SKRIPSI
Oleh :
TOHA
NPM : 2014.00.02.0.0054
PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA
ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM MADURA
PAMEKASAN
2018
“PANDANGAN
HUKUM ISLAM TERHADAP MOBILE MASJID”
SKRIPSI
Diajukan Kepada Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan
Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Menyelesaikan
Program Sarjana Hukum
Oleh :
TOHA
NPM : 2014.00.02.0.0054
PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA
ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM MADURA
PAMEKASAN
2018
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN
Saya
yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Toha
NPM :
2014.00.02.0.0054
Tempat
Tanggal Lahir : Pamekasan, 12
Desember, 2018
Alamat :
Dusun Tengah, Desa Gro’om, Kec. Proppo, Kab.
Pamekasan
Fakultas : Agama Islam
Prodi : Hukum
Keluarga Islam
Dengan
ini menyatakan bahwa Skripsi dengan judul: “Pandangan Hukum Islam Terhadap
Mobile Masjid” adalah hasil pekerjaan saya dan seluruh ide, pendapat, atau
materi dari sumber lain telah di kutip dengan cara penulisan referensi yang
sesuai.
Pernyataan
ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan jika pernyataan ini tidak sesuai
dengan kenyataan, maka saya bersedia menanggung sanksi yang akan dikenakan pada
saya termasuk pencabutan gelar sarjana yang nanti saya dapatkan.
Pamekasan, 20 Juli, 2018
Yang Membuat Pernyataan
TOHA
2014.00.02.0.0054
HALAMAN PERSETUJUAN
Skripsi Berjudul “Pandangan Hukum Islam terhadap Mobile Masjid”
oleh Toha telah diperiksa dan disetujui untuk diuji.
Pamekasan, 08 Juli, 2018
Dosen Pembimbing
Drs. ABD. GHOFFAR, M.H.I
NIDN :0712026402
HALAMAN PENGESAHAN
Skripsi
Berjudul “Pandangan Hukum Islam Terhadap Mobile Masjid” yang disusun oleh Toha telah
dipertahankan di depan dewan penguji Skripsi pada Hari Sabtu Tanggal 28 Juli
2018.
DewanPenguji
1.
Drs. Abd. Ghoffar, M.H.I. (Penguji1) (……………………………)
2.
Akhmad Farid Mawardi S., M.HI. (Penguji
2) (……………………………)
3.
Moh. Kholil, M.Fil.I. (Penguji
2) (……………………………)
Pamekasan, 28 Juli 2018
Mengesahkan
Dekan Fakultas
Agama Islam
Universitas
Islam Madura
ATNAWI, S. Ag.,
M.Pd
NIDN.
0716067301
ABSTRAK
Toha, 2018.
Pandangan hukum islam terhadap Mobile Masjid. Skripisi, Program Studi Hukum
Keluarga Islam, Universitas Islam Madura Pamekasan, Pembimbing: Drs. Abd.
Ghoffar, M.H.I
Kata Kunci: Pandangan Hukum
Islam terhadap Mobile Masjid.
Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang menjadi pokok
kajian. Pertama: Bagaimana pandangan hukum
islam terhadap “Mobile Masjid” sebagai sarana ibadah shalat jum’at dan i’tikaf.
Kedua: Bagaimana pemanfaatan “Mobile Masjid” untuk kegiatan non ibadah menurut
hukum Islam. Ketiga: Adakah keutamaan melakukan ibadah di “Mobile
Masjid”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Normatif dan Kompratif dengan metode pengumpulan data Study Dokumentasi yang mana dalam penelitian ini data-data diperoleh dan
dikumpulkan dari beberapa kitab atau buku yang menjelaskan tentang hukum mobile
masjid. Penelitian tersebut di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif
analisis dengan pola pikir induktif komperatif.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
bahwa Pertama, Hukum Islam tidak memperbolehkan melakukan ibadah i’tikaf
di Mobile Masjid, adapun melakukan shalat jum’at di mobile masjid ditafsil,
menurut imam malik tidak sah di selain masjid, menurut selain imam malik boleh
atau sah di selain masjid. Kedua, Islam memperbolehkan pemanfa’atan
mobile masjid untuk kepentingan kgiatan selain ibadah karena statusnya yang
bukan masjid. Ketiga, Islam tidak membenarkan adanya keutamaan melakukan
ibadah di selain masjid terkecuali pada hal-hal tertentu.
Dengan
demikian, dari hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan dan
pencerahan bagi seluruh umat islam yang ada di indonesia khususnya dan seluruh
umat islam di dunia pada umumnya, sehingga mereka bisa memahami hukum-hukum
yang berkaitan dengan masjid sehingga ibadah yang dilakukan tidak sia-sia.
PEDOMAN TRANSLITERASI
Keputusan
Bersama Menteri Agama dan Menteri P dan K
Nomor:
158 Tahun 1987 – Nomor: 0543 b/u/1987
1.
Konsonan
No
|
Arab
|
Latin
|
Ket.
|
No.
|
Arab
|
Latin
|
Ket.
|
1
|
ا
|
Tidak
di lambangkan
|
|
16
|
ط
|
ṭ
|
T dengan titik
di bawahnya
|
2
|
ب
|
B
|
|
17
|
ظ
|
ẓ
|
z
dengan titik di bawahnya
|
3
|
ت
|
T
|
|
18
|
ع
|
‘
|
|
4
|
ث
|
ṡ
|
S
dengan titik di atasnya
|
19
|
غ
|
g
|
|
5
|
ج
|
J
|
|
20
|
ف
|
f
|
|
6
|
ح
|
ḥ
|
H
dengan titik di bawahnya
|
21
|
ق
|
q
|
|
7
|
خ
|
Kh
|
|
22
|
ك
|
k
|
|
8
|
د
|
D
|
|
23
|
ل
|
l
|
|
9
|
ذ
|
Ż
|
z
dengan titik di atasnya
|
24
|
م
|
m
|
|
10
|
ر
|
R
|
|
25
|
ن
|
n
|
|
11
|
ز
|
Z
|
|
26
|
و
|
w
|
|
12
|
س
|
S
|
|
27
|
ه
|
h
|
|
13
|
ش
|
Sy
|
|
28
|
ء
|
᾽
|
|
14
|
ص
|
ṣ
|
S
dengan titik di bawahnya
|
29
|
ي
|
y
|
|
15
|
ض
|
ḍ
|
D
dengan titik di bawahnya
|
|
|
|
|
2.
Vokal
Vokal
dalam bahasa Arab sama seperti vocal dalam bahasa Indonesia, yaitu terdiri dari
vocal tunggal atau monoftong dan vocal rangkap atau diftong.
1.
Vocal Tunggal
Vokal
tunggal dalam bahasa Arab yang lambangnya berupa tanda atau harkat,
transliterasinya sebagai berikut:
Tanda
|
Nama
|
Huruf Latin
|
هَ
|
Fathah
|
A
|
هِ
|
Kasroh
|
I
|
هُ
|
Dammah
|
U
|
2.
Vocal Rangkap
Vokal
rangkap dalam bahasa Arab yang lambangnya berup agabungan antara harkat dan huruf,
transliterainya sebagai berikut:
Tanda
|
Nama
|
Huruf Latin
|
هَ ي
|
Fathah dan ya
|
Ai
|
هَ
و
|
Fathah dan waw
|
Au
|
Contoh :
كَيْفَ: Kaifa
|
حَوْلَ : Haula
|
3.
Maddah
Maddah
atau vocal panjang yang lambangnya berupa gabungan antara harkat danh uruf,
transliterasinya sebagai berikut:
Tanda
dan Huruf
|
Nama
|
Huruf
dan Tanda
|
هَ
ا/ي
|
Fathah
dan alif atau ya
|
Ā
|
هَ
ي
|
Fathah
dan ya
|
Ī
|
هَ
و
|
Fathah
dan waw
|
Ū
|
Contoh:
قَالَ: qāla
|
قِيْلَ: qīla
|
رَمَى: ramā
|
يَقُوْلُ: yaqūlu
|
4.
Ta Marbutah ( ة )
Ada 2 (dua) transliterasi bagi ta marbutah :
a.
Ta Marbutah(ة ) hidup, yaitu Ta Marbutah ( ة ) yang hidup atau mendapat harkat fatḥah,
kasrah dan ḍammah. Transliterasinya adalah t.
b.
Ta Marbutah(ة ) mati, yaitu Ta Marbutah ( ة ) yang mati atau mendapat
harkat sukun. Transliterasinya adalah h.
c.
Bila suatu kata berakhiran dengan huruf Ta Marbutah(ة ) dan diikuti oleh kata
yang menggunakan kata sandang al, serta bacaan kedua kata tersebut terpisah,
maka Ta Marbutah ( ة ) itu di transliterasi dengan h.
Contoh:
رَوْضَةُ الْقُرْأَنْ : Rauḍah al-Quran
المَدِ يْنَةُ المُنَوَّرَةْ : al-Madinah
al-Munawwarah
طَلْحَةْ : ṭalḥah
Catatan :
1.
Nama orang berkebangsaan Indonesia ditulis seperti biasa tanpa transliterasi,
seperti M. Syuhudi Ismail. Sedangkan nama-nama
lainnya ditulis sesuai kaidah penerjemahan. Contoh: Ḥamadi bin Sulaiman.
2.
Nama Negara dan kota ditulis menurut ejaan bahasa Indonesia, seperti:
Mesir, bukan misr; Beirut, bukan Bayrut; dan sebagainya.
3.
Kata-kata yang sudah dipakai (serapan) dalam bahasa Indonesia tidak
di transliterasi. Contoh: tasauf, bukan tasawuf.
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat, hidayah serta kekuatan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini
dengan judul “Pandangan Hukum Islam Terhadap Mobile Masjid”.
Shalawat serta salam semoga tetap
tercurahkan kepada junjungan kita yang telah merubah tatanan sosial dari alam
yang penuh dengan kegelapanmenuju alam yang penuh cahaya ilmu yakni agama
islam.
Terwujudnya Skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak
yang telah mendorong dan membimbing penulis, baik tenaga, ide-ide, maupun pemikiran.
Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada :.
1.
Kedua Orang Tua saya yang berkat perjuangan merekalah saya bisa
melanjutkan kuliah dan sampai pada penyelesaian tugas akhir skripsi ini.
2.
Kepada Yth. Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum Bettet Pamekasan beserta
majlis keluarga besarnya, yang berkat beliaulah saya bisa berada disini dan
menyelesaikan skripsi ini.
3.
Kepada Yth. Bapak Ahmad, S.Ag., M.Pd, selaku Rektor Universitas
Islam Madura Pamekasan.
4.
Kepada Yth. Bapak Mujiburrahman, M.Th.I, selaku Ka. Prodi Hukum
Keluarga Islam dan Bapak Akhmad farid Mawardi Sufyan M.H.I selaku Sek. Prodi Ahwal
Syakhsiyah yang telah memberikan bimbingan, dukungan, menerima dan memberikan dosen
pembimbing untuk terselesaikannya skripsi ini.
5.
Kepada Yth. Bapak Atnawi,S.Ag., M.Pd, selaku Dekan Fakultas Agama
Islam yang telah memberikan banyak dorongan, ilmu, sehingga saya bisa menyelesaikan
skripsi ini.
6.
Kepada Yth. Bapak Drs. Abd. Ghoffar, M.H.I, selaku pembimbing saya
dalam penyelsaian skripsi yang penulis tulis ini.
7.
Kepada semua civitas akademik, semua guru, teman-teman saya dan seluruh
pihak yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu persatu yang telah ikut membantu
terselesainya skripsi ini,
Semoga segala bantuan yang tidak ternilai harganya ini mendapat imbalan
pahala di sisi Allah SWT dan di catat sebagai amal ibadah, Amin.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan,
oleh karena itu kritik saran yang membangun dari berbagai pihak sangat penulis harapkan
demi perbaikan-perbaikan kedepan.
Pamekasan, 05 Juli 2018
Penulis
TOHA
NPM : 2014.00.02.0.0054
DAFTAR ISI
A. Latar Belakang Masalah............................................................................ 1
B. Rumusan Masalah...................................................................................... 3
C.
Tujuan
Penelitian....................................................................................... 4
D. Kegunaan Penelitian.................................................................................. 4
E.
Definisi
Istilah........................................................................................... 5
F.
Penelitian Terdahulu.................................................................................. 8
BAB II : KAJIAN PUSTAKA .......................................................................... 10
A.
Mobile
Masjid sebagai sarana ibadah shalat jum’at dan i’tikaf ............. 10
1.
Masjid
.............................................................................................. 10
a.
Devinisi
masjid ........................................................................... 10
b.
Syarat-Syarat
Masjid .................................................................. 12
c.
Ta’addud
al-Masajid................................................................... 22
2.
Mobile
Masjid Masjid ...................................................................... 24
a.
Penjelasan
Mobile Masjid Masjid .............................................. 24
b.
Status
Hukum Mobile Masjid .................................................... 31
3.
Shalat
jum’at..................................................................................... 33
a.
Pengertian Shalat Jum’at....................................................... 33
b.
Hukum Shalat Jum’at............................................................ 34
c.
Kewajiban Mengerjakan ShalatJum’at.................................. 35
d.
orang-orang yang berkewajiban menunaikan shalat Jum’at.. 36
e.
Syarat sah shalat Jum’at........................................................ 36
f.
Waktu Shalat Jum’at............................................................. 37
g.
Tempat Penyelenggaraan shalat Jum’at................................ 38
h.
Ta’addud
al-Jum’at .............................................................. 39
4.
I’tikaf
............................................................................................... 60
a.
Pengertian............................................................................. 60
b.
Dalil
I’tikaf........................................................................... 60
c.
Macam-macam
I’tikaf........................................................... 61
d.
Lamanya
waktu I’tikaf......................................................... 64
e.
Syarat-syarat
I’tikaf.............................................................. 65
B. Kegiatan Non ibadah ............................................................................. 68
1.
Di
Masjid ......................................................................................... 68
2.
Di
selain masjid ................................................................................ 70
C.
Keutamaan
melakukan ibadah ............................................................... 72
1.
Di
Masjid.......................................................................................... 72
2.
Di
selain Masjid ............................................................................... 73
BAB III : METODE PENELITIAN................................................................. 76
A.
Jenis
Penelitian ..................................................................................... 76
B.
Pendekatan
Penelitian........................................................................... 76
C.
Sumber
Data......................................................................................... 77
D.
Prosedur
Pengumpulan data................................................................. 77
E.
Analisis
Data......................................................................................... 78
BAB IV : PEMBAHASAN DAN HASIL
PENELITIAN.............................. 79
A.
Pandangan Hukum
Islam terhadap“Mobile Masjid” sebagai sarana ibadah i’tikaf dan shalat jum’at 79
1.
Hukum
shalat jum’at di mobil masjid............................................ 79
2.
Hukum
i’tikaf di mobil masjid...................................................... 81
B.
Pemanfaatan “Mobile
Masjid” untuk kegiatan non ibadah menurut hukum Islam 83
C.
Keutamaan
melakukan ibadah di “Mobile Masjid”.............................. 86
BAB V : PENUTUP
.......................................................................................... 89
A.
Kesimpulan........................................................................................... 89
B.
Saran
.................................................................................................... 90
Daftar Rujukan ..................................................................................................... 91
Lampiran............................................................................................................... 93
Daftar Riwayat Hidup.......................................................................................... 95
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1. Gambar Mobile Masjid.
Lampiran
2. Daftar Riwayat Hidup.