Dibawah ini adalah Instrumen Penilaian Pengetahuan. bagi yang membutuhkannya silahkan kirim email. insya allah postingan ini sangat bermanfaat bagi guru atau anda yang calon guru. lebih-lebih sebagai wali kelas yang sedang menggarap atau ingin tau bagaimana format dokumen Instrumen Penilaian Pengetahuan untuk siswa, dapat langsung membaca isi postingan dibawah.
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Kisi-Kisi Tes Tulis
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / smt : VII / 1
Tahun : 2016 -2017
Kompetensi Dasar | Kelas | Materi | Indikator | Bentuk Soal |
4.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. | VII | � Lokasi Indonesia untuk memahami letak dan luas melalui peta. � Potensi sumber daya alam, kemaritiman, dinamika kependudukan(jumlah, persebaran, komposisi, pertumbuhan, dan kualitas, keragaman etnik dan budaya), dan distribusinya. � Kondisi geologis dan bentuk muka bumi. � Flora dan fauna Indonesia. � Pengaruh interaksi antar ruang terhadap kehidupan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. | - Siswa dapat menyebutkan 5 unsur peta - Peserta didik dapat menjelaskan letak geografis Indonesia - Siswa dapat menyebutkan dampak positif iklim tropis di Indonesia - Siswa dapat menjelaskan perbedaan fauna tipe asiatis dan tipe australis - Siswa dapat mengidentifikasi aktifitas penduduk di daerah dataran rendah - | Uraian |
Butir Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman penskoran
No | Butir Soal | Kunci Jawaban | Skor |
1. 2. 3. 4. 5. | Sebutkan 5 unsur-unsur peta ! jelaskan letas geografis Indonesia! Jelaskan perbedaan fauna tipe asiatis dan fauna tipe australis Sebutkan aktivitas penduduk di daerah dataran rendah Sebutkan dampak positif iklim tropis di Indonesia | - Judul peta, Skala peta, orientasi arah, , simbol peta,Garis koordinat, inset, legenda, Sumber peta - Secara Geografis Indonesia terletak antara 2 benua (Asia&Australia) dan 2 samudera (Pasifik&Atlantik) - Fauna tipe asiatis : besar-besar dan buas, hewan mamalia, australis hewan berkantong , jenis burung dengan warna menyolok atau terang , hewan kecil - Aktivitas penduduk di daerah dataran rendah : Pertanian, peternakan, perkebunan, perdagangan, industri - Curah hujan tinggi sepanjang tahun - Memiliki 2 musim, musim panas dan misim hujan - Hasil pertanian dan perikanan melimpah - Memiliki hutan hujan tropis | 5 4 4 5 10 |
Skor max = 28
Nilai = skor perolehan x 100
Skor max
PENILAIAN KETERAMPILAN
Kisi-Kisi Penilaian Ketrampilan
Jenjang Sekolah : SMP Negeri 1 Tlanakan
Mata Pelajaran : IPS
Kurikulum : Kurikulum 2013
Tahun : 2016
KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR | BENTUK PENILAIAN |
4.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. | Potensi Sumber Daya Alam dan kemaritiman Indonesia | Membuat penilaian portofolio Potensi sumber daya laut ( tumbuhan bakau , terumbu karang ) | Penilaian Portofolio |
Pedoman Penskoran Penialain Ketrampilan
NO | ASPEK YANG DINILAI | RENTANG SKOR |
1 | Persiapan - Menyiapkan sumber- sumber (buku siswa, majalah, surat kabar, media Internet, audio visual) - Menyiapkan bahan-bahan lainnya | 0 - 2 |
| Pelaksanaan: - Pengumpulan data-data yang relevan - mengidentifikasi data sesuai dengan tugas yang dibuat - menyusun hasil pengamatan | 0 � 3 |
| Pelaporan : - Ketepatan waktu menyelesaikan tugas - Terdapat judul laporan - Kerapian - Kesesuaian konten dengan tugas yang diberikan | 0 - 4 |
| Presentasi - Bahasa runtut - Performance - Isi materi (konten) - Dapat menjawab pertanyaan dengan tepat | 0 - 4 |
| Skor Maksimum | 13 |
Keterangan:
Tahap Persiapan
- Lengkap : skor 2
-Tidak lengkap: skor 1