Saturday, 28 May 2016

contoh makalah microsoft word 2007




KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada  penyusun sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul: MIKROSOFT WORD
Penyusun menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penyusun menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
Penyusun  menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penyusun telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
Akhirnya tim penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Munandar, 27 Mei 2016 
                                                                                               
Penulis


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................  ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 1
A. LATAR BELAKANG ...................................................................  1
B. RUMUSAN MASALAH ...............................................................  1
C. TUJUAN .........................................................................................  1
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................  2
A.  MENGENAL MIKROSOFT WORD 2007 ..................................  2
B.  MENGOPERSIKAN MIKROSOFT WORD 2007 ......................  4
BAB III PENUTUP .....................................................................................  17
A.  KESIMPULAN ..............................................................................  17
B.  SARAN ..........................................................................................  17
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................  18








BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Microsoft Word adalah salah satu program yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti membuat cerita, surat, makalah, dll.
B.     Rumusan Masalah
Masih banyak mahasiswa yang belum mengerti system Microsoft Word sepenuhnya, khususnya yang Microsoft Word 2007 yang muncul dengan tampilan barunya.
C.    Tujuan Penulisan
Supaya mahasiswa dapat mengetahui bagaiman cara menggunakan Microsoft Word 2007 ini dengan sepenuhnya.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yangyang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat,membuat tabel pada dokumen. Microsoft Word 2007 merupakan program pengolah katater baru dari Microsoft.Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan dipakai dalam mengoperasikanMicrosoft Word 2007:
v  Hotkey / shortcut  : Berupa kombinasi beberapa tombol tertentu pada keyboard yang menyebabkan program aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan suatu proses tertentu
v  Toolbar ( pada Mic. Word 2007 disebut ribbon) : Pada Mic. Word 2007, perintah-perintah sudah ditampulkan dalam grup-grup terpisah
v  Ruler margin (Indent) : Digunakan untuk mengatur batas kiri dan kanan dari suatu halamanFirst Line Indent Right IndentHanging IndentLeft Indent
v  First Line Indent : Digunakan untuk mengatur posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf 
v  Hanging Indent : Digunakan untuk mengatur posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragraf 
v  Left Indent : Digunakan untuk mengatur batas kiri untuk semua teks
v  Right Indent : Digunakan untuk mengatur batas kanan untuk semua teks
B.     Mengoperasikan Microsoft Word
1.      Membuka Microsoft Word
Untuk membuka Microsoft Word ada 2 cara, yaitu :
·         Double Click icon Microsoft Word pada Desktop
·         Click Start
·         Programs
·         Microsoft Office
·         Microsoft Word 2007
2.      Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsungditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadialternatif dalam membuat dokumen baru.
a)      Click icon atau tekan Alt+F
·         New
·         Blank Document
b)      Tekan Ctrl+N pada keyboard
3.      Membuka File yang sudah Tersimpan
Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder komputer kalian, antara lain :
a)      Click icon atau tekan Alt+F
·         Open
b)      Tekan Ctrl+O pada keyboardDari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilihfile yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
4.      Mengubah jenis satuan mistar dari inch ke centi meter
Tools – options – OpenOffice.org.Writer – General dan ubah pilihan Measurement Unit - OK





5.      Memberi  jarak spasi
Klik Format – Paragraf – pilih Tab Indents & Spacing – pada line spacing pilih jarak spasi yang diinginkan




6.      Mengubah page setup (ukuran kertas dan batas penulisan)
Klik Format – Page – pilih tab Page 
Paper Format untuk memilih jenis ukuran kertas
-          A4
-          Letter 21,5 x 28,5 untuk ukuran kertas kwarto Indonesia
-          Legal 21,5 x 33 untuk ukuran kertas folio Indonesia Orientation
-          Portrait (mencetak naskah dengan model vertical)
-          Landscape (mencetak naskah dengan model horizontal)
Margin untuk mengatur batas-batas kertas
Dalam penulisan makalah atau karya ilmiah, menggunakan :
Left           : 4
Right         : 3
Top            : 4
Bottom      : 3
7.      Menggandakan (mengcopy) naskah/teks
·         Blok naskah yang akan digandakan
·         Klik menu Edit – Copy atau tekan Ctrl + C atau klik icon
·         Simpan kursor di mana akan menempatkan hasil copyan kemudian
·         Klik menu Edit – Paste atau tekan Ctrl + V atau klik icon
8.      Memindahkan naskah/teks
·         Blok naskah yang akan dipindahkan
·         Klik menu Edit – Cut atau tekan Ctrl + X atau klik icon
·         Simpan kursor di mana akan menempatkan hasilnya
·         Klik menu Edit – Paste atau tekan Ctrl + V atau klik icon
9.      Mencetak Tebal huruf
·         Blok huruf yang akan diberi efek tebal
·         Klik gambar icon          atau tekan Ctrl + B
10.  Mencetak Miring huruf
·         Blok huruf yang akan diberi efek miring
·         Klik gambar icon          atau tekan Ctrl + I
11.  Mencetak garis bawah huruf
·         Blok huruf yang akan diberi efek garis bawah
·         Klik gambar icon          atau tekan Ctrl + U
12.  Merata kiri-kan naskah / teks
·         Blok paragraf  (cukup simpan kursor) yang akan dirata kiri
·         Klik gambar icon          atau tekan Ctrl + L
13.  Mengetengahkan naskah / teks
·         Blok paragraf  (cukup simpan kursor) yang akan diketengahkan
·         Klik gambar icon          atau tekan Ctrl + E
14.  Merata kanan-kan naskah / teks
·         Blok paragraf  (cukup simpan kursor) yang akan dirata kanan
·         Klik gambar icon          atau tekan Ctrl + R
15.  Merata kanan dan kirikan naskah / teks
·         Blok paragraf  (cukup simpan kursor) yang akan dirata kanan-kiri
·         Klik gambar icon          atau tekan Ctrl + J
16.  Membuat numbering/penomoran
·         Blok paragraf  (cukup simpan kursor) yang akan diberi nomor
·         Klik gambar icon          (Number On/Off)
17.  Membuat bullet
·         Blok paragraf  (cukup simpan kursor) yang akan diberi bullet
·         Klik gambar icon          (Bullet On/Off)
18.  Mengganti jenis huruf
·         Blok paragraf  yang akan dirubah jenis hurufnya
·         Klik gambar icon    
19.  Mengubah ukuran huruf
·         Blok paragraf  yang akan dirubah ukuran hurufnya
·         Klik gambar icon         
20.  Mengubah warnah huruf
·         Blok paragraf  yang akan dirubah warna hurufnya
·         Klik gambar icon         
21.  Mengubah posisi paragraf
·         Blok paragraf  yang akan dirubah
·         Klik gambar icon         
22.  Memberi efek penerang pada tulisan
·         Blok tulisan yang akan di beri efek penerang
·         Klik gambar icon         
23.  Memberih warna background
·         Blok tulisan yang akan di beri background
·         Klik gambar icon         
24.  Mengubah file odt menjadi pdf
·         Klik File – klik eksport pdf – klik ekspor – klik folder (lokasi) dimana akan disimpan data tersebut ketik nama filenya – klik save
·         Atau klik gambar icon
25.  Mencetak  file / dokumen
·         Klik File – klik Print
-          Name                  :  Pilih jenis printer yang akan digunakan
-          Page                   :  Ketikkan halaman berapa yang akan dicetak
-          Number of page :  Ketikkan berapa rangkap yang akan dicetak          
·         Atau klik gambar icon
26.  Memperbesar tampilan naskah yang akan dicetak
·         Klik File – klik Page Privew
·         Atau klik gambar icon
27.  Mengecek tata bahasa yang digunakan
·         Klik Tools– klik Spelling and Grammer
·         Atau klik gambar icon
28.  Melakukan pembatalan maju atau mundur
·         Ini dimaksudkan jika kita akan kembali ke naskah terakhir atau naskah sebelumnya
·         Klik  Edit – Undo atau Redo
·         Atau klik gambar icon
29.  Membuat tabel
·         Klik Table – Insert – Table
-          Columns             : Jumlah kolom
-          Rows      : Jumlah baris
-          Ok
·         Atau klik gambar icon
30.  Memunculkan/menyembunyikan menu Drawing
·         Pada dasarnya menu drawing ini adalah untuk membuat sebuah model garis, model kotak, lingkaran dan lainnya
·         Ini dapat dilakukan dengan mengklik icon
·         Maka akan muncul menu seperti di bawah ini :
31.  Mencari dan mengganti kata
·         Klik Edit – klik Find and Replace
·         Pada Search for ketikkan kata yang akan diganti
·         Pada Replace With ketikkan kata pengganti
·         Atau klik icon
32.  Menyisipkan gambar
·         Klik Insert – picture – from file – klik folder di mana gambar tersebut tersimpan
·         Atau klik icon
·         Klik folder yang akan dipilih (Background, bullet, homepage, dll)
·         Klik dan tarik ke lembar kerja gambar yang anda pilih
33.  Menu Pertolongan
·         Klik help – OpenOffice.Org
·         Menu pertolongan, di mana kita dapat mencari informasi untuk menggunakan beberapa perintah
·         Atau klik icon
34.  Membuat header and footer
·         Klik Insert
·         Klik Header / Footer
·         Klik Defaul
·         Ketikkan isi Header atau footer
35.  Memberi nomor halaman
·         Jika nomor halaman yang diinginkan berada di bagian bahwa maka dapat dilakukan dengan cara
·         Klik Insert
·         Klik Footer
·         Klik Defaul
·         KLik Insert
·         Klik Fileds
·         Klik Page Number
36.  Membuat footnote/catatan kaki
·         Simpan kursor pada kata yang akan diberi catatan kaki
·         Klik Insert
·         Klik FootNote
·         Ketikkan catatan yang diinginkan
37.  Membuat huruf menjadi Kapital atau sebaliknya
·         Blok huruf
·         Klik Format
·         Klik Cange Case
·         Klik UpperCase atau LowerCase
38.  Membuat kolom Koran
·         Blok paragraf
·         Klik Format
·         Klik Columns
·         Klik jumlah kolom yang diinginkan
·         Tentukan jarak spasi antar kolom
·         Pada Apply To pilih Selection
·         Klik Ok
39.  Menyisipkan special carakter (symbol)
·         Klik Insert
·         Klik Special Carakter
·         Klik symbol yang diinginkan
·         Klik OK
40.  Menyisipkan garis horizontal
·         Klik gallery
·         Klik Rulers
·         Klik dan tarik jenis garis yang diinginkan ke dalam lembar kerja
41.  Menyisipkan gambar
·         Klik Klik Insert
·         Picture
·         KLik From file
·         Cari dimana gambar anda simpan
·         Klik salah satu gambar
·         Klik Open
42.  Menyisipkan grafik
·         Blok table yang akan dibuat grafiknya
·         Klik Insert
·         Klik Object
·         Klik Chart
·         Pilih jenis Grafik yang diinginkan
·         Klik Finish
43.  Menyisipkan Drop  Cap
·         Klik Format
·         Klik Paragraph
·         Klik Drop Caps
·         Klik/Centang Display Drop Caps
·         Klik OK
44.  Menyisipkan Border/bingkai
·         Klik format
·         Klik paragraph
·         Klik Border
·         Klik besar garis dan kotak yang diinginkan
·         Klik OK
45.  Membuat table
Untuk membuat table biasanya kita lebih mudah dengan menggunakan Microsoft Excel.Akan tetapi Microsoft Word juga menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah table. Dimana dalam pembuatan table-nya terhitung lebih mudah daripada denganmenggunakan Word 2003. Langkah – Langkah pembuatan table :
1.      Klik menu Insert pada ribbon
2.      Pilih icon table , kemudian Insert Table Dalam pembuatan sebuah table disediakan beberapa menu tambahan, antara lain :
a)      Insert : Dengan menu Insert kita dapat menambahkan kolom, baris, dan cell pada saat pembuatan table.Langkah-Langkah:
·         Klik kanan pada table
·         Insert
Insert …… (sesuai yganda inginkan)
b)      Marge : Dengan Merge kita dapat menggabungkan beberapa kolom/baris menjadi satu.Langkah-Langkah :
·         Block baris atau kolom yg anda inginkan terlebih dahulu
·         Klik kanan
·        Merge Cells3. Table properties,digunakan untuk mengatur tampilan table.Langkah -Langkah :
o   Block tabel terlebih dahulu
o   Klik kanan
o   Table PropertiesUntuk latihan, buatlah table seperti gambar dibawah ini!
 
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Program Microsoft Word 2007 adalah program pengolah kata yang sangat dinamis dan mudah dalam menjalankannya. Microsoft Word 2007 juga akan sangat membantu pekerjaan pegawai kantor ataupun pelajar.
B.     Saran
Setelah mahasiswa mempelajari Makalah ini diharapkan langsung mencobanya, sehingga para siswa-siswi dapat menguasai Microsoft Word 2007 ini dengan menyeluruh. Mengingat Microft Word ini sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-har














DAFTAR PUSTAKA
http://www.arhysinjai.com/2012/01/makalah-microsoft-word-2007.html
http://www.scribd.com/doc/26804232/Artikrl-Microsoft-Word-2007