RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Kompetensi Inti:
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, proaktif, serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.1 mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa arab
yang berkaitan dengan الهوايات baik
secara lisan maupun tertulis.
3.2
Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang : الهوايات dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
3.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
mengungkapkan informasi terkait topik الهوايات dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai dengan konteks
Indikator:
3.1.1 menyebutkan mufradat yang diperdengarkan dengan benar
3.1.2 Menirukan mufradat yang diperdengarkan
3.2.1 mencocokkan gambar tentang الهوايات dengan mufrodatnya lalu disteples.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah melakukan proses belajar peserta didik
dapat:
1. Siswa dapat menyebutkan mufradat yang
diperdengarkan dengan benar.
2. Siswa dapat menirukan mufradat yang
diperdengarkan dengan benar.
3. Siswa dapat membedakan gambar dan
mufrodat tentang الهوايات
Materi Pembelajaran:
+
ما هوايتك يا عبدالله ؟
-هوايتي الرسم,
عندي جناح خاص للرسم وهذه رسومات
+هذا رسم جميل, انت
رسام جيد يا عبد الله !
-انظر يا استاذي ! هذا رسم البيت,
وهذا رسم حديقة الحيوانات وهذه الخطوط العربية مثل النسخ والرقعة والثلث والقوفي
وغيرها, وهذالخط حصل على كأس البطولة على المستوى القومى فى هذا العام
+عظيم..... هذا الخط جميل جدا, انت تستعمل الوانا جميلة, يا عبد الله
-نعم يا استاذي. هذا رسم المدرسة وانظر ! هم طلاب امام المدرسة, الطلاب
يلعبون كرة القدم.
+وهذا رسم الملعب للبنات, هن يلعبن كرة السلة والكرة الطائرة
-انا استعمل كل الألوان فى رسوماتى
+انت ترسم جيدا يا عبد الله, وارجو ان تكون رساما معروفا
-سأشترك فى معرض الرسم على المستوى القومى بجاكرتا فى الأسبوع القادم.
Metode:
·
Mengulang mufradat yang didengar
·
Menyocokkan gambar tentang الهوايات
kemudian dicocokkan dengan
mufrodatnya.
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·
Guru
·
Buku Pelajaran Bahasa Arab Kelas X
·
Audio visual
·
Steples
·
kertas
·
Notebook
·
Spidol
·
Sound sistem
Langkah Pembelajaran:
Pertemuan Ke-…
|
|||
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
Apersepsi dan
Motivasi
-
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan membaca
basmalah.
-
Guru memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
-
Guru meminta siswa untuk mendengarkan apa yang
akan dibaca dan melengkapi kalimat yang kosong.
|
|
3 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
-
Siswa mendengarkan materi yag sudah disiapkan dengan
konsentrasi.
-
Siswa mendengarkan materi yang kemudian diulang kembali.
-
Jawaban yang salah akan dilempar kepada siswa yang
lain.
-
Siswa yang jawabannya benar akan mendapatkan hadiah.
-
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
-
Guru menyiapkan gambar untuk dicocokkan dengan mufradat-mufradat tentang الهوايات
-
Siswa diberi gambar dan kumpulan mufradat-mufradat.
-
Guru menjelaskan langkah-langkah permainan kepada
siswa.
-
Siswa mencocokkan gambar yang sesuai dengan mufrodat الهوايات
kemudian disteples
sebanyak mungkin dengan hitungan 1-10.
-
Guru mencari kelompok
yang mana yang mendapatkan pencocokan
terbanyak.
-
Guru memberikan hadiah
kepada kelompok yang mendapatkan
mufrodat yang cocok terbanyak
|
|
15 menit
|
3
|
Penutup
·
Guru memberikan kesimpulan tentang materia ajar yang
telah di ajarkan pada hari itu.
·
Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah, do’a dan
memberi salam
|
|
2 menit
|
Assessment / Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
menyebutkan mufradat yang diperdengarkan
dengan benar
·
Menirukan mufradat yang diperdengarkan
·
Mencocokkan
gambar dengan mufradat tentang الهوايات lalu disteples
|
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes
tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
·
Sebutkan
mufradat yang di dengar tentang الهوايات !
·
Ulangi potongan isi wacana lisan tentang الهوايات sesuai
apa yang sudah didengar !
·
Carilah gambar yang
berkaitan dengan الهوايات kemudian cocokkan
dengan mufrodat nya
|
PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Total
|
||
|
|
menyebutkan mufradat yang diperdengarkan
dengan benar
|
Menirukan mufradat yang
diperdengarkan
|
Mencocokkan gambar tentang الهوايات dengan mufrodatnya lalu
disteples
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing-masing kolom
diisi dengan criteria
4= sangat baik
3= baik
2= cukup
1= kurang
Kriteria nilai
A = 80-100 : Sangat Baik
B = 70-79 : Baik
C = 60-69 : Cukup
D = 60 : Kurang