SILABUS FISIKA
Nama Sekolah : SMA
NEGERI 2 PARE
Kelas/Peminatan : XI / MIPA
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,santun,peduli(gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniorandengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
KI 4: Menunjukkanketerampilanmenalar,
mengolah, danmenyajisecara: efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dansolutif, dalamranahkonkretdanabstrakterkaitdenganpengembangandari
yang dipelajarinya di sekolah, sertamampumelaksanakantugasspesifik di
bawahpengawasanlangsung.
No.
|
KompetensiDasar
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
MateriPembelajaran
|
KegiatanPembelajaran
|
Penilaian
|
SumberBelajar
|
Alokasiwaktu
|
1.
|
3.1
Menerapkankonsep torsi, momeninersia, titikberat, dan momentum
sudutpadabendategar (statisdandinamis) dalamkehidupansehari-
harimisalnyadalamolahraga
4.1
Membuatkaryayang menerapkankonseptitikberatdankesetimbanganbendategar
|
·
Menjelaskandefinisimomengaya
·
Menghitungbesarmomengaya
·
Menjelaskanpengertianmomeninersia
·
Menghitungmomeninersiapadabendatitikdanbendategar
·
Menjelaskanhubunganmomengayadanpercepatansudutmelaluianalogihukum
II Newton
·
Menerapkankonsep torsi danmomeninersiadalamkehidupansehari-hari
·
Menghitungbesarenergikinetikrotasidanenergikinetik
total benda yang menggelinging
·
Menghitungbesar momentum sudut
·
Menerapkanhukumkekekalan momentum
sudutdalamkehidupansehari-hari
·
Menjelaskansyaratkesetimbanganpadabendategar
·
Menjelaskanmacam-macamkesetimbangan
·
Menentukanletaktitikberatsuatubendategar
dari benda homogen dan heterogen
·
Menerapakankonsep torsi
padakesetimbanganbendategardalamkehidupansehari-hari
· Merencanakandanmelakukanpercobaanuntukmenentukanletaktitikberatsuatubendahomogen.
Mengolahdanmenyaji
data hasilpercobaantitikberat.
|
Faktual :
Momen gaya
Konseptual:
Momen Gaya, Momen Inersia, Kesetimbangan Benda, Benda
Tegar; Hukum Kkekalan Momentum pada grak rotas
Prosedural
Titik Berat
|
·
Mengamati
demonstrasi mendorong
benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk mendefinisikanmomen gaya.
·
Mendiskusikan
penerapan keseimbangan
benda titik, benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya, penerapan konsep
momen inersia, dinamika rotasi, dan penerapan hukum kekekalan
momentum pada gerak rotasi.
·
Mengolah data hasil percobaan
ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, menginterpretasi data dan
grafik untuk menentukan karakteristik keseimbangan benda tegar
·
Mempresentasikan hasil
percobaan tentang titik berat
|
Sikap
Laporan Hasil Observasi dan Jurnal Guru
Pengetahuan
·
Lisan
·
Tulisan
·
Penugasan
Keterampilan
Portofolio
|
·
BukuSiswafisikakelas XI SMA
·
Buku
Guru Fisika XI SMA
|
16 JP
|
2.
|
|
§ Menganalisisgeraktranslasidangerakrotasidirumuskansecarakuantitatif
§ Mendeskrifsikanpengaruh torsi
diformulasikanpadakasuspengaruh torsi
padabendadalamkaitannyadengangerakrotasibendatersebut
§ Menganalisisperbandingandinamikatranslasidanrotasi
§ MenjelaskanmomenInersia Benda Tegar
§ MenganalisisdinamikaRotasidanKeseimbangan
Benda Tegar
§ Menentukankoordinattitikberatsuatubenda.
§ Membuatkarya yang
menerapkankonseptitikberatdankeseimbanganbendategar
§ MenghitungGerakTranslasidanRotasi
§ Menyelesaikanmasalahtentangmomengaya,
momeninersia , keseimbanganbendategardantitikberatbenda
§ Mengolah data percobaankedalamgrafik,
menentukanpersamaangrafik, danmenginterpretasi data dangrafikuntukmenemukankarakteristikkeseimbanganbendategar
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
_________, ____________
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel
______________________ _______________________
NIP. NIP.