Tuesday 13 December 2016

(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pendidikan Agama Islam Kelas/ Semester : 7 (tujuh) semester Ganjil




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                             (RPP)
Nama Sekolah   : SMPN1 Pamekasan
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islan
Kelas/ Semester : 7 (tujuh) semester Ganjil
Materi Pokok              :  Dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah
Alokasi Waktu            : 3 x pertemuan ( 5 x 40  menit)
A.    Kompetensi inti
KI.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
KI.3   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI.4   Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji, dalam  ranah  konkret  (menggunakan, mengurai,  merangkai,  memodifikasi,  dan  membuat)    dan  ranah  abstrak (menulis,  membaca, menghitung,  dan  mengarang)  sesuai  dengan  yang  dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
          1.1Menghayati Al-Qur'an sebagai implementasi dari pemahaman rukun  iman.
  2.7   Menghargai perilaku  semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11 serta hadis terkait.
  3.3 Memahami isi kandungan surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 sertahadis yang terkait tentang menuntut ilmu.

  4.3.1 Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengan tartil
   4.3.2Menunjukkan hafalan surah ar-Rahman/ 55:33 dan surah alMujadalah /58:11 dengan lancar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
2.7.1        Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surah ar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11, serta hadis terkait.
3.3.1 Menjelaskanhukumbacaan maddalam surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11 dengan benar.
3.3.2 Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahm±n/55:33 dan surah al-Muj±dalah/58:11
3.3.3        Menjelaskan makna isi kandungan surahar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadallah /58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu
3.3.1.1  Mendemontrasikan bacaan surahar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11dengan tartil.
3.3.1.2  Menyebutkan arti surahar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadalah /58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
4.3.2.1 Mendemonstrasikan haFalanar-Rahman /55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar
D.    Tujuan :
Ø  Pertemuan 1
Setelah pembelajaran melalui Pendekatan scientific  berbasis penyingkapan / Discovery  peserta didik dapat :
1.         Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2.         Diberikan kesempatan untuk berdiskusi  tentang hukum bacaan mad,  peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar
3.         Diberikan kesempatan berlatih membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil

Ø  Pertemuan ke 2
1.         Di berikan kesempatan berlatih menghafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, peserta didik hafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
2.         Diberikan kesempatan berlatih dengan temannya, peserta didik dapat menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu dengan benar
Ø  Pertemuan ke 3
1.         Diberikan kesempatan berdiskusi dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat menjelaskan makna isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu dengan benar.
2.         Diberikan kesempatan mencermati tayangan film, peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait dengan baik.
E.     Materi pembelajaran
Pertemuan 1
1.         Hukum Bacaan Mad
a.    Pengertian Hukum Bacaan Mad
b.    Macam-Macam Hukum Bacaan Mad
2.         Identifikasi Hukum Bacaan Mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
3.         Bacaan Al Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan 2
1.      Hafalan Al Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
2.      Arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan 3
1.         Makna surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
2.         Makna Hadits tentang menuntut ilmu.
Contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait
F.     Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan                 : Pendekatan scientific (Discovery learning)
2.    Metode                        : Coperatif learning
3.    Teknik                         :Student facilitator and explaining
G.    Media, Alat Dan Sumber Belajar
1. Media
a.    Buku siswa
b.    Alat peraga (peta konsep)
2. Alat
                  a.Karton
                  b.Spidol
3.      Sumber belajar
a.Buku Teks Siswa PAI dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 7
b.Buku Pegangan Guru PAI dan Budi Pekerti SMP untuk Kelas 7
H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan pertama:
a.    Pendahuluan (15menit)
a.    Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.    Membaca al-Qur’an surah pilihan secara  bersama-sama.
c.    Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
d.   Memberikan motivasi pentingnya membaca al-Qur’an dengan benar.
e.    Memberikan apersepsi tentang perjuangan Nabi Muhammad saw. berdakwah di Mekah Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
a.    Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 - 5 anak.
f.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.



b.      Kegiatan Inti (90 menit)
Ø  .Mengamati
1.       Membaca bersama QS Al Mujadilah 11 dan Ali Imron 33
2.       mengamati  bacaan Tentang QS Al Mujadilah 11 da Ali Imron 33 dari Imam Masjidil Harom tentang bacaan dan tulisan, sambil mengevaluasi bacaanya
3.      Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari kekurangan bacaanya yang telah di paparkan.
Ø Menanya
1)       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan  LCD
Ø     Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
1.      Peserta didik membaca  mengulang bacaan QS Al Mujadilah 11 dan ArRohman 33 secara bersama kemudian membaca bersama  di kelompok kelompok
2.      Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi nilai dan, secara bergilir
Ø Mengasosiasi / menalar
1)       Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
2)      Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancer untuk di jadikan model
3)      Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
Ø    Mengkomunikasi
1.      Mempresentasikan Bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar Rahman 33  di depan kelas.
2.      Kelompok lain mengamati dan member penilaian hasil presentasi Praktek kelompok.
3.       Sekretaris menginvenaris hasil penilaian masing –masing kelompok.


4.      Selama pembelajaran berlangsung guru  mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi.
5.      Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbaik.

1)   Penutup (15menit)
a.    Guru danpesertadidik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b.    Melakukan penguatanmateripelajaranhariini.
c.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
d.   Menyampaikan intikegiatanuntukpembelajaran berikutnya
e.    Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
     Pertemuan kedua :
a.  Pendahuluan (15menit)
1.      Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2.      Membaca al-Qur’an surah pilihan secara  bersama-sama.
3.      Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
4.      Memberikan motivasi pentingnya membaca al-Qur’an dengan benar.
5.      Memberikan apersepsi tentang perjuangan Nabi Muhammad saw. berdakwah di Mekah Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
6.      Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 - 5 anak.
7.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.




b.   Kegiatan Inti (90 menit)
Ø  Mengamati
1.      Menyimak tayangan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
2.      Secara bergantian peserta didik menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
Ø Menanya
1.    Di bawah bimbingan guru, peserta didik mengartikanQ.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan hadist terkait tentang menuntut ilmu secara per kata dan keseluruhan
Ø Eksplorasi (mencoba / mencari informasi)
Game “Maching Card”, dengan cara:
1.      Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
2.      Guru membagikansecaraacak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potonganayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan dan artidari potongan ayat atau hadits tersebut.
3.      (Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik dimintauntukmencaripasanganpotongan-potongankertas yang berisipotongan-potonganayat Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan artinya yang tersebar di antara mereka.
4.      (Game Kedua) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta berkelompok sesuai ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat secara berurutan.
Ø Mengkomunikasi
1.        Secara berpasangan peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan.
C.Penutup (15menit)
1.        Guru danpesertadidik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
2.        Melakukan penguatan materi pelajaran hari ini.
3.        Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
4.        Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran berikutnya.
5.        Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
Pertemuan ke tiga :
a.Pendahuluan (15menit)
a.         Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat..
b.        Membaca al-Qur’an surah pilihan secara  bersama-sama.
c.         Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
d.   Memberikan motivasi pentingnya membaca al-Qur’an dengan benar.
e.         Memberikan apersepsi tentang perjuangan Nabi Muhammad saw. berdakwah di Mekah Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
f.     Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 - 5 anak.
g.    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b.      Kegiatan inti (90 menit )
Ø  Mengamati
1.        Peserta didik menelaah berbagai sumber belajar , sebagai dasar memahami makna ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan.
2.        Peserta didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Ø  Menanya
1.        Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Ø  Eksplorasi (mencoba /mencari informasi)
1.    Secara berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya:
2.    Akhlaq orang yang berilmu pengetahuan.
3.    Manfaat dan hikmah mempunyai ilmu pengetahuan.
4.    Syarat-syarat agar memperoleh ilmu yang bermanfaat.
5.    Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu pengetahuan .
6.    Contoh perilaku seseorang yang gigih menuntut ilmu.
Ø  Mengasosiasi / menalar
1.    Memilih diantara teman untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
Ø  Mengkomunikasi
1.    Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
C.Penutup (15 menit )
                           1.     Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
                           2.     Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                           3.     Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik”  hasil diskusi dan presentasinya.
                           4.     Guru menjelaskan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.
                           5.     Bersama-sama menutup pelajarandengan berdoa
I.       Penilaian
1.    Sikap spiritual
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
                            c.     Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Meyakini  bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.
Terlampir
  1.  
Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.
Terlampir
  1.  
Meyakini bahwa umat Islam  wajib mempunyai ilmu pengetahuan.
Terlampir
  1.  
Meyakini bahwa setiap ilmu harus diamalkan
Terlampir
  1.  
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu
Terlampir
Instrumen: Terlampir
2.    Sikap sosial
                            a.     Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
Terlampir
  1.  
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.
Terlampir
  1.  
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
Terlampir
  1.  
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.
Terlampir
  1.  
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
Terlampir
Instrumen: Terlampir
3.    Pengetahuan
                            a.     Teknik Penilaian   :Tes Lisan
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                            c.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
Artikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan benar!
  1.  
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
Artikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan benar!
  1.  
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
Artikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan!
Instrumen: Terlampir
4.    Keterampilan
                            a.     Teknik Penilaian               : Performance
                           b.     Bentuk Instrumen            : Praktik
                            c.     Kisi-kisi:


No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan tartil!
  1.  
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan tartil !
Instrumen: Terlampir


Mengetahui,


GURU PAMONG









Aminullah, S.Ag.
NIP : 19751010 2007011015

Pamekasan,19 November 2016

GURU MATA PELAJARAN








Makhtum Jauhari
NIM: 18201301010160







Lampiran 1    : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom Ya atau Tidak sesuai sikap spiritual yang  ada pada dirimu.
   Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : 
   Nama                           : ……………..
   Kelas                           : ……………
   Sikap yang dinilai       :  Sosial

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak menyontek ketika mengerjakan ujian/tugas




2
Mengakui kesalahan yang telah dilakukan




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Menjaga rahasia orang lain




5
Bertanggung jawab atas kepercayaan orang lain




6
Datang sekolah tepat waktu




7
Menjalankan aturan / tata tertib sekolah




8
Melaksnakan tugas kebersihan




Skor Perolehan

Skor Maksimal
32



KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Selalu
Kadang-kadang
Jarang
Tidak pernah
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor Perolehan          
 --------------------- x 100 = ….
Skormaksimal

CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………






Lampiran 2    : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
a.    Teknik Penilaian     : TesTertulis:
b.    Bentuk Instrumen  : uraian
c.    Instrumen:
No
Indikator
Instrumen
1.
Dapat menjelaskan kandungan ayat Al-quran dan Hadis tentang mnuntut ilmu.
Jelaskanlah dengan singkat kandungan surah Ar-Rahman (55) ayat 33?
2.
Dapat menrapkan perilaku mencintai ilmu pngetahuan.
Seperti apa perilaku mncintai ilmu pengetahuan ?
3.
Dapat menerapkan prilaku adab dalam menuntut ilmu.
Seperti apa saja adab dalam menuntut ilmu ?

KUNCI JAWABAN, PEDOMAN PENSKORAN DAN PENILAIAN
No.
KUNCI JAWABAN
SKOR
1
Surah Ar-rahman menyeru jin dan manusia bahwa pada hari pmbalasan nanti merreka tidak dapat lari dari pembalasan Allah swt. Manusia tidak dapat lari dari ketentuan dan hukum Allah swt. Surah Ar-Rahman juga menjelasjkan pentingnuya ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia. Dengan ilmu pngtahuan manusia dapat mnmbus batas dan skat yang selama ini mustahil dapat di tembus oleh manusia.
2
2
Yaitu: ilmu pngtahuan hendaknya di terapkan dalamn keseharian, seorang muslim hendaknya bersemangat dalam mnuntut ilmu . salah satu orang yang briman adalah bersemangat dalam menuntut ilmu , kwajiban menuntut ilmu berlaku bagisetiap muslim.
2
3
Yaitu: 1. Ikhlas, 2.memohon pertolongan Allah Swt. 3. Bersungguh-sungguh dalam mnuntut ilmu 4. Brhias dengan akhlak mulia. 5. Brsikapbijak sana 6. Mnghormati ulama 7. Mngamalkan ilmu.
2
Skor Maksimal
6

                        Skore Perolehan                                                            Skore Perolehan
            Nilai = ----------------------- x 100                                 Nilai = ---------------------- x 100
                          Skore maksimal                                       6
Skor
Nilai
Skor
Nilai
Skor
Nilai
1
16,67
3
50,00
5
83,33
2
33,33
4
66,67
6
10,00

Lampiran 3    : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
a.    Teknik Penilaian                        : Non tes
b.    Bentuk Instrumen                      : Unjuk Kerja
No.
Indikator
Instrumen
1.
Memperagakan prilakurasuldalammemperjuangan agama Islam sejakmasakecildanremaja
Menerapkan kandungan ayat Al-quran dan hadis tentang perintah mnuntut ilmu.
Indikator   :1   =  seting
2   =  alur cerita
 3   =  penokohan

Rubrik Penilaian
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
1
Seting



2
Alur cerita



3
Penokohan



Skor Perolehan

Skor Maksimal
9
KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sesuai
Kurang sesuai
Tidak sesuai
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor Perolehan          
 --------------------- x 100 = ….
Skormaksimal

CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………





 Lampiran  4 :  materi pembahasan
Ø  Pertemuan pertama
a.      Ayat Alquran dan Hadis tentang perintah menuntut ilmu
Ilmu pengetahuan merupakan bakal penting untuk mnggapai ksukssan hidup seseorang yang mmiliki ilmu akan semakin bijak karena ia mngetahui yang bnar dan salah maupun baik dan buruk.
1.                        Surah Ar-Rahman (55) ayat 33
Saat pertama kali manusia mndarat di bulan ada berbagai tanggapan sbagai orang percaya dan sebagian lainnya mnganggap hanya orang kosong. Ternyata ilmuwan saat ini telah berhasil mndarat di bulan atas izin Allah Swt. Berkaitan dngan ilmu pengetahuan cermatilah firman Allah Swt. Berikut.
 



Artinya : wahai golongan jin dan manusia jika kamu sangat menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah kamu tidak akan mampu menmbusnya kecuali dengan ketentuan (dari Allah). (Q.S.ar-Rahman (55) ayat 33 )
2.                  Surah Al-mujadilah (58) ayat 11
Mnuntut ilmu setiap muslim hukumnya wajib tanpa pengecualian Allah Swt. Berjanji akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang yang berilmu. Janji Allah Swt, tersebut di jelaskan pada surah al-mujadilah (58) ayat 11 untuk mngetahui lebih lanjut perhatikan lafal surah al-Mujadilah (58) ayat 11 berikut bserta artinya:
 


Artinya: niscahya Allah Swt. Akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu bberapa derajat dan Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan.
Ø  Pertmuan ke dua
1.      Kandungan surah Ar-Rahman (55) ayat 33
Surah Ar-Rahman mnyeru jin dan manusia bahwa pada hari pmbalasan nanti mereka tidak dapat lari dari pembalasan allah Swt. Manusia tidak dapat lari dari ketentuan hukuma Allah Swt. Di manapun mereka berada. Mereka kelak di kumpulkan Allah swt. Di padang mahsyar.malaikat berbaris tujuh baris dari segala penjuru mengelilingi manusia. Selain itu manusia dan jin tidak dapat menmbus langit jika tidak memiliki kekuatan. Kekuatan ini hanya dapat terpnuhi atas izin allah Swt.
Surah Ar-Rahman juha menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan bagi khidupan manusia. Dengan ilmu pngtahuan manusia dapat mngetahui benda-bnda langit dan mnjajahi angkasa. Selain itu manusia mampu menmbus batas dan sekat yang selama ini mustahil apat di tembus oleh manusia. Allah Swt. Mengaruniai manusia akal pikiran kedua karunia ini harusterus di asah dan di berdayakan dengan cara belajar serta berkarya. Dengan belajar manusia bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru tentang alam semesta.
2.    Kandungan Surah Al-Mujadilah (58) ayat 11
Sebab turunnya Assabun nuzul surah al-mujadilah (58) ayAt 11 berkaitan dengan sikap melapangkan dalam majelis ibnu abbas mmberi pnjelasan bahwa turunnya ayat ini bertepatan ketika Rasullullah saw. Dan para sahabat sedang berada dalam majelis, kemudian datang sabit agar terganggu ia memilih masuk karena pedagangan sabit agak terganggu. Ia memilih masuk majelis dan duduk di sebelah Rasulullah saw. Di antara para sahabat ada yang dngan suka rela mmberikan ksempatan tetapi ada juga yang menolak.
Menuntut ilmu tidak terbatas hanya pada ilmu agama. Ilmu pengetahuan umum atau ilmu yang bersifat keduniaan yang brmamfaat juga harus di kuasai ilmu ilmu itu memugkinkan  seseorang mmperoleh ksuksesan di dunia dan akhirat. Kita dapat melihat orang-orang yang menguasai dunia adalah orang-orang yang berilmu. Hal ini mrupakan salah satu tanda bahwa  Allah Swt. Telah mengangkat derajat orang-orang berilmu. Brdasarkan uraian di atas ada beberapa kesimpulan yang dapat di petik sebagai berikut:
1.                                     Jika seseorang menghadiri majelis hendaklah saling memberi kelapangan kepada orang lain.
2.                                     Allah Swt. Berjanji akan mninggalkan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.
3.                                     Ilmu pengetahuan haus di mamfaaatkan dengan sebaik- baiknya untuk kemaslahatan umat.
4.                                     Setiap  prbuatan manusia pasti di ketahui Allah swt. Dan akan di balas suai prbuatannya.
Ø  Pertemuan ke tiga
c.    Prilaku mncintai ilmu pengetahuan
1.        Keutamaan menuntut ilmu
Salah satu orang yang beriman adalah bersemangat dalam menuntut ilmu. Kewajiban menuntut ilmu berlaku bagi stiap muslim kamu juga memiliki kwajiban menuntuit ilmu. Menuntut ilmu tidak hanya di sekolah saja. Belajar di majelis taklim atau mengikuti sminar juga di sebut menuntuit ilmu membaca buku di perpustakaan dan berdiskusi disaat blajar. Kelompok juga termasuk menuntut ilmu di tempat kursus pin kamu dapat menuntut ilmu. Di mana pun tempatnya kamu dapat meununtut ilmu.,  bersemangatlah dalam menuntut ilmu karena kamu sedang melaksanakan perintah allah swt.
2.             Adab dalam menuntut ilmu
a.         Ikhlas
Dalam menuntut ilmu sseorang ikhlas dan tujuannya hanya untuk mencari rida allah swt. Mnuntut ilmu termasuk ibadah harus dilakukan dengan ikhlas.
b.         Memohon pertolongan kepada allah swt.
Memohon pertolongan allah swt. Merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh seseorang yang menuntut ilmu. Hanya allah swt, yang dapat menggabulkan permohonan dan memberi pertolongan kepada allah swt. Agar di mudahkan dalam menuntut ilmu.
d.        bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu
menuntut ilmu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh seorang muslim tidak boleh malas dalam menuntut ilmu. Kesungguhan dalam menuntut ilmu dapat mengantarkan pada keberhasilan.
e.         Berhias dengan akhlak mulia
f.          Bersikap bijak sana
g.         Menghormati ulama
h.         Mengamalkan ilmu.
3.        Perilaku mengembangkan ilmu pengetahuan
a.         Gemar membaca buku
b.         Gemar mencari tahu
c.         Tetap berpegang teguh terhadap agama islam