Thursday 9 May 2013

Pengertia Ilmu Pendidikan




BAB I
PENGERTIAN, RUANG LINGKUP DAN KEGUNAAN ILMU PENDIDIKAN

A.    PENGERTIAN ILMU PENDIDIKAN


1.      Pengertian Pendidikan
Pendidikan berasal dari kata didik, yang mendapat awalan pe dan akhiran kan yang berarti perbuatan (hal, cara dan sebagainya). Pendidikan berasal dari bahasa Yunani Paedagogie yang berarti bimbingan yang diberikan kepada anak. Dalam bahasa Inggris disebut education yang berarti pengembangan atau bimbingan dan dalam bahsa Arab al-Tarbiyah yang berarti pendidikan.

Dalam pengertian yang luas semua pengalaman dapat dikatakan sebagai pendidikan. Sebagaimana dikatakan oleh Lodge hidup adalah pendidikan dan pendidikan adalah hidup. Jadi semua pengalaman yang ada dalam kehidupan manusia dapat dikatakan sebagai pendidikan. Sedangkan dalam pengertian yang sempit Lodge menyatakan bahwa pendidikan adalah pewarisan adat istiadat, pandangan hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dalam pengertian semacam ini Pendidikan berarti dalam prakteknya identik dengan sekolah, yaitu pengajaran formal dalam kondisi-kondisi yang diatur.
       Dalam pandangan H. Horne pendidikan adalah suatu proses penyesuaian diri manusia secara timbal balik dengan alam sekitar, dengan manusia dan dengan tabiat tertinggi dari kosmos.
       Menurut  Ki Hajar Dewantara, Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelektual) dan tubuh anak. Bagian-bagian itu tidak boleh terpisahkan agar kita dapat memajukan kesempurnaan hidup, kehidupan dan penghidupan anak yang kita didik sesuai dengan dunianya.
       Pada UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

2. Ilmu Pendidikan
       Ilmu adalah suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode-metode tertentu yang bersifat ilmiah. Ilmu juga bisa diartikan sebagai suatu uraian yang tersusun secara lengkap tentang sesuatu dari keberadaan.
       Dengan demikian ilmu pendidikan adalah uraian secara sistematis dan ilmiah tentang bimbingan atau tuntunan pendidikan kepada peserta didik dalam perkembangannya agar tumbuh secara wajar menjadi manusuia dewasa, baik dalam segi jasmani maupun rohani sehingga mampu menjadi anggota masyarakat yang hidup selaras dan seimbang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

B.     RUANG LINGKUP ILMU PENDIDIKAN

       Ruang lingkup kajian ilmu pendidikan sangat luas sebab banyak pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan pendidikan. Adapun ruang lingkup Ilmu Pendidikan adalah sebagai berikut:
1.      Perbuatan mendidik itu sendiri
2.      Peserta didik
3.      Dasar dan Tujuan pendidikan
4.      Pendidik
5.      Materi pendidikan
6.      Metode Pendidikan
7.      Evaluasi Pendidikan
8.      Alat-alat Pendidikan
9.      Lingkungan Pendidikan

  1. KEGUNAAN ILMU PENDIDIKAN
1.      Ia melakukan pembuktian terhadap teori-teori kependidikan yang sesuai dengan cita-cita dan aspirasi masyarakat dan diharuskan jadi kenyataan.
2.      Memberikan bahan informasi terhadap pelaksanaan pendidikan dalam segala aspeknya bagi pengembangan Ilmu pendidikan.
3.      Menjadi korektor terhadap kekurangan teori-teori yang terdapat dalam ilmu pendidikan, sehingga dimungkinkan pertemuan antara teori dan praktik semakin dekat dan semakin interaktif.