RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Negeri 3 Pamekasan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 JP ( 3 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
No
|
Kompetensi Inti
|
1
|
KI-1
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
2
|
KI-2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
3
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3
3.4
3.5 Mengidentifikasi
teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar.
3.6 Menelaah
struktur dan aspek kebahasaan teks
prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/ tarian daerah, caramembuat kuliner khas daerah,
dll.) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar.
|
3.5.1
Menentukan ciri umum teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2
Mendaftar kata/kalimat sebagai
ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.3
Menentukan jenis teks prosedur
pada teks yang dibaca/didengar.
3.6.1
Menguraikan struktur teks prosedur dan ciri
bagian-bagiannya
3.6.2
Menyimpulkan prinsip penggunaan
kata/ kalimat/ paragraf pada teks
prosedur
3.6.3
Menelaah hasil melengkapi teks
prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa menentukan dan memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
|
4
4.4
4.5 Menyimpulkan isi teks
prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara
membuat cinderamata, dan/atau kuliner
khas daerah) yang dibaca dan
didengar
4
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
4.6 Menyajikan
data rangkaian kegiatan ke dalam
bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian
daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
|
4.5.1
Meringkas urutan isi teks prosedur
4.5.2
Menjawab pertanyaan isi teks
prosedur
4.5.3
Mendemonstrasikan cara
melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar
4.6
4.6.1
Merencanakan penulisan teks
prosedur
4.6.2
Menulis teks prosedur dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda
baca/ejaan
4.6.3
Memeragakan secara lisan cara
melakukan/ membuat dengan
memerhatikan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang
dibaca/didengar.
2.
Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur
pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2.
Menguraikan struktur teks prosedur dan ciri
bagian-bagiannya
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menyimpulkan prinsip penggunaan
kata/kalimat/paragraf pada teks prosedur
2.
Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi
struktur dan kaidah bahasa menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan
tanda baca/ejaan
Fokus nilai-nilai
sikap
1.
Peduli
2.
Jujur
berkarya
3.
Tanggung
jawab
4.
Toleran
5.
Kerjasama
6.
Proaktif
7.
Kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran
regular
a.
Fakta
Ø Cara Memainkan angklung
b.
Konsep
Ø Pengertian teks prosedur
c.
Prinsip
Ø Struktur teks: Tujuan, bahan, alat langkah
d.
Prosedur
Ø Menyusun Teks prosedur
2.
Materi pembelajaran
remedial
a.
Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
3.
Materi pembelajaran
pengayaan
a.
Menyimpulkan
Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model Pembelajaran : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang relevan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
©
Merencanakan Cerita
©
Mengembangkan Cerita Fantasi
©
Menulis Cerita Fantasi
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§
Tes Tertulis
-
Pilihan ganda
-
Uraian/esai
§
Tes Lisan
©
Penilaian Kompetensi Keterampilan
§
Proyek, pengamatan, wawancara
§
Portofolio / unjuk kerja
§
Produk, hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto berikut ini
v Mengamati
Mempelajari
buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
tentang
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ;
©
Peserta didik diminta untuk membaca tiga teks
prosedur
©
Peserta didik diminta untuk membaca teks 1 tentang
Cara memainkan angklung
©
Peserta didik diminta untuk membaca teks 2 tentang
Cara membuat obat tradisional insomnia
©
Peserta didik diminta untuk membaca teks 3 tentang
Cara melakukan gerakan tari tor-tor
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
© Sebutkan
bahan-bahan untuk membuat obat tradisional insomnia?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain
buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca
artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v Mempraktekan
v Saling tukar informasi
tentang :
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta
didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai:
©
Peserta
didik diminta untuk mendiskusikan persamaan isi ketiga teks
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi
yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
antara lain
dengan :
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2.
Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
©
Mewariskan Budaya Melalui Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Ciri Teks
Prosedur
©
Mengidentifikasi Tujuan Teks
Prosedur
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©
Mengidentifikasi Bahasa dalam
Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§
Tes Tertulis
-
Pilihan ganda
-
Uraian/esai
§
Tes Lisan
©
Penilaian Kompetensi Keterampilan
§
Proyek, pengamatan, wawancara
§
Portofolio / unjuk kerja
§
Produk, hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto berikut ini
v Mengamati
Mempelajari
buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo/materi tentang
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ;
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
© Peserta
didik dinimta untuk membaca teks prosedur Mematikan komputer dengan benar
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
© Apakah teks tersebut dapat dikelompokkan sebagai teks
prosedur?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain
buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca
artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
v Mempraktekan
v Saling tukar informasi
tentang :
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
v dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta
didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
©
perbedaan ketiga
teks prosedur berdasarkan perbedaan topik yang dijelaskan
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi
yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
© Mengidentifikasi
Bahasa dalam Teks Prosedur
© Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
antara lain
dengan :
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
©
Mengidentifikasi Bahasa dalam
Teks Prosedur
©
Mengidentifikasi Jenis
Teks Prosedur
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©
Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
·
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
·
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§
Tes Tertulis
-
Pilihan ganda
-
Uraian/esai
§
Tes Lisan
©
Penilaian Kompetensi Keterampilan
§
Proyek, pengamatan, wawancara
§
Portofolio / unjuk kerja
§
Produk, hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto berikut ini
Peserta didik diminta untuk
mengamati gambar di bawah ini tentang Membuat batik tulis
v Mengamati
Mempelajari
buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
tentang
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ;
©
Peserta didik diminta untuk membaca teks
©
Peserta didik diminta untuk membaca teks 1 tentang
Membuat Batik Tulis
©
Peserta didik diminta untuk membaca teks 2 tentang
Cara memcuci Tangan dengan baik dan benar
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat. Misalnya :
© Bagaimana menari poco-poco?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain
buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca
artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
v
Mempraktekan
©
Pesserta didik
diminta untuk Peragakan tari poco-poco sesuai dengan teks prosedur
v
Saling tukar
informasi tentang :
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
v dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta
didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa
& mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©
Menyimpulkan Isi Teks
Prosedur
©
Menyimpulkan Urutan Langkah
Teks Prosedur Kegiatan
©
Memperagakan Hasil Simpulan
Teks Prosedur
antara lain
dengan :
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritual dan
Sosial)
1)
Observasi (jurnal)
2)
Penilaian
diri
3)
Penilaian
antarteman
b.
Pengetahuan
1.
Ter tertulis
c.
Keterampilan
1) Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
1)
Remidial dapat diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)
Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
© Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
b.
Pengayaan
1)
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta
didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik
yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan,
sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi
pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
© Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
Pamekasan ,12 Juli 2018
Mengetahui Mengetahui
Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan Guru Mata Pelajaran
H.MOHAMMAD
HOLIS,S.Ag.M.Si ELLY
KURNIANINGSIH,S.Pd
NIP . 19750325 199803 1 001 NIP.19800814
200501 2 011