Wednesday 25 November 2015

cara buat makalah Contoh Makalah dan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar


Contoh Makalah dan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Contoh Makalah dan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang isinya memuat tentang ide atau gagasab sesuatu permasalahan tertentu yang di tulis oleh penulis secara sistematis dan disertai dengan analisis yang logis dan biayasanya bersifat obyektif. Makalah juga dapat diartikan sebagai suatu karya tulis ilmiah yang menjelaskan tentang suatu pokok permasalahan tertentu yang mencakup ruang lingkup tertentu. 

Makalah sering digunakan dalam kegiatan yang bersifat akademis. para akademisi sering menggunakan makalah sebagai penyelesaian tugas dari para dosen. Tugas yang ditulis oleh para akademisi harus lah disusun secara sistematis. Salaha satu sistematika penulisan yang disusun secara sistematis adalah makalah. Tujuan dari pembuatan makalah salah satunya adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan menulis khususnya para akademisis seperti mahasiswa. 

Terkadang kita sebagai para akademisi mengalami kesulitan dalam kegiatan penulisan suatu makalah. Kesulitan yang dialami biasanya terkait dengan format, topik, dan lain sebagainya. oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang sistematika penulisan makalah yang baik dan benar yang disertai dengan contoh-contohnya. Komponen-komponen penting yang pada umumnya harus ada pada makalah adalah sebagai berikut.

#1. Halaman Sampun (Cover)
#2. Kata Pengantar
#3. Daftar Isi
#4. Bab 1. Pendahuluan
#5. Bab 2. Pembahasan
#6. Bab 3. Kesimpulan
#7. Daftar Pustakan

Nah, Itulah Komponen-komponen penting yang pada umumnya harus ada pada sistematika penulisan makalah. Namun, Sistematika tersebut bisa bertambah dan berkurang tergantung dengan kebutuhan dalam penulisan makalah. Sistematika tersebut bisa ditambahi komponen lagi seperti Daftar Tabel, Lampiran, dan sebagainya.

1#. Halaman Sampul

Halaman sampl atau yang biasa kita sebut dengan cover ini adalah bagian dari komponen dari makalah yang wajib adanya. Halaman sampul atau cover memuat beberapa komponen penting. komponen penting tersebut terdiri dari Logo, Judul Makalah, Jenis Karya Tulis (Makalah),Nama Pembina atau Dosen, Nama Penulis, dan yang paling bawah adalah nama instansi (Fakultas, Universitas, Lembaga, dll). Komponen-komponen tersebut juga bisa bertambah dan juga bisa berkurang tergantung juga dengan kebutuhan. 

#2. Kata Pengantar

Kata Pengantar adalah salah satu komponen yang ada dalam makalah. Pada umumnya Kata Pengantar dalam makalah atau pada karya tulis ilmiyah lainnya mengungkapkan rasa bersyukur kepada tuhan, rasa terima kasih kepada beberapa personal yang telah terlibat dalam pembuatan makalah, harapan kedepan tentang makalah tersebut, dan permohonan maaf oleh penulis kepada pembaca jika terdapat kekeliruan dalam makalah. 

#3. Daftar Isi 

Dartar isi adalah bagian dari karya tulis ilmiah seperti makalah, berupa suatu halaman yang memberikan petunjuk isi pokok tulisan yang ada dalam suatu karya tulis ilmiah seperti makalah. Jika kita menganalogikan daftar isi, Daftar isi tersebut ibarat sebuah peta yang menunukkan letak, lokasi, arah, dan sebagainya. Pada umumnya daftar isi memuat Bab, Sub Bab, Nomor Halaman yang di susun secara sistematis. 

#4. BAB 1. Pendahuluan

Bab 1 tentang pendahuluan pada umumnya berisikan tentang latar belakang permasalahan, Perumusan masalah, dan Tujuan Penulisan. Latar belakang masalah memuat alasan penulis mengangkat topik yang dipilih untuk ditulis yang biasanya penulis memberikan gambaran permasalahan, fakta permasalahan, dan hal yang ingin di tulis oleh penulis. Rumusan masalah merupakan daftar permasalahan yang ingin di di bahas oleh penulis (Baca juga Cara Membuat Rumusan Masalah yang Baik dan Benar Pada Karya Ilmiah). Tujuan penulisan merupakan daftar susunan tujuan-tujuan penulis dalam penulisan makalah tersebut. 

#5. BAB 2. Pembahasan

Pada bab 2 ini penulis memberikan penjelasan atau penjelasan untuk menjawab perumusan masalah pada bab 1. pembahasan dan penjelasan dalam menjawab permasalahan haruslah di di urutkan sesuai dengan urutan rumusan masalah. Dalam pembahasan penulis bebas bereksplorasi dalam menjelaskan tentang sesuatu melalui sebuah paragraf - paragraf. paragraf yang disusun oleh penulis dapat berupa paragraf argumentasiParagraf eksposisi, atau paragraf yang lain. pembahasan yang baik pada umumnya disertai dengan teori da bukti-bukti yang empiris. pembahasan dan penjelasan hendaknya di susun secara logis, rasional, dan jelas agar para pembaca mudah untuk memahami kandungan dari isi makalah tersebut. 

#6. BAB 3. Kesimpulan

Pada bab 3 ini penulis memberikan kesimpulan atas pembahasan dan penjelasan terkait dengan rumusan masalah pada bab 1. Dalam pembuatan sebuah kesimpulan, penulis juga harus menggunakan kalimat yang logis, rasional dan jelas. selain itu, kesimpulan juga harus di buat secara singkat yang didasarkan pada inti dari pembahasan makalah pada bab 2. 

#7. Daftar Pustaka

 Daftar pustaka digunakan untuk daftar sumber rujukan  yang benar-benar dirujuk oleh penulis karya ilmiah. Dafta Pustaka atau Daftar Sumber Rujukan harus disusun secara benar dan akurat. kebenaran dan akurasi serta kelenkapan komponen penulisan daftar sumber rujukan mencerminkan kecermatan dan apresiasi penulis terhadap sumber informasi yang di rujuknya. Oleh karena itu hendaknya anda membaca artikel kami sebelumnya tentang











cara membuat makalah


Cara Membuat Latar Belakang Buat Makalah atau Skripsi yang Baik dan Benar




A.  Latar Belakang
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan perkembangan Teknologi dalam dunia pendidikan dimassa sekarang berkembang sangatlah pesat. Hal ini sudah pasti dapat berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung pada berbagai aspek. Diantaranya pada aspek pendidikan.
Saat ini dunia pendidikan proses pelaksanaannya diharapkan bahakan dituntut harus mampu mengungkap, menggali  dan mengembangkan potensi yang ada pada manusia, dalam hal ini peserta didik. Dimana pelaksanaan dan tujuannya bukan hanya sekedar pengembangan pengentahuan sajah, melainkan pada penguasaan aspek kemampuan, pemahaman dan penerapan dilingkungan masyarakat.
Upaya untuk mencapai tujuan pengembangan tersebut peran seorang pendidik dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran sangat besar, karena guru dituntut dalam melaksanakan proses dalam pengelolaan kelas terutama pada kegiatan belajar dan pembelajaran, karena pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara langsung.
Sebagai pelaksana dan sebagai penyampai materi pembelajaran, seorang, pendidik dituntut harus mampu menentukan dan menerapkan berbagai cara, strategi maupun metode yang paling tepat, sehingga pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien yang pelaskanaannya harus sesuai dengan materi dari setiap mata pelajaran.
Selain itu, seorang pendidik diharapkan bahkan diharuskan mampu menentukan dan menguasi menggunakan alat perga dalam pembelajaran dan sumber belajar yang diperlukan untuk menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan tujuan instruksional yang direncanakan.
Berdasarkan pemaparan diatas, maka penulis merasa tertarik untuk memebuat karya tulisa dalam bentuk makalah dengan judul “Pemahaman Mengenai Pengertian Dan Fungsi Media Dalam Pembelajaran”

B.    Rumusan masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan makalah ini adalaha sebagai berikut:
1.      Apa pengertian dari media pembelajaran?
2.      Apa perbedaaan media pembelajaran dengan media sumber belajar ?
3.      Apa manfaat dan fungsi dari media pembelajaran?

C.     Tujuan Penulisan
Adapun yang menjadi tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui  pengertian dari media pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui perbedaaan media pembelajaran dengan media sumber belajar.
3.      Untuk mengetahui fungsi dari media pembelajaran.

C.    Manfaat Penulisan
Makalah ini diharapkan bermanfaat bagi semua pihak dalam rangka mengembangkan kreatifitas proses pelaksanaan pembelajaran dalam menggunakan media pembelajaran, selain itu juga mengembangkan kualitas pelaksanaan proses pelaksanaan pembelajaran.

E.    Prosedur Penulisan
Prosedur penulisan yang digunakan oleh penulis dalam penulisan makalahini ini yaitu metode kepustakaan dimana penulisa mengambil dan mencari sumber materi dari buku. Selain itu juga penulis mengambil sumber materi dari browsing internet.





cara membuat makalah




cara membuat makalah