Tuesday, 12 March 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : MTs Negeri 3 Pamekasan
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Tema                           : Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema                    : Telaah Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester           : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi Waktu                       : 2 JP (1 Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
1
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2
KI-2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3
KI-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4
KI-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.
3.2    Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.  

3.1.1      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2      Menentukan  ciri  teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
3.2.1      Merinci bagian-bagian  struktur teks  deskripsi
3.2.2      Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.3      Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4      Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5      Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

2
4.1    Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)  yang didengar dan dibaca.
4.2  Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
4.1.1      Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2      Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.2.1        Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.2.2      Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3      Menyajikan secara lisan  teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek

C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
Fokus nilai-nilai sikap
1.      Peduli
2.      Jujur berkarya
3.      Tanggung jawab
4.      Toleran
5.      Kerjasama
6.      Proaktif
7.      kreatif

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Ø  Sekolah Kebanggaanku adalah salah satu contoh judul  teks tanggapan deskripti
b. Konsep
Ø  Pengertian teks deskripsi, Isi teks deskripsi, Ciri umum teks deskripsi
c. Prinsip
Ø  Struktur Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d. Prosedur
Ø  Menyusun Teks deskripsi
2.      Materi pembelajaran remedial
a.    Menelaah kembali teks yang di tulis dengan menggunakan rubric
b.    Rubrik menulis teks tanggapan deskriptif
3.      Materi pembelajaran pengayaan
a.    Penggunaan  Huruf Kapital dan  Tanda Koma pada Teks Deskrisi

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Modul/bahan ajar,
4.      Internet,
5.      Sumber lain yang  relevan

H.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit )
Waktu
v Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
Ø  Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
§  Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengongkretkan
§  Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra
§  Penggunaan Kata  dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§  Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
·         Mengingatkan kembali materi prasyaratdengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
·         Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta Mengamati Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Peserta didik diminta Mengamati Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
·         Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
·         Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
·         Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati

Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang : Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi dan Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Carilah tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah?
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
v  Mencari informasi tentang :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
v  Aktivitas:
Ø  peserta didik diminta mecari tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah. Tayangkan dan jadilah reporter acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Peserta didik diminta Membaca Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta Membaca Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: kesesuaian gambar dengan deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Menjadi reporter acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang: Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskrips dan Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskrips dan Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan 
Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskrips dan Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskrips dan Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit

v Penutup
Pesertadidik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit

                                           
Mengetahui                                                                                                          Pamekasan, 12 Juli 2018
                                                                                                     
Kepala MTS Negeri 3 Pamekasan                                                                       Guru Mata Pelajaran 


H.MOHAMMAD HOLIS, S.Ag.M.Si                                                            Elly Kurnianingsih, S.Pd
NIP. 198008142005012011                                                                             NIP. 198008142005012011














2. Pertemuan Ke-2 (2 x 40 menit )
Waktu
v Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø  Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
·         Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menulis Teks Deskripsi dan Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Menulis Teks Deskripsi
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang langkah menyusun teks deskripsi
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang kerangka bagian-bagian yang akan dideskripsikan
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Menulis Teks Deskripsi
§  Menyusun teks deskripsi
§  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Menulis Teks Deskripsi
§  Menyusun teks deskripsi
§  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Menulis Teks Deskripsi
§  Menyusun teks deskripsi
§  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi

Menanya
Ø  Mengajukan pertanyaan tentang : Menulis Teks Deskripsi  yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Buatlah kerangka bagian-bagian yang akan di deskripsikan ?
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Menulis Teks Deskripsi
§  Menyusun teks deskripsi
§  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v  Mencari informasi tentang :
Ø  Menulis Teks Deskripsi
§  Menyusun teks deskripsi
§  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v  Aktivitas:
Ø  Peserta didik diminta membuat kerangka yang akan di deskripsikan
Ø  Peserta didik diminta menentukan subjek yang akan di dekkripsikan
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Menulis Teks Deskripsi
Ø  Menyusun teks deskripsi
Ø  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Gunakan variasi kata secara menarik
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang:
Ø  Menulis Teks Deskripsi
Ø  Menyusun teks deskripsi
Ø  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan:
Ø  Menulis Teks Deskripsi
Ø  Menyusun teks deskripsi
Ø  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi

Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang :
Ø  Menulis Teks Deskripsi
Ø  Menyusun teks deskripsi
Ø  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang :
Ø  Menulis Teks Deskripsi
Ø  Menyusun teks deskripsi
Ø  Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit

v Penutup
Peserta didik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit

3. Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit )
Waktu
v Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v  Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v  Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø  Menulis Teks Deskripsi dan Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·         Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø  Menyunting Teks Deskripsi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung Mengajukan pertanyaan.
v  Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan  mekanisme pelaksanaan  pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
v Mengamati
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Menyunting Teks Deskripsi
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø  Menyunting Teks Deskripsi
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø  Menyunting Teks Deskripsi
v Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø  Menyunting Teks Deskripsi
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   Menyunting Teks Deskripsi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya  :
Ø  Sebutkan langkah-langkah menyusun teks deskripsi
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v  Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Mendemontrasikan tentang 
v  Memperagakan
v  Mengumpulkan informasi :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyunting Teks Deskripsi
v  Mencari informasi tentang :
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyunting Teks Deskripsi
v  Aktivitas:
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan menelaah kembali teks yang di tulis dengan menggunakan rubrik
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
v  Membaca :
Ø  Peserta didik diminta untuk membaca materi yang berhubungan dengan Menyunting Teks Deskripsi
v  Mendiskusikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang mengungkapkan objek khusus
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang kosakata yang segar dan bervariasi
v  Mengulang
v  Mempresentasikan ulang
v  Saling tukar informasi tentang:
Ø  Menyunting Teks Deskripsi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan
v  Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan:
Ø  Menyunting Teks Deskripsi

Mengkomunikasikan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang :
Ø  Menyunting Teks Deskripsi
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan tertulis tentang
Ø  Menyunting Teks Deskripsi
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
60
menit

v Penutup
Pesertadidik :
v  Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah.
v  Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Ø  Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
v  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
10
menit

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritual dan Sosial)
1)      Observasi (jurnal)
2)      Penilaian diri
3)      Penilaian antarteman

b.  Pengetahuan
1)      Ter tertulis

c.  Keterampilan
1)      Kinerja
2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)      Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)      Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø  Menelaah kembali teks yang di tulis dengan menggunakan rubric
Ø  Rubrik menulis teks tanggapan deskriptif
b.      Pengayaan
1)      Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)      Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)      Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø  Penggunaan  Huruf Kapital dan  Tanda Koma pada Teks Deskrisi


                                                                                                                       Pamekasan ,12 Juli 2018

                                                                                                                                                                                           Mengetahui
Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan                                                                 Guru Mata Pelajaran




H.MOHAMMAD HOLIS,S.Ag.M.Si                                                           ELLY KURNIANINGSIH,S.Pd   
NIP . 19750325 199803 1 001                                                                      NIP.19800814 200501 2 011