Saturday, 15 September 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : MTs Negeri 3 Pamekasan
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Tema                           : Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
Kelas/Semester           : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi Waktu                       : 6 JP ( 3 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
1
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2
KI-2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3
KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5      Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
3.6      Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, caramembuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

3.5.1        Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2        Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.3        Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.6.1        Menguraikan   struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya
3.6.2        Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada  teks prosedur
3.6.3        Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

4.5      Menyimpulkan  isi teks  prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata,  dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
4.6  Menyajikan data rangkaian kegiatan  ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
4.5.1        Meringkas  urutan isi teks prosedur
4.5.2        Menjawab pertanyaan isi teks prosedur
4.5.3        Mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar
4.6.1        Merencanakan penulisan teks prosedur
4.6.2        Menulis   teks prosedur dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.6.3        Memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan  memerhatikan 

C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.         Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2.         Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.         Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2.         Menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya

Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.         Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat/paragraf pada teks prosedur
2.         Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

Fokus nilai-nilai sikap
1.      Peduli
2.      Jujur berkarya
3.      Tanggung jawab
4.      Toleran
5.      Kerjasama
6.      Proaktif
7.      Kreatif

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
a.       Fakta
Ø  Cara Memainkan angklung
b.      Konsep
Ø  Pengertian teks prosedur
c.       Prinsip
Ø  Struktur teks: Tujuan, bahan, alat langkah
d.      Prosedur
Ø  Menyusun Teks prosedur
2.      Materi pembelajaran remedial
a.       Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
3.      Materi pembelajaran pengayaan
a.       Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Modul/bahan ajar,
4.      Internet,
5.      Sumber lain yang relevan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
©  Merencanakan Cerita
©  Mengembangkan Cerita Fantasi
©  Menulis Cerita Fantasi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.





v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
©  Peserta didik diminta untuk membaca tiga teks prosedur
©  Peserta didik diminta untuk membaca teks 1 tentang Cara memainkan angklung
©  Peserta didik diminta untuk membaca teks 2 tentang Cara membuat obat tradisional insomnia
©  Peserta didik diminta untuk membaca teks 3 tentang Cara melakukan gerakan tari tor-tor


v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Sebutkan bahan-bahan untuk membuat obat tradisional insomnia?
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur




v  Mempraktekan
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai:
©  Peserta didik diminta untuk mendiskusikan persamaan isi ketiga teks
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
©  Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya








10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo/materi tentang
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
©  Peserta didik dinimta untuk membaca teks prosedur Mematikan komputer dengan benar
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Apakah teks tersebut dapat dikelompokkan sebagai teks prosedur?



Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
v  Mempraktekan
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
©  perbedaan  ketiga  teks prosedur berdasarkan perbedaan topik yang dijelaskan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik


10
menit

3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
©  Mengidentifikasi Bahasa dalam Teks Prosedur
©  Mengidentifikasi  Jenis  Teks Prosedur
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
·         Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
·         Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar di bawah ini tentang Membuat batik tulis
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
©  Peserta didik diminta untuk membaca teks
©  Peserta didik diminta untuk membaca teks 1 tentang Membuat Batik Tulis
©  Peserta didik diminta untuk membaca teks 2 tentang Cara memcuci Tangan dengan baik dan benar
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©  Bagaimana menari poco-poco?
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
v  Mempraktekan
©  Pesserta didik diminta untuk Peragakan tari poco-poco sesuai dengan teks prosedur
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
antara lain dengan :

60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritual dan Sosial)
1)    Observasi (jurnal)
2)    Penilaian diri
3)    Penilaian antarteman

b.      Pengetahuan
1.     Ter tertulis

c.       Keterampilan
1)  Kinerja

2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)      Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
©  Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur
b.      Pengayaan
1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
©  Menyimpulkan Urutan Langkah Teks Prosedur Kegiatan



                                                                                                      Pamekasan ,12 Juli 2018

Mengetahui                                                                                                                                                                                           Mengetahui
Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan                                                         Guru Mata Pelajaran




H.MOHAMMAD HOLIS,S.Ag.M.Si                                                   ELLY KURNIANINGSIH,S.Pd   
NIP . 19750325 199803 1 001                                                              NIP.19800814 200501 2 011