Saturday, 16 March 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
MA An-Najah
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
X/ Ganjil
Tahun Pelajaran
:
2018 / 2019
Materi Pokok
:
 Melestarikan nilai kearifan lokal melalui cerita rakyat
Alokasi Waktu
:
5  Minggu x 4  Jam pelajaran @ 45  Menit

A.    Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
3.1.  mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulisan.
4.1.  Menentukan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulisan.
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
3.1.1 Mengidentifikasi karakteristik hikayat
3.1.2 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat.
4.1.1 Mempresntasikan, menanggapi, dan menerapkan nilai-nilai dari hikayat.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
1.      Menghayati dan mengamalkan materi Cerita rakyat sebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menguasai materi Cerita rakyat dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian materi Cerita rakyat yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Cerita rakyat yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

D.    Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Belajar Cerita Rakyat 

Konsep
Unsur Kebahasaan
·      Cerita Rakyat



Prinsip
Fungsi social
·      jenis kalimat;
·      verba material dan verba tingkah laku.


Prosedur
Struktur
·      konjungsi ;

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan                 : Scientific Learning
Model Pembelajaran   : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem 
                                      Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek

F.     Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Bahan :
Ø Spidol

G.    Sumber Belajar
Ø Buku penunjang kurikulum 2013 mata  pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Kemendikbud, tahun 2017
Ø Pengalaman peserta didik dan guru

H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan  Ke – 1   Materi : Cerita Rakyat

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
20 menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
5 menit
Stimulation (stimullasi/ pemberian  rangsangan)
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Materi pelajaran Kelas IX
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Apabila materi / tema / projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi cerita rakyat
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Problem  Statemen  (pertanyaan/ identifikasi masalah)
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·         Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi cerita rakyat
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
  • Mengamati
Ø  lembar kerja materi cerita rakyat
Ø  pemberian contoh-contoh materi cerita rakyat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
  • Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi cerita rakyat dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
  • Mendengar
pemberian materi cerita rakyat oleh guru
·         Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai materi  cerita rakyat, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·         Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·         Mengajukan pertanyaan tentang materi cerita rakyat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø  Apa yang dimaksud dengan cerita rakyat ?
Ø  Terdiri dari apakah cerita rakyat ?
Ø  Bagaimana karakteristik cerita rakyat ?
Ø  Apa fungsi cerita rakyat ?
Ø  Bagaimanakah cerita rakyat berperan dalam meelestarikan nilai kearifan lokal  ?
KEGIATAN INTI
12 menit
Data Collection (pengumpulan  data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi cerita rakyat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
  • Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi cerita rakyat  yang sedang dipelajari
  • Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi cerita rakyat  yang sedang dipelajari
  • Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi cerita rakyat  yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
  • Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi cerita rakyat
  • Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi tentang materi cerita rakyat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi cerita rakyat  sesuai dengan pemahamannya

Data Processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·         Saling tukar informasi tentang  materi  cerita rakyat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
  • Berdiskusi tentang data  dari materi cerita rakyat yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
  • Mengolah informasi dari materi cerita rakyat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
  • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi cerita rakyat

KEGIATAN PENUTUP
3 menit
Verification  (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : cerita rakyat , antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
  • Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi cerita rakyat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : cerita rakyat
  • Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi cerita rakyat  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi tentang materi cerita rakyat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
  • Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang  cerita rakyat
  • Menjawab pertanyaan tentang cerita rakyat  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
  • Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi cerita rakyat yang akan selesai dipelajari
  • Menyelesaikan  uji kompetensi untuk materi  cerita rakyat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Generalizatio (menarik kesimpulan)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran cerita rakyat  yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran cerita rakyat yang baru diselesaikan.
  • Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran cerita rakyat.
  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran cerita rakyat
  • Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran cerita rakyat  kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

CATATAN :
Selama pembelajaran struktur cerita rakyat  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.(Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)

I.       Penilaian
Sikap
Jurnal

LEMBAR PENILAIAN SIKAP  - JURNAL

Nama Siswa   : ………………..
Kelas               : ………………

No.
Hari/Tanggal
Sikap/Perilaku
Keterangan
Positif
Negatif










Kesimpulan :

……………………………………………………………………………………………………………

Penilaian Sikap - Jurnal

Nama Peserta Didik :  …………...........................................……..
Kelas                      : …………...........................................……..
Aspek yang diamati :  …………...........................................……..

No
Hari/tanggal
Kejadian
Keterangan /
Tindak Lanjut
1



….



Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25


Pengetahuan
-        Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-        Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-        Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-        Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)      Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b)      Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)      Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian

Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan




Kriteria penilaian (skor)
100   =   Sangat Baik                                     50 =   Kurang Baik
75     =   Baik                                                 25 =   Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)


Instrumen Penilaian Diskusi
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah




Keterangan :
100   =   Sangat Baik                                     50 =   Kurang Baik
75     =   Baik                                                 25 =   Tidak Baik


-        Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-        Penilaian Produk(lihat lampiran)
-        Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll


Instrumen Penilain
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







                                                                                                   Pamekasan, 18 Juli 2018

Guru Mata Pelajaran                                                                  Guru Mata Pelajaran



ISMAIL MADANI, S.Pd.                                                        SHELLY MARINI, S.Pd.
NIP. 19770601 201406 1 002                                                    NIP. 198612112011012012





ENDANG KUSUMA WARDHANI, S.Pd                             NOVI KARTIKA, S.Pd
NIP. 196209091984122004                                                       NIP. 19851130201001 2 026    .
Mengetahui
Kepala Sekolah




Dra. Hj. FARIDAH, M.M.Pd.
NIP. 196604201990032010