Wednesday 16 March 2022

Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran dan Prinsip-Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran dalam Konteks Proses Pendidikan


 



Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran  dan Prinsip-Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran dalam Konteks Proses Pendidikan

MAKALAH

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini

Oleh Dosen Pengampu bunda Luthfatun Nisa’, M.Pd.

 



Disusun Oleh :

Kurratul Aini ( 19381062016)

Ismi Roihana ( 19381062022)

Novi Indriani ( 19381062031)

Yunita Sri Cahyani ( 19381062032)

 

 

 

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA

FAKULTAS TARBIYAH

PRODI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

2021

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah swt yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongannya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi muhammad saw. Yang kita nanti nantikan safaatnya di akhiratnya nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah swt atas limpahan nikmat sehatnya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas dari mata kuliah Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini yang di ampu oleh bunda Luthfatu Nisa’, M.Pd. dengan judul Pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran  dan prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam konteks proses pendidikan

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak kekurangan di dalamya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Kemudian apabila pendapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar besarnya.

Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terimakasih...

 

 

Pamekasan, 7 November 2021

                                                                                                               Penulis

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………..ii

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………iii

BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………….4

A.    Latar Belakang……………………………………………………………….4

B.     Rumusan Masalah……………………………………………………………4

C.     Tujuan Masalah………………………………………………………………4

BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………..5

A.    Pengertian strategi pembelajaran….........................….………………………5

B.     Pengertian pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran........……………..6

C.     Prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam konteks proses pendidikan........................................................................................................8

BAB III PENUTUP…………………………………………………………………….10

A.    Kesimpulan…………………………………………………………………..10

B.     Saran…………………………………………………………………………10

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………...11

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktifitas dalam kurun waktu tertentu. Pembelajaran adalah pemberian atau mendorong kepada siswa untuk melakukan proses kegiatan belajar dengan memberikan rangsangan atau bimbingan yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, yaitu aspek konitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertenu. Dasar pertimbangan memilih strategi dalam pembelajaran merupakan bagian penting dari strategi pembelajaran, sebab berfungsi sebagai landasan dalam menyajikan, menguraikan, memberikan contoh, dan memberi latihan kepada peserta didik untuk mencapai tertentu.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa itu pengertian strategi pembelajaran?

2.      Bagaimana pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran?

3.      Bagaimana prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam konteks proses pendidikan?

C.    Tujuan Masalah

1.      Untuk megetahui pengertian strategi pembelajaran

2.      Untuk megetahui pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran

3.      Untuk megetahui prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam konteks proses pendidikan

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Strategi Pembelajaran

Strategi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berarti rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pembelajaran berarti proses, cara perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran menurut UU sisdiknas No. 20/2003, Bab I Pasal I Ayat 20 adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sementara, menurut Gagne, instruction atau pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk memengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Pembelajaran adalah usaha sadar yang dilakukan guru atau pendidik untuk membuat siswa atau peserta didik belajar (mengubah tingkah laku untuk mendapatkan kemampuan baru) yang berisi suatu sistem atau rancangan untuk mencapai suatu tujuan.[1]

Belajar adalah proses perubahan perilaku untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan, dan sesuatu hal baru serta diarahkan pada suatu tujuan. Belajar juga merupakan proses berbuat melalui berbagai pengalaman dengan melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang dipelajari. Dalam dunia pendidikan, peserta didik yang melakukan proses belajar, tidak melakukannya secara individu, tetapi ada beberapa komponen yang terlibat, seperti pendidik atau guru, media dan strategi pembelajaran, kurikulum, dan sumber belajar. Pembelajaran yang efektif adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus pada hasil yang dicapai peserta didik, melainkan bagaimana proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan, dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku yang diaplikasikan dalam kehidupan.

Strategi pembelajaran merupakan rencana atau siasat guru untuk mengoptimalkan interaksi antara peserta dengan komponen-komponen lain dari sistem interaksional secara konsisten, dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan (kompetensi tertentu). Ada dua hal yang patut dicermati dari beberapa pengertian dan ulasan strategi di atas. Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Secara singkat strategi pembelajaran, pada dasarnya mencakup empat hal utama, yaitu (1) penetapan Tujuan Pengajaran Khusus (TPK); yaitu gambaran dari perubahan tingkah laku dan kepribadian peserta didik yang diharapkan. (2) pemilihan sistem pendekatan belajar mengajar yang dianggap paling efektif untuk mencapai tujuan. (3) pemilihan dan penetapan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang tepat yang dapat dijadikan pegangan dalam melaksanakan kegiatan pengajaran, dan (4) penetapan kriteria keberhasilan proses belajar mengajar sebagai pegangan dalam mengadakan evaluasi belajar mengajar.[2]

Berdasarkan uraian di atas maka, strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran bukan hanya terbatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran.

B.     Pertimbangan Pemilihan Strategi Pembelajaran

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seorang guru di dalam menggunakan suatu strategi pembelajaran menurut Wina sanjaya, yaitu pertimbangan yang berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai, pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran, dan pertimbangan dari sudut siswa.[3]

1.      Pertimbangan yang Berhubungan dengan Tujuan yang Ingin Dicapai

Setiap orang yang mengerjakan sesuatu haruslah mengetahui dengan jelas tentang tujuan yang hendak dicapainya. Demikian juga setiap pendidik atau guru yang pekerjaan pokoknya mendidik dan mengajar harus mengerti dengan jelas tentang tujuan pendidikan. Pengertian akan tujuan pendidikan ini mutlak perlu sebab tujuan itulah yang menjadi sasaran dan dan menjadi pengarah daripada tindakan-tindakanya dalam menjalan fungsinya sebagai guru disamping menjadi sasaran dan menjadi pengarah, tujuan pendidikan dan pengajaran juga berfungsi sebagai pemilihan dan penentuan alat-alat (termasuk metode) yang digunakan dalam mengajar.

Pada umumnya tahap-tahap tujuan pendidikan islam meliputi tujuan umum, tujuan akhir, tujuan sementara dan tujuan operasional.4 Secara khusus tujuan pembelajaran merupakan sasaran yang hendak dicapai pada akhir pengajaran, serta kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Tujuan pembelajaran dapat menentukan suatu strategi yang harus digunakan seorang pendidik. Sejalan dengan yang dijelaskan Abdul Majid bahwa urgensi penyusunan rumusan pembelajaran dalam RPP sebagai berikut: pertama, agar guru dapat melakukan pemilihan strategi, materi, metode, media, dan urutan kegiatan; kedua, agar guru memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan belajar sehingga tujuan tercapai; ketiga, membantu guru dalam menjamin evaluasi yang benar. Hal ini nampak bahwa pada poin pertama menjelaskan bagaimana urgensi tujuan pembelajaran sebagai dasar dalam pemilihan strategi pembelajaran.

2.      Pertimbangan yang Berhubungan dengan Bahan atau Materi Pembelajaran

Mengajar merupakan usaha untuk mengembangkan seluruh pribadi peserta didik. Mengajar bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, tetapi mengembangkan seluruh aspek afektif dan psikomotor. Oleh karena itu, strategi pembelajaran harus dapat mengembangkan seluruh aspek keribadian secara terintegritas. Waktu yang tersedia dalam pemberian materi pelajaran adalah satu jam pelajaran. Jadi metode yang akan digunakan harus dirancang sebelumnya. Perangkat pembelajaran tersebut dapat digunakan oleh seorang pendidik.

Pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran adalah:

a)      Apakah untuk mempelajari materi pmbelajaran itu memerlukan prasyarat tertentu atau tidak?

b)      Apakah tersedia buku-buku sumber untuk mempelajari materi tersebut?.

Dengan demikian, metode yang kita gunakan tidak terlepas dari bentuk dan muatan materi dalam pokok bahasan yang kita sampaikan.

3.       Pertimbangan dari Sudut Siswa

Metode yang kita gunakan di dalam kelas idealnya perlu mempertimbangkan jumlah siswa yang hadir, agar proses belajar mengajar efektif. Ukuran kelas juga menetukan keberhasilan, terutama pengelolaan kelas dan penyampaian materi. Selain itu, faktor yang tak kalah penting yaitu para peserta didik yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam memilih metode mengajar. Adapun beberapa pertimbangan dilihat dari sudut siswa adalah sebagai berikut:

a)      Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan tingkat kematangan siswa?

b)      Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kondisi siswa?

c)      Apakah strategi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa?

Selain itu, Yatim Riyanto juga memberikan pandangannya berkenaan dengan dalam pemilihan dan penetapan strategi pembelajaran ada beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan antara lain:

1.      Kesusaian dengan tujuan intruksional yang hendak dicapai.

2.      Kesusaian dengan bahan bidang studi yang terdiri dari aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai.

3.      Strategi pembelajaran itu mengandung seperangkat kegiatan pembelajaran yang mungkin mencakup penggunaan beberapa metode pengajaran yang relevan dengan tujuan dan materi pelajaran.

4.      Kesusaian dengan kemampuan profesional guru bersangkutan terutama dalam rangka pelaksanaannya di kelas.

5.      Cukup waktu yang tersedia, karena erat kaitannya dengan waktu belajar dan banyaknya bahan yang harus disampaikan.

6.      Kesediaan unsur penunjang, khususnya media instruksional yang relevan dan peralatan yang memadai.

7.      Suasana lingkungan dalam kelas dan lembaga pendidikan secara keseluruhan.

8.      Jenis-jenis kegiatan yang serasi dengan kebutuhan dan minat siswa, karena erat kaitannya dengan tingkat motivasi belajar untuk mencapai tujuan intruksional.

Semua faktor tersebut mendasari pemilihan dan penggunaan strategi pembelajaran yang dinilai lebih sesuai bagi pembelajaran. Strategi pembelajaran banyak macamnya. Seorang guru dapat memilih satu atau beberapa strategi sekaligus dan diterapkan secara bervariasi sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, materi yang disampaikan, siswa, lingkungan, serta kemampuan pengajar itu sendiri untuk melaksanakannya.

C.    Prinsip-Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran dalam Konteks Proses Pendidikan

Prinsip-prinsip yang dimaksud dalam bahasan ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan strategi pembelajaran. Prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran adalah bahwa tidak semua strategi pembelajaran cocok digunakan untuk mencapai semua tujuan dan semua keadaan. Setiap strategi memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Menurut Killen yang dikutip oleh wina sanjaya, guru harus mampu memilih strategi yang dianggap cocok dengan keadaan. Oleh sebab itu, guru perlu memahami prinsip-prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran sebagai berikut:[4]

a. Berorientasi pada tujuan

b. Aktivitas

c. Individualitas

d. Integritas

Bab IV Pasal 19 Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 dikatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik. Sesuai dengan isi peraturan pemerintah di atas, maka ada sejumlah prinsip khusus dalam pengelolaan pembelajaran, sebagai berikut:

a. Interaktif

b. Inspiratif

c. Menyenangkan

d. Menantang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

                                                                      PENUTUP

A.    Kesimpulan

strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran bukan hanya terbatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran. beberapa hal yang harus dipertimbangkan seorang guru di dalam menggunakan suatu strategi pembelajaran yaitu, pertimbangan yang berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai, pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran, dan pertimbangan dari sudut siswa. Prinsip-prinsip umum penggunaan strategi pembelajaran sebagai berikut:

a. Berorientasi pada tujuan

b. Aktivitas

c. Individualitas

d. Integritas

Bab IV Pasal 19 Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 prinsip khusus dalam pengelolaan pembelajaran, sebagai berikut:

a. Interaktif

b. Inspiratif

c. Menyenangkan

d. Menantang

B.     Saran

       Kami berharap semoga apa yang telah kami tulis dan yang telah kami paparkan, bisa bermamfaat bagi teman-teman pembaca dan juga dapat menjadi tambahan ilmu bagi kita semua. Kami memohon maaf jika banyak kekurangan dalam makalah ini kami juga sadar bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan-kesalahan baik dalam penjelasan isi makah dan juga cara penulisan makalah, maka dari itu sudikah kiranya  dosen pengampu untuk meberikan masukan pada kami untuk lebih baik lagi kedepannya dalam menulis makalah.

 

DAFTAR PUSTAKA

Harisman Teguh. 2018. Dasar Pertimbangan Memilih Strategi, Metode, Teknik, dalam Pembelajaran PAI, Jurnal Pascasarjana UIN Alauddin Makasar, Vol. 2 No. 1

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif; Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan

Menyenangkan, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Mufarokah Annisatul. 2013. Strategi&Model-Model Pembelajaran, Tulungagung: STAIN Tulugangung Press



[1] Khanifatul, Pembelajaran Inovatif; Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan

Menyenangkan, (Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2013), hlm. 14.

[2] Annisatul Mufarokah, Strategi&Model-Model Pembelajaran, (Tulungagung: STAIN

Tulungagung Press, 2013), hlm. 30.

[3] Teguh Harisman, Dasar Pertimbangan Memilih Strategi, Metode, Teknik, dalam Pembelajaran PAI, (Jurnal Pascasarjana UIN Alauddin Makasar, Vol. 2 No. 1 2018) hlm. 5-9

[4] Ibid, hlm. 10-11