DATA PROFIL DESA
LARANGAN TOKOL
TLANAKAN KAB.PAMEKASAN
Mata Kuliah : Pembangunan Keluarga & Kependudukan
Dosen Pengampu : Fiena
Saadatul Ummah, M.PD
Disusun Oleh :
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MADURA
2018
DATA SENSUS PENDUDUK
Kelurahan / Desa Larangan
Tokol
Tlanakan Kab.Pamekasan
A. Profil Desa
Kelurahan / Desa :
Larangan Tokol
Kecamatan :
Tlanakan
Kabupaten / Kota :
Kab Pamekasan
Provinsi :
Jawa Timur
Kode Pos :
69371
Luas Desa (Ha) :
4,367
Tinggi DPL (M) : 5M
Kode Desa (Ditjen PUM) :
011
B. Jumlah Penduduk Keseluruhan
Jumlah Laki-laki :
3.160 jiwa
Jumlah Perempuan :
4,465 jiwa
Jumlah Total :
7,525 jiwa
Jumlah Kepala Keluarga :
2,355 kk
Kepadatan Penduduk : 223 per km²
C. Karateristik Pendidikan
Tingkat Pendidikan :
Usia 3-6 yang belum masuk TK
Laki-laki :
38
Perempuan :
68
Jumlah :
106
Tingkat Pendidikan :
Usia 3-6 yang sedang TK / Play group
Laki-laki :
158
Perempuan :
294
Jumlah :
452
Tingkatan Pendidikan :
Usia 7-18 yang tidak pernah sekolah
Laki-laki :
0
Perempuan :
0
Jumlah :
0
Tingkat Pendidikan :
Usia 7-18 yang sedang sekolah
Laki-laki :
986
Perempuan :
1090
Jumlah :
2076
Tingkat Pendidikan :
Usia 18-56 yang tidak pernah sekolah
Laki-laki :
0
Perempuan :
0
Jumlah :
0
Tingkat Pendidikan :
Usia 18-56 yang tidak pernah SD tetapi tidak tamat
Laki-laki :
20
Perempuan :
56
Jumlah :
76
Tingkatan Pendidikan :
Usia 12-56 yang tidak tamat SLTP
Laki-laki :
1659
Perempuan :
464
Jumlah :
2123
Tingkatan Pendidikan :
Usia 18-56 tidak tamat SLTA
Laki-laki :
1770
Perempuan :
1806
Jumlah :
3576
Tamat SD/ sederajat
Laki-laki :
689
Perempuan :
708
Jumlah :
1397
Tamat SMP/ sederajat
Laki-laki :
207
Perempuan :
346
Jumlah :
553
Tamat SMA/ sederajat
Laki-laki :
210
Perempuan :
380
Jumlah :
590
Tamat D-1/ sederajat
Laki-laki :
18
Perempuan :
27
Jumlah :
45
Tamat D-2/ sederajat
Laki-laki :
16
Perempuan :
16
Jumlah :
32
Tamat D-3/ sederajat
Laki-laki :
8
Perempuan :
10
Jumlah :
18
Tamat S-1/ sederajat
Laki-laki :
31
Perempuan :
29
Jumlah :
60
Tamat S-2/ sederajat
Laki-laki :
28
Perempuan :
12
Jumlah :
40
Tamat S-3/ sederajat
Laki-laki :
22
Perempuan :
12
Jumlah :
34
Tamat SLB A
Laki-laki :
0
Perempuan :
0
Jumlah :
0
Tamat SLB B
Laki-laki :
0
Perempuan :
0
Jumlah :
0
Tamat SLB C
Laki-laki :
0
Perempuan :
0
Jumlah :
0
Sudah tidak menjadi asing lagi, bahwa pendidikan
kependudukan telah menjadi isu dunia ditandai dengan adanya Deklarasi
Kependudukan PBB tahun 1967, bahwa pemecahan masalah kependudukan harus
dilakukan secara terencana, sistematis, dan komprehensif dalam jangka panjang
dengan mengikutsertakan bidang dan sector pembangunan terkait termasuk
pendidikan. Program pendidikan kependudukan tidak dapat berhasil tanpa bantuan
dan kerja sama dari seliruh pemangku kepentingan dan masyarakat, meningkatkan
kualitas materi pendidikan kependudukan dengan prinsip berdasarkan bukti sesuai
dengan kebutuhan segmentasi sasaran dan mudah digunakan termasuk kebutuhan
muatan lokal, selalu meningkatkan pemanfaatan berbagai media, baik tradisional,
cetakan maupun elektronik, termasuk teknologi informasi.
D. Pertumbuhan dan Perkembangan Penduduk (Angka
kelahiran,Angka kematian,angka pendidikan penduduk)
Laki-laki
|
Jumlah
|
Perempuan
|
Jumlah
|
0 Tahun
|
32
|
0 Tahun
|
74
|
1 Tahun
|
20
|
1 Tahun
|
46
|
2 Tahun
|
60
|
2 Tahun
|
72
|
3 Tahun
|
70
|
3 Tahun
|
92
|
4 Tahun
|
25
|
4 Tahun
|
47
|
5 Tahun
|
40
|
5 Tahun
|
95
|
6 Tahun
|
40
|
6 Tahun
|
43
|
7 Tahun
|
70
|
7 Tahun
|
129
|
8 Tahun
|
85
|
8 Tahun
|
145
|
9 Tahun
|
33
|
9 Tahun
|
118
|
10 Tahun
|
72
|
10 Tahun
|
125
|
11 Tahun
|
59
|
11 Tahun
|
89
|
12 Tahun
|
49
|
12 Tahun
|
87
|
13 Tahun
|
47
|
13 Tahun
|
125
|
14 Tahun
|
68
|
14 Tahun
|
145
|
15 Tahun
|
70
|
15 Tahun
|
110
|
16 Tahun
|
55
|
16 Tahun
|
85
|
17 Tahun
|
40
|
17 Tahun
|
103
|
18 Tahun
|
39
|
18 Tahun
|
107
|
19 Tahun
|
61
|
19 Tahun
|
100
|
20 Tahun
|
69
|
20 Tahun
|
98
|
21 Tahun
|
62
|
21 Tahun
|
85
|
22 Tahun
|
59
|
22 Tahun
|
99
|
23 Tahun
|
76
|
23 Tahun
|
77
|
24 Tahun
|
62
|
24 Tahun
|
85
|
25 Tahun
|
70
|
25 Tahun
|
90
|
26 Tahun
|
63
|
26 Tahun
|
82
|
27 Tahun
|
70
|
27 Tahun
|
75
|
28 Tahun
|
66
|
28 Tahun
|
74
|
29 Tahun
|
72
|
29 Tahun
|
72
|
30 Tahun
|
75
|
30 Tahun
|
85
|
31 Tahun
|
76
|
31 Tahun
|
86
|
32 Tahun
|
60
|
32 Tahun
|
78
|
33 Tahun
|
64
|
33 Tahun
|
79
|
34 Tahun
|
51
|
34 Tahun
|
95
|
35 Tahun
|
46
|
35 Tahun
|
89
|
36 Tahun
|
55
|
36 Tahun
|
86
|
37 Tahun
|
54
|
37 Tahun
|
80
|
38 Tahun
|
54
|
38 Tahun
|
76
|
39 Tahun
|
58
|
39 Tahun
|
68
|
40 Tahun
|
60
|
40 Tahun
|
75
|
41 Tahun
|
50
|
41 Tahun
|
46
|
42 Tahun
|
40
|
42 Tahun
|
47
|
43 Tahun
|
42
|
43 Tahun
|
48
|
44 Tahun
|
25
|
44 Tahun
|
47
|
45 Tahun
|
33
|
45 Tahun
|
34
|
46 Tahun
|
34
|
46 Tahun
|
36
|
47 Tahun
|
30
|
47 Tahun
|
31
|
48 Tahun
|
27
|
48 Tahun
|
25
|
49 Tahun
|
25
|
49 Tahun
|
28
|
50 Tahun
|
24
|
50 Tahun
|
26
|
51 Tahun
|
21
|
51 Tahun
|
27
|
52 Tahun
|
26
|
52 Tahun
|
24
|
53 Tahun
|
16
|
53 Tahun
|
31
|
54 Tahun
|
19
|
54 Tahun
|
22
|
55 Tahun
|
10
|
55 Tahun
|
29
|
56 Tahun
|
13
|
56 Tahun
|
24
|
57 Tahun
|
14
|
57 Tahun
|
16
|
58 Tahun
|
9
|
58 Tahun
|
17
|
59 Tahun
|
14
|
59 Tahun
|
26
|
60 Tahun
|
15
|
60 Tahun
|
24
|
61 Tahun
|
10
|
61 Tahun
|
25
|
62 Tahun
|
20
|
62 Tahun
|
16
|
63 Tahun
|
20
|
63 Tahun
|
14
|
64 Tahun
|
12
|
64 Tahun
|
19
|
65 Tahun
|
12
|
65 Tahun
|
13
|
66 Tahun
|
12
|
66 Tahun
|
20
|
67 Tahun
|
12
|
67 Tahun
|
18
|
68 Tahun
|
10
|
68 Tahun
|
11
|
69 Tahun
|
9
|
69 Tahun
|
10
|
70 Tahun
|
5
|
70 Tahun
|
10
|
71 Tahun
|
7
|
71 Tahun
|
10
|
72 Tahun
|
5
|
72 Tahun
|
7
|
73 Tahun
|
4
|
73 Tahun
|
5
|
74 Tahun
|
3
|
74 Tahun
|
3
|
75 Tahun
|
3
|
75 Tahun
|
5
|
E. Karateristik Ekonomi
Jenis Pekerjaa
Jenis Pekerjaan :
PETANI
Laki-laki :
1126
Perempuan :
690
Jumlah :
1816
Jenis Pekerjaan :
PEKERJA DI SEKTOR JASA / PERDAGANGAN
Laki-laki :
189
Perempuan :
67
Jumlah :
256
Jenis Pekerjaan :
PEKERKA DI SEKTOR INDUSTRI
Laki-laki :
20
Perempuan :
26
Jumlah :
46
Sector pertanian merupakan sector yang sangat penting
dalam memajukan pembangunan nasional. Potensi SDA yang beragam di Indonesia,
peran petani dalam upaya penyediaan pangan, menjadi faktor utama pertumbuhan
pedesaan.