administrasi juga merupakan urat nadi perusahaan dan administrasi juga dapat
memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara
rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta
laporan yang meliputi tugas administrasi.
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.[3]
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.[3]
Apabila definisi diatas disimak, akan terlihat
paling sedikit 3 hal yaitu :
- Administrasi merupakan suatu seni
sekaligus sebagai proses. Sebagai seni, penarapan administrasi memerlukan
kiat tertentu yang sifatnya sangat situasional dan
kondisional. Administrasi selulu terikat pada kondisi, situasi,
waktu dan tempat.
- Administrasi
memiliki unsur-unsur tertentu, yaitu adanya dua oarang atau lebih,
orang-orang tersebut bekerja sama dalam hubungan yang sifatnya formal dan
hirarkis, adanya tujuan yang ingin dicapai. Adanya tugas-tugas yang harus
dilaksanakan dan tersedianya sarana dan prasarana tertentu.
- Administrasi sebagai
proses kerja sama bukanlah merupkan hal baru karena administrasi
sesungguhnya timbul bersamaan dengan timbulnya peradaban manusia.
pengertian administrasi dalam arti sempit
Administrasi dalam arti sempit berkisar
pada berbagai kegiatan kettaushaan. Kegiatan-kegiatan ketatausahaan merupakan
bagian yang sangat penting dari kegiatan organisasi terutama karena kegiatan
tersebut menyangkut penangnan informasi yang dikatakan berperan sebagai ”
darah ” bagi suatu organisasi. Dalam pengertian yang demikian administrasi
biasanya hanya dikaitkan dengan kegiatan-kegiatan ktatausahaan yang mencakup
korespondensi, kesekretariatan, penyusunan laporan dan kearsipan.
Definisi Administrasi dalam Arti Luas
Administrasi dalam arti luas berarti keseluruhan
proses penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang didasarkan pada rasional tertentu
oleh dua orang atau lebih dalam rangka pencapaian sutu tujuan yang telah
ditentukan sebelumnya dengan menggunakan sarana dan prasarna tertentu pula.[4]
C. Pengertian administrasi pendidikan
Administrasi
pendidikan : segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber (personil
maupun materil) secara efektif dan efesien untuk menunjang tercapainya
pendidikan (syarif)
Administrasi
pendidikan : rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha
kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan
tertentu terutama berupa pendidikan lembaga formal. (hadari nawawi)[5]
D, Administrasi sekolah
Administrasi
sekolah adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa
merencanakan, mengatur (mengurus), melaksanakan dan mengendalikan semua urusan sekolah
untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Administrasi sekolah
merupakan suatu proses pemanfaatan segala sumber (potensi) yang ada di sekolah
baik personil (Kepala Sekolah dan stafnya serta guru-guru dan karyawan sekolah
lainnya) maupun material (kurikulum, alat/media) dan fasilitas (sarana dan
prasarana) serta dana yang ada di sekolah secara efektif.[6]
Penataan administrasi bagi sekolah menjadi begitu
penting sebagai sumber data utama manajemen sekolah dalam mengatur proses belajar mengajar dengan
tertib sehingga tercapainya tujuan sekolah.
Secara
lebih spesifik, administrasi sekolah berfungsi :
• Memberi
arah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah
• Memberikan
umpan balik bagi perbaikan proses dan hasil pendidikan di sekolah
• Meningkatkan
mutu penyelenggaraan administrasi sekolah
• Menunjang
tercapainya tujuan/program sekolah secara efektif dan efisien
Saat ini penataan administrasi sekolah lebih
mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Akan tetapi yang sering timbul di
lapangan, kita terkadang bingung mengenai jenis-jenis administrasi yang mengacu
kepada 8 standar tersebut. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan beberapa
contoh jenis administrasi yang sesuai dengan 8 standar nasional pendidikan
tersebut.[7]
1. ADMINISTRASI
STANDAR ISI :
a. Dokumen KTSP (Buku 1, 2, 3)
b. Dokumen Penyusunan Kurikulum
(termasuk kurikulum mulok)
c. SK Tim Pengembang Kurikulum
d. Dokumen Penetapan KKM
e. Kumpulan
acuan/referensi/peraturan
f. Program dan laporan pengembangan
diri (BK, Ekstrakurikuler)
g. Kalender Pendidikan
h. Pemetaan SK – KD – Indikator
i.
Program PT dan KMTT semua mapel
j.
dll.
2. ADMINISTRASI
STANDAR PROSES :
a. Administrasi Guru (silabus,
program tahunan, program semester, rincian minggu/hari efektif, RPP, jadwal
mengajar, dokumen penilaian, lembar penilaian sikap, program &
pelaksanaan remedial dan pengayaan, analisis penilaian, daya serap, agenda
guru, dll.)
b. Daftar buku teks, panduan
guru, referensi
c. Program dan pelaksanaan
supervisi, serta tindak lanjut
d. Buku kemajuan kelas
3. ADMINISTRASI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN :
a.
Dokumen hasil tugas-tugas
terstruktur
b.
Dokumen
/ kumpulan karya siswa:
c.
Kliping
d.
laporan
kegiatan
e.
laporan
diskusi
f.
foto – foto kegiatan, dll.
g.
Dokumen Prestasi
4. ADMINISTRASI
STANDAR PTK :
a. File PTK
b. Buku
induk pegawai
c.
Kumpulan SK pembagian tugas dan uraian tugas
d.
Presensi
PTK dan rekapitulasinya
f.
Notulen
rapat-rapat
g.
Program
dan laporan pelaksanaan pengelolaan perpustakaan
h.
Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan laboratorium
i.
Dokumen Keikutsertaan PTK dalam forum ilmiah
j. Dokumen kewirausahaan
k. Buku
Pembinaan dan penanganan kasus
l. Dokumen Program,
pelaksanaan, dan hasil PKB
m.Daftar Nominatif pegawai
n. DUPAK
o. SKP
/ PKP/DP-3
p. Laporan
hasil PKG
q. DUK
r. Buku cuti PNS
s. Dokumen penerimaan gaji
t. Daftar tunggu pensiun
u. Data Statistik
Kepegawaian
5. ADMINISTRASI
STANDAR SARANA DAN PRASARANA :
1. Dokumen
analisis luas lahan dan bangunan
2. Dokumen
analisis kebutuhan sarana prasarana
3. Dokumen
master plan/peta sekolah, foto–foto sarana prasarana
4. Dokumen
kepemilikan lahan
5. Dokumen
IMB/peruntukan bangunan
6. Dokumen
kepemilikan daya listrik
7. Dokumen
program dan pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana
8. Buku
teks / BSE/Buku guru/Buku siswa
9. Dokumen
administrasi inventaris laboratorium
10. Dokumen
administrasi inventaris perpustakaan
11. Buku
inventaris sekolah
12. Daftar
inventaris tiap ruang (KIR)
13. Administrasi
perlengkapan/barang :
- Buku
penerimaan barang
- Buku
pengeluaran barang
- Buku
pemeriksaan perlengkapan/barang
- Kartu
pemeliharaan barang
- Dokumen
penghapusan barang
- Dokumen
usulan pengadaan barang
6. ADMINISTRASI STANDAR
PENGELOLAAN
1. Dokumen
penetapan visi, misi sekolah
2. Dokumen
RKJM/RKS, RKT/RKAS, RAPBS
3. Dokumen
KTSP, Kalender Pendidikan, Struktur Organisasi, program pengembangan SDM,
peraturan akademik.
4. Dokumen
evaluasi pelaksanaan program dan tindak lanjut
5. Dokumen
administrasi kesiswaan :
a. dokumen
PPDB/MOPD
b. dokumen
Pelaksanaan pengembangan diri/konseling
c. daftar
dan rekapitulasi prestasi siswa
d. buku
induk siswa
e. Data
base sekolah
f. Buku
klaper
g. Data
keadaan siswa
h. Dokumen
rekapitulasi presensi siswa
i. Buku
mutasi siswa
j. Data
statistik kesiswaan
k. Daftar
Nominatif Peserta UN
6. Dokumen
pendayagunaan PTK (Pembagian tugas, dokumen sistem penghargaan, pengembangan
profesi, mutasi dan promosi)
7. Dokumen
sarana prasarana (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, inventarisasi)
8. Dokumen
hasil supervisi dan tindak lanjut
9. Dokumen
evaluasi kinerja guru dan karyawan
10. Dokumen
akreditasi sekolah
11. Dokumen
pemilihan wakil kepala sekolah
12. Sistem
Informasi Manajemen Sekolah (SIM)
13. Dokumentasi
administrasi persuratan/ perkantoran
- Buku
agenda
- Buku
ekspedisi
- Kartu
kendali dan lembar disposisi
- Arsip
surat masuk dan surat keluar
7. ADMINISTRASI STANDAR
PEMBIAYAAN
1. Dokumen
investasi sarana prasarana
2. Dokumen
Program dan realisasi (pengembangan PTK, gaji, kesiswaan, ATK, penggandaan,
biaya daya dan jasa, biaya operasional tidak langsung, dll.)
3. Dokumen
pedoman pengelolaan sekolah
4. Dokumen
penerimaan beasiswa
5. Dokumen
pembukuan keuangan:
- BKU
- Buku
kas pembantu
- Buku
pembantu pajak
- Buku
laporan keuangan (APBN, APBD, dll.)
- Dokumen
pemeriksaan atasan langsung
8. ADMINISTRASI
STANDAR PENILAIAN
1. Dokumen
rancangan dan kriteria penilaian
2. Dokumen
pengembangan instrumen penilaian
3. Dokumen
penilaian sesuai IPK
4. Dokumen
analisis hasil evaluasi/KKM dan daya serap
5. Dokumen
hasil remedial dan pengayaan
6. Buku
legger nilai
7. Buku
Raport/laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
8. Dokumen
penilaian sikap dan kepribadian
9. Dokumen
pelaporan ulangan, UTS, kenaikan kelas, UAS, UN
E. ADMINISTRASI BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
1. SOP
2. Tata
Tertib Pendidik, Tenaga Kependidik, Peserta Didik
3. Tata
Tertib penggunaan sarana prasarana/fasilitas sekolah
4. Petunjuk,
peringatan dan larangan , sangsi berperilaku di sekolah
5. Kode
etik sekolah
6. Buku
tamu
F. ADMINISTRASI PERAN SERTA MASYARAKAT DAN
KEMITRAAN SEKOLAH
1. Dokumen
keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sekolah:
a. notulen rapat,
b. daftar
hadir,
c. foto-foto
kegiatan, dll.
2. adapun tujuan penulisan pedoman administrasi
a. Administrasi Pengajaran.
b. Administrasi kesiswaan.
c. Administrasi Kepegawaian.
d. Administrasi Perlengkapan/Barang.
Menjabarkan secara operasional kegiatan administrasi pendidikan yang tercantum dalam buku Pedoman Administrasi dan Supervisi.
1.
Menjadi
pegangan bagi Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga lainnya.
2.
Menyeragamkan
sistem pembinaan administrasi Sekolah
a. Administrasi
pengajaran
1.
Buku
pemeriksaan persiapan mengajar
2.
Buku
penyelesaian kasus di sekolah
3.
Buku
hubungan kemasyarakatan
4.
Persiapan
mengajar
5.
Buku
program bimbingan
6.
Buku
pencapaian target dan daya serap kurikulum
7.
Daftar
penyerahan buku nilai hasil belajar
8.
Buku
kunjungan pengawas ke sekolah
9.
Buku
pengaduan, masukan,
10. Kritik, dan saran
11. Buku notulen rapat guru/komite
12. Kegiatan yang menggunakan sk. Kepala sekolah
13. Buku ekpedesi
14. Buku tamu umum
15. Buku tamu khusus
16. Buku supervisi kelas
b. Administrasi kesiswaan
1. Buku calon peserta didik baru
2. Bukupeserta didik baru
3. Buku klapper
4. buku daftar nama siswaberdasarkan abjad
5. Papan absen harian siswa
6. Papan rekapitulasi absensi harian siswa(di ruang kepala
sekolah)
7. Buku rekap mutasi siswa
8. Pendaftaran masuk sd/smp/sma/ma/smk
9. Buku kenaikan kelas
10. Buku prestasi siswaakademik/non akademik
c. administrasi
kepegawaian
1. Buku catatan penilaian pegawai negeri sipil
2. Buku diklat/penataran
3. Buku penghargaan
4. Buku seminar/lokakarya
5. Buku izin keluar pegawai/guru
6. Buku piket guru
7. Administrasi keuangan
8. Buku kas umum
9. Buku kas pembantu
1.
Rencana
pelaksanaan pembelajaran
2.
(rpp)
3.
Surat
permohonan pindah sekolah
4.
Surat
keterangan pindah sekolah
5.
Surat
keterangan telah menerima siswa pindahan
6.
Buku
keadaan barang inventaris lainnya
G. Ruang Lingkup
Administrasi
Ruang Lingkup tugas administrasi pada kantor ini
dapat dikatakan tugas pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud
yaitu :
1. Menghimpun
Yaitu : kegiatan-kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan dimana-mana sehingga siap untuk dipergunakan bilamana diperlukan.
Yaitu : kegiatan-kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan dimana-mana sehingga siap untuk dipergunakan bilamana diperlukan.
- Mencatat
Yaitu : kegiatan yang mebubuhkan dengan berbagai peralatan tulis keterangan-keterangan yang diperluka sehingga berwujud tulisan yang dapat dibaca, dikirim dan disimpan - Mengelola
Yaitu : bermacam-macam kagiatan mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang berguna. - Mengirim
Yaitu : kegiatan yang menyimpan dengan berbagi cara dan alat dari satu pihak kepihak lain. - Menyimpan
Yaitu : kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.
Ruang lingkup diatas termasuk keterangan atau
informasi. Yang dimaksud dengan keterangan atau informasi ialah pengetahuan
tentang suatu hal atau peristiwa yang diperoleh terutama melalui pembacaan atau pengamatan.orang Dewasa ini, informasi dapat
berupa : surat, panggilan telepon, pesanan, faktor dan laporan mengenai berbagai kegiatan bisnis.
Semuanya diterima, direkam (direcord), diatur, disebarkan dan dilindungi agar
tugas kantor dapat terlaksana dengan efisien dan efektif.
Dibagian Umum memiliki ruang lingkup tugas
administrasi seperti :
- Mengagendakan surat
masuk dan surat keluar.
- Mengarsip surat
masuk dan surat keluar.
- Mengentri data surat
masuk dan surat keluar kedalam komputer
- Memfilekan surat
masuk dan surat keluar.
- Mencatat dan
mengetik surat-surat ke buku agenda surat masuk dan keluar.
- Mendistribusikan
surat masuk dan surat keluar.[14]
BAB 111
PENUTUP
a. Kesimpulan
Manajemen
adalah melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain. (management is getting done
brough other people). Pengertin itu dikatakan masih kurang lengkap karna
manajemen sebagai penggerak dalamorganisasi
untuk mencapai tujauan, disamping itu juga di jelaskan bagaimana
orang orang lain mencapai tujuan melalui
kerja sama. Oleh karna itu kemudian pengertian itu berkembang bahwa manejemen adalah proses
pencapaian tujuan melaluai kegiatan
kegiatan kerja sama orang orang lain.
Adapun
pengertian Administrasi adalah merupakan
suatu fungsi yang memegang peranan yang sangat penting terhadap tercapainya
kelancaran usaha kegiatan, maupun aktivitas yang dilakukan oleh
perusahaan/organisasi. Sehingga dengan demikian dapat dikatakan administrasi
juga merupakan urat nadi perusahaan dan administrasi juga dapat memperlihatkan
fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara rinci dan
keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta laporan yang
meliputi tugas administrasi.
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil.
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil.
b. Saran
Dengan
makalah ini kami banyak mengetahui
tentang administrasi sekolah dan kmi sadar atas kekurangangan makalah kami
masih banyak yang harus di perbaiki, semoga yang menulis serta yang membaca dapat
memahami isi makalah kami.
DAFTAR RUJUKAN
Molyono,manajemen administrasi dan organisasi
pendidikan .jakarta: arruzmidia.
Syaifurrahman, manajemen dalam pembelajaran (jakarta:
permeta puri media
Manab, Abdul, manajemen kurikulum pembelajaran di madrasah. yokyakarta: kali
media 2015
Saqola, Syaiful
.administrasi pendidikan kontemporer. bandung: alfabeta ,2009.
[1] Syaifurrahman, manajemen dalam
pembelajaran (jakarta: permeta puri media
Media, 2013) hlm. 15.
[2] Ibid. Hlm 16-17
[3] Syaiful,saqola.administrasi
pendidikan kontemporer.(bandung: alfabeta ,2009) hlm,37.
[4] Syaifurrahman, manajemen dalam
pembelajaran (jakarta: permeta puri media
Media, 2013) hlm. 40-41.
[5] Ibid hlm.49.
[6] Molyono,manajemen administrasi dan organisasi pendidikan (jakarta: arruzmidia) hlm ,68
[7] Syaiful,saqola.administrasi
pendidikan kontemporer.(bandung: alfabeta ,2009) hlm,46
[8] Ibid.46
[9] Ibid hlm.47
[10] Ibid, hlm 47-48.
[11] Ibid. Hlm 49.
[12] Molyono,manajemen administrasi
dan organisasi pendidikan (jakarta:
arruzmidia) hlm ,71
[13] Ibid 72-73
[14] Abdul manab,manajemen kurikulum pembelajaran di madrasah (yokyakarta:
kali media 2015)hlm 97.