Wednesday 13 March 2019

“PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP MOBILE MASJID”



SKRIPSI



Description: Description: Description: Description: LOGO UIM
 









Oleh :
TOHA
NPM : 2014.00.02.0.0054



PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM MADURA
PAMEKASAN
2018

 



“PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP MOBILE MASJID”

SKRIPSI


Diajukan Kepada Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan
Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Menyelesaikan
Program Sarjana Hukum

Description: Description: Description: Description: LOGO UIM
 










Oleh :
TOHA
NPM : 2014.00.02.0.0054


PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM MADURA
PAMEKASAN
2018

PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                                       : Toha
NPM                                       : 2014.00.02.0.0054
Tempat Tanggal Lahir             : Pamekasan, 12 Desember, 2018
Alamat                                                : Dusun Tengah, Desa Gro’om, Kec. Proppo, Kab.
Pamekasan
Fakultas                                   : Agama Islam
Prodi                                       : Hukum Keluarga Islam

Dengan ini menyatakan bahwa Skripsi dengan judul: “Pandangan Hukum Islam Terhadap Mobile Masjid” adalah hasil pekerjaan saya dan seluruh ide, pendapat, atau materi dari sumber lain telah di kutip dengan cara penulisan referensi yang sesuai.
Pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan jika pernyataan ini tidak sesuai dengan kenyataan, maka saya bersedia menanggung sanksi yang akan dikenakan pada saya termasuk pencabutan gelar sarjana yang nanti saya dapatkan.

                Pamekasan, 20 Juli, 2018
                Yang Membuat Pernyataan


               TOHA
                2014.00.02.0.0054


HALAMAN PERSETUJUAN

Skripsi Berjudul “Pandangan Hukum Islam terhadap Mobile Masjid” oleh Toha telah diperiksa dan disetujui untuk diuji.









Pamekasan, 08 Juli, 2018
Dosen Pembimbing



Drs. ABD. GHOFFAR, M.H.I
NIDN :0712026402

HALAMAN PENGESAHAN

Skripsi Berjudul “Pandangan Hukum Islam Terhadap Mobile Masjid” yang disusun oleh Toha telah dipertahankan di depan dewan penguji Skripsi pada Hari Sabtu Tanggal 28 Juli 2018.
DewanPenguji
1.    Drs. Abd. Ghoffar, M.H.I.                        (Penguji1)        (……………………………)
2.    Akhmad Farid Mawardi S., M.HI.            (Penguji 2)       (……………………………)
3.    Moh. Kholil, M.Fil.I.                      (Penguji 2)       (……………………………)
Pamekasan, 28 Juli  2018

Mengesahkan
Dekan Fakultas Agama Islam
Universitas Islam Madura



ATNAWI, S. Ag., M.Pd
NIDN. 0716067301







ABSTRAK

Toha, 2018. Pandangan hukum islam terhadap Mobile Masjid. Skripisi, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Madura Pamekasan, Pembimbing: Drs. Abd. Ghoffar, M.H.I

Kata Kunci: Pandangan Hukum Islam terhadap Mobile Masjid.

Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian. Pertama: Bagaimana pandangan hukum islam terhadap “Mobile Masjid” sebagai sarana ibadah shalat jum’at dan i’tikaf. Kedua: Bagaimana pemanfaatan “Mobile Masjid” untuk kegiatan non ibadah menurut hukum Islam. Ketiga: Adakah keutamaan melakukan ibadah di “Mobile Masjid”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Normatif dan Kompratif dengan metode pengumpulan data Study Dokumentasi yang mana dalam penelitian ini data-data diperoleh dan dikumpulkan dari beberapa kitab atau buku yang menjelaskan tentang hukum mobile masjid. Penelitian tersebut di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif komperatif.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa Pertama, Hukum Islam tidak memperbolehkan melakukan ibadah i’tikaf di Mobile Masjid, adapun melakukan shalat jum’at di mobile masjid ditafsil, menurut imam malik tidak sah di selain masjid, menurut selain imam malik boleh atau sah di selain masjid. Kedua, Islam memperbolehkan pemanfa’atan mobile masjid untuk kepentingan kgiatan selain ibadah karena statusnya yang bukan masjid. Ketiga, Islam tidak membenarkan adanya keutamaan melakukan ibadah di selain masjid terkecuali pada hal-hal tertentu.
Dengan demikian, dari hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan dan pencerahan bagi seluruh umat islam yang ada di indonesia khususnya dan seluruh umat islam di dunia pada umumnya, sehingga mereka bisa memahami hukum-hukum yang berkaitan dengan masjid sehingga ibadah yang dilakukan tidak sia-sia.











PEDOMAN TRANSLITERASI

Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri P dan K
Nomor: 158 Tahun 1987 – Nomor: 0543 b/u/1987
1.    Konsonan

No
Arab
Latin
Ket.
No.
Arab
Latin
Ket.
1
ا
Tidak di lambangkan

16
ط
T dengan titik di bawahnya
2
ب
B

17
ظ
z dengan titik di bawahnya
3
ت
T

18
ع

4
ث
S dengan titik di atasnya
19
غ
g

5
ج
J

20
ف
f

6
ح
H dengan titik di bawahnya
21
ق
q

7
خ
Kh

22
ك
k

8
د
D

23
ل
l

9
ذ
Ż
z dengan titik di atasnya
24
م
m

10
ر
R

25
ن
n

11
ز
Z

26
و
w

12
س
S

27
ه
h

13
ش
Sy

28
ء

14
ص
S dengan titik di bawahnya
29
ي
y

15
ض
D dengan titik di bawahnya






2.    Vokal
Vokal dalam bahasa Arab sama seperti vocal dalam bahasa Indonesia, yaitu terdiri dari vocal tunggal atau monoftong dan vocal rangkap atau diftong.
1.    Vocal Tunggal
Vokal tunggal dalam bahasa Arab yang lambangnya berupa tanda atau harkat, transliterasinya sebagai berikut:
Tanda
Nama
Huruf Latin
هَ
Fathah
A
هِ
Kasroh
I
هُ
Dammah
U

2.    Vocal Rangkap
Vokal rangkap dalam bahasa Arab yang lambangnya berup agabungan antara harkat dan huruf, transliterainya sebagai berikut:
Tanda
Nama
Huruf Latin
 هَ ي
Fathah dan ya
Ai
هَ و
Fathah dan waw
Au

Contoh :
كَيْفَ: Kaifa
حَوْلَ  : Haula
3.    Maddah
Maddah atau vocal panjang yang lambangnya berupa gabungan antara harkat danh uruf, transliterasinya sebagai berikut:
Tanda dan Huruf
Nama
Huruf dan Tanda
هَ ا/ي
Fathah dan alif atau ya
Ā
هَ ي
Fathah dan ya
Ī
هَ و
Fathah dan waw
Ū

Contoh:
قَالَ: qāla
قِيْلَ: qīla
رَمَى: ramā
يَقُوْلُ: yaqūlu

4.    Ta Marbutah ( ة )
Ada 2 (dua) transliterasi bagi ta marbutah :
a.    Ta Marbutah(ة ) hidup, yaitu Ta Marbutah ( ة  ) yang hidup atau mendapat harkat fatḥah, kasrah dan ḍammah. Transliterasinya adalah t.
b.    Ta Marbutah(ة ) mati, yaitu Ta Marbutah ( ة ) yang mati atau mendapat harkat sukun. Transliterasinya adalah h.
c.    Bila suatu kata berakhiran dengan huruf Ta Marbutah(ة ) dan diikuti oleh kata yang menggunakan kata sandang al, serta bacaan kedua kata tersebut terpisah, maka Ta Marbutah ( ة ) itu di transliterasi dengan h.
Contoh:
رَوْضَةُ الْقُرْأَنْ                       : Rauḍah al-Quran
المَدِ يْنَةُ المُنَوَّرَةْ          : al-Madinah al-Munawwarah
طَلْحَةْ                    :   ṭalḥah
Catatan :
1.    Nama orang berkebangsaan Indonesia ditulis seperti biasa tanpa transliterasi, seperti  M. Syuhudi Ismail. Sedangkan nama-nama lainnya ditulis sesuai kaidah penerjemahan. Contoh: Ḥamadi bin Sulaiman.
2.    Nama Negara dan kota ditulis menurut ejaan bahasa Indonesia, seperti: Mesir, bukan misr; Beirut, bukan Bayrut; dan sebagainya.
3.    Kata-kata yang sudah dipakai (serapan) dalam bahasa Indonesia tidak di transliterasi. Contoh: tasauf, bukan tasawuf.



















KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta kekuatan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Pandangan Hukum Islam Terhadap Mobile Masjid”.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita yang telah merubah tatanan sosial dari alam yang penuh dengan kegelapanmenuju alam yang penuh cahaya ilmu yakni agama islam.
Terwujudnya Skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak yang telah mendorong dan membimbing penulis, baik tenaga, ide-ide, maupun pemikiran. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :.
1.    Kedua Orang Tua saya yang berkat perjuangan merekalah saya bisa melanjutkan kuliah dan sampai pada penyelesaian tugas akhir skripsi ini.
2.    Kepada Yth. Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum Bettet Pamekasan beserta majlis keluarga besarnya, yang berkat beliaulah saya bisa berada disini dan menyelesaikan skripsi ini.
3.    Kepada Yth. Bapak Ahmad, S.Ag., M.Pd, selaku Rektor Universitas Islam Madura Pamekasan.
4.    Kepada Yth. Bapak Mujiburrahman, M.Th.I, selaku Ka. Prodi Hukum Keluarga Islam dan Bapak Akhmad farid Mawardi Sufyan M.H.I selaku Sek. Prodi Ahwal Syakhsiyah yang telah memberikan bimbingan, dukungan, menerima dan memberikan dosen pembimbing untuk terselesaikannya skripsi ini.
5.    Kepada Yth. Bapak Atnawi,S.Ag., M.Pd, selaku Dekan Fakultas Agama Islam yang telah memberikan banyak dorongan, ilmu, sehingga saya bisa menyelesaikan skripsi ini.
6.    Kepada Yth. Bapak Drs. Abd. Ghoffar, M.H.I, selaku pembimbing saya dalam penyelsaian skripsi yang penulis tulis ini.
7.    Kepada semua civitas akademik, semua guru, teman-teman saya dan seluruh pihak yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu persatu yang telah ikut membantu terselesainya skripsi ini,
Semoga segala bantuan yang tidak ternilai harganya ini mendapat imbalan pahala di sisi Allah SWT dan di catat sebagai amal ibadah, Amin.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik saran yang membangun dari berbagai pihak sangat penulis harapkan demi perbaikan-perbaikan kedepan.
                                                                           Pamekasan, 05 Juli 2018
Penulis

TOHA
NPM : 2014.00.02.0.0054








DAFTAR ISI



A.  Latar Belakang Masalah............................................................................ 1
B.  Rumusan Masalah...................................................................................... 3
C.  Tujuan Penelitian....................................................................................... 4
D.  Kegunaan Penelitian.................................................................................. 4
E.   Definisi Istilah........................................................................................... 5
F.   Penelitian Terdahulu.................................................................................. 8

BAB II : KAJIAN PUSTAKA .......................................................................... 10
A.  Mobile Masjid sebagai sarana ibadah shalat jum’at dan i’tikaf ............. 10
1.      Masjid .............................................................................................. 10
a.    Devinisi masjid ........................................................................... 10
b.    Syarat-Syarat Masjid .................................................................. 12
c.    Ta’addud al-Masajid................................................................... 22
2.      Mobile Masjid Masjid ...................................................................... 24
a.       Penjelasan Mobile Masjid Masjid .............................................. 24
b.      Status Hukum Mobile Masjid .................................................... 31
3.      Shalat jum’at..................................................................................... 33
a.       Pengertian Shalat Jum’at....................................................... 33
b.      Hukum Shalat Jum’at............................................................ 34
c.       Kewajiban Mengerjakan ShalatJum’at.................................. 35
d.      orang-orang yang berkewajiban menunaikan shalat Jum’at.. 36
e.       Syarat sah shalat Jum’at........................................................ 36
f.       Waktu Shalat Jum’at............................................................. 37
g.      Tempat Penyelenggaraan shalat Jum’at................................ 38
h.      Ta’addud al-Jum’at .............................................................. 39
4.      I’tikaf ............................................................................................... 60
a.       Pengertian............................................................................. 60
b.      Dalil I’tikaf........................................................................... 60
c.       Macam-macam I’tikaf........................................................... 61
d.      Lamanya waktu I’tikaf......................................................... 64
e.       Syarat-syarat I’tikaf.............................................................. 65
B.  Kegiatan Non ibadah ............................................................................. 68
1.      Di Masjid ......................................................................................... 68
2.      Di selain masjid ................................................................................ 70
C.     Keutamaan melakukan ibadah ............................................................... 72
1.      Di Masjid.......................................................................................... 72
2.      Di selain Masjid ............................................................................... 73

BAB III : METODE PENELITIAN................................................................. 76
A.      Jenis Penelitian ..................................................................................... 76
B.       Pendekatan Penelitian........................................................................... 76
C.       Sumber Data......................................................................................... 77
D.      Prosedur Pengumpulan data................................................................. 77
E.       Analisis Data......................................................................................... 78

BAB IV : PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN.............................. 79
A.      Pandangan Hukum Islam terhadap“Mobile Masjid” sebagai sarana ibadah i’tikaf dan shalat jum’at       79
1.         Hukum shalat jum’at di mobil masjid............................................ 79
2.         Hukum i’tikaf di mobil masjid...................................................... 81
B.       Pemanfaatan “Mobile Masjid” untuk kegiatan non ibadah menurut hukum Islam            83
C.       Keutamaan melakukan ibadah di “Mobile Masjid”.............................. 86

BAB V : PENUTUP .......................................................................................... 89
A.      Kesimpulan........................................................................................... 89
B.       Saran .................................................................................................... 90
Daftar Rujukan ..................................................................................................... 91
Lampiran............................................................................................................... 93
Daftar Riwayat Hidup.......................................................................................... 95








DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1. Gambar Mobile Masjid.
Lampiran 2. Daftar Riwayat Hidup.