Wednesday 18 November 2015

SILABUS FILSFAT PENDIDIKAN STAIN PEKALONGAN 2015,Oleh: Bp: DR. Muchlisin, M.A


SILABUS

Perguruan Tinggi         : STAIN Pekalongan
Program studi              : S.1 Pendidikan Agama Islam                      
Mata Kuliah                : Filsafat Pendidikan
Kode                           : TAR 312
SKS                             : 3 sks
Semester                      : Ganjil
Dosen   Pengampu      : Dr. H. Muhlisin, M.Ag.
No. HP.                       : +6281542224597
Email                           : muhlisinsalim@gmail.com

A.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang  komprehensif kepada mahasiswa secara  konseptual dan praktis mengenai teori dasar filsafat pendidikan, yang dimulai dengan mengungkap tentang keberadaan dan hakekat diri manusia sebagai makhluk alamiah dan sosial, Kebutuhan dan pola hubungan antar manusia sebagai pelaku pendidikan (homo educandum). Untuk menelaah essensi tersebut secara holistik, mahasiswa dibekali dengan pemahaman dasar tentang filsafat dan makna pendidikan, Pendekatan filsafat dalam pendidikan, Pandangan maupun aliran filsafat yang turut mewarnai corak pemikiran pendidikan yang berkembang secara dinamis. Keniscayaan perbedaan cara pandang pendidikan yang menggunakan perspektif filsafat akan berpengaruh pada paradigma yang dikembangkan dalam merumuskan  sistem pendidikan, mulai dari landasan teoritis hingga manajemen operasionalnya. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep filsafat pendidikan sehingga para mahasisewa akan mampu melaksanakan proses pendidikan sejalan dengan landasan filsafat pendidikan yang disepakati bersama antara pemerintah, masyarakat dan satuan pendidikan. Landasan pemikiran tersebut akan menjadi bekal bagi mahasiswa untuk membangun pemahaman dan teori tentang hakekat pendidikan beserta problemimplementasinya dalam sistem pendidikan nasional.


B.     Kompetensi Mata Kuliah
Selesai mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi:
1.    memiliki  pemahaman yang tepat tentang manusia seutuhnya yang menjadi objek dan subjek filsafat pendidikan sehingga mampu menginternalisasikan dalam menjalani profesi sebagai pendidik;
2.    memahami konsep-konsep filsafat pendidikan yang berkembang dari masa ke masa secara holistik, sistematis dan obyektif;
3.    Memiliki pengetahuan dasar tentang teori filsafat pendidikan sehingga mampu mengembangkan pendidikan dan pembelajaran berlandaskan ontologi, epistemologi dan aksiologi secara tepat, baik secara teoritis maupun praktis;
4.    Memiliki wawasan yang luas tentang aliran-aliran pemikiran yang berkembang dalam filsafat pendidikan sehingga mampu menyesuaikan dengan trend issu dan dinamika pendidikan yang selalu mengalami perubahan secara berkelanjutan; dan
5.    Memiliki kemampuan analisis dalam mengidentifikasi permasalahan  pendidikan dan mampu mencarikan pemecahannya.

  1. Analisis Instruksional

 

 










  1. Materi Perkuliahan

1.    Konsep Dasar Filsafat Pendidikan.
a.       Arti Filsafat Pendidikan.
b.      hakekat filsafat pendidikan.
c.       pendekatan dalam filsafat pendidikan.
d.      Urgensi filsafat pendidikan
e.       Filsafat Pendidikan sebagai ilmu.
2.      Manusia, Kehidupan dan Pendidikan: 
a.       Hakekat manusia sebagai makhluk alamiah dan sosial
b.      Hakekat kehidupan dunia fana.
c.       Kedudukan manusia dalam kehidupan
d.      Kebutuhan dan pola hubungan antar manusia sebagai homo educandum.
3.      Paradigma dan Sistem pendidikan.
a.       Dimensi ontologis, epsitemologis dan aksiologis pendidikan.
b.      Sistem pendidikan keluarga sebagai pembentuk kecerdasan spiritual.
c.       Sistem pendidikan formal (sekolah& madrasah) sebagai pembentuk kecerdasan intelektual.
d.      Sistem pendidikan di masyarakat sebagai pembentuk kecerdasan emosional.
4.      Kedudukan Filsafat Pendidikan dalam sistem pendidikan.
a.       Relasi antara filsafat dan sistem.
b.      Konsep sistem pendidikan.
c.       Kedudukan Filsafat Pendidikan  dalam Sistem Pendidikan Nasional.
d.      Kedudukan Filsafat Pendidikan dalam Program studi Pendidikan Agama Islam
5.      Tiga Landasan Filsafat Pendidikan.
a.       Landasan metafisik/ontologis.
b.      Landasan epistemologis.
c.       Landasan aksiologis.
6.      Ragam aliran filsafat pendidikan yang berkembang dari pemikiran Barat (1).
a.       Aliran Perenialisme.
b.      Aliran Esensialisme.
c.       Aliran  Progresivisme.
7.      Ragam aliran dalam filsafat pendidikan yang berkembang dari pemikiran Barat (2).
a.       Aliran Idealisme
b.      Aliran Realisme.
c.       Aliran Humanisme.
8.      Ragam aliran dalam filsafat pendidikan yang berkembang dari pemikiran Barat (3).  
a.       Aliran Pragmatisme
b.      Aliran Behaviorisme
c.       Aliran Naturalisme
9.      Ragam aliran dalam filsafat pendidikan yang berkembang dari pemikiran Barat (4).  
a.       Aliran Rekonstruksionisme.
b.      Aliran Eksistensialisme.
c.       Aliran strukturalisme.
10.  Eksistensi dan hakekat filsafat pendidikan Islam.
a.       Islam sebagai Agama dan pandangan hidup.
b.      Islam sebagai tata nilai.
c.       Tujuan hidup dalam perpektif Islam.
d.      Dasar dan tujuan pendidikan dalam perspektif Islam.
11.  Eksistensi dan hakekat filsafat pendidikan Pancasila di Indonesia.
a.       Pancasila sebagai ideologi bangsa.
b.      Pancasila sebagai tata nilai.
c.       Pancasila, tujuan negara dan tujuan pendidikan.
d.      Paradigma dan tujuan pendidikan di Indonesia.


  1. Strategi Pembelajaran
Untuk mencapai kompetensi yang telah dirumuskan di atas, strategi yang digunakan dalam pembelajaran ini menggunakan strategi pembelajaran aktif, dengan mengkombinasikan berbagai metode, di antaranya : ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan problem solving

  1. Referensi
a.    Rujukan Wajib

Imam Barnadib. 1996. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Brubacher, John S.1962,  Modern Philosophies of education, New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
Gie, The Liang. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakata: Lyberty.
Ismaun. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.
Rasyidin, et.al. 2007. Dasar Filsafat Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Sadulloh, Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syam, MN. 2000. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional

Rujukan Pendukung

Peursen, Van.1997. Pengantar Filsafat Ilmu, Jogjakarta: Tiara Wacana
Oneil, William. F. 2004. Ideologi-Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.

6.                  Penilaian

No.
Jenis Tagihan
Bobot
1.
Partisipasi
10
2.
Tugas-tugas
20
3.
Ujian Tengah Semester
25
4
Ujian Akhir Semester
40
5
Lain-lain (aspek non akademis: sikap, pakaian, komunikasi)
5
Jumlah
100%


                                                                                    Pekalongan,  September 2015
                                                                                    Dosen Pengampu


                                                                                    DR.H. MUHLISIN,M.Ag.