PENGARUH
PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR
IPS KELAS VIII DI MTS MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
SKRIPSI
Oleh:
SUSIANA FATILAH
NIM : 20160701080097
PROGRAM
STUDI TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
MARET 2021
PENGARUH
PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR
IPS KELAS VIII DI MTS MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
SKRIPSI
Diajukan
kepadaInstitut Agama Islam Negeri Madura
Untuk memenuhi
salah satu persyaratan dalam menyelesaikan
Program Sarjana
(S1) Program SPd
Oleh:
SUSIANA FATILAH
NIM : 20160701080097
PROGRAM
STUDI TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
MARET 2021
PERSETUJUAN
PEMBIMBING
Skripsi berjudul “Pengaruh Penggunaan Media
Power Point Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII di MTs Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan" yang disusun oleh Susiana Fatilah telah diperiksa dan
disetujui untuk diujikan.
Pamekasan, 18 Februari 2021
Pembimbing,
Wahab Syakhirul
Alim M.Pd.
NIP. 198512302016081741
HALAMAN PENGESAHAN
Skripsi berjudul “Pengaruh Penggunaan Media
Power Point Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII di MTs Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan” yang di susun oleh Susiana Fatilah telah dipertahankan
dihadapan dewan penguji skripsi dan dinyakan lulus pada tanggal 09 Maret 2021
Dewan Penguji Skripsi
1.
Wahab Syakhirul Alim M. PD.i (...................................)
2.
Dr. R. Agoes Kamaroellah ,M. Si (...................................)
3.
Itaanis Tianah S.Sos., MA.Hum (..................................)
Mengesahkan:
Dekan IAIN Madura
Dr. H. Atiqulllah, M. Pd.
NIP: 197305041999031015
PERNYATAAN KEASLIAAN PENULISAN
Yang bertanda tangan dibawah ini
saya:
Nama : Susiana Fatilah
Nim : 20160701080097
Fakultas : Tarbiyah
Program Studi : Ilmu Pengetahuan Sosial
Denga sungguh-sungguh menyatakan
bahwa Skripsi ini baik secara keseluruhan maupun sebagian adalah hasil
penelitian/karya saya sendiri, kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk
sumbernya. Apabila dikemudian hari terbukti plagiasi, maka saya bersedia
menerima sanksi atas perbuatan yang dituduhkan kepada saya.
Pamekasan, 09 Maret 2021
Saya yang menyatakan,
Susiana Fatilah
Nim. 2060701080097
ABSTRAK
Tadris Social Science
Study Program, IAIN Madura, Wahab Syakhirul Alim M Pd Advisor.
Keywords: power point media, learning
achievement
There
are two problems that become the main study in this research, namely first, is
there an effect of using power point media on social studies learning
achievement in class VIII at MTs Matsaratul
Huda Panempan Pamekasan. Second, how much influence does the use of power point
media have on the social studies learning achievement of class VIII at MTs
Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan. This type of research is quantitative research with
statistical analysis correlation design, which is looking for the relationship
between variable X (independent variable) and variable Y (dependent variable).
Including the X variable is the power point media while the Y variable is the
learning achievement. The study population was all students of class VIII at
MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, totaling 45 students. The instruments
used in data collection were questionnaires, observation and documentation.
Data collection lasted for 2 days, starting from 22 to 24 October 2020. The
data analysis technique used was statistics with the product moment technique.The results showed that the use of power
point media on social studies achievement in class VIII at MTs Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan. This is evident from the results of statistical analysis
with the product moment technique which shows the results of r work of 0.987
are greater than the T value "in the product moment table where N = 45 in
the 95% confidence interval is 0.294 and in the 99% confidence interval the
value is 0.380. And T work 0.987 when consulted with the interpretation table
is very high Based on the above research, the use of power point media is very
influential in improving student learning achievement.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Alhamdulillah segala puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat ALLAH SWT. atas Rahman dan Rahim-Nya sehingga penulis bisa
menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap
Prestasi Belajar IPS Kelas VIII di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan”.
Shalawat dan
salam kita haturkan kepada hamba Allah yang paling manis tutur katanya, hamba
Allah yang paling banyak sujudnya, hamba Allah yang paling kasih dan bijaksana
kepada umatnya, Nabi Muhammad SAW, beserta para sahabatnya. Skripsi ini sebagai
salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Strata 1 di IAIN Madura.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis sangat menyadari terselesainya
skripsi ini semata-mata bukan buah tangan sendiri, akan tetapi dari hamba Allah
yang senantiasa mendermakan ilmunya dengan setulus hati dan meluangkan waktu
untuk selalu berbagi pengetahuan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis
ingin mengucapkan terimakasih kepada:
1.
Bapak Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag. selaku
Rektor IAIN Madura
2.
Dr. H. Atiqullah,
M.Pd selaku ketua jurusan tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Madura.
3.
Siti Azizah, M.Pd.I selaku Ketua Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
4.
Wahab Syakhirul Alim M.Pd. I selaku
dosen pembimbing yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk membimbing dan
memberikan pengarahan serta dorongan kepada penulis, sehingga penulisan skripsi
ini dapat terselesaikan.
5.
Kepala madrasah dan segenap
guru MTs
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yang
telah membantu memberikan fasilitas, meluangkan waktu, dan memberikan data-data
yang diperlukan oleh peneliti.
6.
Kedua Orang Tua tercinta, Bapak Muzammil dan Ibu Yuliatin yang telah begitu banyak mencurahkan cinta, kasih dan
sayangnya sehingga saya mampu berdiri tegak sebagai manusia yang akan selalu melawan
kerasnya arus dunia. Saya ingin berterimakasih kepada Bapak dan Ibu yang telah
merawat, membesarkan, dan memberikan saya cintanya serta mampu memberikan saya
pendidikan sampai di Perguruan Tinggi. Untuk Bapak Ibu terhebat, saya
persembahkan karya ini untuk membalas jasa Bapak dan Ibu yang telah memberikan
dukungan kepada saya baik material maupun non material. InsyaAllah dengan doa
Bapak dan Ibu saya ingin menjadi orang yang sukses yang akan membahagiakan
kalian. Aamiin
7.
Terimakasih kepada laki-laki hebat selain Bapak dan Kakak kandungku. “syaifurrahman” yang
juga telah memberikan cintanya serta dukungan kepada
saya.
8.
Terimaksih juga kepada sahabatku Melly, Fatime, Iphe yang
tidak membantu saya, dan juga teman saya Nyih Muslihah yang selalu php-in saya
mau bantu saya ternyata tidak dibantu juga. Dan selaku teman kelas TIPS A yang
sebagian mensuport saya untuk menyelesaikan skripsi. Saya ucapkan banyak
terimaksih kepada Khoirin Nisak yang telah membatu saya dalam menyelsaikan
proposal skripsi saya dan Sofyan yang telah membantu saya dalam
menyelesaikannya. Dan juga teman KPM saya Mila, Mia yang selalu dengerin ocehan
saya.
Peneliti menyadari pembahasan dalam penyusunan
skripsi ini tidak menutupi kemungkinan masih banyak terdapat kesalahan dan
kekurangan akibat keterbatasan pengetahuan peneliti tentang penyusunan karya
ilmiah, oleh karena itu peneliti mengharapaka kritik dan saran yang bersifat
membangun dari pembaca demi kesempurnaan penulisan karya ilmiah dimasa yang
akan datang.
Akhirnya, semoga skripsi ini bermanfaat bagi kita
semua serta memberi pengetahuan yang berharga bagi semua pembaca, Amin yaa
rabbal ‘alamin.
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَةُ
Pamekasan, 15 Februari 2021
Peneliti
Susiana Fatilah
NIM. 20160701080097
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL..................................................................................... i
HALAMAN JUDUL ....................................................................................... ii
HALAMAN PERSETUJUAN ....................................................................... iii
ABSTRAK........................................................................................................ iv
KATA PENGANTAR..................................................................................... v
DAFTAR ISI..................................................................................................... viii
DAFTAR TABEL............................................................................................ xi
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... xii
DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................... xiii
BAB
I..... PENDAHULUAN............................................................................ 1
A.
Latar Belakang Masalah.............................................................. 1
B.
Rumusan Masalah....................................................................... 7
C.
Tujuan Penelitian......................................................................... 7
D.
Keguanaan Penelitian.................................................................. 8
E.
Ruang Lingkup penelitian .......................................................... 8
F.
Asumsi Penelitian........................................................................ 9
G.
Hipotesis Penelitian..................................................................... 10
H.
Definisi Istilah............................................................................. 10
BAB II... LANDASAN TEORI....................................................................... 13
A. Tinjauan Tetang Media Power Point........................................... 13
1. Media................................................................................... 13
2. Media Pembelajaran............................................................. 15
a. Media Grafis.................................................................. 16
b. Media Audio.................................................................. 16
c. Media Royeksi Diam......................................................
17
3. Pengertian Media
Power Point............................................. 19
4. Fungsi Media Power Point................................................... 20
a. Menginformasikan ......................................................... 20
b. Menyakinkan Sebuah
Presentasi.................................... 21
c. Membagi atau Mempersempit
Topik.............................. 21
d. Membuat Story Board agar Strukturnya dapat tersusun dengan baik 21
5.
Kelebihan dan Kekurangan Media Power Point.................. 21
a.
Kelebihan Media Power Point...................................... 21
b.
Kelemahan Media Power Point..................................... 23
6.
Langkah-langkah Menggunakan
Media Power Point.......... 23
B. Tinjauan Tentang Prestasi Siswa................................................. 25
1.
Belajar dan Pembelajaran..................................................... 25
2.
Prestasi Belajar..................................................................... 30
3.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar............. 31
a. Faktor Internal................................................................ 31
b. Faktor Eksternal............................................................. 33
C. Kajian
Terdahulu......................................................................... 34
BAB
III.. METODE PENELITIAN .............................................................. 37
A.
Rancangan Penelitian.................................................................. 37
B.
Populasi dan Sampel................................................................... 37
C.
Instrument Penelitian.................................................................. 39
D.
Pengumpulan Data...................................................................... 42
E.
Analisis Data............................................................................... 42
F.
Analisis Data............................................................................... 43
BAB IV.. HASIL PENELITIAN..................................................................... 45
A.
Deskripsi Data............................................................................. 45
B.
Pembuktian Hipotesis.................................................................. 56
C.
Pembahasan................................................................................. 63
BAB V... PENUTUP........................................................................................ 67
A.
Kesimpulan.................................................................................. 67
B.
Saran............................................................................................ 68
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 69
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
1.
1.1 Tabel populasi
siswa kelas VIII MTs Matsaratul Huda Panempan ..... 39
2.
2.1 Tabel data siswa kelas VIII MTs Matsaratul Huda
Panempan.............. 47
3.
2.2 tabel struktur organisasi MTs Matsaratul Huda
Panempan.................... 48
4.
2.3 Tabel distribusi
jawaban tentang variabel X.......................................... 49
5.
2.4 Tabel distribusi jawaban tentang variabel Y.......................................... 51
6.
2.5 Tabel
skor jawaban angket variabel X................................................... 52
7.
2.6 Tabel
skor jawaban angket variabel Y................................................... 53
8.
2.7 Tabel data observasi MTs Matsaratul Huda Panempan......................... 55
9.
2.8 Tabel
persiapan untuk mencari koefisien antara variabel X dan Y........ 57
10. 2.9 Tabel harga kritik dari “r” product moment........................................... 60
11. 2.10 Tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi..................................... 62
1.
1.1 Gambar pengisian
angket kelas VIII A
2.
1.2.Gambar
pengisian angket kelas VIII B
3.
1.3 Gambar proses penyebaran angket di kelas VIII A MTs Matsaratul
Huda Panempan pamekasan
4.
1.
Pernyataan Keaslian
Tulisan
2.
Surat Izin
Penelitian
3.
Surat Keterangan
Telah Melakukan Penelitian
4.
Pedoman Angket
5.
Pedoman Observasi
6.
Pedoman Dokumentasi
7.
Riwayat Hidup