Thursday 9 April 2015

Makalah Arthropoda



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang


Kata Arthropoda berasal dari bahasa Yunani, yaitu arthros artinya ruas atau buku atau sendi dan podos artinya kaki. Jadi Arthropoda adalah hewan yang kakinya beruas-ruas. Arthropoda merupakan filum terbesar dalam dunia hewan. Arthropoda dapat ditemukan dimana-mana antara lain di air, dalam tanah, dan ada juga yang hidup sebagai parasit pada hewan dan tumbuhan.

B. Tujuan

Mengklasifikasi hewan Arthropoda yang termasuk kelompok Arachiodea, Myriapoda, Crustacea, dan Trisecta.

C. Hipotesis

Dalam setiap kelas memiliki cara hidup dan bentuk tubuh yang berbeda-beda.

D. Teori

Filum Arthropoda diklasifikasikan menjadi 4 kelas yaitu :

1. Arachoidea

Kelas Arachiodea memiliki ciri-ciri : Tubuh terdiri dari sefolotark dan abdomen, memiliki empat pasang kaki pada bagian sefolotark dan bagian abdomen tidak memiliki kaki, memiliki dua pasang alat mulut yaitu sepasang kelisera dan sepasang pedipalpus, habitat di darat dan yang sebagai parasit, memiliki delapan mata, alat pernapasan berupa paru-paru buku, alat ekskresi berupa pembuluh malpigi, serta alat pencernaan sempurna.

2. Myriapoda

Tubuh Myriapoda tersusun atas kaput san abdomen. Tubuh terdiri dari 10-200 ruas dan tiap ruas terdapat satu pasang kaki sehingga disebut sebagai hewan berkaki seribu. Respirasi dengan trakea yang bermuara pada spirakel yang ada di bagian sisi kanan dan sisi kiri sepanjang tubuhnya. System syaraf tangga tali dengan sepasang ganglion sebagai otaknya.

E. Bahan Dan Metode

Bahan dan alat :

1. 10 jenis hewan yang termasuk jenis filum Arthropoda

2. Cawan Petri

3. Lup (Kaca Pembesar)

4. Pinsek

METODE / CARA KERJA


1. Mencari 10 jenis hewan yang termasuk jenis filum Arthropoda.

2. Mengambil fotho hewan Arthropoda tersebut yang digunakan sebagai lampiran.

3. Mengamati hewan-hewan tersebut dengan menggunakan alat yang diperlukan.

4. Setiap hewan Arthropoda diletakkan kedalam cawan Petri. Pengamatan meliputi :

a. Bagian tubuh

b. Jumlah kaki

c. Ada tidaknya sayap

d. Habitat

5. Setelah mengamati hewan-hewan tersebut, kemudian memasukkan hasil pengamatan ke dalam tabel.


BAB III 
Kesimpulan

Arthropoda merupakan hewan Triploblastik Selomata. Anggota hewan ini memiliki tubuh dan kaki beruas-ruas. Tubuh simetri bilateral terdiri dari kepala, dada, dan perut. Arthropoda memiliki system pencernaan yang sempurna dimulai dari mulut yang sudah dilengkapi dengan rahing hingga berakhir pada saluran pengeluaran yaitu anus. System peredaran darahnya terbuka. Arthropoda bernapas dengan trakea, insang, paru-paru, buku atau melalui saluran permukaan tubuhnya. Sisa metabolisme biasa diekskresikan melalui pembuluh malpigi yang bermuara pada usus. Pada umumnya, reproduksi dilakukan secara seksual tetapi ada juga yang biseksual yaitu dengan Parthenogenesis.


DAFTAR PUSTAKA

1. Buku Paket Yudhistira Semester Genap

2. LKS Biologi Semester Genap

3. Buku Paket Biologi BSE