RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Negeri 3 Pamekasan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema : Telaah Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 2 JP (1 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
No
|
Kompetensi Inti
|
1
|
KI-1
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
2
|
KI-2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
3
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4
|
KI-4
|
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1
|
3.1
Mengidentifikasi informasi
dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
3.2
Menelaah struktur dan unsur
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
3.1.1
Menentukan ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2
Menentukan ciri
teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
3.2.1
Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.2
Menentukan bagian
identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.3
Menentukan variasi pola
pengembangan teks deskripsi
3.2.4
Menelaah bagian struktur yang
sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5
Menentukan dan memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
|
2
|
4.1
Menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
4
4.1
4.2 Menyajikan data,
gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat
wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis
dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara
lisan dan tulis.
|
4.1.1
Memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
4.1.2
Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.2
4.2.1
Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.2.2
Menulis teks deskripsi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3
Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara
televisi mendeskripsikan objek
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menentukan
ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
2.
Menentukan
ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.
Menentukan
jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
Fokus nilai-nilai
sikap
1.
Peduli
2.
Jujur
berkarya
3.
Tanggung
jawab
4.
Toleran
5.
Kerjasama
6.
Proaktif
7.
kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Ø
Sekolah Kebanggaanku adalah salah satu contoh
judul teks tanggapan deskripti
b. Konsep
Ø Pengertian teks deskripsi, Isi teks deskripsi, Ciri umum teks deskripsi
c. Prinsip
Ø Struktur
Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d. Prosedur
Ø
Menyusun Teks deskripsi
2.
Materi pembelajaran remedial
a.
Menelaah kembali teks yang di
tulis dengan menggunakan rubric
b.
Rubrik menulis teks tanggapan deskriptif
3.
Materi pembelajaran pengayaan
a.
Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Koma pada Teks Deskrisi
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2.
Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang
relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v
Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
Ø
Menelaah Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
§
Penggunaan Kalimat Perincian
untuk Mengongkretkan
§
Penggunaan Kalimat yang
Menggunakan Cerapan Pancaindra
§
Penggunaan Kata dengan Kata Dasar (k, p, t, s)
§ Penggunaan Sinonim pada Teks Deskripsi
·
Mengingatkan kembali materi prasyaratdengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø
Menyajikan Lisan dan Menulis
Teks Deskripsi
·
Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan dari Video yang Diamati
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan
pertanyaan.
v
Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Peserta didik diminta
Mengamati Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan dari Video yang Diamati
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Menyajikan Lisan dan Menulis
Teks Deskripsi
·
Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan dari Video yang Diamati
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan
oleh guru tentang
Ø
Menyajikan Lisan dan Menulis
Teks Deskripsi
·
Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan dari Video yang Diamati
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø
Menyajikan Lisan dan Menulis
Teks Deskripsi
·
Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan dari Video yang Diamati
|
Menanya
Mengajukan
pertanyaan tentang : Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi dan Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan dari Video yang Diamati yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø Carilah tayangan video/gambar wisata di sebuah
daerah?
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang
Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
v
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik
diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik
diminta mengumpulkan data Informasi tentang Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan dari Video yang Diamati
v Aktivitas:
Ø peserta didik diminta mecari tayangan video/gambar wisata di sebuah
daerah. Tayangkan dan jadilah reporter acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan
keindahan wisata tersebut
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta Membaca Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta Membaca Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dari Video yang Diamati
v Mendiskusikan
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: kesesuaian gambar dengan
deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Menjadi
reporter acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v
Saling tukar informasi tentang: Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskrips dan Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/
terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan: Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskrips dan Menyajikan Teks Deskripsi Secara Lisan
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Menyajikan Lisan dan Menulis
Teks Deskrips dan Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan
tertulis tentang Menyajikan Lisan dan Menulis
Teks Deskrips dan Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata,
kuliner, situs sejarah, museum,
taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada
jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
Mengetahui
Pamekasan, 12 Juli 2018
Kepala MTS Negeri 3 Pamekasan
Guru Mata Pelajaran
H.MOHAMMAD HOLIS, S.Ag.M.Si Elly
Kurnianingsih, S.Pd
NIP. 198008142005012011
NIP. 198008142005012011
2. Pertemuan Ke-2 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v
Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø
Menyajikan Lisan dan Menulis
Teks Deskripsi
·
Menyajikan Teks Deskripsi
Secara Lisan dari Video yang Diamati
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø
Menulis Teks Deskripsi dan
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan
pertanyaan.
v
Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø
Peserta didik diminta untuk mengamati
tentang Menulis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang langkah menyusun teks deskripsi
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang kerangka bagian-bagian yang
akan dideskripsikan
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Menulis Teks
Deskripsi
§
Menyusun teks deskripsi
§
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan
oleh guru tentang
Ø
Menulis Teks
Deskripsi
§
Menyusun teks deskripsi
§
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø
Menulis Teks
Deskripsi
§
Menyusun teks deskripsi
§
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
|
Menanya
Ø
Mengajukan pertanyaan tentang : Menulis Teks Deskripsi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø Buatlah kerangka bagian-bagian yang akan di deskripsikan ?
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø
Menulis Teks
Deskripsi
§
Menyusun teks deskripsi
§
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v
Mencari informasi
tentang :
Ø
Menulis Teks
Deskripsi
§
Menyusun teks deskripsi
§
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
v Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta membuat kerangka yang akan di deskripsikan
Ø Peserta didik diminta menentukan subjek yang akan di dekkripsikan
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø
Menulis Teks
Deskripsi
Ø
Menyusun teks deskripsi
Ø
Langkah-langkah Menyusun
Teks Dekripsi
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Gunakan variasi kata secara menarik
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v Saling tukar informasi
tentang:
Ø Menulis Teks Deskripsi
Ø Menyusun teks deskripsi
Ø
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/
terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan:
Ø Menulis Teks Deskripsi
Ø Menyusun teks deskripsi
Ø Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok didepan kelas
tentang :
Ø Menulis Teks Deskripsi
Ø Menyusun teks deskripsi
Ø
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan
tertulis tentang :
Ø Menulis Teks Deskripsi
Ø Menyusun teks deskripsi
Ø Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
Menjawab
pertanyaan yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Peserta didik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata,
kuliner, situs sejarah, museum,
taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada
jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
v
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
v
Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø
Menulis Teks Deskripsi dan
Langkah-langkah Menyusun Teks Dekripsi
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø Menyunting Teks Deskripsi
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan.
v
Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
v
Mengamati
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Menyunting Teks Deskripsi
v Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), : peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø Menyunting Teks Deskripsi
v
Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan
oleh guru tentang
Ø Menyunting Teks Deskripsi
v
Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø Menyunting Teks Deskripsi
|
Menanya
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Menyunting
Teks Deskripsi
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Sebutkan langkah-langkah menyusun teks deskripsi
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
v
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
v
Mengamati obyek/kejadian,
v
Mendemontrasikan tentang
v
Memperagakan
v
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Menyunting Teks Deskripsi
v
Mencari informasi
tentang :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Menyunting Teks Deskripsi
v Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan menelaah kembali teks yang di tulis dengan menggunakan rubrik
v
Wawancara dengan nara sumber
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
v
Membaca :
Ø Peserta didik diminta untuk membaca materi
yang berhubungan dengan Menyunting Teks Deskripsi
v Mendiskusikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang mengungkapkan objek khusus
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang kosakata yang segar dan bervariasi
v
Mengulang
v Mempresentasikan ulang
v
Saling tukar informasi tentang:
Ø Menyunting Teks Deskripsi
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
v Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/
terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan:
Ø Menyunting Teks Deskripsi
|
Mengkomunikasikan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok didepan kelas
tentang :
Ø Menyunting Teks Deskripsi
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan
tertulis tentang
Ø Menyunting Teks Deskripsi
Menjawab
pertanyaan yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah.
v Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata,
kuliner, situs sejarah, museum,
taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada
jurnal harian berikut. Sikap
yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
v Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritual dan
Sosial)
1)
Observasi (jurnal)
2)
Penilaian
diri
3)
Penilaian
antarteman
b. Pengetahuan
1)
Ter tertulis
c. Keterampilan
1)
Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1)
Remidial dapat diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)
Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Menelaah kembali teks yang di
tulis dengan menggunakan rubric
Ø Rubrik menulis teks tanggapan
deskriptif
b.
Pengayaan
1)
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta
didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik
yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan,
sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi
pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Koma pada Teks Deskrisi
Pamekasan ,12 Juli 2018
Mengetahui
Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan
Guru Mata Pelajaran
H.MOHAMMAD
HOLIS,S.Ag.M.Si
ELLY KURNIANINGSIH,S.Pd
NIP . 19750325 199803 1 001
NIP.19800814 200501 2 011