Wednesday, 21 December 2016

Perencanaan Pembelajaran Makalah Lengkap



BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
Kita sebagai calon guru semestinya kita harus mengetahui tentang perencanaan Untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya adalah program satu tahun dan program semester  yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan
Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan mencuplik agar kita semua bisa mengetahui atas apa itu program tahunan dan program semester.
  1. Rumusan Masalah
1.    Pengertian Desain Program Semesteran
2.    Langkah Menyusun Program Semesteran
3.    Desain Program Semesteran
        C.    Tujuan
1.    Untuk mengetahui Pengertian Desain Program Semesteran
2.    Untuk mengetahui Langkah Menyusun Program Semesteran
3.    Untuk mengetahui Desain Program Semesteran



BAB II
PEMBAHASAN

    A.    Pengertian Program Semesteran
Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Kalau program tahunan di susun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa mengetahui penguasaan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. Program semester di jabarkan dari garis-garis besar program pengajaran pada masing-masing bidang studi atau mata pelajaran, di dalamnya terdiri atas : pokok bahasan atau sub pokok bahasan, alokasi waktu, dan alokasi pertemuan kapan pokok bahasan atau sub pokok bahasan tersebut disajikan.[1]
Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.
Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan.
Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.[2]
Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.[3]
     B.     Langkah Menyusun Program Semesteran
a.       Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester
b.      Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran
c.       Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
d.      Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang  membutuhkan penjelasan.[4]
     C.     Desain Program Semesteran
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            :
Kelas                           :
Semester                      :
No
SK. KD
Alok. Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember

3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Dari format semesteran di atas maka tampak jelas bahwa program ini pada dasarnya sebagai penjabaran dari program tahunan. Cara pengisian program di atas adalah sebagai berikut:
a.  Tentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai. Dalam hal ini guru tidak perlu merumuskan SK dan KD, sebab semuanya sudah ditentukan dalam Standar Isi (SI), yakni pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah kita kenal , kecuali kalau kita memang diharuskan merumskan SK dan KD sendiri, misalnya dalam merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok).
b.   Lihat program tahunan yang telah kita susun untuk menentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap SK dan KD itu.
c.  Tentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan  dilaksanakan.[5]

BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa mengetahui penguasaan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh. Program semester di jabarkan dari garis-garis besar program pengajaran pada masing-masing bidang studi atau mata pelajaran, di dalamnya terdiri atas : pokok bahasan atau sub pokok bahasan, alokasi waktu, dan alokasi pertemuan kapan pokok bahasan atau sub pokok bahasan tersebut disajikan
Langkah-langkah Penyusunan Program Semester.
a.  Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester.
b.   Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran.
c.   Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
d.   Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang  membutuhkan penjelasan



DAFTAR RUJUKAN
                
Buna’i, 2013, Perencanaan Pembelajaran PAI, Surabaya: Pena Salsabila.

Sanjaya, wina, 2010, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet.3, Jakarta: Kencana.

Mulyasa, 2008, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sodiqiy, Ahmad & Djunaidatul Munawwarah, 2011, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI, Samarinda:T.tp, 2011

http://kaduajatodakna.blogspot.co.id/2012/12/makalah-program-tahunan-dan-program.html




[1] Buna’i, Perencanaan Pembelajaran PAI, (Surabaya: Pena Salsabila, 2013), hlm. 71
[2] Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet.3(Jakarta: Kencana, 2010), Hal. 53
[3] Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008) Hal. 98

[4] Ahmad sodiqiy & Djunaidatul Munawwarah, Modul Pengembangan Perangkat pembelajaran PAI(Samarinda:T.tp, 2011) hal. 22
[5] http://kaduajatodakna.blogspot.co.id/2012/12/makalah-program-tahunan-dan-program.html