Saturday 15 September 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : MTs Negeri 3Pamekasan
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Tema                           : Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
Kelas/Semester           : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi Waktu                       : 6 JP ( 3 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
1
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2
KI-2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3
KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1
3.3    Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan  didengar
3.4    Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi)  yang dibaca dan didengar

3.3.1        Menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
3.3.2     Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
3.4.1     Merinci  struktur cerita fantasi
3.4.2     Menyimpulkan karakteristik  bagian-bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi) 
3.4.3     Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi  dari segi struktur cerita fantasi 
3.4.4     Memperbaiki  cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan tanda baca
3.4.5     Mengomentari cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya

2
4.3  Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca.
4.4    Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
4.3.1     Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi
4.3.2     Menyimpulkan urutan cerita fantasi
4.3.3     Menceritakan kembali cerita fantasi  isi cerita fantasi lisan/ tulis.
4.4.1     Merencanakan pengembangan cerita fantasi
4.4.2    Menulis cerita fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.         Menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks yang dibaca/didengar.
2.         Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Merinci  struktur cerita fantasi
2.      Menyimpulkan karakteristik  bagian-bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi) 

Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi  dari segi struktur cerita fantasi 
2.      Memperbaiki  cerita fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan tanda baca
3.      Mengomentari cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya

Fokus nilai-nilai sikap
1.      Peduli
2.      Jujur berkarya
3.      Tanggung jawab
4.      Toleran
5.      Kerjasama
6.      Proaktif
kreatif

D.     Materi Pembelajaran
1)      Materi pembelajaran regular
a.      Fakta
Ø  Belajar dengan gajah mada
b.      Konsep
Ø  Pengertian dan contoh- contoh teks narasi (cerita fantasi)
c.       Prinsip
Ø  Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
d.      Prosedur
Ø  Menulis cerita fantasi
2)      Materi pembelajaran remedial
a.       Ciri kebahasaan  pada Cerita Fantasi
b.      kata sambung penanda urutan waktu
3)      Materi pembelajaran pengayaan
a.       Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Modul/bahan ajar,
4.      Internet,
5.      Sumber lain yang relevan

H.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/ Didengar dan Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
©  Peserta didik diminta mengamati table pada buku siswa  halaman 59 s/d 61tentang Belajar dengan Gajah Mada
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©   
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Mempraktekan
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
©  Diskusikan ciri tiap bagian struktur cerita fantasi dari segi isi berdasarkan contoh pola pengembangan cerita fantasi
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran




Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
©  Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
©  Menelaah Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ciri Bagian-bagian Struktur Cerita Fantasi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya






10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  Mempraktekan
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
©   
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)





Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
©  Menelaah Variasi Pengungkapan Struktur Cerita Fantasi
©  Menguraikan Ragam alur Cerita
©  Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
©  Peserta didik diminta untuk membaca cerita rumpang 1 dan 2
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi




v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantas
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi
v  Mempraktekan
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantas

v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
©  melengkapi cerita di atas sehingga menjadi cerita fantasi yang menarik.
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
v  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantas
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran



Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Menguraikan Prinsip Penggunaan Bahasa pada Cerita Fantasi
©  Menyunting Cerita dari Segi Bahasa
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantas
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritual dan Sosial)
1)    Observasi (jurnal)
2)    Penilaian diri
3)    Penilaian antarteman

b.      Pengetahuan
1)   Ter tertulis

c.       Keterampilan
1.Kinerja

2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)   Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)   Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
©  Ciri kebahasaan  pada Cerita Fantasi
©  kata sambung penanda urutan waktu
b.      Pengayaan
1)   Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)   Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)   Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
©  Menelaah Hasil Melengkapi Cerita Fantasi


                                                                                                              Pamekasan ,12 Juli 2018

Mengetahui                                                                                                                                                                                           Mengetahui
Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan                                                         Guru Mata Pelajaran




H.MOHAMMAD HOLIS,S.Ag.M.Si                                                    ELLY KURNIANINGSIH,S.Pd   
NIP . 19750325 199803 1 001                                                                NIP.19800814 200501 2 011