RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN1
Pamekasan
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islan
Kelas/ Semester : 7 (tujuh)
semester Ganjil
Materi Pokok : Dengan
ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah
Alokasi Waktu : 3 x pertemuan ( 5 x 40 menit)
A. Kompetensi inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya;
KI.3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI.4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji, dalam ranah
konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.1Menghayati Al-Qur'an sebagai implementasi
dari pemahaman rukun iman.
2.7 Menghargai
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi
dari surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11 serta hadis
terkait.
3.3 Memahami isi kandungan surahar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 sertahadis yang terkait tentang menuntut ilmu.
4.3.1 Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, dengan tartil
4.3.2Menunjukkan hafalan surah ar-Rahman/ 55:33 dan surah al –Mujadalah /58:11 dengan lancar
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
2.7.1
Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surah ar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11, serta hadis terkait.
3.3.1 Menjelaskanhukumbacaan maddalam surahar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah /58:11 dengan benar.
3.3.2 Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahm±n/55:33
dan surah al-Muj±dalah/58:11
3.3.3
Menjelaskan makna isi kandungan surahar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadallah /58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu
3.3.1.1 Mendemontrasikan bacaan surahar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11dengan tartil.
3.3.1.2 Menyebutkan arti surahar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
4.3.2.1 Mendemonstrasikan haFalanar-Rahman /55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar
D.
Tujuan :
Ø Pertemuan
1
Setelah pembelajaran melalui Pendekatan
scientific berbasis penyingkapan /
Discovery peserta didik dapat :
1.
Diberikan
kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat
menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2.
Diberikan kesempatan untuk
berdiskusi tentang hukum bacaan
mad, peserta didik dapat mengidentifikasi
hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
dengan benar
3.
Diberikan
kesempatan berlatih membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil
Ø
Pertemuan
ke 2
1.
Di berikan
kesempatan berlatih menghafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, peserta didik hafal surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
2.
Diberikan
kesempatan berlatih dengan temannya, peserta didik dapat menyebutkan arti surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu dengan benar
Ø Pertemuan
ke 3
1.
Diberikan
kesempatan berdiskusi dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat
menjelaskan makna isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadallah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu dengan benar.
2.
Diberikan
kesempatan mencermati tayangan film, peserta didik dapat menampilkan contoh
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait dengan baik.
E.
Materi pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Hukum
Bacaan Mad
a. Pengertian Hukum Bacaan Mad
b. Macam-Macam Hukum Bacaan Mad
2.
Identifikasi
Hukum Bacaan Mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
3.
Bacaan
Al Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan 2
1. Hafalan Al Quran surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11
2. Arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11
Pertemuan 3
1.
Makna
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
2.
Makna
Hadits tentang menuntut ilmu.
Contoh
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait
F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Pendekatan scientific (Discovery
learning)
2. Metode :
Coperatif learning
3. Teknik :Student
facilitator and explaining
G. Media, Alat Dan Sumber Belajar
1. Media
a. Buku siswa
b. Alat peraga (peta konsep)
2. Alat
a.Karton
b.Spidol
3.
Sumber belajar
a.Buku
Teks Siswa PAI dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 7
b.Buku
Pegangan Guru PAI dan Budi Pekerti SMP untuk Kelas 7
H. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
a.
Pendahuluan (15menit)
a. Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b. Membaca al-Qur’an surah
pilihan secara bersama-sama.
c. Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan
memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil
atau mengajak bernyanyi.
d. Memberikan motivasi
pentingnya membaca al-Qur’an dengan benar.
e. Memberikan apersepsi tentang perjuangan Nabi Muhammad saw. berdakwah
di Mekah Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan
pembelajaran.
a. Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk
secara berkelompok beranggotakan 4 - 5 anak.
f. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran.
b.
Kegiatan
Inti (90 menit)
Ø .Mengamati
1.
Membaca bersama QS Al Mujadilah 11 dan Ali Imron 33
2.
mengamati bacaan Tentang QS Al Mujadilah 11 da Ali Imron 33 dari Imam Masjidil Harom tentang bacaan dan tulisan, sambil mengevaluasi bacaanya
3.
Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting
dari kekurangan bacaanya yang telah di
paparkan.
Ø Menanya
1) Melalui motivasi dari
guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang
belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
Ø Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
1. Peserta didik membaca mengulang bacaan QS Al Mujadilah 11
dan ArRohman 33 secara bersama kemudian membaca bersama di kelompok kelompok
2.
Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi nilai dan, secara bergilir
Ø
Mengasosiasi / menalar
1) Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
2) Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancer untuk di jadikan model
3) Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
Ø
Mengkomunikasi
1.
Mempresentasikan Bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar Rahman 33 di depan kelas.
2.
Kelompok lain mengamati dan member penilaian hasil presentasi Praktek kelompok.
3.
Sekretaris
menginvenaris hasil penilaian masing –masing kelompok.
4.
Selama
pembelajaran berlangsung guru mengadakan
penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi.
5.
Guru
memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbaik.
1)
Penutup (15menit)
a.
Guru danpesertadidik melaksanakan
refleksi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya.
b.
Melakukan penguatanmateripelajaranhariini.
c.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
d.
Menyampaikan intikegiatanuntukpembelajaran
berikutnya
e.
Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
Pertemuan kedua :
a. Pendahuluan (15menit)
1.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2.
Membaca al-Qur’an surah pilihan secara bersama-sama.
3.
Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran,
kerapian pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak
bernyanyi.
4.
Memberikan motivasi pentingnya membaca
al-Qur’an dengan benar.
5.
Memberikan apersepsi tentang
perjuangan Nabi Muhammad saw. berdakwah di Mekah Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
6.
Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok
beranggotakan 4 - 5 anak.
7.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (90 menit)
Ø
Mengamati
1. Menyimak tayangan bacaan surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11.
2. Secara bergantian peserta didik menghafal dan
menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
Ø Menanya
1. Di bawah bimbingan guru, peserta didik mengartikanQ.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan hadist terkait tentang menuntut ilmu secara per kata dan keseluruhan
Ø Eksplorasi (mencoba / mencari informasi)
Game
“Maching Card”, dengan cara:
1.
Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan
kelas untuk game.
2.
Guru membagikansecaraacak kartu yang telah
dipersiapkan yang berisi potongan-potonganayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau
hadits tentang ilmu pengetahuan dan artidari
potongan ayat atau hadits tersebut.
3.
(Game Pertama) Dengan aba-aba guru,
peserta didik dimintauntukmencaripasanganpotongan-potongankertas yang
berisipotongan-potonganayat Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan artinya yang tersebar
di antara mereka.
4.
(Game Kedua) Dengan aba-aba guru, peserta
didik diminta berkelompok sesuai ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk
satu ayat secara berurutan.
Ø Mengkomunikasi
1.
Secara
berpasangan peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau
hadits tentang ilmu pengetahuan.
C.Penutup (15menit)
1.
Guru danpesertadidik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
2.
Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
3.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
4.
Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran
berikutnya.
5.
Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
Pertemuan
ke tiga :
a.Pendahuluan (15menit)
a.
Membuka
pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah
seorang peserta didik dengan penuh khidmat..
b.
Membaca al-Qur’an surah pilihan secara bersama-sama.
c.
Guru
memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian,
tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
d. Memberikan motivasi
pentingnya membaca al-Qur’an dengan benar.
e.
Memberikan apersepsi tentang perjuangan Nabi Muhammad saw. berdakwah
di Mekah Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan
pembelajaran.
f. Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk
secara berkelompok beranggotakan 4 - 5 anak.
g. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan
dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan inti (90 menit )
Ø
Mengamati
1.
Peserta
didik menelaah berbagai sumber belajar , sebagai dasar memahami makna ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan
hadits tentang ilmu pengetahuan.
2.
Peserta
didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Ø Menanya
1.
Peserta
didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tayangan
film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Ø
Eksplorasi (mencoba
/mencari informasi)
1. Secara berkelompok peserta didik berdiskusi
dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film,
misalnya:
2. Akhlaq orang yang berilmu pengetahuan.
3. Manfaat dan hikmah mempunyai ilmu pengetahuan.
4. Syarat-syarat agar memperoleh ilmu yang
bermanfaat.
5. Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan
hadits tentang ilmu pengetahuan .
6. Contoh perilaku seseorang yang gigih menuntut
ilmu.
Ø
Mengasosiasi / menalar
1.
Memilih diantara teman untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
Ø
Mengkomunikasi
1. Setiap kelompok secara bergiliran
mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
C.Penutup (15 menit )
1. Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3. Guru memberikan reward kepada
“kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
4. Guru menjelaskan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.
5. Bersama-sama menutup pelajarandengan berdoa
I. Penilaian
1.
Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian :
Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Meyakini bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.
|
Terlampir
|
|
Meyakini
bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.
|
Terlampir
|
|
Meyakini
bahwa umat Islam wajib mempunyai ilmu
pengetahuan.
|
Terlampir
|
|
Meyakini
bahwa setiap ilmu harus diamalkan
|
Terlampir
|
|
Meyakini
bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2.
Sikap sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian
Antar Teman
b. Bentuk Instrumen :
Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Suka
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
Terlampir
|
|
Segera
memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang
pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak pelit
ketika temannya meminjam buku pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak menyombongkan
diri karena ilmu yang ia miliki.
|
Terlampir
|
|
Tidak
membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat
mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55)
ayat 33
|
Artikan Q.S. Ar-Rahman (55)
ayat 33 dengan
benar!
|
|
Dapat
mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11
|
Artikan Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11 dengan benar!
|
|
Dapat
mengartikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
|
Artikan salah
satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan!
|
Instrumen:
Terlampir
4.
Keterampilan
a. Teknik Penilaian :
Performance
b. Bentuk Instrumen :
Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat membaca
Q.S. Ar-Rahman (55)
ayat 33
|
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55)
ayat 33 dengan
tartil!
|
|
Dapat membaca
Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11
|
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58)
ayat 11 dengan tartil !
|
Instrumen:
Terlampir
Mengetahui,
GURU
PAMONG
Aminullah,
S.Ag.
NIP
: 19751010 2007011015
|
Pamekasan,19 November 2016
GURU MATA PELAJARAN
Syarifah Kamilah
NIM: 18201301010298
|
Lampiran 1 :
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom Ya atau Tidak sesuai sikap
spiritual yang ada pada dirimu.
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti :
Nama : ……………..
Kelas : ……………
Sikap yang dinilai :
Sosial
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak menyontek ketika mengerjakan
ujian/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Mengakui kesalahan yang telah
dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Menjaga rahasia orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Bertanggung jawab atas kepercayaan
orang lain
|
|
|
|
|
6
|
Datang sekolah tepat waktu
|
|
|
|
|
7
|
Menjalankan aturan / tata tertib
sekolah
|
|
|
|
|
8
|
Melaksnakan tugas kebersihan
|
|
|
|
|
Skor
Perolehan
|
|
||||
Skor Maksimal
|
32
|
||||
|
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|
Selalu
Kadang-kadang
Jarang
Tidak pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor
Perolehan
--------------------- x 100 = ….
Skormaksimal
|
|
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||
Lampiran 2 :
Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
a.
Teknik Penilaian : TesTertulis:
b.
Bentuk Instrumen : uraian
c.
Instrumen:
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Dapat menjelaskan kandungan ayat
Al-quran dan Hadis tentang mnuntut ilmu.
|
Jelaskanlah
dengan singkat kandungan surah Ar-Rahman (55) ayat 33?
|
2.
|
Dapat menrapkan perilaku mencintai
ilmu pngetahuan.
|
Seperti apa perilaku mncintai ilmu
pengetahuan ?
|
3.
|
Dapat menerapkan prilaku adab
dalam menuntut ilmu.
|
Seperti apa saja adab dalam menuntut ilmu ?
|
KUNCI JAWABAN, PEDOMAN PENSKORAN DAN PENILAIAN
No.
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Surah
Ar-rahman menyeru jin dan manusia bahwa pada hari pmbalasan nanti merreka
tidak dapat lari dari pembalasan Allah swt. Manusia tidak dapat lari dari
ketentuan dan hukum Allah swt. Surah Ar-Rahman juga menjelasjkan pentingnuya ilmu
pengetahuan bagi kehidupan manusia. Dengan ilmu pngtahuan manusia dapat
mnmbus batas dan skat yang selama ini mustahil dapat di tembus oleh manusia.
|
2
|
2
|
Yaitu: ilmu pngtahuan hendaknya di
terapkan dalamn keseharian, seorang muslim hendaknya bersemangat dalam
mnuntut ilmu . salah satu orang yang briman adalah bersemangat dalam menuntut
ilmu , kwajiban menuntut ilmu berlaku bagisetiap muslim.
|
2
|
3
|
Yaitu: 1. Ikhlas, 2.memohon pertolongan Allah Swt. 3.
Bersungguh-sungguh dalam mnuntut ilmu 4. Brhias dengan akhlak mulia. 5.
Brsikapbijak sana 6. Mnghormati ulama 7. Mngamalkan ilmu.
|
2
|
Skor Maksimal
|
6
|
Skore Perolehan Skore Perolehan
Nilai = ----------------------- x
100 Nilai
= ---------------------- x 100
Skore maksimal 6
Skor
|
Nilai
|
Skor
|
Nilai
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
16,67
|
3
|
50,00
|
5
|
83,33
|
2
|
33,33
|
4
|
66,67
|
6
|
10,00
|
Lampiran 3 :
Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
a.
Teknik
Penilaian : Non tes
b.
Bentuk
Instrumen : Unjuk
Kerja
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Memperagakan prilakurasuldalammemperjuangan
agama Islam sejakmasakecildanremaja
|
Menerapkan kandungan ayat Al-quran
dan hadis tentang perintah mnuntut ilmu.
Indikator :1
= seting
2
= alur cerita
3
= penokohan
|
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Seting
|
|
|
|
2
|
Alur cerita
|
|
|
|
3
|
Penokohan
|
|
|
|
Skor
Perolehan
|
|
|||
Skor Maksimal
|
9
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|
Sesuai
Kurang sesuai
Tidak sesuai
|
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor
Perolehan
--------------------- x 100 = ….
Skormaksimal
|
|
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||
Lampiran
4 : materi pembahasan
Ø Pertemuan
pertama
a.
Ayat Alquran dan Hadis tentang perintah
menuntut ilmu
Ilmu pengetahuan merupakan bakal penting untuk mnggapai ksukssan
hidup seseorang yang mmiliki ilmu akan semakin bijak karena ia mngetahui yang
bnar dan salah maupun baik dan buruk.
1.
Surah
Ar-Rahman (55) ayat 33
Saat
pertama kali manusia mndarat di bulan ada berbagai tanggapan sbagai orang
percaya dan sebagian lainnya mnganggap hanya orang kosong. Ternyata ilmuwan
saat ini telah berhasil mndarat di bulan atas izin Allah Swt. Berkaitan dngan
ilmu pengetahuan cermatilah firman Allah Swt. Berikut.
Artinya : wahai golongan jin dan manusia jika kamu sangat menembus
(melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah kamu tidak akan mampu
menmbusnya kecuali dengan ketentuan (dari Allah). (Q.S.ar-Rahman (55) ayat 33 )
2.
Surah
Al-mujadilah (58) ayat 11
Mnuntut ilmu setiap muslim hukumnya wajib tanpa
pengecualian Allah Swt. Berjanji akan mengangkat derajat orang-orang yang
beriman dan orang yang berilmu. Janji Allah Swt, tersebut di jelaskan pada
surah al-mujadilah (58) ayat 11 untuk mngetahui lebih lanjut perhatikan lafal
surah al-Mujadilah (58) ayat 11 berikut bserta artinya:
Artinya: niscahya Allah Swt. Akan mengangkat derajat orang-orang
yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu bberapa derajat dan
Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan.
Ø Pertmuan ke dua
1.
Kandungan
surah Ar-Rahman (55) ayat 33
Surah Ar-Rahman mnyeru jin dan manusia bahwa pada hari pmbalasan
nanti mereka tidak dapat lari dari pembalasan allah Swt. Manusia tidak dapat
lari dari ketentuan hukuma Allah Swt. Di manapun mereka berada. Mereka kelak di
kumpulkan Allah swt. Di padang mahsyar.malaikat berbaris tujuh baris dari
segala penjuru mengelilingi manusia. Selain itu manusia dan jin tidak dapat
menmbus langit jika tidak memiliki kekuatan. Kekuatan ini hanya dapat terpnuhi
atas izin allah Swt.
Surah Ar-Rahman juha menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan bagi
khidupan manusia. Dengan ilmu pngtahuan manusia dapat mngetahui benda-bnda
langit dan mnjajahi angkasa. Selain itu manusia mampu menmbus batas dan sekat
yang selama ini mustahil apat di tembus oleh manusia. Allah Swt. Mengaruniai
manusia akal pikiran kedua karunia ini harusterus di asah dan di berdayakan
dengan cara belajar serta berkarya. Dengan belajar manusia bisa mendapatkan
ilmu dan wawasan yang baru tentang alam semesta.
2. Kandungan Surah Al-Mujadilah (58) ayat 11
Sebab turunnya Assabun nuzul surah al-mujadilah (58) ayAt 11
berkaitan dengan sikap melapangkan dalam majelis ibnu abbas mmberi pnjelasan
bahwa turunnya ayat ini bertepatan ketika Rasullullah saw. Dan para sahabat
sedang berada dalam majelis, kemudian datang sabit agar terganggu ia memilih
masuk karena pedagangan sabit agak terganggu. Ia memilih masuk majelis dan
duduk di sebelah Rasulullah saw. Di antara para sahabat ada yang dngan suka
rela mmberikan ksempatan tetapi ada juga yang menolak.
Menuntut ilmu tidak terbatas hanya pada ilmu agama. Ilmu
pengetahuan umum atau ilmu yang bersifat keduniaan yang brmamfaat juga harus di
kuasai ilmu ilmu itu memugkinkan
seseorang mmperoleh ksuksesan di dunia dan akhirat. Kita dapat melihat
orang-orang yang menguasai dunia adalah orang-orang yang berilmu. Hal ini
mrupakan salah satu tanda bahwa Allah
Swt. Telah mengangkat derajat orang-orang berilmu. Brdasarkan uraian di atas
ada beberapa kesimpulan yang dapat di petik sebagai berikut:
1.
Jika
seseorang menghadiri majelis hendaklah saling memberi kelapangan kepada orang
lain.
2.
Allah
Swt. Berjanji akan mninggalkan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.
3.
Ilmu
pengetahuan haus di mamfaaatkan dengan sebaik- baiknya untuk kemaslahatan umat.
4.
Setiap prbuatan manusia pasti di ketahui Allah swt.
Dan akan di balas suai prbuatannya.
Ø
Pertemuan
ke tiga
c. Prilaku mncintai ilmu pengetahuan
1.
Keutamaan
menuntut ilmu
Salah
satu orang yang beriman adalah bersemangat dalam menuntut ilmu. Kewajiban
menuntut ilmu berlaku bagi stiap muslim kamu juga memiliki kwajiban menuntuit
ilmu. Menuntut ilmu tidak hanya di sekolah saja. Belajar di majelis taklim atau
mengikuti sminar juga di sebut menuntuit ilmu membaca buku di perpustakaan dan
berdiskusi disaat blajar. Kelompok juga termasuk menuntut ilmu di tempat kursus
pin kamu dapat menuntut ilmu. Di mana pun tempatnya kamu dapat meununtut ilmu.,
bersemangatlah dalam menuntut ilmu
karena kamu sedang melaksanakan perintah allah swt.
2.
Adab
dalam menuntut ilmu
a.
Ikhlas
Dalam
menuntut ilmu sseorang ikhlas dan tujuannya hanya untuk mencari rida allah swt.
Mnuntut ilmu termasuk ibadah harus dilakukan dengan ikhlas.
b.
Memohon
pertolongan kepada allah swt.
Memohon
pertolongan allah swt. Merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh
seseorang yang menuntut ilmu. Hanya allah swt, yang dapat menggabulkan
permohonan dan memberi pertolongan kepada allah swt. Agar di mudahkan dalam
menuntut ilmu.
d.
bersungguh-sungguh
dalam menuntut ilmu
menuntut
ilmu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh seorang muslim tidak boleh malas dalam
menuntut ilmu. Kesungguhan dalam menuntut ilmu dapat mengantarkan pada
keberhasilan.
e.
Berhias
dengan akhlak mulia
f.
Bersikap
bijak sana
g.
Menghormati
ulama
h.
Mengamalkan
ilmu.
3.
Perilaku
mengembangkan ilmu pengetahuan
a.
Gemar
membaca buku
b.
Gemar
mencari tahu
c.
Tetap
berpegang teguh terhadap agama islam