Thursday 13 September 2018

Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Literasi Sains Sub Pokok Bahasan Hubungan Momentum Dan Impuls Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Part 1





Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Literasi Sains Sub Pokok Bahasan Hubungan Momentum Dan Impuls
Terhadap Sikap Ilmiah Siswa

Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan




Oleh:
Ika Ariska
2014.05.02.0.0032

HALAMAN JUDUL


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
                        UNIVERSITAS ISLAM MADURA                      
PAMEKASAN
2018

HALAMAN PERNYATAAN

KEASLIAN KARYA TULIS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : IKA ARISKA
NPM                           : 2014.05.02.0.0032
Program Studi             : Pendidikan Fisika
Fakultas/Program        : KIP / S1 Pendidikan Fisika

Menyatakan dengan sebenarna bahwa skripsi yang berjudul “Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Literasi Sains Sub Pokok Bahasan Hubungan Momentum Dan Impuls Terhadap Sikap Ilmiah Siswa” Adalah benar-benar hasil karya sendiri.
Apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar,maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.

                                                                        Pamekasan, 10 September 2018
                                                                        Yang membuat pernyataan ,



                                                                                    ( IKA ARISKA )


HALAMAN PENGESAHAN








MOTTO


Andaikan kamu tahu bagaimana Allah mengatur urusan hidupmu, pasti hatimu akan meleleh karena cinta kepada-Nya
(Ibnu Qoyyim)



PERSEMBAHAN


Persembahan skripsi ini sebagai tanda bakti dan cinta kasih yang tulus dan mendalam kepada:
1.    Ayah dan Alm.  Ibunda  tercinta  yang  tak  henti hentinya berkorban dan berdoa yang terbaik untukku
2.    Tunanganku Sofiyanto yang selalu aku banggakan
3.    Keluargaku  yang  selalu  memberikan  doa  dan semangat
4.    Teman-teman EPSILON 2014 terima kasih atas keceriaan, kenangan masa muda, dan kehangatan persahabatan yang kalian berikan.
5.    Ma’had kebanggaanku, Miftahul Ulum Bettet
6.    Almamater tercinta Universitas Islam Madura


PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS SUB POKOK BAHASAN HUBUNGAN MOMENTUM DAN IMPULS TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA

IKA ARISKA
Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Islam Madura

ABSTRAK

Penelitian  ini bertujuan untuk mengembangkan panduan praktikum fisika berbasis literasi sains dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan  penggunaan panduan praktikum fisika berbasis literasi sains  terhadap  sikap ilmiah siswa.  Rancangan penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D. Penelitian pengembangan ini melalui 10 tahap yakni mencari potensi dan  masalah,  pengumpulan  data,  desain  produk,  validasi  produk,  revisi  produk,  uji coba skala kecil, revisi produk awal, revisi produk awal, uji coba skala besar, revisi  produk  akhir,  dan  produk  akhir. Penelitian  ini  dilakukan  di  MA Al-Djufri Larangan. Sampel  penelitian  adalah 10 siswa  kelas X-A untuk uji coba skala kecil dan siswakelas X-B untuk uji coba skala besar. Instrumen  yang  digunakan  adalah  lembar  observasi sikap ilmiah siswa saat melaksanakan praktikum fisika, angket validasi, serta angket tanggapan siswa dan guru.  Uji validitas panduan dilakukan oleh dosen dan guru fisika dengan rata-rata skor perolehan dari tiga validator sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa setiap indikator sikap ilmiah siswa yang diamati mengalami peningkatan setelah mengunakan panduan praktikum berbasis literasi sains. Analisis  uji hipotesis menggunakan  SPSS 16  for  windows  diperoleh  t  hitung  sebesar  -9.359  dengan  sig.  0.00.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  ada perbedaan yang  signifikan  sikap ilmiah  siswa saat pretest dan posttest. Tanggapan siswa terhadap panduan praktikum berbasis literasi sains pada uji coba skala keil sebesar 87% dengan kategori “menarik”, sedangkan pada uji coba skala besar sebesar 81% dengan kategori “menarik”. Tanggapan guru terhadap panduan praktikum berbasis literasi sains  memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori “menarik”.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa panduan yang dikembangkan memunyai kategori valid dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 90%. Selain itu, dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan panduan praktikum fisika  berbasis literasi sains terhadap sikap ilmiah siswa.

Kata Kunci: Panduan praktikum, Literasi sains, Sikap ilmiah.



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah-Nya sehingga penyusunan skripsi dengan judul: “Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Literasi Sains Sub Pokok Bahasan Hubungan Momentum Dan Impuls Terhadap Sikap Ilmiah Siswa” dapat terselesaikan.
          Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak akan terselesaikan dengan baik tanpa dukungan, motivasi, dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Ibu Hj. S. Ida Kholida MS, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UIM sekaligus dosen pembimbing yang dengan penuh kesabaran membimbing kepada penulis dalam penyusunan skripsi.
2.      Bapak Suprianto, S.Pd, M.Si dan Ibu El Indahnia Kamariyah, M.Si selaku Dosen Penguji yang telah memberikan bimbingan, kritik, saran, dan motivasi kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi.
3.      Bapak dan Ibu Dosen Pendidikan Fisika FKIP UIM yang telah memberi ilmu yang bermanfaat kepada penulis.
4.      Kepala Sekolah MA. Al-Djufri, Bpk. Eka Riyono, M.Pd yang telah memberi izin kepada peneliti untuk melakukan penelitian di sekolah yang Bapak pimpin
5.      Alm. Ibunda tercinta, Bapak, Sofii beserta semua keluarga yang selalu memberikan semangat, perhatian, kasih sayang dan do’a-do’a yang selalu dipanjatkan setiap saat.
6.      Teman-teman fisika angkatan 2014 beserta semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan.
Penulisan dan penyusunan skripsi ini masih sangat jauh dari kata sempurna, baik dari segi bahasa maupun dari sistematika penulisan. Maka dari itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat diharapkan demi perbaikan kedepannya. Penulis berharap semoga proposal ini memberikan manfaat kepada setiap pembaca.
Pamekasan, 10 September 2018
  Penulis

DAFTAR ISI





DAFTAR TABEL



DAFTAR GAMBAR