Sunday 16 September 2018

SILABUS FISIKA


SILABUS FISIKA

Nama  Sekolah            :  SMA NEGERI 2 PARE
Kelas/Peminatan          :  XI / MIPA
Kompetensi Inti           :
KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,santun,peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3   : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniorandengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
KI 4:    Menunjukkanketerampilanmenalar, mengolah, danmenyajisecara: efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dansolutif, dalamranahkonkretdanabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolah, sertamampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.

No.
KompetensiDasar
IndikatorPencapaianKompetensi
MateriPembelajaran
KegiatanPembelajaran
Penilaian
SumberBelajar
Alokasiwaktu
1.
3.1 Menerapkankonsep torsi, momeninersia, titikberat, dan momentum sudutpadabendategar (statisdandinamis) dalamkehidupansehari- harimisalnyadalamolahraga
4.1 Membuatkaryayang menerapkankonseptitikberatdankesetimbanganbendategar
·         Menjelaskandefinisimomengaya
·         Menghitungbesarmomengaya
·         Menjelaskanpengertianmomeninersia
·         Menghitungmomeninersiapadabendatitikdanbendategar
·         Menjelaskanhubunganmomengayadanpercepatansudutmelaluianalogihukum II Newton
·         Menerapkankonsep torsi danmomeninersiadalamkehidupansehari-hari
·         Menghitungbesarenergikinetikrotasidanenergikinetik total benda yang menggelinging
·         Menghitungbesar momentum sudut
·         Menerapkanhukumkekekalan momentum sudutdalamkehidupansehari-hari
·         Menjelaskansyaratkesetimbanganpadabendategar
·         Menjelaskanmacam-macamkesetimbangan
·         Menentukanletaktitikberatsuatubendategar dari benda homogen dan heterogen
·         Menerapakankonsep torsi padakesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari
·      Merencanakandanmelakukanpercobaanuntukmenentukanletaktitikberatsuatubendahomogen.
Mengolahdanmenyaji data hasilpercobaantitikberat.
Faktual :
Momen gaya

Konseptual:
Momen Gaya, Momen Inersia, Kesetimbangan Benda, Benda Tegar; Hukum Kkekalan Momentum pada grak rotas

Prosedural
Titik Berat



·      Mengamati demonstrasi mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk mendefinisikanmomen gaya.
·       Mendiskusikan penerapan keseimbangan benda titik, benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya, penerapan konsep momen inersia, dinamika rotasi, dan penerapan hukum kekekalan momentum pada gerak rotasi.
·       Mengolah data hasil percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, menginterpretasi data dan grafik untuk menentukan karakteristik keseimbangan benda tegar
·       Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat
Sikap
Laporan Hasil Observasi dan Jurnal Guru
Pengetahuan
·      Lisan
·      Tulisan
·      Penugasan

Keterampilan
Portofolio
·         BukuSiswafisikakelas XI SMA
·         Buku Guru Fisika XI SMA



16 JP
2.






§ Menganalisisgeraktranslasidangerakrotasidirumuskansecarakuantitatif
§ Mendeskrifsikanpengaruh torsi diformulasikanpadakasuspengaruh torsi padabendadalamkaitannyadengangerakrotasibendatersebut
§ Menganalisisperbandingandinamikatranslasidanrotasi
§ MenjelaskanmomenInersia Benda Tegar
§ MenganalisisdinamikaRotasidanKeseimbangan Benda Tegar
§ Menentukankoordinattitikberatsuatubenda.
§ Membuatkarya yang menerapkankonseptitikberatdankeseimbanganbendategar
§ MenghitungGerakTranslasidanRotasi
§ Menyelesaikanmasalahtentangmomengaya, momeninersia , keseimbanganbendategardantitikberatbenda
§ Mengolah data percobaankedalamgrafik, menentukanpersamaangrafik, danmenginterpretasi data dangrafikuntukmenemukankarakteristikkeseimbanganbendategar












3.










4.












5.













_________, ____________
 Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                     Guru Mapel




______________________                                                                                                                      _______________________
NIP.                                                                                                                                                      NIP.