MAKALAH SISTEM
KOMPUTER
Imam
Hanafi
PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PAMEKASAN
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas
rahmat dan petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah
dengan judul “SISTEM KOMPUTER”, yang mana makalah ini disususn bertujuan untuk
memenuhi tugas Arsitektur dan Organisasi Komputer dalam menempuh pendidikan di
Sekolah Teknologi Ilmu Management Informatika dan Komputer Asia Malang.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan
keterbtasan dalam penyajian data dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi
kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah
pengetahuan pembaca.
Demikian makalah ini penulis susun, apabila ada
kata- kata yang kurang berkenan dan banyak terdapat kekurangan, penulis mohon
maaf yang sebesar-besarnya.
Malang, 9
November 2009
Penulis
DAFTAR
ISI
Sampul.............................................................................................................................. i
Kata
Pengantar............................................................................................................. ii
Daftar
Isi....................................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN........................................................................................ 1
BAB II
PEMBAHASAN.......................................................................................... 2
1. Sistem Komputer..................................................................................... 2
a. Pengertian Sistem............................................................................... 2
b. Pengertian Komputer....................................................................... 2
c. Pengertian Sistem Komputer........................................................ 2
d. Komponen-komponen Komputer............................................. 3
1. Hardware.......................................................................................... 3
2. Software........................................................................................... 9
3. Brainware...................................................................................... 11
2. Operasi Sistem Komputer................................................................ 11
BAB III PENUTUP................................................................................................. 14
Daftar
Pustaka
BAB I PENDAHULUAN
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa
dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,
multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang
dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau
harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi
agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu kami
mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan dapat berguna bagi
orang lain khususnya bagi kami.
Banyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi
kami coba menulis makalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan secara
umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu membutuhkan
waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak.
Makalah ini kami susun sangat simpel agar para
pembaca mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya,
Kami selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan
yang kurang tepat dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar.
Selamat membaca.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Sistem Komputer a. Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin
(systema) dan
bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan
bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga
merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam
suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
b.
Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini
kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
c.
Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan
komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware),
perangkat unak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras
hardware).
Dengan demikian komponen tersebut
merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware
tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika
tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika
tidak ada softwarenya.
Arsitektur Von Neumann
menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis
(ALU), unit kontrol,
1
memori,
dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini
dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
d. Komponen-komponen
Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1.
Hardware ( Perangkat Keras
)
•
Processing Device
•
Input Device
•
Output Device
•
Storage Device
2.
Software ( Perangkat Lunak )
•
Operating System
•
Application Program
•
Language Program
3. Brainware
( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat
dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan,
perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup
canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut
juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh
mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada
mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja
berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
•
Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit )
berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan
laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga
akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan
berkaitan.
Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit). CPU memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan dalam memori
utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan
mengeksekusinya satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah
operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi ( execute
). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga
melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.
Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator
logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥) ALU juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,
penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR, NOT ), dan pelaksanaan
perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data
dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan
instruksi-
instruksi dari program komputer. Membawa data dari alat input ke memori
utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU
jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan
pada saatnya akan disajikan ke alat output.
Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat
penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan
Register yang memiliki fungsi Alat
penyimpanan kecil dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan
instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang
menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.
Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai
dengan fungsinya yaitu :
1. Instruction
Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan
instruksi yang sedang diproses.
2. Program
Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat
lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama
pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang
berisi instruksi berikutnya.
3. General Purpose Register
Punya kegunaan umum yang berhubungan
dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg digunakan untuk menampung data
disebut operand register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
4. Memory Data Register ( MDR
)
Digunakan untuk menampung data
atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yg
akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory Address Register
Digunakan untuk menampung alamat
data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yg akan diletakkan.
Selain register, beberapa CPU
menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien.
Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/ instruksi diterima dari
memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama,
baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih
lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang. Dengan
adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache
memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory.
•
Input and Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari
yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat
masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut
oleh sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi
yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
1. Input Device
Input Device adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah
ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
•
Keyboard
•
Pointing Device
Mouse
Touch screen
Digitizer Grapich Tablet
•
Scanner
•
Microphone
2.
Output Device
Output Device adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan
data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor),
ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah :
•
Monitor
•
Printer
•
Speaker
•
Storage Device
Register CPU berukuran kecil
sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi
dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi
menjadi dua yaitu :
1.
Internal Storage
Adalah
media penyimpanan yang
terdapat didalam
komputer yaitu :
•
RAM ( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program yang kita
olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis,
diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian
utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk menampung input
yang dimasukkan melalui alat input.
2. Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan untuk menyimpan data
yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil
akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
•
ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan
berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh
pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti
program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program
bootstrap diperlukan pada
saat
pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting),
yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
Dimungkinkan untuk
merubah isi ROM,
dengan cara
memprogram kembali, yaitu :
1.
PROM (Programmable Read
Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali.
2.
EPROM (Erasable
Programmable Read Only Memory), dapat
dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
3.
EEPROM (Electrically
Erasable Programmable Read Only Memory), dapat
dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
2.
External Storage
Perangkat keras untuk melakukan
operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama,
yaitu :
•
Floppy Disk
•
Hard Disk
•
CD Room
•
DVD
2.
Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan
dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu
sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan
dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer
untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
•
Operating System
Sistem operasi atau operating system ialah Program dasar pada
komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem
komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :
Linux
Windows Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk
(tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input,
Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan software.
Sistem operasi, menentukan
program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program
lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin
tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
•
Application Program
Yaitu program komputer yang siap
digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk
aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk
meningkatkan produktifitas organisasi ayau perusahaan dan aplikasi untuk
produktifitas perorangan. Contoh :
Microsoft Word Microsoft Excel
CorelDraw X4 Dll
•
Language Program
Language Program atau bahasa
pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak
akan merespon selain menggunakan bahasa
Pemrograman, seperti :Bahasa
komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
Visual basic Turbo pascal Delphi
3.
Brainware
Brainware adalah orang yang
mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan
maka tidak akan dapat digunakan.
2.
Operasi Sistem Komputer
Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan
sejumlah device controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan
akses ke memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas
sebuah hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara
konkuren untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya
lebih kompleks. Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap
bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini
RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi
yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain
yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang
terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk
komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara tak
langsung juga mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus
controller atau dikenal sebagai bus master . Bus master akan mengendalikan
aliran data hingga pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device
.
Pada prakteknya bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer
akan menjalankan bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan
dalam ROM yang berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) .
Chip CMOS modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically Erasable Programmable
Read Only Memory), yaitu memori non-volatile (tak terhapus jika power
dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa elektronik. Lalu
bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input Output System) .
Bootstrap program utama, yang biasanya terletak di
Motherboard akan memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan inisialisasi
terhadap program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware .
Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan
meload kernel sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi
sistem operasi.Dari sini program sistem operasi akan menunggu kejadian
tertentu. Kejadian ini akan menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi
berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai
dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi
ini disebut Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan
melalui suatu signal
tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan
system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call . System/Monitor call
ini akan menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang dihasilkan oleh software
karena adanya masalah atau permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini
juga sering disebut sebagai exception .
Setiap interrupt terjadi, sekumpulan kode yang
dikenal sebagai ISR (Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang
akan diambil. Untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat dilakukan
dengan dua cara yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu
perangkat yang ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara
menggunakan alamat-alamat ISR yang disimpan dalam array yang dikenal sebagai
interrupt vector di mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap kali
interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk menyimpan
alamat instruksi yang di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini disimpan
di tempat tertentu yang tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu
disimpan di stack bersama-sama dengan informasi state saat itu.
BAB III
PENUTUP
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan
menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya
(brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan
perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi
3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
1.
Hardware ( Perangkat Keras )
•
Processing Device
•
Input Device
•
Output Device
•
Storage Device
2.
Software ( Perangkat Lunak )
•
Operating System
•
Application Program
•
Language Program
3.
Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
Adanya
beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi.
Karena itu dalam operasi sistem komputer untuk mencegahnya sebuah memory controller
ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori. Untuk
meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data
antara beberapa device yang berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program
utama akan memeriksa hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya
ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga
Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah
ini bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada umumnya. Apabila
makalah ini terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan/pembahasan
kami mengucapkan mohon maaf.
DAFTAR
PUSTAKA
•
http://www.perpus-online.co.cc/makalah-sistem-komputer/
•
http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistem-komputer.ppt.
•
http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyE
zpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=63757987.