Pengembangan
Panduan Praktikum Fisika
Berbasis Literasi Sains Sub Pokok Bahasan Hubungan Momentum Dan
Impuls
Terhadap
Sikap
Ilmiah Siswa
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Oleh:
Ika Ariska
2014.05.02.0.0032
HALAMAN JUDUL
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MADURA
PAMEKASAN
2018
HALAMAN PERNYATAAN
KEASLIAN KARYA TULIS
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
IKA ARISKA
NPM :
2014.05.02.0.0032
Program Studi :
Pendidikan Fisika
Fakultas/Program : KIP / S1 Pendidikan Fisika
Menyatakan
dengan sebenarna bahwa skripsi yang berjudul “Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Literasi
Sains Sub Pokok Bahasan Hubungan Momentum Dan Impuls Terhadap Sikap Ilmiah
Siswa” Adalah
benar-benar hasil karya sendiri.
Apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar,maka
saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.
Pamekasan, 10 September 2018
Yang
membuat pernyataan ,
( IKA ARISKA )
HALAMAN PENGESAHAN
MOTTO
Andaikan kamu tahu bagaimana Allah
mengatur urusan hidupmu, pasti hatimu akan meleleh karena cinta kepada-Nya
(Ibnu Qoyyim)
PERSEMBAHAN
Persembahan skripsi ini sebagai tanda bakti
dan cinta kasih yang tulus dan mendalam kepada:
1.
Ayah
dan Alm. Ibunda tercinta yang
tak henti hentinya berkorban dan berdoa
yang terbaik untukku
2.
Tunanganku
Sofiyanto yang selalu
aku banggakan
3.
Keluargaku yang
selalu memberikan doa
dan semangat
4.
Teman-teman EPSILON 2014 terima kasih atas keceriaan, kenangan masa muda, dan
kehangatan persahabatan yang kalian berikan.
5.
Ma’had kebanggaanku, Miftahul Ulum Bettet
6.
Almamater tercinta Universitas Islam Madura
PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM
FISIKA BERBASIS
LITERASI SAINS SUB POKOK BAHASAN HUBUNGAN MOMENTUM DAN IMPULS TERHADAP SIKAP
ILMIAH
SISWA
IKA ARISKA
Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Islam Madura
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan panduan praktikum fisika berbasis
literasi sains dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan penggunaan panduan praktikum fisika berbasis
literasi sains terhadap sikap ilmiah siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan metode
pengembangan R&D. Penelitian pengembangan ini melalui 10 tahap yakni
mencari potensi dan masalah, pengumpulan
data, desain produk,
validasi produk, revisi
produk, uji coba skala kecil,
revisi produk awal, revisi produk awal, uji coba skala besar, revisi produk
akhir, dan produk
akhir. Penelitian ini dilakukan
di MA Al-Djufri Larangan.
Sampel penelitian adalah 10 siswa kelas X-A untuk uji coba skala kecil dan
siswakelas X-B untuk uji coba skala besar. Instrumen
yang digunakan adalah
lembar observasi sikap ilmiah
siswa saat melaksanakan praktikum fisika, angket validasi, serta angket tanggapan
siswa dan guru. Uji validitas panduan
dilakukan oleh dosen dan guru fisika dengan rata-rata skor perolehan dari tiga
validator sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa setiap
indikator sikap ilmiah siswa yang diamati mengalami peningkatan setelah
mengunakan panduan praktikum berbasis literasi sains. Analisis uji hipotesis menggunakan SPSS 16
for windows diperoleh
t hitung sebesar -9.359 dengan
sig. 0.00. Hal
ini menunjukkan bahwa
ada perbedaan yang
signifikan sikap ilmiah siswa saat pretest dan posttest. Tanggapan
siswa terhadap panduan praktikum berbasis literasi sains pada uji coba skala
keil sebesar 87% dengan kategori “menarik”, sedangkan pada uji coba skala besar
sebesar 81% dengan kategori “menarik”. Tanggapan guru terhadap panduan
praktikum berbasis literasi sains
memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori “menarik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa panduan yang dikembangkan memunyai kategori valid dengan rata-rata
persentase kelayakan sebesar 90%. Selain itu, dapat disimpulkan pula bahwa ada
pengaruh yang signifikan penggunaan panduan praktikum fisika berbasis literasi sains terhadap sikap ilmiah
siswa.
Kata Kunci: Panduan praktikum, Literasi sains, Sikap ilmiah.
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
hidayah-Nya sehingga penyusunan skripsi dengan judul: “Pengembangan Panduan Praktikum Fisika
Berbasis Literasi Sains Sub Pokok Bahasan Hubungan Momentum Dan Impuls Terhadap
Sikap Ilmiah Siswa” dapat terselesaikan.
Penulis menyadari bahwa
skripsi ini tidak akan terselesaikan
dengan baik tanpa dukungan, motivasi, dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh
karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Ibu Hj. S. Ida
Kholida MS,
M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UIM sekaligus dosen pembimbing yang dengan
penuh kesabaran membimbing kepada penulis dalam penyusunan skripsi.
2.
Bapak Suprianto, S.Pd, M.Si dan Ibu El Indahnia
Kamariyah, M.Si selaku Dosen Penguji yang telah
memberikan bimbingan, kritik, saran, dan motivasi kepada penulis, sehingga
penulis dapat menyelesaikan skripsi.
3.
Bapak dan Ibu
Dosen Pendidikan Fisika FKIP UIM yang telah memberi ilmu yang bermanfaat kepada
penulis.
4.
Kepala Sekolah MA. Al-Djufri, Bpk. Eka Riyono, M.Pd yang
telah memberi izin kepada peneliti untuk melakukan penelitian di sekolah yang
Bapak pimpin
5.
Alm. Ibunda tercinta, Bapak, Sofii beserta semua keluarga yang selalu
memberikan semangat, perhatian, kasih sayang dan do’a-do’a yang selalu
dipanjatkan setiap saat.
6.
Teman-teman fisika angkatan 2014 beserta semua pihak yang telah membantu
dan memberikan dukungan.
Penulisan
dan penyusunan skripsi ini
masih sangat jauh dari kata sempurna, baik dari segi bahasa maupun dari
sistematika penulisan. Maka dari itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca
sangat diharapkan demi perbaikan
kedepannya. Penulis berharap semoga proposal ini memberikan manfaat kepada
setiap pembaca.
Pamekasan, 10 September 2018
Penulis