RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : MA MIFTAHUL ULUM SUMBER
JATI
Kelas/Semester : X A/1
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Materi Pokok : Teks Recount sederhana (Membaca dan menulis)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI 1 dan KI 2
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianut dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama,
responsife dan proaktive dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai masalah dalam berintraksi secara efektive dengan lingkungan sosial.
KI
3
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI
4
Mengelola, menalar
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah konkret dan ranah abstract terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri maupun
menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapain
Kompetensi
|
1
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang di wujudkan dalam bentuk semangat
belajar.
|
1.1.1 Mengungukapkan rasa
syukur atas nikmat sempat dapat belajar bahasa inggris.
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan sesama teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi antar guru dan teman
|
2.1.1 Bertanggung
jawab atas perilaku yang berada di dalam kelas dan dapat bertanggung jawab
apabila terdapat kekeliaruan dalam bertindak.
2.1.2 Berdedikasi
tinggi untuk melaksanakan tugas-tugas dari guru dan menjaga komunikasi baik
didalamnya.
|
3
|
3.1 Menganalisis
fungsi sosial, struktur text, dan unsur kebahasaan dari text recount tentang
pengalaman, kejadian dan peristiwa sederhana sesuai dengan konteks
penggunaan.
|
3.1.1 Menuntukan
kemana tujuan teks tersebut.
3.2.1
Mengidentifikasi struktur text
3.2.2.
Mengidentifikasi unsur kebahasaan text
|
4
|
4.1 Menangkap makna
texts recount tentang pengalaman ataupun kejadian dan peristiwa.
|
4.1.1
Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat dalam texts recount
4.1.2
Mengidentifikasi informasi tersirat yang ada dalam text
|
C. Tujuanpembelajaran
Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan
pembelajaran, siswa dapat:
1.
Mengidentifikasi
teks recount dengan tepat dan benar
2.
Mengidentifikasi
struktur teks recount dengan benar
3.
Mengidentifikasi
unsure kebahasaan teks recount dengan banar
4.
Mengidentifikasi
informasi tentang teks recount dengan benar
5.
Mengidentifikasi
makna yang tersirat dalam teks recount dengan tepat
6.
Mengidentifikasi
makna yang terkandung dalam teks recount
D.
Materi
Pembelajaran:
1.
Fungsi Sosial : Menceritakan
kembali.
2.
Struktur Kata :
Generic Structure
|
Text
|
Orientation
(Pengenalan: Who, When, Where, dll)
|
Last holiday my family and I went to Jakarta. We visited my uncle’s
house. It had a big garden and a lot of colorful flowers and tennis court.
|
Events:
(Urutan Peristiwa)
|
On Friday my nephew and I went to National Museum and went up to the
top of monument which had the golden symbol of the spirit of our nation. From
the top we could see the beauty of the metropolitan city. On Saturday we went
to Ancol beach to see DuniaFantasiand Dolphin show.
|
Reorientation
(Penutup cerita, rangkuman rentetan peristiwa)
|
On Sunday we went to
Ragunan Zoo and then we went home. We really enjoyed our holiday.
|
E. Unsur
kebahasaan
1.
Penyebutan kata benda
dan kata ganti orang ketiga (pronoun), he, she, adi
2.
Action verbs dan simple
past tense V2 . Eg : was, ware, spent, visited, etc
3.
Menggunakan
chronological connection than, first, etc
4.
Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi
5.
Ucapan, tekanan kata,
intonasi ketika mempresentasikan secara lisan
F. Skill focus:
·
Readingwriting.
G. MetodePembelajaran
§ Model pembelajaran : Discovery Learning.
§ Penugasan kelompok.
H. Media
Pembelajaran
1.
Media / Alat :
Laptop/LCD/ Power Point
I. Sumber Belajar
1.
Buku
siswa Bahasa Inggris X
2.
Internet
J. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 Jam Pertemuan)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Mengucapkan salam sebelum memulai pelajaran
·
Menyiapkan peserta didik siap untuk mengikuti pelajaran
seperti mengecek daftar hadir.
·
Sebelum masuk ke topik pelajaran dimulai dengan sedikit
dengan pemasan
·
Memberikan penjelasan terhadap tujuan pembelajaran
kepada siswa yang hendak di capai.
2.
Kegiatan inti
·
Memperkenalkan topik pelajaran dengan mengajak siswa
membuka buku sesuai dengan materi yang akan diberikan.
·
Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi atau
menjelaskan tetang pelajaran yang akan diberikan untuk pemanasan bagi siswa.
·
Setelah itu guru akan menjelaskan kepada siswa tentang recount text.
·
Guru membaca contoh-contoh text pesan berisi ucapan selamat
dengan intonasi, tekanan katadengan benar dan lancar.
·
Setelah selesai membaca. Guru dan siswa membahas
bersama isi dialog tersebut dan memastikan siswa benar-benar mengerti tentang
materi tersebut.
·
Setelah selesai guru meminta siswa untuk membuat teks recount sesuai dengan pengalaman
yang telah dialami.
3.
Kegiatan
penutup
·
Siswa diminta untuk mengambil kesimpulan pelajaran
tentang topik pada pertemuan ini.
·
Siswa diminta untuk lebih giat membaca dan menulis terutama
tentang teks tecount.
·
Guru menutup proses pembelajaran dengan do’a.
RUBRIK PENILAIAN PERCAKAPAN
No.
|
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
1.
|
Pronounciation
|
Lafal dapat
dipahami meskipun dengan aksen tertentu
|
Ada masalah
dalam pengucapan sehingga membuat pendengar harus focus kadang-kadang
menimbulkan kesalahpahaman
|
Sulit di mengerti karena ada masalah
dalam pelafalan dan frekuensinya sering
|
Hamper selalu keliru dalam pelafalan
sehingga tidak dapat dimengerti
|
2.
|
Grammar
|
Tidak ada
kekeliruan tata bahasa
|
Terjadi beberapa kekeliruan tata bahasa,
tetapi
tidak berpengaruh terhadaparti
|
Banyak terjadi kekeliruan tata bahasa
yang mempengaruhiarti dan sering
kali harus menyusun
ulang kalimat percakapan
|
Tata bahasa sangat buruk sehingga
percakapan sangat sulit di pahami
|
3.
|
Vocabulary
|
Penggunaan kosa kata tepat
|
Terdapat penggunaan beberapa kosa kata yang kurang tepat
|
Menggunakankosa kata yang salah sehingga tidakdapatdipahami
|
Kosa kata sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan
terjadinya dialog
|
4.
|
Fluency
|
Dialog sangat lancer
|
Dialog kurang lancar
|
Sering ragu dan
berhenti karena keterbatasan
|
Sering berhenti dan diam
selama dialog sehinggan dialog tidak
tercipta
|
5.
|
Comprehension
|
Seluruh isi percakapan
dapat di pahami dengan mudah
|
Sebagian besar isi
percakapan dapat dimengerti meski ada beberapa pengulangan
|
Sulit untuk dipahami kecuali hanya bagian
umum saja
|
Tidak dapat
dipahami bahkan dalam bentuk dialog yang sangat
singkat sekalipun
|
ContohPenilaianPercakapan:
No.
|
NamaSiswa
|
Perolehan Scor
|
|
||||
Aspek 1
|
Aspek 2
|
Aspek 3
|
Aspek 4
|
Aspek 5
|
|
||
1.
|
Fatimatus
Zahroh
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
16
|
2.
|
………….
|
|
|
|
|
|
|
Rumus
perhitungan nilai siswa sebagai
berikut:
Jumlah skor yang diperoleh
siswanya 100
Skor maksimal/ideal
Perhitungan
nilai akhir siswa
adalah:
Isnaini = 16 x100 =80
20
A. Penilaian Hasil
kerja
a.
Teknik
Penilaian :
1.
Penilaian
sikap
: Observasi / Pengamatan
2.
Penilaian
Pengetahuan :
Tes
Tertulis
3.
Penilaian
Keterampilan :
Unjuk
Kerja/ Praktik
b.
Bentuk
penilaian :
1.
Observasi :
Jurnal Guru
2.
Tes
Tertulis : Membuat
teks recount
3.
Unjuk
Kerja :
Praktik
c.
Program tindak
lanjut
1.
Remedial
·
Peserta didik yang
belum mencapai KKM (76) diberi tugas untuk mencari beberapa teks recount dalam
bahasa inggris dan mengidentifikasi maksud dari teks tersebut
·
Guru mengevaluasi
kemajuan kmpetensi peseerta didik terkait pemahaman tentang teks recount
·
Guru
melaksanakan penilaian
remedian
2.
Pengayaan
·
Bagi peserta didik yang
mempunyai nilai diatas 76 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk sharing
dengan teman sekelasnya.
Pamekasan, 13 september 2017
Mengetahui
Guru pamong
Penyusun
....................................... FARISI
NIP. 18201401030072