Friday, 14 September 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                       (RPP)
Satuan pendidikan                : MIN 1 Pamekasan
Kelas/ semester                      : IV (Empat)/ 1
Tema 2                                   : Selalu Berhemat Energi
Subtema 3                              : Energi Alternatif
Pembelajaran                        : 5
Alokasi waktu                        : 2 x 35 Menit (70 Menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran Agama yang dianutnya.
 KI 2 :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
 KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
IPS
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator
·         Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.


SBDP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
Indikator
·      Menyanyikan lagu dengan tanda tempo dan tiggi rendah nada.
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu "Kring-Kring Ada Sepeda" dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.
2.      Dengan mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
3.      Dengan mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
D.    MATERI
Singkong
Indonesia merupakan daerah tropis yang kaya akan hasil sumber daya alam. Salah satunya adalah singkong. Singkong mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Singkong merupakan sumber kalori pangan yang murah. Singkong dikonsumsi sebagai salah satu makanan pokok oleh masyarakat. Singkong merupakan makanan yang kaya karbohidrat. Terdapat kandungan gizi seperti protein, vitamin C, kalsium, posfor, kalori, lemak, zat besi dan vitamin B1 pada singkong. Dengan berbagai kandungan gizi yang terdapat pada singkong, maka singkong baik untuk dikonsumsi. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya serat dan karbohidrat, namun miskin protein. Sumber protein justru terdapat pada daun singkong. Hampir semua bagian pohon singkong bisa dimanfaatkan, mulai dari umbinya hingga daunnya. Umbi singkong biasanya hanya diambil dagingnya saja untuk digoreng atau direbus serta dijadikan tepung tapioka, bagian daunnya dijadikan sebagai sayuran, dan bagian daun dan kulit bisa dijadikan sebagai makanan ternak. Singkong dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat di samping beras, selain dapat pula digunakan untuk keperluan bahan baku industri, seperti tepung tapioka. Di sekitar kita, banyak sekali makanan yang diolah dari singkong, misalnya keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat, dan lain-lain dan bahkan hasil olahan singkong tersebut menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, mulai dari bentuk usaha kecil, industri rumahan, hingga pabrik.
E.   PENDEKATAN/ METODE
·         Pendekatan    : Saintifik (pengamatan)
·         Metode           : tanya jawab, ceramah.
·         Teknik            : Example Non Example
·         Strategi           : Cooperative Learning
F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     Guru mengucapkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a.
·      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·      Guru menanyakan kabar siswa.
·      Guru mengecek daftar hadir siswa.
·     Guru mengaitkan materi sekarang dengan kehidupan setiap hari, kita memanfaatkan sumber daya alam sebagai makanan pokok.
·      Guru meminta siswa membuka buku tematiknya.
10 menit
Inti
·         Siswa diminta mengamati gambar berbagai makanan yang terbuat dari singkong.
·         Kemudian guru bertanya kepada siswa: Apakah kamu mengetahui berbagai jenis makanan lain yang terbuat dari singkong di lingkungan tempat tinggalmu?
·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
·         Siswa diminta mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan kelompoknya.
·         Siswa menuliskan hasil diskusi mereka pada lembar kertas yang diberikan guru. Siswa diminta mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan kelompoknya.
·         Kemudian guru meminta perwakilan dari kelompoknya untuk mempresentasikan kedepan.
·         guru memperkenalkan kepada siswa lagu "Kring-Kring Ada Sepeda".
·         Siswa diminta menyanyikan syair lagu tersebut.
·         Siswa mencermati penjelasan guru tentang tempo dan tinggi rendah nada.
·         Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang sudah dipelajari.
50 menit
Penutup
·         Sebelum pembelajaran diakhiri guru meminta siswa melakukan refleksi seluruh kegiatan yang sudah dilakukan selama pembelajaran.
·         Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
10 menit


G.    PENILAIAN
1.      Penilaian sikap ( percaya Diri, Disiplin, Bekerjasama)
Penilaian sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1.
Annisa nabilatul hanifah 












2.
Andika dwi maulana












3.
Aninda maulidia nadin












4.
Asri muhajarah












5.
Bagus akbar pratama












6.
Darma adinata rizqullah












7.
Desta septian wahyuda putra












8.
Devi ira sasmita












9.
Dyah syafarina rosayanti












10.
Ibnu syafi saputra












11.
Jakfar sodik saputra












12.
Jesica amelia safarina












13.
Khairina anisa masida












14.
Kirana aulia pratiwi












15.
M. Hadi prawoto












16.
Camelia fatimatus zahrah













Keterangan :
K (Kurang): 1, C (Cukup): 2, B (baik): 3, SB (Sangat Baik): 4.




2.      Penilaian Kognitif
IPS
Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik.
( Apakah kamu mengetahui berbagai jenis makanan lain yang terbuat dari singkong di lingkungan tempat tinggalmu? )

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu
Pendampingan
4
3
2
1
Struktur
Presentasi
Presentasi
memuat
pembukaan, inti
dan penutup serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Presentasi
memuat
pembukaan atau
penutup dan inti
serta dikomuni
kasikan secara
runtut.
Presentasi
hanya memuat
inti dan disampai
kan dengan
runtut.
Presentasi hanya
memiliki pembuka
atau penutup
saja.
Tema
Seluruh gagasan
pokok dan
gagasan pen
dukung sesuai
dengan tema.
Sebagian besar
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung sesuai
dengan teman.
Sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung sesuai
dengan teman.
Gagasan pokok
dan gagasan
pendukung tidak
sesuai tema.
Fakta
Pendukung
Seluruh fakta
tentang
keragaman sosial
dan budaya
yang terdapat
di lingkungan
provinsi masing
masing disajikan
dengan benar.
Sebagian besar
fakta tentang
keragaman sosial
dan budaya
yang terdapat
di lingkungan
provinsi masing
masing disajikan
dengan benar.
Sebagian
kecil fakta tentang
keragaman sosial
dan budaya
yang terdapat
di lingkungan
provinsi masing
masing disajikan
dengan benar.
Fakta
tentang
keragaman sosial
dan budaya
yang terdapat
di lingkungan
provinsi masing
masing tidak
benar.

3.       Penilaian Psikomotor
Lembar pengamatan kegiatan bernyanyi kelompok
No.
Kegiatan
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1.
Kelompok hafal lagu yang dinyanyikan.


2.
Kekompakan kelompok dalam bernyanyi.





H.    MEDIA dan SUMBER PEMBELAJARAN
Media             : Laptop, speaker,  Gambar makanan dari singkong, papan, spidol.
Sumber           :
Ø  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev. 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Ø  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev. 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2017).




                                                                Pamekasan, 15 September 2018
Mengetahui
Guru Pamong Kelas IV                                              Mahasiswa Pm2


ACH.RABO SA’I HARIYANTO,S,Pd.SD             SAYYIDA
       NIP. 198306172009011010                                NIM. 18201501050080

                                                Kepala Madrasah


                                                Drs. MOH.SALEH BASIT
                                                NIP. 196609052002121002