Monday, 10 September 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : MAN 1 Pamekasan
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                       : X/1         
Materi Pokok                          : TOBE
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 Menit 

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi, internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komonikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Mengetahui isi kalimat yang didalamnya mengandung tobe.
4.      Menganalisis isi kalimat tentang tobe ( is, am, are ) dan ( was/were ).
5.      Membuat kalimat tentang yang didalamnya mengandung tobe.
6.      Membuat kalimat untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri dengan melibatkan unsur kebahasaan berupa tobe (is, am, are) dan (was/were).
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Membuat kalimat untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri dengan melibatkan unsur kebahasaan berupa tobe (is, am, are) dan (was/were).

1.1.1.Siswa dapat membedakan antara penggunaan tobe (is, am, are) dan (was/were).
1.1.2.Siswa dapat membuat kalimat menggunakan tobe (is, am, are) dan (was/were).
1.1.3.Siswa dapat mengekspresikan kalimat menggunakan tobe dengan
percaya diri ketika mengunakan bahasa inggris.

C.    Materi Pembelajaran:
1.      Social Function:
·         Tobe usually use postpositively and often in combination.
2.      Text structure:
·         Transactional text (opening, exchange, closing).
3.      Unsur kebahasaan:
·         Contoh kalimat sepertiI am a Teacher” “ We are students ” “ The flower is beautifulucapan, tekanan kata, intonasi, dan juga sesuai dengan kalimat yang menggunakan tobe.
4.      Topic :
·         Using different ways developing interaction with teachers, friends, family members, especially using tobe in simple sentence.
5.      Skill focus:
·         Grammar, Reading, Speaking, Writing, Listening.
D.    Metode Pembelajaran
ü  Grammar Translation Method (GTM).
ü  Discussion.
ü  Student centre.
ü  Studi pustaka.
ü  Game menggunakan tes lisan, sesuai dengan yang sudah disediakan oleh guru dalam membuat kalimat menggunakan tobe.
E.     Media Pembelajaran
*      Papan tulis.
*      Spidol.
*      Buku panduan.
F.     Sumber Belajar
Ø  Buku siswa Bahasa Inggris.
Ø  Internet.


G.    Langkah – Langkah Pembelajaran
Tahap
AktivitasBelajar
Waktu    (Menit)
Pendahuluan
a.       Orentasi
ü  Guru memberi salam (greeting).
ü  Guru memeriksa kehadiran siswa.
ü  Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional.
ü  Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
ü  Guru menyampaikan cakupan meteri dan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.      Apersepsi
ü  Peserta didik menemukan beberapa gambaran tentang tobe kemudian menentukan kalimat yang sesuai menggunakan tobe tersebut.
ü  Peserta didik mendengarkan apersepsi dari guru kemudian menanggapinya sesuai dengan materi tersebut.
ü  Peserta didik mendengarkan penjelasan tentang tobe kemudian menentukan kalimat yang tepat sesuai dengan kalimat tersebut.
ü  Peserta didik mendengarkan petunjuk game dari guru kemudian menjawabnya secara oral.

c.       Kegiatan Inti
ü  Peserta didik berdiskusi dengan teman dan guru mengenai penggunaan tobe.
ü  Peserta didik mempelajari kalimat menggunakan tobe.
ü  Peserta didik mempelajari berbagai ungkapan kalimat menggunakan tobe.
ü  Peserta didik membuat kalimat berdasarkan situasi yang sudah disediakan.
ü  Peserta didik menganalisis ungkapan kalimat menggunakan tobe.
ü  Peserta didik membuat ungkapan kalimat sesuai dengan situasi yang sudah disediakan.
ü  Peserta didik melengkapi kalimat dengan menggunakan tobe.
ü  Peserta didik berusaha untuk menjawab game yang diberikan guru secara oral dan sesuai dengan tobe yang digunakan.

Penutup
ü  Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
ü  Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
ü  Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
ü  Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.


Penilaian :
·         Ketepatan dan kesesuaian dalam penyampaian dan menyusun kalimat dengan lisan yang berisi tobe.
·         Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dan setiap tahapan.

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
2.

3.
4.
5.
Jujur
Tanggung jawab
disiplin
Responsif
Santun
Pengamatan
Sebelum, selama,dan setelah kegiatan belajar mengajar.
Lembar pengamatan.







Pamekasan,10 September 2018


Mengetahui,                                                                           
Guru Pamong Bahasa Inggris                                                    Guru Bahasa Inggris



TRI DESSY AFRIANTI, S.Pd                                 YULY CYTRA PERMATASARY
NIP.                                                                                        NIM.18201401030232