Monday, 6 May 2013

Tentang Hukum Tahlilan dan Dalilnya


Secara lughah tahlilan berakar dari kata hallala (???????) yuhallilu ( ????????? ) tahlilan ( ??????????? ) artinya adalah membaca �Laila illallah.�  Istilah ini kemudian merujuk pada sebuah tradisi membaca kalimat dan doa- doa tertentu yang diambil dari ayat al- Qur�an, dengan harapan pahalanya dihadiahkan untuk orang yang meninggal dunia. Biasanya tahlilan dilakukan selama 7 hari dari meninggalnya seseorang, kemudian hari ke 40, 100, dan pada hari ke 1000 nya. Begitu juga tahlilan sering dilakukan secara rutin pada malam jum�at dan malam-malam
tertentu lainnya.Bacaan ayat-ayat al-Qur�an yang dihadiahkan untuk mayit menurut pendapat mayoritas ulama� boleh dan pahalanya bisa sampai kepada mayit tersebut. Berdasarkan beberapa dalil, diantaranya hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan lainnya;
???? ?????????? ???????? ???? ??????? ?????? ???? ?????? ????? ??????? ???? ?????? ???? ???????? ???????? ????? : ?? ?????? ?????????? ??? ?????????? ?????? ???????? ????? ?????????? ?????????? ?????? ?????? ????? ???? ??????????? ????? ??????????? )??????? ?????? ???????, ?????? ???????, ????????????, ????????, ???????????, ????????????, ?????? ?????? ????????, ???????????????, ??????????????, ??????? ???????
Dari sahabat Ma�qal bin Yasar r.a. bahwa Rasulallah s.a.w. bersabda : surat Yasin adalah pokok dari al-Qur�an, tidak dibaca oleh seseorang yang mengharap ridha Allah kecuali diampuni dosadosanya. Bacakanlah surat Yasin kepada orang-orang yang meninggal dunia di antara kalian. (H.R. Abu Dawud, dll)
Adapun beberapa ulama juga berpendapat seperti Imam Syafi�i yang mengatakan bahwa
????????????? ???? ???????? ??????? ????? ???? ???????? ,?????? ???????? ???????? ???????? ????? ???????
Bahwa, disunahkanmembacakan ayat-ayat al-Qur�an kepada mayit, dan jika sampai khatam al-Qur�an maka akan lebih baik.
Bahkan Imam Nawawi dalam kitab Majmu�-nya menerangkan bahwa tidak hanya tahlil dan do�a, tetapi juga disunahkan bagi orang yang ziarah kubur untuk membaca ayat-ayat al-Qur�an lalu setelahnya diiringi berdo�a untuk mayit.
Begitu juga Imam al-Qurthubi memberikan penjelasan bahwa, dalil yang dijadikan acuan oleh ulama� kita tentang sampainya pahala kepada mayit adalah bahwa, Rasulallah saw pernah membelah pelepah kurma untuk ditancapkan di atas kubur dua sahabatnya sembari bersabda �Semoga ini dapat meringankan keduanya di alam kubur sebelum pelepah ini menjadi kering�.
Imam al-Qurtubi kemudian berpendapat, jika pelepah kurma saja dapat meringankan beban si mayit, lalu bagaimanakah dengan bacaan-bacaan al-Qur�an dari sanak saudara dan teman-temannya Tentu saja bacaan-bacaan al-Qur�an dan lainlainnyaakan lebih bermanfaat bagi si mayit.
Abul Walid Ibnu Rusyd juga mengatakan

????? ????? ????????? ????????? ?????? ????????? ??????????? ????? ?????? ???????? ??????????? ????????
Seseorang yang membaca ayat al-Qur�an dan menghadiahkan pahalanya kepada mayit, maka pahala tersebut bisa sampai kepada mayit tersebut.
KH. Abdul Manan A.Ghani (Ketua Lembaga Ta'mir Masjid PBNU)