A. PENGERTIAN ISTIDLAL
1. Pengertian Istidlal
Kata Istidlal berasal dari kata Arab. Akar kata istidlal adalah dari kata �daal�, yang berarti mengambil dalil atau kesimpulan yang diambil dari dari petunjuk yang ada. Sedang arti dalil sendiri adalah petunjuk. Petunjuk untuk digunakan untuk mendapatkan satu kesimpulan.[1]
Contoh:
- Bahwa adanya api di balik tembok adalah atas dasar itu kita berdalil dengan adanya asap yang mengepul di atasnya. Atau:
- Karena A = B �sedang B = C � maka hasilnya A = C. dalam hal ini dasar kita mengatakan A = C adalah atas dasar karena A = B �sedang B = C.
Kalau demikian, maka dapatlah dikatakan bahwa istidlal adalah sesuatu yang dapat dipakai untuk membangun argumentasi untuk menyampaikan k8ita pada suatu kesimpulan.
Demikian eratnya keterikatan dan keterkaitan antara istidlal sebagai pembangun argumentasi dengan kesimpulan. Karena keterkaitannya demikian, maka kekuatan argumentasi yang dibangun sangat menentukan hasil kesimpulan yang dihasilkannya, atau dengan kata lain bahwa kekuatan satu kesimpulan sangat bergantung pada kekuatan argumentasi istidlal yang dibangun. Artinya bila argumentasi atau istidlalnya lemah, lemah pulalah kesimpuulan yang didapat. Demikian pula kelemahan kesimpulan yang didapat akibat dari kelemahan argumentasi yang dibangun.[2]
2. Pembagian Istidlal
Istidlal terdiri dari dua macam, yaitu Istidlal Qiyasi dan Istidlal Istiqra�I (istiqra�I disebut juga istinbathi).[3]
3. Pengertian Istidlal Qiyasi
Kata qiyas berasal dari bahasa Arab yang berarti ukuran. Miqiyas berarti alat mengukur. Maksudnya di sini adalah mengukur sesuatu dengan sesuatu yang lain.
Menurut Al-Jurzany, pengertian Qiyas adalah sebagai berikut:
�penuturan yang tersusun dari keputusan-keputusan (qadhiyah), yang jika keputusan-keputusannya benar, mesti melahirkan suatu kesimpulan (natijah).[4]
Qiyas dalam ilmu mantiq adalah ucapan atau kata yang tersusun dari dua atau beberapa qadhiyah, manakala qadhiyah-qadhiyah tersebut benar, maka akan muncul dari padanya dengan sendirinya qadhiyah benar yang lain yang dinamakan natijah. Tetapi perlu dicatat bahwa, bila qadhiyahnya tidak benar, bisa saja natijahnya benar. Tetapi benarnya itu adalah kebetulan.[5]
Contoh:
- Tiap bid�ah itu sesat.
- Tiapp yang sesat dalam neraka. Jadi tiap bid�ah dalam neraka.
a. Pembagian Istidlal Qiyasi
Menurut penelitian ahli mantiq, qiyas ada dua macam:
Pertama, qiyas iqtirani, kedua, qiyas istisna�i.
Qiyas istiqrani adalah: suatu qiyas yang dua muqadimahnya mengandung natijah secara implicit (bil kuwah), tidak eksplisit (bil fi�il). Dan ada bentuk hamli ada yang syarthi, ��
Skemanya sebagai berikut:
Iqtirani |
Syarthi |
Hamli |
Contoh hamiliyah:
- Manusia adalah hewan, tiap hewan perlu air. Jadi: tiap manusia perlu air
Contoh Syarthiyah:
- Apabila Ali masuk, Muhammad keluar, jadi bila Ali masuk, umar masuk.
Bila Anda perhatikan, baik hamli maupun syarti, natijahnya dikandung oleh muqadimah-muqdimahnya secara implicit (bil quwah).
Qiyas istisnai� adalah qiyas yang natijahnya telah disebutkan atau naqidnya dengan nyata (bil fi�li).
Qiyas istisna�I hanya tersusun dari dua qadiyah syarthiyah. Qiyas istisna�i mempunyai cirri pada kedua qadhiyahnya yaitu terdapatnya adat istisna�i, yakni �lakin� yang artinya akan tetapi istisna�i ada yang ittishal artinya (terikat) ada yang infishal (artinya tidak terikat). Bentuk yang ittishal ada dua:
Pertama, bila diitsbatkan muqaddam, maka natijahnya adalah tali itsbat.
Kedua, bila talinya na�f, maka akan melahirkan natijah muqaddam nafi.
Jadi qiyas istisna�I bila diskemakan:
Istisna�i |
Ittishali |
Infishali |
Contoh yang Ittishal:
Jika matahari terbit, maka siang ada.
a). Akan tetapi matahari terbit = maka siang ada.
b). Akan tetapi matahari tidak terbit = maka siang tidak ada.
Contoh yang Infishali (yakni qiyas yang muqadimah kubranya terdiri dari qadhiyah syarthiyah munfashhilah) : suatu negara adakalanya aman, adakalanya perang.
- Tetapi negara sedang perang = negara tidak aman.
- Akan tetapi negara tidak perang = negara aman.
Bila Anda perhatikan, kalau pada qiyas iqtirani baik hamli maupun syarti, muqadimah-muqadimahnya mengandung natijah secara implicit. Sedang pada qiyas istisna�I natijahnya telah disebut dengan nyata, yakni eksplisit (bil fi�il).
Dari pembagian atau macam tersebut dapat diskemakan sebagai berikut:
Qiyas |
Iqtirani |
Istisna�i |
Syarthi |
Hamli |
Ittishali |
Infishali |
4. Pengertian Istidlal Istiqra�i
Secara lughawi, istiqra berarti penyelidikan dan penelitian sesuatu; sedangkan secara istilah, pengertian istiqra adalah sebagai berikut:
�Menetapkan sesuatu atas keseluruhan berdasarkan adanya sesuatu pada banyak fakta�. [6]
Menurut Muhammad Nur Ibrohim:
�penalaran yang didasarkan atas fakta-fakta secara teliti dan mengkajinya secara cermat sehingga dapat ditarik suatu keputusan umum secara rasional�.[7]
Dari kedua definisi tersebut, dapatlah disimpulkan bahwa istidlal Istiqra�I adalah proses berpikir dengan cara menarik suatu kesimpulan umum berdasarkan fakta-fakta setelah terlibih dahulu dilakukan penelitian yang cermat dan tepat. Istilah lain untuk istidlal istiqra�I ini adalah Istinbathi (induktif). Contoh:
Setiap hewan menggerakkan rahang bawah ketika menguyah makanan
Jika penarikan kesimpulan umum (generalisasi) berdasarkan hasil penelitian berlaku kepada semua individu atau satuan dari fakta-fakta yang padanya ditetapkan suatu keputusan, maka disebut Istidlal Istiqra�I Tam. Sedangkan jika tidak � artinya masih terdapat individu yang dikecualikan dikarenakan penetapan umum tersebut tidak diberlakukan kepadanya � maka disebut Istidlal Istiqra�I Naqis, dan termasuk bagian dari Lawahiq qiyas.[8]
Contoh Istidlal Istiqra�I Tam:
Jumlah hari pada setiap bulan komariah adalah tidak lebih dari tiga puluh hari.
Contoh Istidlal Istiqra�I Naqish:Setiap orang yang sedih atau sakit, menangis.
KESIMPULAN
Kata Istidlal berasal dari kata Arab. Akar kata istidlal adalah dari kata �daal�, yang berarti mengambil dalil atau kesimpulan yang diambil dari dari petunjuk yang ada. Sedang arti dalil sendiri adalah petunjuk. Petunjuk untuk digunakan untuk mendapatkan satu kesimpulan.
Istidlal terdiri dari dua macam, yaitu Istidlal Qiyasi dan Istidlal Istiqra�I (istiqra�I disebut juga istinbathi
Kata qiyas berasal dari bahasa Arab yang berarti ukuran. Miqiyas berarti alat mengukur. Maksudnya di sini adalah mengukur sesuatu dengan sesuatu yang lain
Qiyas istiqrani adalah: suatu qiyas yang dua muqadimahnya mengandung natijah secara implicit (bil kuwah), tidak eksplisit (bil fi�il). Dan ada bentuk hamli ada yang syarthi, ��
bahwa istidlal Istiqra�I adalah proses berpikir dengan cara menarik suatu kesimpulan umum berdasarkan fakta-fakta setelah terlibih dahulu dilakukan penelitian yang cermat dan tepat
Istilah lain untuk istidlal istiqra�I ini adalah Istinbathi (induktif).
DAFATAR PUSTAKA
Sukriadi Sambas, 1996, Mantik KAIDAH BERPIKIR ISLAM, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset ).
.Basiq Djalil, 2010, LOGIKA (ILMU MANTIQ), (Jakarta: Kencana).