RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Negeri 3Pamekasan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 JP ( 3 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
No
|
Kompetensi
Inti
|
1
|
KI-1
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
2
|
KI-2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
3
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1
|
3
3.1
3.2
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita
fantasi) yang dibaca dan didengar
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita
fantasi) yang dibaca dan didengar
|
3
3.3.1
Menjelaskan ciri tokoh,
latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks
yang dibaca/didengar.
3.3.2 Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada
teks yang dibaca/didengar.
3.4.1 Merinci struktur cerita
fantasi
3.4.2 Menyimpulkan karakteristik
bagian-bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
3.4.3 Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi
3.4.4 Memperbaiki cerita
fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan tanda baca
3.4.5 Mengomentari cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya
|
2
|
4
4.1
4.2
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
fantasi) yang didengar dan dibaca.
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur
dan penggunaan bahasa
|
4.3.1 Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi
4.3.2 Menyimpulkan urutan cerita fantasi
4.3.3 Menceritakan kembali cerita fantasi isi cerita fantasi lisan/ tulis.
4.4.1 Merencanakan pengembangan cerita fantasi
4.4.1
4.4.2
Menulis cerita fantasi
dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan
tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
2.
Menentukan jenis cerita fantasi dan
menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan
Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1.
Merinci
struktur cerita fantasi
2.
Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi
(orientasi, komplikasi, resolusi)
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menelaah hasil melengkapi cerita
fantasi dari segi struktur cerita
fantasi
2.
Memperbaiki
cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan tanda baca
3.
Mengomentari cerita fantasi dari segi
struktur dan bahasanya
Fokus nilai-nilai
sikap
1.
Peduli
2.
Jujur
berkarya
3.
Tanggung
jawab
4.
Toleran
5.
Kerjasama
6.
Proaktif
kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1)
Materi pembelajaran regular
a.
Fakta
Ø Belajar
dengan gajah mada
b.
Konsep
Ø Pengertian
dan contoh- contoh teks narasi (cerita fantasi)
c.
Prinsip
Ø Struktur
teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
d.
Prosedur
Ø Menulis
cerita fantasi
2)
Materi pembelajaran remedial
a.
Ciri kebahasaan pada Cerita Fantasi
b.
kata sambung penanda urutan waktu
3)
Materi pembelajaran pengayaan
a.
Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2.
Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/ Didengar dan
Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©
Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri Bagian-bagian
Struktur Cerita Fantasi
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§
Tes Tertulis
-
Pilihan ganda
-
Uraian/esai
§
Tes Lisan
©
Penilaian Kompetensi Keterampilan
§
Proyek, pengamatan, wawancara
§
Portofolio / unjuk kerja
§
Produk, hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto berikut ini
v Mengamati
Mempelajari
buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
tentang
©
Peserta didik diminta
mengamati table pada buku siswa halaman 59
s/d 61tentang Belajar dengan Gajah Mada
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ;
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
©
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain
buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca
artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v Mempraktekan
v Saling tukar informasi
tentang :
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta
didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
©
Diskusikan ciri tiap bagian
struktur cerita fantasi dari segi isi berdasarkan contoh pola pengembangan cerita fantasi
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri
Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
antara lain
dengan :
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
©
Memahami dan Mencipta Cerita
Fantasi
©
Menelaah Struktur dan Bahasa
Cerita Fantasi
©
Menelaah Struktur Cerita
Fantasi
©
Menguraikan Ciri Bagian-bagian
Struktur Cerita Fantasi
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita dari
Segi Strukturnya
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§
Tes Tertulis
-
Pilihan ganda
-
Uraian/esai
§
Tes Lisan
©
Penilaian Kompetensi Keterampilan
§
Proyek, pengamatan, wawancara
§
Portofolio / unjuk kerja
§
Produk, hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto berikut ini
v Mengamati
Mempelajari
buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
tentang
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ;
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
yang tidak dipahami dari
apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain
buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca
artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
v Mempraktekan
v Saling tukar informasi
tentang :
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
v dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta
didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
©
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
v Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita
dari Segi Strukturnya
antara lain
dengan :
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
©
Menelaah Variasi Pengungkapan
Struktur Cerita Fantasi
©
Menguraikan Ragam alur Cerita
©
Membuat Telaah Teks Cerita dari
Segi Strukturnya
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©
Menguraikan Prinsip Penggunaan
Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantasi
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian diri sendiri
§
Teman sebaya
©
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§
Tes Tertulis
-
Pilihan ganda
-
Uraian/esai
§
Tes Lisan
©
Penilaian Kompetensi Keterampilan
§
Proyek, pengamatan, wawancara
§
Portofolio / unjuk kerja
§
Produk, hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi Cerita
Fantasi
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto berikut ini
v Mengamati
Mempelajari
buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
tentang
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantasi
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ;
©
Peserta didik diminta untuk membaca cerita rumpang
1 dan 2
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantasi
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantasi
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantasi
yang tidak dipahami dari
apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain
buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca
artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantas
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantasi
v Mempraktekan
v Saling tukar informasi
tentang :
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantas
v dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta
didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
©
melengkapi cerita di atas
sehingga menjadi cerita fantasi yang menarik.
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantasi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantas
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©
Menguraikan Prinsip
Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©
Menyunting Cerita dari Segi
Bahasa
©
Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantas
antara lain
dengan :
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritual dan
Sosial)
1)
Observasi (jurnal)
2)
Penilaian
diri
3)
Penilaian
antarteman
b.
Pengetahuan
1)
Ter tertulis
c.
Keterampilan
1.Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
1)
Remidial dapat diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)
Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
© Ciri kebahasaan pada Cerita Fantasi
© kata sambung penanda urutan waktu
b.
Pengayaan
1)
Pengayaan diberikan untuk
menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat
diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai
Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan dapat ditagihkan atau
tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)
Direncanakan berdasarkan IPK atau
materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
© Menelaah Hasil Melengkapi
Cerita Fantasi
Pamekasan ,12 Juli 2018
Mengetahui Mengetahui
Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan Guru Mata Pelajaran
H.MOHAMMAD
HOLIS,S.Ag.M.Si ELLY
KURNIANINGSIH,S.Pd
NIP . 19750325 199803 1 001 NIP.19800814
200501 2 011