Saturday, 12 March 2022

SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII DI MTS MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN


 

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII DI MTS MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN

 

 

 SKRIPSI

 

 

Oleh:

SUSIANA FATILAH

NIM : 20160701080097

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA

MARET 2021

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII DI MTS MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN

 

 

 

 

 SKRIPSI

Diajukan kepadaInstitut Agama Islam Negeri Madura

Untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan

Program Sarjana (S1) Program SPd

 

Oleh:

SUSIANA FATILAH

NIM : 20160701080097

 

 

 

 

PROGRAM STUDI TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA

MARET 2021

 

 PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

Skripsi berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan" yang disusun oleh Susiana Fatilah telah diperiksa dan disetujui untuk diujikan.

 

 

 

 

 

 

Pamekasan,  18 Februari 2021

Pembimbing,

 

 

Wahab Syakhirul Alim M.Pd.

NIP. 198512302016081741

 

 

 

 


 

HALAMAN PENGESAHAN

 

Skripsi berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan” yang di susun oleh Susiana Fatilah telah dipertahankan dihadapan dewan penguji skripsi dan dinyakan lulus  pada tanggal 09 Maret 2021

 

Dewan Penguji Skripsi

 

1.      Wahab Syakhirul Alim M. PD.i                          (...................................)

 

2.      Dr. R. Agoes Kamaroellah ,M. Si                   (...................................)

                                           

3.      Itaanis Tianah S.Sos., MA.Hum                          (..................................)

 

 

 

 

 

 

 

Mengesahkan:

Dekan IAIN Madura

 

 

 

Dr. H. Atiqulllah, M. Pd.

NIP: 197305041999031015

PERNYATAAN KEASLIAAN PENULISAN

Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

Nama                           : Susiana Fatilah

Nim                             : 20160701080097

Fakultas                       : Tarbiyah

Program Studi             : Ilmu Pengetahuan Sosial

Denga sungguh-sungguh menyatakan bahwa Skripsi ini baik secara keseluruhan maupun sebagian adalah hasil penelitian/karya saya sendiri, kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya. Apabila dikemudian hari terbukti plagiasi, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan yang dituduhkan kepada saya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pamekasan,  09 Maret 2021

Saya yang menyatakan,

 

 

Susiana Fatilah

Nim. 2060701080097

 

 

ABSTRAK

Tadris Social Science Study Program, IAIN Madura, Wahab Syakhirul Alim M Pd Advisor.

 Keywords: power point media, learning achievement

There are two problems that become the main study in this research, namely first, is there an effect of using power point media on social studies learning achievement in class VIII at MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Second, how much influence does the use of power point media have on the social studies learning achievement of class VIII at MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. This type of research is quantitative research with statistical analysis correlation design, which is looking for the relationship between variable X (independent variable) and variable Y (dependent variable). Including the X variable is the power point media while the Y variable is the learning achievement. The study population was all students of class VIII at MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, totaling 45 students. The instruments used in data collection were questionnaires, observation and documentation. Data collection lasted for 2 days, starting from 22 to 24 October 2020. The data analysis technique used was statistics with the product moment technique.The results showed that the use of power point media on social studies achievement in class VIII at MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. This is evident from the results of statistical analysis with the product moment technique which shows the results of r work of 0.987 are greater than the T value "in the product moment table where N = 45 in the 95% confidence interval is 0.294 and in the 99% confidence interval the value is 0.380. And T work 0.987 when consulted with the interpretation table is very high Based on the above research, the use of power point media is very influential in improving student learning achievement.

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Alhamdulillah segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT. atas Rahman dan Rahim-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi yang berjudul Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan”.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada hamba Allah yang paling manis tutur katanya, hamba Allah yang paling banyak sujudnya, hamba Allah yang paling kasih dan bijaksana kepada umatnya, Nabi Muhammad SAW, beserta para sahabatnya. Skripsi ini sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Strata 1 di IAIN Madura.

Dalam penulisan skripsi ini, penulis sangat menyadari terselesainya skripsi ini semata-mata bukan buah tangan sendiri, akan tetapi dari hamba Allah yang senantiasa mendermakan ilmunya dengan setulus hati dan meluangkan waktu untuk selalu berbagi pengetahuan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada:

1.    Bapak Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag. selaku Rektor IAIN Madura

2.    Dr. H. Atiqullah, M.Pd selaku ketua jurusan tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Madura.

3.    Siti Azizah, M.Pd.I selaku Ketua Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

4.    Wahab  Syakhirul Alim M.Pd. I selaku dosen pembimbing yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk membimbing dan memberikan pengarahan serta dorongan kepada penulis, sehingga penulisan skripsi ini dapat terselesaikan.

5.    Kepala madrasah dan segenap guru MTs  Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yang telah membantu memberikan fasilitas, meluangkan waktu, dan memberikan data-data yang diperlukan oleh peneliti.

6.    Kedua Orang Tua tercinta, Bapak Muzammil dan Ibu Yuliatin yang telah begitu banyak mencurahkan cinta, kasih dan sayangnya sehingga saya mampu berdiri tegak sebagai manusia yang akan selalu melawan kerasnya arus dunia. Saya ingin berterimakasih kepada Bapak dan Ibu yang telah merawat, membesarkan, dan memberikan saya cintanya serta mampu memberikan saya pendidikan sampai di Perguruan Tinggi. Untuk Bapak Ibu terhebat, saya persembahkan karya ini untuk membalas jasa Bapak dan Ibu yang telah memberikan dukungan kepada saya baik material maupun non material. InsyaAllah dengan doa Bapak dan Ibu saya ingin menjadi orang yang sukses yang akan membahagiakan kalian. Aamiin

7.    Terimakasih kepada laki-laki hebat selain Bapak dan Kakak kandungku.syaifurrahman” yang juga telah memberikan cintanya serta dukungan kepada saya.

8.    Terimaksih juga kepada sahabatku Melly, Fatime, Iphe yang tidak membantu saya, dan juga teman saya Nyih Muslihah yang selalu php-in saya mau bantu saya ternyata tidak dibantu juga. Dan selaku teman kelas TIPS A yang sebagian mensuport saya untuk menyelesaikan skripsi. Saya ucapkan banyak terimaksih kepada Khoirin Nisak yang telah membatu saya dalam menyelsaikan proposal skripsi saya dan Sofyan yang telah membantu saya dalam menyelesaikannya. Dan juga teman KPM saya Mila, Mia yang selalu dengerin ocehan saya.

Peneliti menyadari pembahasan dalam penyusunan skripsi ini tidak menutupi kemungkinan masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan akibat keterbatasan pengetahuan peneliti tentang penyusunan karya ilmiah, oleh karena itu peneliti mengharapaka kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca demi kesempurnaan penulisan karya ilmiah dimasa yang akan datang.

Akhirnya, semoga skripsi ini bermanfaat bagi kita semua serta memberi pengetahuan yang berharga bagi semua pembaca, Amin yaa rabbal ‘alamin.

 

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللهِ وَبَرَكَةُ

 

 

 

Pamekasan, 15 Februari 2021

Peneliti

 

Susiana Fatilah

NIM. 20160701080097


 

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL.....................................................................................       i

HALAMAN JUDUL .......................................................................................      ii

HALAMAN PERSETUJUAN .......................................................................     iii

ABSTRAK........................................................................................................     iv

KATA PENGANTAR.....................................................................................      v

DAFTAR ISI.....................................................................................................   viii

DAFTAR TABEL............................................................................................     xi

DAFTAR GAMBAR.......................................................................................    xii

DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................   xiii

BAB I..... PENDAHULUAN............................................................................      1

A.    Latar Belakang Masalah..............................................................      1

B.     Rumusan Masalah.......................................................................      7

C.     Tujuan Penelitian.........................................................................      7

D.    Keguanaan Penelitian..................................................................      8

E.     Ruang Lingkup penelitian ..........................................................      8

F.      Asumsi Penelitian........................................................................      9

G.    Hipotesis Penelitian.....................................................................    10

H.    Definisi Istilah.............................................................................    10

BAB II... LANDASAN TEORI.......................................................................    13

A.    Tinjauan Tetang Media Power Point...........................................    13

1.      Media...................................................................................    13

2.      Media Pembelajaran.............................................................    15

a.       Media Grafis..................................................................    16

b.      Media Audio..................................................................    16

c.       Media Royeksi Diam......................................................   17

3.      Pengertian Media Power Point.............................................    19

4.      Fungsi Media Power Point...................................................    20

a.       Menginformasikan .........................................................    20

b.      Menyakinkan Sebuah Presentasi....................................    21

c.       Membagi atau Mempersempit Topik..............................    21

d.      Membuat Story Board agar Strukturnya dapat tersusun dengan baik                       21

5.        Kelebihan dan Kekurangan Media Power Point..................    21

a.         Kelebihan Media Power Point......................................    21

b.        Kelemahan Media Power Point.....................................    23

6.        Langkah-langkah Menggunakan Media Power Point..........    23

B.     Tinjauan Tentang Prestasi Siswa.................................................    25

1.      Belajar dan Pembelajaran.....................................................    25

2.      Prestasi Belajar.....................................................................    30

3.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar.............    31

a.       Faktor Internal................................................................    31

b.      Faktor Eksternal.............................................................    33

C.       Kajian Terdahulu.........................................................................    34

BAB III.. METODE PENELITIAN ..............................................................    37

A.    Rancangan Penelitian..................................................................    37

B.     Populasi dan Sampel...................................................................    37

C.     Instrument Penelitian..................................................................    39

D.    Pengumpulan Data......................................................................    42

E.     Analisis Data...............................................................................    42

F.      Analisis Data...............................................................................    43

BAB IV.. HASIL PENELITIAN.....................................................................    45

A.    Deskripsi Data.............................................................................    45

B.     Pembuktian Hipotesis..................................................................    56

C.     Pembahasan.................................................................................    63

BAB V... PENUTUP........................................................................................    67

A.    Kesimpulan..................................................................................    67

B.     Saran............................................................................................    68

 

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................    69

PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

LAMPIRAN-LAMPIRAN

RIWAYAT HIDUP

 

 

 

 

 

 

 


 

DAFTAR TABEL

 

1.      1.1 Tabel  populasi siswa kelas VIII MTs Matsaratul Huda Panempan .....    39

2.      2.1 Tabel data siswa kelas VIII MTs Matsaratul Huda Panempan..............    47

3.      2.2 tabel struktur organisasi MTs Matsaratul Huda Panempan....................    48

4.      2.3 Tabel distribusi jawaban tentang variabel X..........................................    49

5.      2.4 Tabel distribusi jawaban tentang variabel Y..........................................    51

6.      2.5 Tabel skor jawaban angket variabel X...................................................    52

7.      2.6 Tabel skor jawaban angket variabel Y...................................................    53

8.      2.7 Tabel data observasi MTs Matsaratul Huda Panempan.........................    55

9.      2.8 Tabel persiapan untuk mencari koefisien antara variabel X dan Y........    57

10.  2.9 Tabel harga kritik dari “r” product moment...........................................    60

11.  2.10 Tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi.....................................    62

 


 

DAFTAR GAMBAR

 

1.      1.1 Gambar pengisian angket kelas VIII A

2.      1.2.Gambar pengisian angket kelas  VIII B

3.      1.3 Gambar proses penyebaran angket di kelas VIII A MTs Matsaratul Huda Panempan pamekasan

 


4.       

DAFTAR LAMPIRAN

1.      Pernyataan Keaslian Tulisan

2.      Surat Izin Penelitian 

3.      Surat Keterangan Telah Melakukan Penelitian

4.      Pedoman Angket

5.      Pedoman Observasi

6.      Pedoman Dokumentasi

7.      Riwayat Hidup