Wednesday 18 October 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Satuan Pendidikan                : MA MIFTAHUL ULUM SUMBER JATI
Kelas/Semester                     : X A/1
Mata pelajaran                     : Bahasa Inggris
Materi Pokok                        : Teks Recount sederhana  (Membaca dan menulis)
Alokasi Waktu                     : 2 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan KI 2
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsife dan proaktive dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai masalah dalam berintraksi secara efektive dengan lingkungan sosial.
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
                                 Mengelola, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah konkret dan ranah abstract terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri maupun menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapain Kompetensi
1
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang di wujudkan dalam bentuk semangat belajar.
1.1.1 Mengungukapkan rasa syukur atas nikmat sempat dapat belajar bahasa inggris.

2
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan sesama teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi antar guru dan teman
2.1.1 Bertanggung jawab atas perilaku yang berada di dalam kelas dan dapat bertanggung jawab apabila terdapat kekeliaruan dalam bertindak.

2.1.2 Berdedikasi tinggi untuk melaksanakan tugas-tugas dari guru dan menjaga komunikasi baik didalamnya.
3
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur text, dan unsur kebahasaan dari text recount tentang pengalaman, kejadian dan peristiwa sederhana sesuai dengan konteks penggunaan.
3.1.1 Menuntukan kemana tujuan teks tersebut.
3.2.1 Mengidentifikasi struktur text
3.2.2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan text
4
4.1 Menangkap makna texts recount tentang pengalaman ataupun kejadian dan peristiwa.
4.1.1 Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat dalam texts recount
4.1.2 Mengidentifikasi informasi tersirat yang ada dalam text


C.    Tujuanpembelajaran
Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      Mengidentifikasi teks recount dengan tepat dan benar
2.      Mengidentifikasi struktur teks recount dengan benar
3.      Mengidentifikasi unsure kebahasaan teks recount dengan banar
4.      Mengidentifikasi informasi tentang teks recount dengan benar
5.      Mengidentifikasi makna yang tersirat dalam teks recount dengan tepat
6.      Mengidentifikasi makna yang terkandung dalam teks recount


D.    Materi Pembelajaran:
1.      Fungsi Sosial         : Menceritakan kembali.
2.      Struktur Kata        :
Generic Structure
Text
Orientation
(Pengenalan: Who, When, Where, dll)
Last holiday my family and I went to Jakarta. We visited my uncle’s house. It had a big garden and a lot of colorful flowers and tennis court.
Events:
(Urutan Peristiwa)
On Friday my nephew and I went to National Museum and went up to the top of monument which had the golden symbol of the spirit of our nation. From the top we could see the beauty of the metropolitan city. On Saturday we went to Ancol beach to see DuniaFantasiand Dolphin show.
Reorientation
(Penutup cerita, rangkuman rentetan peristiwa)
        On Sunday we went to Ragunan Zoo and then we went home. We really enjoyed our holiday.

E.     Unsur kebahasaan
1.      Penyebutan kata benda dan kata ganti orang ketiga (pronoun), he, she, adi
2.      Action verbs dan simple past tense V2 . Eg : was, ware, spent, visited, etc
3.      Menggunakan chronological connection than, first, etc
4.      Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
5.      Ucapan, tekanan kata, intonasi ketika mempresentasikan secara lisan
F.     Skill focus:
·         Readingwriting.
G.    MetodePembelajaran
§  Model pembelajaran : Discovery Learning.
§  Penugasan kelompok.
H.    Media Pembelajaran
1.      Media / Alat : Laptop/LCD/ Power Point
I.       Sumber Belajar
1.      Buku siswa Bahasa Inggris X
2.      Internet
J.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 Jam Pertemuan)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam sebelum memulai pelajaran
·         Menyiapkan peserta didik siap untuk mengikuti pelajaran seperti mengecek daftar hadir.
·         Sebelum masuk ke topik pelajaran dimulai dengan sedikit dengan pemasan
·         Memberikan penjelasan terhadap tujuan pembelajaran kepada siswa yang hendak di capai.
2.      Kegiatan inti
·         Memperkenalkan topik pelajaran dengan mengajak siswa membuka buku sesuai dengan materi yang akan diberikan.
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi atau menjelaskan tetang pelajaran yang akan diberikan untuk pemanasan bagi siswa.
·         Setelah itu guru akan menjelaskan kepada siswa tentang recount text.
·         Guru membaca contoh-contoh text pesan berisi ucapan selamat dengan intonasi, tekanan katadengan benar dan lancar.
·         Setelah selesai membaca. Guru dan siswa membahas bersama isi dialog tersebut dan memastikan siswa benar-benar mengerti tentang materi tersebut.
·         Setelah selesai guru meminta siswa untuk membuat teks recount sesuai dengan pengalaman yang telah dialami.
3.      Kegiatan penutup
·         Siswa diminta untuk mengambil kesimpulan pelajaran tentang topik pada pertemuan ini.
·         Siswa diminta untuk lebih giat membaca dan menulis terutama tentang teks tecount.
·         Guru menutup proses pembelajaran dengan do’a.

RUBRIK PENILAIAN PERCAKAPAN
No.
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
1.
Pronounciation
Lafal dapat dipahami meskipun dengan aksen tertentu
Ada masalah dalam pengucapan sehingga membuat pendengar harus focus kadang-kadang menimbulkan kesalahpahaman
Sulit di mengerti karena ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering
Hamper selalu keliru dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
2.
Grammar
Tidak ada kekeliruan tata bahasa
Terjadi beberapa kekeliruan tata bahasa, tetapi tidak berpengaruh terhadaparti
Banyak terjadi kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhiarti dan sering kali harus menyusun ulang kalimat percakapan
Tata bahasa sangat buruk sehingga percakapan sangat sulit di pahami
3.
Vocabulary
Penggunaan kosa kata tepat
Terdapat penggunaan beberapa kosa kata yang kurang tepat
Menggunakankosa kata yang salah sehingga tidakdapatdipahami
Kosa kata sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
4.
Fluency
Dialog sangat lancer
Dialog kurang lancar
Sering ragu dan berhenti karena keterbatasan
Sering berhenti dan diam selama dialog sehinggan dialog tidak tercipta
5.
Comprehension
Seluruh isi percakapan dapat di pahami dengan mudah
Sebagian besar isi percakapan dapat dimengerti meski ada beberapa pengulangan
Sulit untuk dipahami kecuali hanya bagian umum saja
Tidak dapat dipahami bahkan dalam bentuk dialog yang sangat singkat sekalipun

ContohPenilaianPercakapan:
No.
NamaSiswa
Perolehan Scor

Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3
Aspek 4
Aspek 5

1.
Fatimatus Zahroh
4
3
3
2
4
16
2.
………….







Rumus perhitungan nilai siswa sebagai berikut:
            Jumlah skor yang diperoleh siswanya 100
            Skor maksimal/ideal
Perhitungan nilai akhir siswa adalah:
            Isnaini = 16 x100 =80
                           20
A.    Penilaian Hasil kerja
a.       Teknik Penilaian :
1.      Penilaian sikap                : Observasi / Pengamatan
2.      Penilaian Pengetahuan    : Tes Tertulis
3.      Penilaian Keterampilan  : Unjuk Kerja/ Praktik
b.      Bentuk penilaian :
1.      Observasi        : Jurnal Guru
2.      Tes Tertulis      : Membuat teks recount
3.      Unjuk Kerja    : Praktik
c.       Program tindak lanjut
1.      Remedial
·         Peserta didik yang belum mencapai KKM (76) diberi tugas untuk mencari beberapa teks recount dalam bahasa inggris dan mengidentifikasi maksud dari teks tersebut
·         Guru mengevaluasi kemajuan kmpetensi peseerta didik terkait pemahaman tentang teks recount
·         Guru melaksanakan penilaian remedian
2.      Pengayaan
·         Bagi peserta didik yang mempunyai nilai diatas 76 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk sharing dengan teman sekelasnya.

                                                                                                            Pamekasan, 13 september 2017
                    Mengetahui
Guru pamong                                                                                       Penyusun


.......................................                                                                     FARISI
NIP.                                                                                                                18201401030072