Friday 16 December 2016

MAKALAH MANAJEMEN ADMINISTRASI SEKOLAH


          MANAJEMEN  ADMINISTRASI SEKOLAH                                   

MAKALAH
Untuk memenuhi tugas  mata kuliah manajemen madrasah
yang dibina oleh ibu lailatul fitriyah,M.Pd.

DisusunOleh :

SITTI MUNAWAROH
NIM. 18201501040166















PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN  ISLAM
 JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PAMEKASAN
 2016



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. yang telah banyak memberikan beribu-ribu Nikmat kepada kita hambanya. Rahmat beserta salam semoga tetap tercurah limpahkan  kepada junjungan kita, pemimpin akhir zaman yang sangat dipanuti oleh pengikutnya yakni Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam. Sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Makalah manajemen madrasah yang berjudul “manajemen administrasi sekolah ”.semuga apa yang saya tulis bisa ada mamfaatnya.
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu kami mohon saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.






Pamekasan, 19  oktober 2016



                                                                                                      Penyusun





















i
 


DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR…………………………… ………………………………            
DAFTAR ISI……………………………………………........................................
BAB I : PENDAHULUAN……………………………………..............................           
 A.    Latar Belakang ………………………………………………………………..             
 B.     Rumusan Masalah……………………………………………………………..             
 C.     Tujuan Penulisan……………………………………………………………....             

BAB II : PEMBAHASAN…………………………………………………………          
A.     pengertian manajemen............................................................................
B.     Pengertian dministrasi.............................................................................
C.     Pengertian administrsi pendidikan.........................................................
D.    Pengertian  adminisrtasi sekolah............................................................
E.      Administrasi Budaya lingkungan sekolah.............................................
F.      Administrasi peran masyarakat serta kmitraan sekolah..........................
G.    Ruang lingkup administrasi sekolah..………………………..    

BAB III : PENUTUP…………………………………………………………..                
A.    Kesimpulan…………………………………………………………………..
B.     Saran……………………………………………………………………….                 

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………



ii
 



BAB 1
a.      Latar belakang
melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain.  (management is getting done brough other people). Pengertin itu dikatakan masih kurang lengkap karna manajemen sebagai penggerak dalamorganisasi  untuk mencapai tujauan, disamping itu juga di jelaskan bagaimana orang  orang lain mencapai tujuan melalui kerja sama. Oleh karna itu kemudian pengertian itu  berkembang bahwa manejemen adalah proses pencapaian tujuan  melaluai kegiatan kegiatan  kerja sama orang orang lain.
 Dari sudut istilah  manajemen berasal dari kata kerja manage berasal dari bahasa italia yang bersumberdari perkataanlatin  manus yangberarti tangan. Secara harfiyah manage berart imenangani  sedangkan secara maknaiyah berarti memimpin ,membimbing , atau mengatur .
Administrasi adalah merupakan suatu fungsi yang memegang peranan yang sangat penting terhadap tercapainya kelancaran usaha kegiatan, maupun aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Sehingga dengan demikian dapat dikatakan administrasi juga merupakan urat nadi perusahaan dan administrasi juga dapat memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta laporan yang meliputi tugas administrasi.
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses  kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil
.
b.      Rumusan masalah
a.       Apa manajemen itu...?
b.      Apa dministrasi itu...?
c.       Apaadministrsi pendidikan....?
d.      Apa adminisrtasi sekolah...?
e.       Administrasi Budaya lingkungan sekolah.....?
f.       Administrasi peran masyarakat serta kmitraan sekolah.....?
g.      Serta ruang lingkup administrasi sekolah..?
c.        Tujuan penulisan
a. mendiskrisikan  manajemen itu.
b. mendiskripsikan administrasi itu
c. mendiskripsikan administrsi pendidikan
d. mendiskripsikan  adminisrtasi sekolah



















BAB 11
PEMBAHASAN
A.Pengertian manajemen
            Manajemen adalah melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain.  (management is getting done brough other people). Pengertin itu dikatakan masih kurang lengkap karna manajemen sebagai penggerak dalamorganisasi  untuk mencapai tujauan, disamping itu juga di jelaskan bagaimana orang  orang lain mencapai tujuan melalui kerja sama. Oleh karna itu kemudian pengertian itu  berkembang bahwa manejemen adalah proses pencapaian tujuan  melaluai kegiatan kegiatan  kerja sama orang orang lain.[1]
 Dari sudut istilah  manajemen berasal dari kata kerja manage berasal dari bahasa italia yang bersumberdari perkataanlatin  manus yangberarti tangan. Secara harfiyah manage berart imenangani  sedangkan secara maknaiyah berarti memimpin ,membimbing , atau mengatur .
            Adpun menurut para ahli mengartikan tentang manajemen:
1.      George R.Teri
Menejemen merupakan sebuah proses has, yang terdiridari tindakan-tindakan perencanaan peng organisasian, penggiatan dan pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
2.      Harold Koonts Cyiril O’Donell
Adalahpenyelesaian pekerjaan melalui orang lain
3.      JohnM.Pfiffner
Managemen berhubungan dengan pengarahan orang dan fungsi-fungsinya untukmencapaitujuan yang telah ditetapkan
4.      Howard M. Carlisle
Mnagement adalah proses pengentegrasian, perkoordinasian, atau pemanfaatan elemen-elemen untuk mencapai tujuan secara efesien.
5.      The Liang Gie
Manajemen sebagai seni perencanaan, pengorganisasian pengarahan, pengkordinasian dan pengontrolan terhadap sumber daya manusia dan alam untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.[2]
Administrasi adalah merupakan suatu fungsi yang memegang peranan yang sangat penting terhadap tercapainya kelancaran usaha kegiatan, maupun aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Sehingga dengan demikian dapat dikatakan administrasi juga merupakan urat nadi perusahaan dan administrasi juga dapat memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta laporan yang meliputi tugas administrasi.
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses  kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.[3] 
Apabila definisi diatas disimak, akan terlihat paling sedikit 3 hal yaitu : 
  1. Administrasi merupakan suatu seni sekaligus sebagai proses. Sebagai seni, penarapan administrasi memerlukan kiat tertentu yang sifatnya sangat  situasional dan  kondisional. Administrasi selulu terikat pada kondisi, situasi, waktu dan tempat. 
  2. Administrasi memiliki unsur-unsur tertentu, yaitu adanya dua oarang atau lebih, orang-orang tersebut bekerja sama dalam hubungan yang sifatnya formal dan hirarkis, adanya tujuan yang ingin dicapai. Adanya tugas-tugas yang harus dilaksanakan dan tersedianya sarana dan prasarana tertentu. 
  3. Administrasi sebagai proses kerja sama bukanlah merupkan hal baru karena administrasi sesungguhnya timbul bersamaan dengan timbulnya peradaban manusia. 

pengertian administrasi dalam arti sempit

Administrasi dalam arti sempit berkisar pada berbagai kegiatan kettaushaan. Kegiatan-kegiatan ketatausahaan merupakan bagian yang sangat penting dari kegiatan organisasi terutama karena kegiatan tersebut  menyangkut penangnan informasi yang dikatakan berperan sebagai ” darah ” bagi suatu organisasi. Dalam pengertian yang demikian administrasi biasanya hanya dikaitkan dengan kegiatan-kegiatan ktatausahaan yang mencakup korespondensi, kesekretariatan, penyusunan laporan dan kearsipan.

Definisi Administrasi dalam Arti Luas  
Administrasi dalam arti luas berarti keseluruhan proses penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang didasarkan pada rasional tertentu oleh dua orang atau lebih dalam rangka pencapaian sutu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan sarana dan prasarna tertentu pula.[4]
C. Pengertian administrasi pendidikan
Administrasi pendidikan : segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber (personil maupun materil) secara efektif dan efesien untuk menunjang tercapainya pendidikan (syarif)
Administrasi pendidikan : rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana  dan sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu terutama berupa pendidikan lembaga formal. (hadari nawawi)[5]
D, Administrasi sekolah
Administrasi sekolah  adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa merencanakan, mengatur (mengurus), melaksanakan dan mengendalikan semua urusan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolahAdministrasi sekolah merupakan suatu proses pemanfaatan segala sumber (potensi) yang ada di sekolah baik personil (Kepala Sekolah dan stafnya serta guru-guru dan karyawan sekolah lainnya) maupun material (kurikulum, alat/media) dan fasilitas (sarana dan prasarana) serta dana yang ada di sekolah secara efektif.[6]

Penataan administrasi bagi sekolah menjadi begitu penting sebagai sumber data utama manajemen  sekolah dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya  tujuan sekolah.
Secara lebih spesifik, administrasi sekolah berfungsi :
•          Memberi arah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah
•          Memberikan umpan balik bagi perbaikan proses dan hasil pendidikan di sekolah
•          Meningkatkan mutu penyelenggaraan administrasi sekolah
•          Menunjang tercapainya tujuan/program sekolah secara efektif dan efisien

Saat ini penataan administrasi sekolah lebih mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Akan tetapi yang sering timbul di lapangan, kita terkadang bingung mengenai jenis-jenis administrasi yang mengacu kepada 8 standar tersebut. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan beberapa contoh jenis administrasi yang sesuai dengan 8 standar nasional pendidikan tersebut.[7]

1.      ADMINISTRASI STANDAR ISI :
a.        Dokumen KTSP (Buku 1, 2, 3)
b.      Dokumen Penyusunan Kurikulum (termasuk kurikulum mulok)
c.       SK Tim Pengembang Kurikulum
d.      Dokumen Penetapan KKM
e.       Kumpulan acuan/referensi/peraturan
f.       Program dan laporan pengembangan diri (BK, Ekstrakurikuler)
g.      Kalender Pendidikan
h.      Pemetaan SK – KD – Indikator
i.        Program  PT dan KMTT semua mapel
j.        dll.
2.      ADMINISTRASI STANDAR PROSES :
a.       Administrasi Guru (silabus, program tahunan, program semester, rincian minggu/hari efektif, RPP, jadwal mengajar, dokumen penilaian,  lembar penilaian sikap, program & pelaksanaan remedial dan pengayaan, analisis penilaian, daya serap, agenda guru, dll.)
b.      Daftar buku teks, panduan guru, referensi
c.       Program dan pelaksanaan supervisi, serta tindak lanjut
d.      Buku kemajuan kelas
e.       Dll[8].
3.       ADMINISTRASI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN :
a.       Dokumen hasil tugas-tugas terstruktur
b.        Dokumen / kumpulan karya siswa:
c.         Kliping
d.        laporan kegiatan
e.         laporan diskusi
f.       foto – foto kegiatan, dll.
g.      Dokumen Prestasi
4. ADMINISTRASI STANDAR PTK :
a.  File PTK
b. Buku induk pegawai
c.  Kumpulan SK pembagian tugas dan uraian tugas
d. Presensi PTK dan rekapitulasinya
f.  Notulen rapat-rapat
g. Program dan laporan pelaksanaan  pengelolaan perpustakaan
h. Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan laboratorium
i. Dokumen Keikutsertaan PTK dalam forum ilmiah
j. Dokumen kewirausahaan
k. Buku Pembinaan dan penanganan kasus
l.  Dokumen Program, pelaksanaan, dan hasil PKB
m.Daftar Nominatif pegawai
n.  DUPAK
o. SKP / PKP/DP-3
p.   Laporan hasil PKG
q.    DUK
r. Buku cuti PNS
s. Dokumen penerimaan gaji
t.  Daftar tunggu pensiun
u.  Data Statistik Kepegawaian
v.  Dll[9]

5. ADMINISTRASI STANDAR SARANA DAN PRASARANA :
1.       Dokumen analisis luas lahan dan bangunan
2.       Dokumen analisis kebutuhan sarana prasarana
3.       Dokumen master plan/peta sekolah, foto–foto sarana prasarana
4.       Dokumen kepemilikan lahan
5.       Dokumen IMB/peruntukan bangunan
6.       Dokumen kepemilikan daya listrik
7.       Dokumen program dan pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana
8.       Buku teks / BSE/Buku guru/Buku siswa
9.       Dokumen administrasi inventaris laboratorium
10.   Dokumen administrasi  inventaris perpustakaan
11.   Buku inventaris sekolah
12.   Daftar inventaris tiap ruang (KIR)
13.   Administrasi perlengkapan/barang :
-          Buku penerimaan barang
-          Buku pengeluaran barang
-          Buku pemeriksaan perlengkapan/barang
-          Kartu pemeliharaan barang
-          Dokumen penghapusan barang
-          Dokumen usulan pengadaan barang

6. ADMINISTRASI STANDAR PENGELOLAAN
1.       Dokumen penetapan visi, misi  sekolah
2.       Dokumen RKJM/RKS, RKT/RKAS, RAPBS
3.       Dokumen KTSP, Kalender Pendidikan, Struktur Organisasi, program pengembangan SDM, peraturan akademik.
4.       Dokumen evaluasi pelaksanaan program dan tindak lanjut
5.       Dokumen administrasi kesiswaan :
a.       dokumen PPDB/MOPD
b.       dokumen Pelaksanaan pengembangan diri/konseling
c.       daftar dan rekapitulasi prestasi siswa
d.       buku induk siswa
e.       Data base sekolah
f.        Buku klaper
g.       Data  keadaan siswa
h.       Dokumen rekapitulasi presensi siswa
i.         Buku mutasi siswa
j.         Data statistik kesiswaan
k.       Daftar Nominatif Peserta UN
6.       Dokumen pendayagunaan PTK (Pembagian tugas, dokumen sistem penghargaan, pengembangan profesi, mutasi dan promosi)
7.       Dokumen sarana prasarana (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, inventarisasi)
8.       Dokumen hasil supervisi dan tindak lanjut
9.       Dokumen evaluasi kinerja guru dan karyawan
10.   Dokumen akreditasi sekolah
11.   Dokumen pemilihan wakil kepala sekolah
12.   Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIM)
13.   Dokumentasi administrasi persuratan/ perkantoran
-          Buku agenda
-          Buku ekspedisi
-          Kartu kendali dan lembar disposisi
-          Arsip surat masuk dan surat keluar
-          Kumpulan peraturan[10]        

7. ADMINISTRASI STANDAR PEMBIAYAAN
1.       Dokumen investasi sarana prasarana
2.       Dokumen Program dan realisasi (pengembangan PTK, gaji, kesiswaan, ATK, penggandaan, biaya daya dan jasa, biaya operasional tidak langsung, dll.) 
3.       Dokumen pedoman pengelolaan sekolah
4.       Dokumen penerimaan beasiswa
5.       Dokumen pembukuan keuangan:
-          BKU
-          Buku kas pembantu
-          Buku pembantu pajak
-          Buku laporan keuangan (APBN, APBD, dll.)
-          Dokumen pemeriksaan atasan langsung

8. ADMINISTRASI STANDAR  PENILAIAN
1.       Dokumen rancangan dan kriteria penilaian
2.       Dokumen pengembangan instrumen penilaian
3.       Dokumen penilaian sesuai IPK
4.       Dokumen analisis hasil evaluasi/KKM dan daya serap
5.       Dokumen hasil remedial dan pengayaan
6.       Buku legger nilai
7.       Buku Raport/laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
8.       Dokumen penilaian sikap dan kepribadian
9.       Dokumen pelaporan ulangan, UTS, kenaikan kelas, UAS, UN
10.   Dokumen fotokopi SKHUN, ijazah, dan penyerahannya.[11]

E. ADMINISTRASI BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
1.       SOP
2.       Tata Tertib Pendidik, Tenaga Kependidik,  Peserta Didik
3.       Tata Tertib penggunaan sarana prasarana/fasilitas  sekolah
4.       Petunjuk, peringatan dan larangan , sangsi berperilaku di sekolah
5.       Kode etik sekolah
6.       Buku tamu
7.       Program dan pelaksanaan 7K[12]

F. ADMINISTRASI PERAN SERTA MASYARAKAT DAN KEMITRAAN SEKOLAH
1.       Dokumen  keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sekolah:
a.  notulen rapat,
b. daftar hadir,
c. foto-foto kegiatan, dll.
2. adapun tujuan penulisan pedoman administrasi
a.       Administrasi Pengajaran.
b.      Administrasi kesiswaan.
c.       Administrasi Kepegawaian.
d.      Administrasi Perlengkapan/Barang.

Menjabarkan secara operasional kegiatan administrasi pendidikan yang tercantum dalam buku Pedoman Administrasi dan Supervisi.
1.      Menjadi pegangan bagi Kepala Sekolah, Guru, dan tenaga lainnya.
2.      Menyeragamkan sistem pembinaan administrasi Sekolah
a.      Administrasi pengajaran
1.      Buku pemeriksaan persiapan mengajar 
2.      Buku penyelesaian kasus di sekolah
3.      Buku hubungan kemasyarakatan
4.      Persiapan mengajar
5.      Buku program bimbingan
6.      Buku pencapaian target dan daya serap kurikulum
7.      Daftar penyerahan buku nilai hasil belajar
8.      Buku kunjungan pengawas ke sekolah
9.      Buku pengaduan, masukan, 
10.  Kritik, dan saran
11.  Buku notulen rapat guru/komite
12.  Kegiatan yang menggunakan sk. Kepala sekolah
13.  Buku ekpedesi
14.  Buku tamu umum
15.  Buku tamu khusus
16.  Buku supervisi kelas
b.       Administrasi kesiswaan
1.      Buku calon peserta didik baru
2.      Bukupeserta didik baru
3.      Buku klapper
4.      buku daftar nama siswaberdasarkan abjad
5.      Papan absen harian siswa
6.      Papan rekapitulasi absensi harian siswa(di ruang kepala sekolah)
7.      Buku rekap mutasi siswa
8.      Pendaftaran masuk sd/smp/sma/ma/smk
9.      Buku kenaikan kelas
10.  Buku prestasi siswaakademik/non akademik
c.       administrasi kepegawaian
1.      Buku catatan penilaian pegawai negeri sipil
2.      Buku diklat/penataran
3.      Buku penghargaan
4.      Buku seminar/lokakarya
5.      Buku izin keluar pegawai/guru
6.      Buku piket guru
7.      Administrasi keuangan
8.      Buku kas umum
9.      Buku kas pembantu

Adapun pendukung administrasi kepala sekolah lainnya sebagai berikut :
1.       Rencana pelaksanaan pembelajaran 
2.       (rpp)
3.       Surat permohonan pindah sekolah
4.       Surat keterangan pindah sekolah
5.       Surat keterangan telah menerima siswa pindahan 
6.       Buku keadaan barang inventaris lainnya
7.       Tahun anggaran[13] 

G. Ruang Lingkup Administrasi 

Ruang Lingkup tugas administrasi pada kantor ini dapat dikatakan tugas pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud yaitu : 
1.       Menghimpun
Yaitu : kegiatan-kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan dimana-mana sehingga siap untuk dipergunakan bilamana diperlukan. 
  1. Mencatat
    Yaitu : kegiatan yang mebubuhkan dengan berbagai peralatan tulis   keterangan-keterangan yang diperluka sehingga berwujud tulisan yang dapat dibaca, dikirim dan disimpan
  2. Mengelola
    Yaitu : bermacam-macam kagiatan mengerjakan keterangan-keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang berguna. 
  3. Mengirim
    Yaitu : kegiatan yang menyimpan dengan berbagi cara dan alat dari satu pihak kepihak lain. 
  4. Menyimpan
    Yaitu : kegiatan menaruh dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman. 

Ruang lingkup diatas termasuk keterangan atau informasi. Yang dimaksud dengan keterangan atau informasi ialah pengetahuan tentang suatu hal atau peristiwa yang diperoleh terutama melalui pembacaan atau pengamatan.orang  Dewasa ini, informasi dapat berupa : surat, panggilan telepon, pesanan, faktor dan laporan mengenai berbagai kegiatan bisnis. Semuanya diterima, direkam (direcord), diatur, disebarkan dan dilindungi agar tugas kantor dapat terlaksana dengan efisien dan efektif. 
Dibagian Umum memiliki ruang lingkup tugas administrasi seperti : 
  1. Mengagendakan surat masuk dan surat keluar. 
  2. Mengarsip surat masuk dan surat keluar. 
  3. Mengentri data surat masuk dan surat keluar kedalam komputer 
  4. Memfilekan surat masuk dan surat keluar. 
  5. Mencatat dan mengetik surat-surat ke buku agenda surat masuk dan keluar. 
  6. Mendistribusikan surat masuk dan surat keluar.[14]












BAB 111
                                                         PENUTUP                   
a.       Kesimpulan
Manajemen adalah melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain.  (management is getting done brough other people). Pengertin itu dikatakan masih kurang lengkap karna manajemen sebagai penggerak dalamorganisasi  untuk mencapai tujauan, disamping itu juga di jelaskan bagaimana orang  orang lain mencapai tujuan melalui kerja sama. Oleh karna itu kemudian pengertian itu  berkembang bahwa manejemen adalah proses pencapaian tujuan  melaluai kegiatan kegiatan  kerja sama orang orang lain.
Adapun pengertian Administrasi adalah merupakan suatu fungsi yang memegang peranan yang sangat penting terhadap tercapainya kelancaran usaha kegiatan, maupun aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Sehingga dengan demikian dapat dikatakan administrasi juga merupakan urat nadi perusahaan dan administrasi juga dapat memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta laporan yang meliputi tugas administrasi.
Pemahaman yang tepat tentang peranan administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses  kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil
.
b.      Saran
Dengan makalah ini  kami banyak mengetahui tentang administrasi sekolah dan kmi sadar atas kekurangangan makalah kami masih banyak yang harus di perbaiki, semoga yang menulis serta yang membaca dapat memahami isi makalah kami. 


DAFTAR RUJUKAN
Molyono,manajemen administrasi dan organisasi pendidikan .jakarta: arruzmidia.
Syaifurrahman, manajemen dalam pembelajaran (jakarta: permeta puri media
 Manab, Abdul, manajemen kurikulum pembelajaran di madrasah. yokyakarta: kali media 2015
Saqola, Syaiful .administrasi pendidikan kontemporer.  bandung: alfabeta ,2009.





[1] Syaifurrahman, manajemen dalam pembelajaran (jakarta: permeta puri media  Media, 2013) hlm. 15.

[2]  Ibid. Hlm 16-17
[3] Syaiful,saqola.administrasi pendidikan kontemporer.(bandung: alfabeta ,2009) hlm,37.
[4] Syaifurrahman, manajemen dalam pembelajaran (jakarta: permeta puri media  Media, 2013) hlm. 40-41.

[5] Ibid hlm.49.
[6] Molyono,manajemen administrasi dan organisasi pendidikan  (jakarta: arruzmidia) hlm ,68
[7] Syaiful,saqola.administrasi pendidikan kontemporer.(bandung: alfabeta ,2009) hlm,46
[8] Ibid.46
[9] Ibid hlm.47
[10] Ibid, hlm 47-48.
[11] Ibid. Hlm 49.
[12] Molyono,manajemen administrasi dan organisasi pendidikan  (jakarta: arruzmidia) hlm ,71
[13]  Ibid 72-73
[14] Abdul manab,manajemen kurikulum pembelajaran di madrasah (yokyakarta: kali media 2015)hlm 97.