Pertimbangan Pemilihan
Strategi Pembelajaran dan
Prinsip-Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran dalam Konteks Proses
Pendidikan
MAKALAH
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini
Oleh Dosen Pengampu bunda Luthfatun Nisa’, M.Pd.
Disusun
Oleh :
Kurratul Aini ( 19381062016)
Ismi Roihana ( 19381062022)
Novi Indriani ( 19381062031)
Yunita Sri Cahyani (
19381062032)
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
FAKULTAS
TARBIYAH
PRODI
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
2021
KATA
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji bagi
Allah swt yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongannya tentunya
kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat
serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi
muhammad saw. Yang kita nanti nantikan safaatnya di akhiratnya nanti.
Penulis
mengucapkan syukur kepada Allah swt atas limpahan nikmat sehatnya, baik itu
berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk
menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas dari mata kuliah Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini
yang di ampu oleh bunda Luthfatu Nisa’, M.Pd. dengan judul Pertimbangan
pemilihan strategi pembelajaran dan
prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam konteks proses
pendidikan
Penulis tentu
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak
kekurangan di dalamya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari
pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah
yang lebih baik lagi. Kemudian apabila pendapat banyak kesalahan pada makalah
ini penulis mohon maaf yang sebesar besarnya.
Demikian, semoga
makalah ini dapat bermanfaat. Terimakasih...
Pamekasan, 7
November 2021
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………..ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………iii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………….4
A. Latar Belakang……………………………………………………………….4
B. Rumusan Masalah……………………………………………………………4
C. Tujuan Masalah………………………………………………………………4
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………..5
A.
Pengertian strategi pembelajaran….........................….………………………5
B.
Pengertian
pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran........……………..6
C.
Prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam konteks proses
pendidikan........................................................................................................8
BAB III PENUTUP…………………………………………………………………….10
A.
Kesimpulan…………………………………………………………………..10
B.
Saran…………………………………………………………………………10
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………...11
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Strategi adalah
pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan,
perencanaan, dan eksekusi sebuah aktifitas dalam kurun waktu tertentu. Pembelajaran
adalah pemberian atau mendorong kepada siswa untuk melakukan proses kegiatan
belajar dengan memberikan rangsangan atau bimbingan yang sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik, yaitu aspek konitif, aspek afektif, dan aspek
psikomotorik. Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan
keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi
pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian
kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Strategi pembelajaran
merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan
pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun
untuk mencapai tujuan tertenu. Dasar pertimbangan memilih strategi dalam
pembelajaran merupakan bagian penting dari strategi pembelajaran, sebab
berfungsi sebagai landasan dalam menyajikan, menguraikan, memberikan contoh,
dan memberi latihan kepada peserta didik untuk mencapai tertentu.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa itu pengertian strategi
pembelajaran?
2. Bagaimana pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran?
3.
Bagaimana
prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam
konteks proses pendidikan?
C.
Tujuan Masalah
1. Untuk megetahui pengertian strategi
pembelajaran
2. Untuk megetahui pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran
3. Untuk megetahui prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam
konteks proses pendidikan
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia, berarti rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran
khusus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pembelajaran berarti proses, cara
perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran menurut UU
sisdiknas No. 20/2003, Bab I Pasal I Ayat 20 adalah proses interaksi peserta
didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Sementara, menurut Gagne, instruction atau pembelajaran adalah suatu sistem
yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian
peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk memengaruhi dan
mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Pembelajaran
adalah usaha sadar yang dilakukan guru atau pendidik untuk membuat siswa atau
peserta didik belajar (mengubah tingkah laku untuk mendapatkan kemampuan baru)
yang berisi suatu sistem atau rancangan untuk mencapai suatu tujuan.[1]
Belajar adalah proses perubahan perilaku
untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan, dan sesuatu hal baru serta diarahkan
pada suatu tujuan. Belajar juga merupakan proses berbuat melalui berbagai
pengalaman dengan melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang dipelajari.
Dalam dunia pendidikan, peserta didik yang melakukan proses belajar, tidak
melakukannya secara individu, tetapi ada beberapa komponen yang terlibat,
seperti pendidik atau guru, media dan strategi pembelajaran, kurikulum, dan
sumber belajar. Pembelajaran yang efektif adalah proses belajar mengajar yang
bukan saja terfokus pada hasil yang dicapai peserta didik, melainkan bagaimana
proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik,
kecerdasan, ketekunan, kesempatan, dan mutu serta dapat memberikan perubahan
perilaku yang diaplikasikan dalam kehidupan.
Strategi pembelajaran merupakan rencana
atau siasat guru untuk mengoptimalkan interaksi antara peserta dengan
komponen-komponen lain dari sistem interaksional secara konsisten, dalam rangka
mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan (kompetensi tertentu). Ada dua hal
yang patut dicermati dari beberapa pengertian dan ulasan strategi di atas.
Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan)
termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam
pembelajaran. Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu secara
efektif dan efisien. Secara singkat strategi pembelajaran, pada dasarnya
mencakup empat hal utama, yaitu (1) penetapan Tujuan Pengajaran Khusus (TPK);
yaitu gambaran dari perubahan tingkah laku dan kepribadian peserta didik yang diharapkan.
(2) pemilihan sistem pendekatan belajar mengajar yang dianggap paling efektif
untuk mencapai tujuan. (3) pemilihan dan penetapan prosedur, metode dan teknik
belajar mengajar yang tepat yang dapat dijadikan pegangan dalam melaksanakan
kegiatan pengajaran, dan (4) penetapan kriteria keberhasilan proses belajar
mengajar sebagai pegangan dalam mengadakan evaluasi belajar mengajar.[2]
Berdasarkan uraian di atas maka,
strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan
prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka
membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi
pembelajaran bukan hanya terbatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar
saja, melainkan juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran.
B.
Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran
Ada
beberapa hal yang harus dipertimbangkan seorang guru di dalam menggunakan suatu
strategi pembelajaran menurut Wina sanjaya, yaitu pertimbangan yang berhubungan
dengan tujuan yang ingin dicapai, pertimbangan yang berhubungan dengan bahan
atau materi pembelajaran, dan pertimbangan dari sudut siswa.[3]
1.
Pertimbangan yang Berhubungan
dengan Tujuan yang Ingin Dicapai
Setiap
orang yang mengerjakan sesuatu haruslah mengetahui dengan jelas tentang tujuan
yang hendak dicapainya. Demikian juga setiap pendidik atau guru yang pekerjaan
pokoknya mendidik dan mengajar harus mengerti dengan jelas tentang tujuan
pendidikan. Pengertian akan tujuan pendidikan ini mutlak perlu sebab tujuan
itulah yang menjadi sasaran dan dan menjadi pengarah daripada
tindakan-tindakanya dalam menjalan fungsinya sebagai guru disamping menjadi
sasaran dan menjadi pengarah, tujuan pendidikan dan pengajaran juga berfungsi
sebagai pemilihan dan penentuan alat-alat (termasuk metode) yang digunakan
dalam mengajar.
Pada
umumnya tahap-tahap tujuan pendidikan islam meliputi tujuan umum, tujuan akhir,
tujuan sementara dan tujuan operasional.4 Secara khusus tujuan pembelajaran
merupakan sasaran yang hendak dicapai pada akhir pengajaran, serta kemampuan
yang harus dimiliki peserta didik. Tujuan pembelajaran dapat menentukan suatu
strategi yang harus digunakan seorang pendidik. Sejalan dengan yang dijelaskan
Abdul Majid bahwa urgensi penyusunan rumusan pembelajaran dalam RPP sebagai
berikut: pertama, agar guru dapat melakukan pemilihan strategi, materi, metode,
media, dan urutan kegiatan; kedua, agar guru memiliki komitmen untuk
menciptakan lingkungan belajar sehingga tujuan tercapai; ketiga, membantu guru
dalam menjamin evaluasi yang benar. Hal ini nampak bahwa pada poin pertama
menjelaskan bagaimana urgensi tujuan pembelajaran sebagai dasar dalam pemilihan
strategi pembelajaran.
2.
Pertimbangan yang Berhubungan
dengan Bahan atau Materi Pembelajaran
Mengajar
merupakan usaha untuk mengembangkan seluruh pribadi peserta didik. Mengajar
bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, tetapi mengembangkan seluruh
aspek afektif dan psikomotor. Oleh karena itu, strategi pembelajaran harus
dapat mengembangkan seluruh aspek keribadian secara terintegritas. Waktu yang
tersedia dalam pemberian materi pelajaran adalah satu jam pelajaran. Jadi
metode yang akan digunakan harus dirancang sebelumnya. Perangkat pembelajaran
tersebut dapat digunakan oleh seorang pendidik.
Pertimbangan
yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran adalah:
a)
Apakah untuk mempelajari materi
pmbelajaran itu memerlukan prasyarat tertentu atau tidak?
b)
Apakah tersedia buku-buku sumber
untuk mempelajari materi tersebut?.
Dengan demikian, metode
yang kita gunakan tidak terlepas dari bentuk dan muatan materi dalam pokok
bahasan yang kita sampaikan.
3.
Pertimbangan dari Sudut Siswa
Metode
yang kita gunakan di dalam kelas idealnya perlu mempertimbangkan jumlah siswa
yang hadir, agar proses belajar mengajar efektif. Ukuran kelas juga menetukan
keberhasilan, terutama pengelolaan kelas dan penyampaian materi. Selain itu, faktor
yang tak kalah penting yaitu para peserta didik yang harus dipertimbangkan oleh
guru dalam memilih metode mengajar. Adapun beberapa pertimbangan dilihat dari
sudut siswa adalah sebagai berikut:
a)
Apakah strategi pembelajaran
sesuai dengan tingkat kematangan siswa?
b)
Apakah strategi pembelajaran
sesuai dengan minat, bakat, dan kondisi siswa?
c)
Apakah strategi belajar sesuai
dengan gaya belajar siswa?
Selain
itu, Yatim Riyanto juga memberikan pandangannya berkenaan dengan dalam
pemilihan dan penetapan strategi pembelajaran ada beberapa hal yang perlu
dijadikan sebagai pertimbangan antara lain:
1.
Kesusaian dengan tujuan
intruksional yang hendak dicapai.
2.
Kesusaian dengan bahan bidang
studi yang terdiri dari aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan
nilai.
3.
Strategi pembelajaran itu
mengandung seperangkat kegiatan pembelajaran yang mungkin mencakup penggunaan
beberapa metode pengajaran yang relevan dengan tujuan dan materi pelajaran.
4.
Kesusaian dengan kemampuan
profesional guru bersangkutan terutama dalam rangka pelaksanaannya di kelas.
5.
Cukup waktu yang tersedia, karena
erat kaitannya dengan waktu belajar dan banyaknya bahan yang harus disampaikan.
6.
Kesediaan unsur penunjang,
khususnya media instruksional yang relevan dan peralatan yang memadai.
7.
Suasana lingkungan dalam kelas
dan lembaga pendidikan secara keseluruhan.
8.
Jenis-jenis kegiatan yang serasi
dengan kebutuhan dan minat siswa, karena erat kaitannya dengan tingkat motivasi
belajar untuk mencapai tujuan intruksional.
Semua
faktor tersebut mendasari pemilihan dan penggunaan strategi pembelajaran yang
dinilai lebih sesuai bagi pembelajaran. Strategi pembelajaran banyak macamnya.
Seorang guru dapat memilih satu atau beberapa strategi sekaligus dan diterapkan
secara bervariasi sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, materi yang
disampaikan, siswa, lingkungan, serta kemampuan pengajar itu sendiri untuk
melaksanakannya.
C. Prinsip-Prinsip Penggunaan
Strategi Pembelajaran dalam Konteks Proses Pendidikan
Prinsip-prinsip
yang dimaksud dalam bahasan ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam
menggunakan strategi pembelajaran. Prinsip umum penggunaan strategi
pembelajaran adalah bahwa tidak semua strategi pembelajaran cocok digunakan
untuk mencapai semua tujuan dan semua keadaan. Setiap strategi memiliki
kekhasan sendiri-sendiri. Menurut Killen yang dikutip oleh wina sanjaya, guru
harus mampu memilih strategi yang dianggap cocok dengan keadaan. Oleh sebab
itu, guru perlu memahami prinsip-prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran
sebagai berikut:[4]
a. Berorientasi pada tujuan
b. Aktivitas
c. Individualitas
d. Integritas
Bab
IV Pasal 19 Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 dikatakan bahwa proses
pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan
fisik, serta psikologis peserta didik. Sesuai dengan isi peraturan pemerintah
di atas, maka ada sejumlah prinsip khusus dalam pengelolaan pembelajaran,
sebagai berikut:
a. Interaktif
b. Inspiratif
c. Menyenangkan
d. Menantang
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
strategi pembelajaran terdiri atas
seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar
yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan
pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran bukan hanya terbatas pada prosedur
atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan juga pengaturan materi atau paket
program pembelajaran. beberapa hal yang harus dipertimbangkan seorang guru di
dalam menggunakan suatu strategi pembelajaran yaitu, pertimbangan yang
berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai, pertimbangan yang berhubungan
dengan bahan atau materi pembelajaran, dan pertimbangan dari sudut siswa. Prinsip-prinsip
umum penggunaan strategi pembelajaran sebagai berikut:
a. Berorientasi pada tujuan
b. Aktivitas
c. Individualitas
d. Integritas
Bab IV Pasal 19 Peraturan Pemerintah
No. 19 Tahun 2005 prinsip khusus dalam pengelolaan pembelajaran, sebagai
berikut:
a. Interaktif
b. Inspiratif
c. Menyenangkan
d. Menantang
B.
Saran
Kami
berharap semoga apa yang telah kami tulis dan yang telah kami paparkan, bisa
bermamfaat bagi teman-teman pembaca dan juga dapat menjadi tambahan ilmu bagi
kita semua. Kami
memohon maaf jika banyak kekurangan dalam makalah ini kami juga sadar bahwa
dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan-kesalahan baik dalam
penjelasan isi makah dan juga cara penulisan makalah, maka dari itu sudikah
kiranya dosen pengampu untuk meberikan
masukan pada kami untuk lebih baik lagi kedepannya dalam menulis makalah.
DAFTAR
PUSTAKA
Harisman
Teguh. 2018. Dasar Pertimbangan Memilih
Strategi, Metode, Teknik, dalam Pembelajaran PAI, Jurnal Pascasarjana UIN
Alauddin Makasar, Vol. 2 No. 1
Khanifatul.
2013. Pembelajaran Inovatif; Strategi
Mengelola Kelas Secara Efektif dan
Menyenangkan,
Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Mufarokah
Annisatul. 2013. Strategi&Model-Model
Pembelajaran, Tulungagung: STAIN Tulugangung Press
[1] Khanifatul, Pembelajaran Inovatif; Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan
Menyenangkan,
(Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2013), hlm. 14.
[2] Annisatul Mufarokah, Strategi&Model-Model Pembelajaran,
(Tulungagung: STAIN
Tulungagung Press, 2013), hlm. 30.
[3] Teguh Harisman, Dasar
Pertimbangan Memilih Strategi, Metode, Teknik, dalam Pembelajaran PAI, (Jurnal
Pascasarjana UIN Alauddin Makasar, Vol. 2 No. 1 2018) hlm. 5-9
[4] Ibid, hlm. 10-11