Wednesday, 27 January 2016

Ini dia Contoh daftar isi makalah yang lengkap dan benar buat para siswa dan mahasiswa


Contoh Daftar Isi Makalah - Daftar isi adalah bagian dari sebuah makalah, laporan, maupun skripsi yang menjabarkan tema pembahasan sebuah makalah halaman per halaman atau tiap bab. Peran sebuah daftar isi sangatlah penting dalam pembuatan makalah. Karena, dengan daftar isi dapat memudahkan pembaca untuk mencari topik utama atau materi apa yang dibahas dalam tiap halaman. Selain itu, dengan adanya daftar isi, sebuah makalah akan terlihat lebih rapih.

Karena bisa dikatakan, apabila makalah yang telah dibuat isinya sangat bagus dan berwawasan, namun ternyata di dalamnya tidak tersedia daftar isi, kami rasa itu adalah contoh makalah yang kurang baik, karena menyulitkan siapapun pembaca. Dalam membuat daftar isi, kita harus memperhatikan kaidah ataupun aturan yang berlaku agar daftar isi tersebut terlihat professional, rapih, dan memudahkan pembaca. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana membuat sebuah daftar isi makalah yang baik dan benar. Tak ada salahnya untuk menyimak info kumpulan Contoh Daftar Isi makalah dari Espilen Blog dibawah ini.
Contoh Daftar Isi

Contoh Daftar Isi Makalah


Daftar isi

Kata pengantar ............................................................................................i
Daftar isi ......................................................................................................ii
Bab I pendahuluan .......................................................................................1
A. Latar belakang ........................................................................................1
B. Rumusan masalah ....................................................................................2
C. Tujuan penelitian .................................................................................... 3
D. Manfaat penelitian ...................................................................................3

Bab II tinjauan pustaka dan kerangka berfikir............................................... 4
A. Tinjauan pustaka .................................................................................... 4
B. Kerangka berpikir .................................................................................. 5

Bab III Pembahasan Hasil Penelitian ........................................................... 6
A. Kesalahan fonologi ................................................................................ 6
B. Kesalahan morfologi ............................................................................. 10
C. Kesalahan sintaksis ............................................................................... 11
D. Kesalahan leksikon................................................................................ 11

Bab IV Kesimpulan dan Saran ....................................................................12
A. Kesimpulan ............................................................................................12
B. Saran .....................................................................................................12
Daftar pustaka ............................................................................................13




Contoh Daftar Isi Model 1 (Tema Pendidikan)

Halaman Judul................................................................................... i
Kata Pengantar.................................................................................. ii
Daftar Isi.........................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................1
A. Latar Belakang...............................................................................2
B. Rumusan Masalah............................................................................3
C. Tujuan Penulisan.............................................................................4
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................5
A. Orientasi pendidikan jaman dulu dan sekarang...........................................6
B. Institusi pendidikan.......................................................................... 7
C. Tenaga pendidik.............................................................................. 8
D. Materi pendidikan............................................................................ 9
BAB III PENUTUP................................................................................. 10
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 11

******
Contoh Daftar Isi Model 2 (Tema Bahasa Indonesia)

Kata pengantar ............................................................................................i
Daftar isi ......................................................................................................ii
Bab I pendahuluan .......................................................................................1
A. Latar belakang ........................................................................................1
B. Rumusan masalah ....................................................................................2
C. Tujuan penelitian .................................................................................... 3
D. Manfaat penelitian ...................................................................................3

Bab II tinjauan pustaka dan kerangka berfikir............................................... 4
A. Tinjauan pustaka .................................................................................... 4
B. Kerangka berpikir .................................................................................. 5

Bab III Pembahasan Hasil Penelitian ........................................................... 6
A. Kesalahan fonologi ................................................................................ 6
B. Kesalahan morfologi ............................................................................. 10
C. Kesalahan sintaksis ............................................................................... 11
D. Kesalahan leksikon................................................................................ 11

Bab IV Kesimpulan dan Saran ....................................................................12
A. Kesimpulan ............................................................................................12
B. Saran .....................................................................................................12
Daftar pustaka ............................................................................................13

******

Contoh Daftar Isi Model 3 (Tema Lingkungan)

Kata Pengantar…………………………………………………………….………………….i
Daftar isi………………………………………………………………………………….……..ii
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang……………………………………………………………………..……1
1.2 Perumusan Masalah……………………………………………………………..……1
1.3 Tujuan………………………………………………………………………………………1
1.4 Metodelogi penulisan…………………………………………………………….…..2
1.5 Sistematika Penulisan………………………………………………………………..2
BAB 2. LANDASAN
TEORI…………………………………………………………………………………………….3
2.1 Identifikasi kualitas lingkungan hidup………………………………………..…3
2.2 Keterbatasan Ekologi dalam Pembangunan………………………………..…4
BAB 3. ANALISA LINGKUNGAN HIDUP
BAB 4. MASALAH-MASALAH PADA LINGKUNGAN HIDUP
BAB 5. PENYEBAB&DAMPAK MASALAH LINGKUNGAN HIDUP
BAB 6. UPAYA-UPAYA MENGATASI MASALAH LINGKUNGAN HIDUP
6.1 Usaha mengatasi berbagai masalah lingkungan hidup……………………….8
6.2 Pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan hidup……….…9
6.3 Pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan………………………………….9
6.4 Pengelolaan daur ulang sumber daya alam…………………………………..…10
6.5 Pelestarian flora dan fauna…………………………………………………………….11
BAB 7. PENUTUP
7.1 Kesimpulan………………………………………………………………………………….12
7.2 Saran…………………………………………………………………………………….…….12
DAFTAR PUSTAKA



Contoh Daftar Isi Makalah


Daftar isi

KATA PENGANTAR .................................................................................i
DAFTAR ISI ..............................................................................................ii
Bab I PENDAHULUAN .............................................................................1
A. Latar belakang .........................................................................................1
B. Rumusan masalah ....................................................................................2
C. Tujuan penulisan ......................................................................................3
D. Manfaat penulisan ....................................................................................3

Bab II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA BERFIKIR ..............4
A. Tinjauan pustaka .................................................................................... 4
B. Kerangka berpikir ...................................................................................5

Bab III PEMBAHASAN .............................................................................6
A. Kesalahan fonologi ................................................................................ 6
B. Kesalahan morfologi ............................................................................. 10
C. Kesalahan sintaksis ............................................................................... 11
D. Kesalahan leksikon................................................................................ 11

Bab IV PENUTUP.......................................................................................12
A. Kesimpulan ............................................................................................12
B. Saran .......................................................................................................13
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................15

Contoh daftar isi pada buku

Daftar isi

KATA PENGANTAR ........................................................................................ i
DAFTAR ISI ...................................................................................................... ii
BAB 1 MEMAHAMI SEJARAH DAN PENELITIAN SEJARAH .................. 3
A. Memahami sejarah ......................................................................................... 5
B. Penelitian tentang sejarah ............................................................................... 10
C. Manfaat mempelajari sejarah .......................................................................... 30

BAB 2 SEJARAH NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA ...................... 36
A. Asal usul manusia purba di indonesia ............................................................. 42
B. Jenis-jenis manusia purba di indonesia ............................................................ 54

BAB 3 CORAK KEHIDUPAN MANUSIA PURBA DAN HASIL BUDAYA .. 63
A. Apa itu masyarakat praaksara ..........................................................................  77
B. Hasil budaya dan peninggalan manusia purba ................................................. 80

DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 100



DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL ................................................................................................i
HALAMAN PENGESAHAN ..................................................................................ii
KATA PENGANTAR ..............................................................................................iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................iv
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................................1
1.1. Latar Belakang Masalah .....................................................................................1
1.2. Tujuan Penulisan .................................................................................................2
1.3. Rumusan Masalah ..............................................................................................2
1.4. Metode Penulisan ...............................................................................................2
1.5. Sistematika Penulisan...........................................................................................3
BAB II LANDASAN TEORI ...................................................................................4
2.1. Pengertian gerak, massa, kecepatan, dan percepatan............................................4
2.2. Momentum .........................................................................................................4
2.3. Hukum kekekalan momentum .............................................................................5
2.4. Impuls ................................................................................................................5
2.5. Moman gaya ......................................................................................................5
2.6. Gaya gesekan static dan gaya gesekan kinetik .....................................................6
2.7. Hukum Newton II ...............................................................................................7
2.8. Hukum pemantulan ..............................................................................................7
BAB III PROSEDUR KEGIATAN
3.1. Alat yang digunakan .............................................................................................8
3.2. Cara kerja percobaan ..........................................................................................8
BAB IV HASIL PERCOBAAN DAN ANALISA ....................................................19
BAB V PENUTUP ....................................................................................................27
5.1. Kesimpulan .........................................................................................................27
5.2. Saran ..................................................................................................................27
LAMPIRAN FOTO ..................................................................................................29
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................31




DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL ................................................................................................i
HALAMAN PENGESAHAN ..................................................................................ii
KATA PENGANTAR ..............................................................................................iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................iv
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................................1
1.1. Latar Belakang Masalah .....................................................................................1
1.2. Tujuan Penulisan .................................................................................................2
1.3. Rumusan Masalah ..............................................................................................2
1.4. Metode Penulisan ...............................................................................................2
1.5. Sistematika Penulisan...........................................................................................3
BAB II LANDASAN TEORI ...................................................................................4
2.1. Pengertian gerak, massa, kecepatan, dan percepatan............................................4
2.2. Momentum .........................................................................................................4
2.3. Hukum kekekalan momentum .............................................................................5
2.4. Impuls ................................................................................................................5
2.5. Moman gaya ......................................................................................................5
2.6. Gaya gesekan static dan gaya gesekan kinetik .....................................................6
2.7. Hukum Newton II ...............................................................................................7
2.8. Hukum pemantulan ..............................................................................................7
BAB III PROSEDUR KEGIATAN
3.1. Alat yang digunakan .............................................................................................8
3.2. Cara kerja percobaan ..........................................................................................8
BAB IV HASIL PERCOBAAN DAN ANALISA ....................................................19
BAB V PENUTUP ....................................................................................................27
5.1. Kesimpulan .........................................................................................................27
5.2. Saran ..................................................................................................................27
LAMPIRAN FOTO ..................................................................................................29
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................31





DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR .......................................................................i
DAFTAR ISI .....................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................1
1 Latar Belakang ...............................................................................1
2 Perumusan Masalah ........................................................................2
3 Tujuan ............................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN ..................................................................3
1.Bentuk Bumi ...................................................................................3
2.Ukuran Bumi ...................................................................................3
3.Lapisan Lapisan Bumi ......................................................................3
4. Umur Bumi .....................................................................................4
5. Rotasi Bumi ....................................................................................5
6. Revolusi Bumi .................................................................................7
BAB III PENUTUP
1.Kesimpulan ......................................................................................8
2.Saran ...............................................................................................8



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR .....................................................................i

DAFTAR ISI
...................................................................................ii

BAB 1 PENDAHULUAN ...............................................................1

1.1 Latar Belakang ...........................................................................1

1.2 Perumusan Masalah ....................................................................2

1.3 Tujuan ........................................................................................2

BAB 2 PEMBAHASAN ..................................................................3

2.1 Pengertian energi listrik ................................................................3

2.2 Pembuatan energi listrik................................................................3

2.3 Bahaya energi listrik ....................................................................3

2.4 Manfaat energi listrik ...................................................................4

2.5 Sumber listrik alternatif ................................................................5

2.6 Listrik energi dimasa depan ............................................................7

BAB 3 PENUTUP

3.1 Kesimpulan .................................................................................8

4.2 Saran ..........................................................................................8



DAFTAR ISI                                                                                                             HALAMAN

KATA PENGANTAR ……………………………………………

DAFTAR ISI ………………………………………………………

BAB I………………………………………………………………

1.1. PENDAHULUAN …………………………………………………

1.2. LATAR BELAKANG ……………………………………………

1.3. RUMUSAN MASALAH ……………………………………………

1.4. TUJUAN PENELITIAN ………………………………………………

1.5. MANFAAT PENELITIAN …………………………………………

BAB II…………………………………………………………………

2.1. TINJAUAN PUSTAKA …………………………………………

2.2. KERANGKA BERPIKIR ………………………………………

BAB III………………………………………………………………

3.1. PEMBAHASAN PENELITIAN …………………………………

3.2. KESALAHAN LEKSIKON………………………………………

3.3. KESALAHAN SINTAKSIS ………………………………………

3.4. KESALAHAN FONOLOGI …………………………………………

3.5. KESALAHAN MORFOLOGI …………………………………………

BAB IV………………………………………………………………………

4.1. KESIMPULAN ……………………………………………………

4.2. SARAN ……………………………………………………………

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………

====================================================


Contoh Daftar Isi Makalah – Fisika (Ilmu Pengetahuan Alam)

DAFTAR ISI

JUDUL ………………………………………………………………

PENGESAHAN ……………………………………………………

KATA PENGANTAR ………………………………………………

DAFTAR ISI …………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………

1.1. Latar Belakang  ………………………………………………………

1.2. Tujuan ……………………………………………………………………

1.3. Rumusan Masalah ………………………………………………………

1.4. Metode Penulisan ………………………………………………………

1.5. Sistematika………………………………………………………………

BAB II LANDASAN TEORI …………………………………………………

2.1. Pengertian gerak, percepatan, kecepatan dan masa…………………

2.2. Momentum ……………………………………………………………

2.3. Hukum kekekalan……………………………………………………

2.4. Impuls ……………………………………………………………

2.5. Moman gaya …………………………………………………………

2.6. Gaya gesekan statis dan kinetik ………………………………………

2.7. Hukum Newton II ……………………………………………………

2.8. Hukum Pascal…………………………………………………………

BAB III PROSEDUR KEGIATAN…………………………….…………

3.1. Sarana yang digunakan ………………………………………………

3.2. Cara kerja ……………………………………………………………

BAB IV HASIL ANALISA ………………………………………………

BAB V PENUTUP …………………………………………………………

5.1. Kesimpulan ……………………………………………………………

5.2. Saran …………………………………………………………………

LAMPIRAN FOTO ………………………………………………………

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………

=====================================================


Contoh Daftar Isi Makalah – Ekonomi (Ilmu Pengetahuan Sosial)

DAFTAR ISI

JUDUL………………………………………………..……………………

PERNYATAAN…………………………………………..………………

PERSETUJUAN PEMBIMBING………………………………….………

KATA PENGANTAR……………………………..………………………

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang Penelitian …………………….………….………..……

1.2 Perumusan Masalah …………………….……………………………

1.3  Tujuan dan Manfaat Penelitian ………………………………………

BAB 2  LANDASAN TEORI

2.1  Analis Ekonomi Makro ………………………………………………

2.2 Ukuran Aktivitas Ekonomi ……………………………………………

2.3 Produk Domestik Bruto ………..………………………………………

2.4 Inflasi ……………………………………….…………………………

BAB 3  METODOLOGI
3.1 Sekilas Citibank……..…….…………………………….……………

3.2 Kompetitor ………………………………….……………..……..….

3.3 Kerangka Pikiran ………………………………………………………

3.4 Metodologi Penelitian …………………………………………………

3.5 Data / Informasi ………………………………….………..…………

3.6 Metode Analisis …………………………………………………………

DAFTAR ACUAN ……………………………………………………………

DAFTAR PUSTAKA ………………….…………………………………






Dan dibawah ini contoh daftar isi beserata makalah nya yang lengkapa

Contoh Makalah


KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA

Tugas Mandiri
Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
#LOGO#
Disusun oleh :
Nama              : YULI SITI RODIYAH
NIM                : 2013150152
Ruang             : 02 PPKMB
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
UNIVERSITAS PAMULANG
2014

KATA PENGANTAR
  Alhamdulillah, Puja dan Puji hanya layak tercurahkan kepada Allah SWT. , karena atas limpahan karunia-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam. Manusia istimewa yang seluruh perilakunya layak untuk diteladani, yang seluruh ucapannya adalah kebenaran, yang seluruh getar hatinya kebaikan. Sehingga Penulis dapat menyelesaikan tugas mandiri ini tepat pada waktunya.
  Penulis sangat tertarik untuk mengajukan Judul : KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA.
  Banyak kesulitan dan hambatan yang Penulis hadapi dalam membuat tugas mandiri ini tapi dengan semangat dan kegigihan serta arahan, bimbingan dari berbagai pihak sehingga Penulis mampu menyelesaikan tugas mandiri ini dengan baik, oleh karena itu pada kesempatan ini, Penulis mengucapkan terima kasih kepada :
  • Perempuan istimewa Mamah dan Alm ayah yang selalu menjadi inspirasiku, serta mencurahkan kasih sayang tanpa pamrih.
  • Bapak Sucipto sebagai dosen Perkembangan Peserta Didik. Semoga ilmunya berkah dan menjadi aliran amal hingga kelak di Barzakh.
  • Mahardika, yang sudah memberikan motivasinya dan teman – teman kelas 02PPKMB.
  Penulis menyimpulkan bahwa tugas mandiri ini masih belum sempurna, oleh karena itu Penulis menerima saran dan kritik, guna kesempurnaan tugas mandiri ini dan bermanfaat bagi Penulis dan pembaca pada umumnya.

Pamulang, Maret 2014
    Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL………………………………………………………………………………………   i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………….   ii
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………………   iv
BAB I      PENDAHULUAN…………………………………………………………………………..   1
  1. Latar Belakang…………………………………………………………………………… 1
  2. Rumusan Masalah………………………………………………………………………. 2
BAB II     PEMBAHASAN……………………………………………………………………………..   3
  1. Pengertian Perkembangan Sosial………………………………………………….. 3
  2. Ciri Perkembangan Sosial……………………………………………………………. 3
  3. Penyesuaian Karakteristik Sosial Remaja………………………………………. 4
  4. Transisi Sosial……………………………………………………………………………. 5
  5. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial…………….. 5
BAB V     KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………………………..   8
DAFTAR PUTAKA……………………………………………………………………………………….   8

Pada unduhan akan lebih rapih, dan sama rata marginnya.

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peserta didik adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, ia membutuhkan orang lain untuk dapat tumbuh kembang menjadi manusia yang utuh. Dalam perkembangannya, pendapat dan sikap peserta didik dapat berubah karena interaksi dan saling berpengaruh antar sesama peserta didik maupun dengan proses sosialisasi. Dengan mempelajari perkembangan hubungan sosial diharapkan dapat memahami pengertian dan proses sosialisasi peserta didik.
Pada awal manusia dilahirkan belum bersifat sosial, dalam arti belum memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan sosial pada masa remaja berkembang kemampuan untuk memahami orang lain sebagai individu yang unik. Baik menyangkut sifat-sifat pribadi, minat, nilai-nilai atau perasaan sehingga mendorong remaja untuk bersosialisasi lebih akrab dengan lingkungan sebaya atau lingkungan masyarakat baik melalui persahabatan atau percintaan. Pada masa ini berkembangan sikap cenderung menyerah atau mengikuti opini, pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran, keinginan orang lain. Ada lingkungan sosial remaja (teman sebaya) yang menampilkan sikap dan perilaku yang dapat dipertanggung jawabkan misalnya: taat beribadah, berbudi pekerti luhur, dan lain-lain. Tapi ada juga beberapa remaja yang terpengaruh perilaku tidak bertanggung jawab teman sebayanya, seperti : mencuri, pergaulan bebas, narkotik, miras, dan lain-lain. Remaja diharapkan memiliki penyesuaian sosial yang tepat dalam arti kemampuan untuk mereaksi secara tepat terhadap realitas sosial, situasi dan relasi baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Oleh karena itu, penyusun ingin membuat makalah dengan judul : “Karakteristik Perkembangan Sosial Remaja”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.
  1. Apa yang dimaksud dengan perkembangan sosial ?
  2. Apa saja ciri – ciri perkembangan sosial remaja ?
  3. Apa saja ruang lingkup perkembangan karakteristik sosial remaja ?
  4. Bagaimana transisi sosial remaja ?
  5. Apa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial ?
PEMBAHASAN
A. Pengertian Perkembangan Sosial
Perkembangan sosial adalah kemajuan yang progresif melalui kegiatan yang terarah dari individu dalam pemahaman atas warisan sosial dan formasi pola tingkah lakunya yang luwes. Hal itu disebabkan oleh adanya kesesuaian yang layak antara dirinya dengan warisan sosial itu.
Menurut Elizabeth B. Hurlock, perkembangan sosial adalah kemampuan seseorang dalam bersikap atau tata cara perilakunya dalam berinteraksi dengan unsur sosialisasi di masyarakat.
Jadi, dapat diartikan bahwa perkembangan sosial akan menekankan perhatiannya kepada pertumbuhan yang bersifat progresif. Seorang individu yang lebih besar tidak bersifat statis dalam pergaulannya, karena dirangsang oleh lingkungan sosial, adat istiadat, kebiasaan – kebiasaan kelompok dimana ia sebagai salah satu anggota kelompoknya.
B. Ciri Perkembangan Sosial Remaja
  • Berkembangnya kemampuan memahami orang lain.
  • Pemilihan persahabatan dengan kualitas psikologis yang relatif sama dengan dirinya.
  • Berkembangnya sikap kecenderungan untuk menyerah atau mengikuti pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran, atau keinginan sebaya.
  • Memiliki kemampuan merekasi yang tepat terhadap realitas sosial.
C. Penyesuaian Karakteristik Sosial Remaja
Remaja yang dalam masa mencari dan ingin menentukan jati dirinya memiliki sikap yang terlalu tinggi menilai dirinya atau sebaliknya. Mereka belum memahami benar tentang norma-norma sosial yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat. Keduanya dapat menimbulkan hubungan sosial yang kurang serasi, karena mereka sukar untuk menerima norma sesuai dengan kondisi dalam kelompok atau masyarakat. Sikap menentang dan sikap canggung dalam pergaulan akan merugikan kedua belah pihak. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya pengembangan hubungan sosial remaja diantaranya :
  • Lingkungan Keluarga
    • Menjalin hubungan yang baik dengan anggota keluarga.
    • Menerima otoritas orang tua.
    • Bertanggung jawab norma-norma yang berlaku dikeluarga.
    • Berusaha untuk membantu anggota keluarga, sebagai individu maupun kelompok dalam mencapai tujuannya.
  • Lingkungan Sekolah.
    • Menghormati dan menerima peraturan sekolah.
    • Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
    • Bersosisalisasi dengan lingkungan sekolah.
  • Lingkungan Masyarakat
    • Menghormati hak-hak orang lain
    • Bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat.
    • Bersimpati dan empati terhadap kesejahteraan orang lain.
    • Menghormati nilai-nilai, hukum, tradisi dan kebijakan yang berlaku dimasyarakat.
D. Transisi Sosial
Santrock (2003: 24) mengungkapkan bahwa pada transisi sosial remaja mengalami perubahan dalam hubungan individu dengan manusia lain yaitu dalam emosi, dalam kepribadian, dan dalam peran dari konteks sosial dalam perkembangan. Membantah orang tua, serangan agresif terhadap teman sebaya, perkembangan sikap asertif, kebahagiaan remaja dalam peristiwa tertentu serta peran gender dalam masyarakat merefleksikan peran proses sosial-emosional dalam perkembangan remaja. John Flavell (dalam Santrock, 2003: 125) juga menyebutkan bahwa kemampuan remaja untuk memantau kognisi sosial mereka secara efektif merupakan petunjuk penting mengenai adanya kematangan dan kompetensi sosial mereka.
E. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial
Perkembangan sosial manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: keluarga, kematangan anak, status ekonomi keluarga, tingkat pendidikan, dan kemampuan mental terutama emosi dan inteligensi.
a. Keluarga
Keluarga merupakan lingkungan pertama yang memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan anak, termasuk perkembangan sosialnya. Kondisi dan tata cara kehidupan keluarga merupakan lingkungan yang kondusif bagi sosialisasi anak. Di dalam keluarga berlaku norma-norma kehidupan keluarga, dan dengan demikian pada dasarnya keluarga merekayasa perilaku kehidupan anak.
Proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan kepribadian anak lebih banyak ditentukan oleh keluarga. Pola pergaulan dan bagaimana norma dalam menempatkan diri terhadap lingkungan yang lebih luas ditetapkan dan diarahkan oleh keluarga.
b. Kematangan Anak
Bersosialisasi memerlukan kematangan fisik dan psikis. Untuk mampu mempertimbangan dalam proses sosial, memberi dan menerima pendapat orang lain, memerlukan kematangan intelektual dan emosional. Di samping itu, kemampuan berbahasa ikut pula menentukan.
Dengan demikian, untuk mampu bersosialisasi dengan baik diperlukan kematangan fisik sehingga setiap orang fisiknya telah mampu menjalankan fungsinya dengan baik.
c. Status Sosial Ekonomi
Kehidupan sosial banyak dipengaruhi oleh kondisi atau status kehidupan sosial keluarga dalam lingkungan masyarakat. Masyarakat akan memandang anak, bukan sebagai anak yang independen, akan tetapi akan dipandang dalam konteksnya yang utuh dalam keluarga anak itu. “ia anak siapa”. Secara tidak langsung dalam pergaulan sosial anak, masyarakat dan kelompoknya dan memperhitungkan norma yang berlaku di dalam keluarganya.
Dari pihak anak itu sendiri, perilakunya akan banyak memperhatikan kondisi normatif yang telah ditanamkan oleh keluarganya. Sehubungan dengan itu, dalam kehidupan sosial anak akan senantiasa “menjaga” status sosial dan ekonomi keluarganya. Dalam hal tertentu, maksud “menjaga status sosial keluarganya” itu mengakibatkan menempatkan dirinya dalam pergaulan sosial yang tidak tepat. Hal ini dapat berakibat lebih jauh, yaitu anak menjadi “terisolasi” dari kelompoknya. Akibat lain mereka akan membentuk kelompok elit dengan normanya sendiri.
d. Pendidikan
Pendidikan merupakan proses sosialisasi anak yang terarah. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang normatif, akan memberikan warna kehidupan sosial anak di dalam masyarakat dan kehidupan mereka di masa yang akan datang. Pendidikan dalam arti luas harus diartikan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh kehidupan keluarga, masyarakat, dan kelembagaan. Penanaman norma perilaku yang benar secara sengaja diberikan kepada peserta didik yang belajar di kelembagaan pendidikan (sekolah).
Kepada peserta didik bukan saja dikenalkan kepada norma-norma lingkungan dekat, tetapi dikenalkan kepada norma kehidupan bangsa (nasional) dan norma kehidupan antarbangsa. Etik pergaulan membentuk perilaku kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
e. Kapasitas Mental, Emosi, dan Intelegensi
Kemampuan berpikir banyak mempengaruhi banyak hal, seperti kemampuan belajar, memecahkan masalah, dan berbahasa. Anak yang berkemampuan intelektual tinggi akan berkemampuan berbahasa secara baik. Oleh karena itu kemampuan intelektual tinggi, kemampuan berbahasa baik, dan pengendalian emosional secara seimbang sangat menentukan keberhasilan dalam perkembangan sosial anak.
Sikap saling pengertian dan kemampuan memahami orang lain merupakan modal utama dalam kehidupan sosial dan hal ini akan dengan mudah dicapai oleh remaja yang berkemampuan intelektual tinggi.

KESIMPULAN DAN SARAN
  1. Kesimpulan
Berdasarkan uraian sebelumnya, Penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :
  1. Perkembangan sosial adalah berkembangnya tingkat hubungan antar manusia berkaitan dengan meningkatnya kebutuhan manusia.
  2. Perhatian remaja mulai tertuju pada pergaulan dimasyarakat dan mereka membutuhkan pemahaman tentang norma kehidupan yang kompleks. Pergaulan remaja banyak diwujudkan dalam bentuk kehidupan kelompok terutama kelompok sebaya.Perkembangan anak remaja dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : kondisi keluarga, kematangan anak, status sosial ekonomi keluarga, pendidikan, dan kapasitas mental terutama intelek dan emosi.
  3. Saran
Sesuai dengan kesimpulan diatas, Penulis menyarankan setiap calon peserta didik dapat memahami konsep perkembangan sosial peserta didiknya.

DAFTAR PUSTAKA
“KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA”, http://nahdamar.blogspot.com/2013/03/karakteristik-perkembangan-sosial-remaja.html
“KARAKTERISTIK REMAJA” http://belajarpsikologi.com/karakteristik-remaja/






Itulah contoh Daftar Isi Makalah yang juga bisa digunakan untuk makalah pendidikan, makalah Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Jangan lupa perhatikan titik-titik yang digunakan agar terlihat rapih, jangan sampai titik tersebut tidak rata. Bagimana, mudah bukan membuat sebuah daftar isi? Setelah artikel ini Anda simak, jangan lupa juga membaca atau menyimak informasi Contoh Surat Dinas Lengkap supaya nantinya Anda bisa membuatnya dengan baik.