Wednesday 23 December 2015

contoh autobiografi


contoh autobiografi. Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai contoh biografi dan autobiografi. Namun sebelum anda melihat contonya, ada baiknya anda mengetahui apa itu biografi dan autobiografi.

Autobiografi adalah tulisan tentang data diri seseorang, di mana tulisan tersebut di buat sendiri oleh yang bersangkutan. Jika ing melihat contoh Autobiografi lihat saja novel biasanya penulis novel akan menuliskan autobiografinya. Perbedaan antara Autobiografi dan Biografi adalah terletak pada cara penulisanya, di mana bila Biografi ditulis oleh orang lain, sementara Autobiografi di tulis oleh diri sendir

Menurut (KBBI) autobiografi adalah riwayat hidup hidup pribadi yang ditulis sendiri. Dalam hal ini, autobiografi merupakan catatan dirinya sendiri. Artinya autobiografi adalah sebuah biografi yang didalamnya menceritakan riwayat hidup atau pengalaman pribadi yang ditulis oleh dirinya sendiri. Isi didalam autobiografi berisi tentang pengalaman dari kecil hingga keadaan sang penulis sekarang ini, dari yang paling sulit hingga mencapai keberhasilan yang besar atau prestasi yang dicapainya semasa hidupnya. Penulisan autobiografi didasarkan pada ingatan pengalaman oleh penulis. singkatnya autobiografi adalah perjalanan hidup diri sendiri. Silahkan anda Baca: Contoh Surat Lamaran Kerja
Biografi adalah tulisan yang berisi mengenai deskripsi singkat dari riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Secara umum biografi berisi narasi mengenai perjalanan hidup seorang tokoh, deskripsi singkat mengenai kegiatan atau peristiwa yang dialaminya, ekspresi juga termasuk gagasan, perasaan dan pandangan hidup seseorang. Biografi juga sangat penting dibaca sebab di dalamnya terkandung nilai pendidikan atau moral bagi pembacanya. Contoh biografi yang paling banyak ditulis ialah biografi pahlawan, artis, sastrawan dan lain-lain. Sedangkan autobiogafi ialah tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Dalam hal ini, autobiogafi merupakan sebuah catatan tentang diri sendiri. silahkan baca : contoh teks eksposisi


Ciri-Ciri Biografi Autobiografi


Berikut ciri-ciri biografi : 

Biografi memiliki struktur yang terdiri atas : orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.
Biografi memuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
Faktualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.

4 hal yang harus di cermati dalam teks biografi, yaitu : 

Judul biografi
Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
Hal yang mengagumkan serta mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
Hal yang dapat di contoh atau diteladani dari kehidupan tokoh.

Struktur Teks Biografi Autobiografi

Berikut struktur teks biografi yang terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi. 

OrientasiOrientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
Peristiwa dan MasalahBagian peristiwa atau kejadian merupakan bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian ini.

Reorientasi
Reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau tidak. Dibawah ini adalah kumpulan contoh Biografi dan Autodiografi Diri Sendiri ataupun Biografi Sukarno

Contoh Biografi Dan Autobiografi

Contoh biografi dan autobiografi di bawah ini merupakan contoh riwayat hidup seseorang.
contoh autobiografi R.A Kartini
Berikut ini contoh biografi R.A Kartini
Raden Ajeng Kartini lahir pada tahun 1879 di kota Rembang. Ia anak salah satu dari seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat di daerahnya. Setelah lulus dari Sekolah Dasar ia pun tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orang tuanya. Maka, Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan.
Untuk menghilangkan kesedihannya tersebut, ia mengumpulkan buku-buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan lainnya yang kemudian dibacanya di sebuah taman rumah dengan ditemani Simbok (Pembantunya). Akhirnya ia gemar membaca, tiada hari tanpa membaca.
Melalui buku inilah, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir wanita Eropa (Belanda, yang waktu itu masih menjajah Indonesia). Maka timbulah sebuah keinginannya untuk memajukan semua wanita Indonesia. Wanita tidak hanya dapat didapur tetapi juga harus mampu mempunyai ilmu. Ditengah kesibukannya itu ia tidak berhenti sama sekali membaca dan juga menulis surat dengan teman-temannya. Tak beberapa lama ia menulis surat pada Mr.J.H.Abendanon. Ia memohon diri untuk diberikan beasiswa untuk belajar di negeri Belanda.
Namun, beasiswa yang didapatkannya tidak sempat dimanfaatkan, sebab ia akan dinikahkan oleh kedua orangtuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat. Setelah menikah itupun ia akhirnya ikut bersama suaminya ke daerah Rembang. Suaminya mengerti dan juga ikut mendukung Kartini dan berhasil mendirikan Sekolah Wanita di Semarang, dan Surabaya, Kota Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan juga daerah lainnya.
Pada tanggal 17 September 1904, Kartini meninggal dunia dalam usianya yang ke-25, setelah ia berhasil melahirkan putera pertamanya. Setelah Kartini wafat, Mr.J.H Abendanon mengumpulakan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini kepada para teman-temannya di Eropa. Buku itu diberi judul �DOOR DUISTERNIS TOT LICHT� yang artinya �Habis Gelap Terbitlah Terang�.


Itulah contoh biografi dan ini contoh autobiografi

Contoh Autobiografi Eka Apriyani
1. Latar Belakang Keluarga
Nama saya Eka Apriyani lebih sering disapa Eka. Saya lahir di Palembang, 02 April 1993. Saya merupakan anak pertama dari ke-empat bersaudara. Adik pertama saya bernama Rudi Wijaya, umurnya 5 tahun dilahirkan di Palembang tanggal 13 Agustus 2001. Adik saya yang kedua bernama Septia Tricahyani ia lahir di Palembang, 28 September 2005. Sedangkan adik ketiga saya Rahma Catur Saputri baru berumur 1 tahun tepatnya pada tanggal 7 Januari 2012. Orang tua saya bekerja sebagai wiraswasta. Ibu saya, Nurlis bekerja menjadi penjual sembako sedangkan ayah saya, Damiri bekerja sebagai pedagang elektronik.
2. Latar belakang Pendidikan
Ketika berusia 5 tahun saya disekolahkan di TK Amongsiwi. Lalu melanjutkan kembali di Sekolah Dasae Rawajaya 01. Dan setelah menginjak umur 13 tahun saya melanjutkan sekolah di SMP Negeri 1 Palembang dan tahun 2012 saya mencoba tes di SMA Negeri 3 Palembang dan akhirnya saya diterima.
3. Latar Belakang Prestasi
Saat SD dulu saya sering mengikuti lomba seperti lomba pesta siaga meraih juara 2, juara satu mengikuti lomba gerak jalan se-kecamatan, pramuka, senam dan lain-lain. selain itu, Saya juga selalu masuk 5 besar dikelas. Menginjak masa SMP saya mengikuti lomba menghias tumpeng antar kelas dan saya juga termasuk anggota OSIS SMPN 1 Palembang. Di SMA saya mengikuti lomba kultum english, dan storry telling dan akhirnya saya juga mendapatkan juara pertama.

Contoh AutoBiografi Diri Sendiri 1

 
contoh autobiografi

 

Nama saya Ridwan SC. Nama panggilan saya adalah Wans . Saya lahir di kabupaten Tasikmalaya, 14 Oktober 1988. Saya anak kelima dari tiga bersaudara. Ayah saya bernama Rudi Cahayadi dan iu saya bernama Euis Maryati. Ayah saya sekarang bekerja di perusahaan Petani dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Saat ini saya tinggal di kabupaten Nagrak , tepatnya di jalan Raya Ciawi Rt 08/Rw 01  kelurahan Sindangraja kecamatan Jamnis Kab. Tasikmalaya. Adik pertama saya bernama Olong Jabarlong dan Linda KH. Saya mempuyai hobi berolahraga seperti sepak bola, Tenis Meja, Dan Ngeblog

Pada tahun 1995 saya memulai pendidikan di jenjeng sekolah dasar (SD). Saat itu saya bersekolah di MI Cibitung. Selama enam tahun saya berangkat sekolah di tempat tersebut dengan berjalan kaki.  Setelah saya selesai  pada tahun ajaran 1998 dari jenjang sekolah dasar (SD) dan mendapatkan ijazah. Saya melanjutkan jenjang pendidikan yang selanjutnya yaitu sekolah menengah pertama (SMP/Tsanawiyyah). Pada jenjang
(SMP/Tsanawiyyah) saya bersekolah PPI 76 Ciberekah. Di (SMP/Tsanawiyyah) inilah saya menimba ilmu selama 3 tahun lamanya,  Seiring waktu berlalu selama 3 tahun saya menyelesaikan pendidikan pada tahun ajaran 2000-2002 dan saya mendapatkan izajah(SMP/Tsanawiyyah). Kemudian dilanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu sekolah menengah keatas (SMA/SMU/Mualimin).  Yang bertempat di STM (sekolah tingkah Mualimen 07 Cempakawarna. Tepatnya saya berada pada jurusan ips bertempat dikelas XI IPS  Sekolah yang berada di kota Tasikmalaya, adalah tempat Saya mengenakan pakaian putih gading .


Contoh AutoBiografi Diri Sendiri 2


Nama lengkap saya Annisa Rahma. di lingkungan keluarga,saya biasa dipanggil Rahma. Sedangkan di lingkungan pergaulan luar,saya sering dipanggil dengan Annisa. Saya lahir di Kediri, 01 Februari 1998. Saya adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Ayah saya bernama Suharsono dan ibu saya bernama Nunik Dyah Winarni. Ayah saya bekerja sebagai seorang pengawas TK/SD di UPTD wates. Sedangkan ibu saya merupakan seorang wanita karir,beliau menjadi seorang guru di sebuah sekolah menengah pertama. Saya juga mempunyai adik laki laki yang bernama Ahmad Sony Satria,jarak umur kami terpaut 7 tahun,kini adik saya sedang menduduki kelas 4 sekolah dasar. Keluarga kami bertempat tinggal di Desa ParonRT.13/RW.05,kec. Ngasem,kab. Kediri.
Pada tahun 2002,saya mulai memasuki jenjang pendidikan pada usia 4 tahun,yaitu di Taman Kanak-kanak �perwanida� yang berada di desa Paron,saya menempuh pendidikan TK selama 2 tahun,setelah lulus,kemudian saya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu di SMP 3 Kediri,selama tiga tahun saya menempuh pendidikan yaitu mulai kelas 7-9,disini saya mengikuti ekstra kurikuler qosidah atau rebana,dan grup qosidah saya mendapatkan predikat juara ke-2 pada event lomba qosidah tingkat provinsi dalam rangka hari Ulang Tahun Nahdatul Ulama. Pada tahun 2013,saya lulus dari sekolah menengah pertama dan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya yaitu di SMAN 3 Kediri hingga saat ini. saat ini saya sedang berada di kelas 11 dan menempuh jurusan Matematika IPA atau yang disingkat dengan MIA. Saya menempati kelas 11 MIA 1. Semenjak masuk SMA,saya memilih untuk mengikuti ekstrakurikuler Jurnalistik karena saya ingn mendalami dunia tulis-menulis. Di ekstrakurikuler Jurnalistik, saya mendapatkan posisi sebagai Ketua Redaksi. Dalam bidang Jurnalistik,saya pernah mendapatkan Juara 3 karya tulis jurnalistik dalam event Festival Komunikasi STAIN tahun 2013.
Saya mempunyai banyak kegemaran yang beragam. Antara lain, menulis,membaca,mendengarkan musik,menyanyi, dan di bidang olahraga saya menyukai renang dan badminton. Dari berbagai hobi tersebut, saya lebih mendalami menulis,karena saya bisa menyalurkan semua imajinasi maupun berbagai ide melalui tulisan. Sejak kelas 10,saya juga mulai belajar untuk aktif menulis di dunia blog, walaupun belum bisa konsisten hingga sekarang. Cita cita saya menjadi seorang dokter gigi dan kadang saya juga bercita-cita menjadi pegawai pajak,kadangkala saya juga ingin bekerja menjadi crew pertelevisian. Rencana saya setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama yaitu bisa menjadi mahasiswa di Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan mengambil Fakultas Kedokteran Gigi ataupun Fakultas Komunikasi. Motto saya yaitu �tetaplah menjadi diri sendiri,karena sesungguhnya dirimu lebih special daripada yang lain�



Contoh AutoBiografi Diri Sendiri 

Nama saya Irchash Akbar, Saya lahir di Jember, 30 Januari 1992, Saya anak kedua dari dua bersaudara, Ayah saya Harun Arrosyid ( almarhum ) dan Ibu saya Siti Rumiyati. Ayah saya dulunya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil dan Ibu saya sekarang hanya seorang Ibu Rumah Tangga. Kakak Saya perempuan yang bernama Muchi Hibbatul lubaba, Kakak Saya alhamdulillah sudah menikah.
Pada saat umur 6 tahun Saya memulai karir pendidikan di jenjang SD Negeri Kemiri, yang berada didesa Kemiri, dan disini yang menjadi salah satu guru saya adalah Almarhum Ayah saya setelah Saya selesai pada tahun ajaran 2003/2004 jenjang SD dan mendapatkan ijasah. saya melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu di SMP, Saat SMP Saya bersekolah di SMP Negeri 1 Panti Jember, yang berada didesa Panti, tepatya berjarak � 10 Km dari Kemiri di mana SD saya berada. Di SMP saya menimba ilmu selama 3 tahun lamanya, Setelah 3 tahun tepatnya pada 2006/2007 saya menyelesaikan pendidikan di SMP dan saya mendapatkan izajah SMP. kemudian di lanjutkan kejenjang berikutnya yaitu di sebuah Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, yang berada di Ponorogo,Jawa Timur, disitulah Saya mengenakan seragam putih abu-abu dan menuntut ilmu selama 4 th, di Pondok Modern ini Saya dibentuk menjadi seorang siswa didik yang diharapkan mampu memimpin ummat dan memiliki bidang professi yang dapat menjadi bekal bagi saya nantinya. Dan di sini juga saya belajar semua yang ada seperti Belajar Bhs Arab dan Inggris bahkan ke 2 bahasa tersebut di wajibkan dalam kehidupan sehari-hari, banyak perubahan sikap yang saya rasakan selama belajar di pondok dan mental menjadi lebih luar biasa dan tentunya semakin dewasa.
Setelah saya menyelesaikan pendidikan di Pondok pada tahun ajaran 2010/2011, Di wajibkan untuk mengabdi selama 1 tahun penuh, guna mengamalakan ilmu yang sudah di dapat agar ilmu tersebut bermanfaat dan Alhamdulillah pada waktu itu saya di tempatkan pengabdian di Gontor 6 Magelang yakni Pondok modern yang merupakan cabang dari Gontor 1, dan selama pengabdian saya juga berkuliah diinstitut islam darussalam, setelah pengabdian selesai baru saya mendapatkan ijazah, dan Saya memutuskan untuk mentransfer nilai guna melanjutkan di perguruan tinggi di luar dan di Universitas islam indoneisa lah yang menjadi pilihan saya. Dari sini saya telah mengikuti pendidikan mulai tahun ajaran 2012/2013 sampai sekarang semester 5. Target Saya selesai pada awal tahun 2015, dan mudah-mudahan bisa tercapai dan akan menjadi seseorang yang sukses di kemudian hari. Amin ? Sumber : Simplecontoh.

Selesai! Kurang lebih seperti inilah gambaran jika akan membuat Autobiografi. jika ada kurang lebihnya mohon dimaafkan, Semoga Bermanfaat guys ! ^^
Demikialah Contoh autobiografi. Semoga bermanfaat dan jadi bahan referensi untuk anda semuanya _ terimakasih