MAKALAH
JENIS TANDA BACA DALAM BAHASA ARAB
Makalah ini dibuat
untuk memenuhi tugas Qawaid Al-imla’.
Dosen Pengampu
:
Roychan Yasin
Disusun oleh :
Kelompok 12
Sullamah (18201501020046)
Ulfatur Rosyidah (18201501020049)
PROGRAM STUDY PENDIDIKAN BAHASA ARAB
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
TAHUN AJARAN 2015-2016
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wa.Wb
Pujisyukur
kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa. Karena berkat rahmat, hidayahnya,
kami telah mampu menyelesaikan sebuah makalah yang berjudul “jenis
tanda baca dalam bahasa arab”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah
satu tugas mata kuliah Qawaid Al-Imla’.
Makalah
ini bukanlah karya yang sempurn karena masi memiliki kekurangan, baik dalam hasil
maupun sistematik dan teknik penulisannya. Oleh seba itu, saya sangat mengharap
kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya, semoga
makalah ini bisa memberi manfaat bagi kita semuanya.
Amin..
Wassalamualaikum
Wa.Wb
Pamekasan, 19 mei 2016
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR…………………………………………………………………………2
DAFTAR
ISI…………………………………………………………………………………..3
BAB
I : PENDAHULUAN
A.
Latar belakang Masalah………………………………………………………………4
B.
Rumusan Masalah…………………………………………………………………….4
C.
Tujuan Masalah……………………………………………………………………….4
BAB
II : PEMBAHASAN
A. Jenis-jenis tanda baca………………………………………………………………….5
1.
Tanda baca koma
(,)……………………………………………………………....5
2.
Tanda baca koma
dengan titik (;)………………………………………………...5
3.
Tanda baca titik
(.)…………………………………………………………….….5
4.
Tanda baca dua titik
dalam bentuk vertikal (:)…………………………………...5
5.
Tanda Tanya (?)…………………………………………………………………..6
6.
Tanda seru (!)……………………………………………………………………..6
7.
Tanda kurung ()…………………………………………………………………..6
8.
Tanda petik dua
diatas (“”)………………………………………………………6
9.
Tanda garis (-)…………………………………………………………………....7
10. Tanda titik tiga (. . .)……………………………………………………………...7
BAB III : PENUTUP
A.
Kesimpulan...................................................................................................................8
B.
Saran …………………………………………………………………………...…….8
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang masalah
Pada saat menulis atau membaca, tanda baca menempati posisi penting
yang harus diperhatikan.Tanda baca terletak pada bagian tulisan, bisa di awal,
di tengah dan di akhir.Tanda baca juga membantu siswa untuk menulis da membaca sebuah
teks bacaan yang benar.Seorang siswa yang memahami dimana dia akan meletakkan tanda
baca, dan tand baca apa yang seharusnya diletakkan, akan memiliki kemampuan
yang lebih baik dalam membaca secara benar disebanding temannya yang kurang memahami
tanda baca.
B.
Rumusan masalah
1.
Bagaimana cara menulis
tanda baca dalam bahasa arab?
2.
Mengapa tanda baca
itu penting?
3.
Apa saja tanda baca
dalam bahasa arab?
C.
Tujuan masalah
1.
Untuk memahami dan
mengerti tanda baca.
2.
Untuk menjelaskan
usunan teks tanda baca.
3.
Untuk mengetahui
jenis-jeni tanda baca.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
JENIS-JENIS
TANDA BACA
Ketika menulis sebuah kalimat,
paragraph, atau teks-teks bacaan, penulis harus memperhatikan tanda baca dan membiasakan
diri menggunakannya dengan benar, begitu pula saat membacanya.[1]
Tanda baca meliputi :
1.
Dalam tanda koma
(,) ،الفا صلة pembaca harus berhenti sebentar
untuk membedakan atau memisahkan satu kalimat dengan kalimat lainnya atau satu
kata dengan kata lainnya.
Tanda baca koma digunakan:
·
Sebagai pemisah
antar kata atau antar kalimat yang saling berhubungan.
المزارع رجل صبور عل العمل ، كثير الحركة
·
Sebagai memisahkan
bagian-bagian.
فصول أربع : الصوف، والشتاء ، والربيع ، والخريفف
·
Sebagai setelah
panggilan.
يا كا مل، كن حسن الخلق
·
Sebagai setelah
kata yang menunjukkan jawaban.
هل تسافر غدا؟ بل، أسافر غدا
2.
Tanda baca koma
dengan titik (;)الفصلة المنقوطة, dalam tanda baca ini
pembaca berhenti agak lama dari tanda baca koma. Tanda baca ini dimasukkan untuk
menunjukkan adanya hubungan sebab-akibat antara dua susunan kalimat atau lebih.
Misalnya : معلّمنا مسرورٌ منّا كثيرا؛ للآنّنا نقوم
بواجباتنا
3.
Tanda baca titik
(.)النقطة, diletakkan diakhir susunan kalimat yang
telah sempurna, tidak menunjukkan keheranan atau takjub dan tidak menunujuk pertanyaan.
Misalnya : آنا طلب جديدا
4.
Tanda baca dua titik
dalam bentuk vertikal (:)النقطتان, tanda baca dua titik
diletakkan:
·
Setelah kalimat-kalimat
yang bermakna bertanya, meriwayatkan, menjawab dan berkata.
قال الآب لآولاده : اهتموا بدروسكم
·
Diantara kalimat
yang menunjuk pembagian atau umum dan khusus.
الكلمة ثلاثة : اسم،وفعل،وحرف
·
Sebelum kalimat
yang menunjukkan definisi atau penjelas.
الوضوء شرعا : غسلُ أعضاء مخصوصة بينة مخصوصة
·
Sebelum contoh
yang berfungsi menjelaskan kaidah kalimat sebelumnya.
الاسم :يقببل التنوين أو دخول الآ لف واللام
5.
Tanda Tanya (?)علامة الاستفهام, tanda baca ini diletakkan diakhir kalimat
yang digunakan untuk bertanya. Misalnya: ماذا في الحقيبة ؟
6.
Tanda seru (!)علامة التأثّر, tanda seru dipergunakan:
·
Dalam kalimat menunjukkan
keheranan atau takjub.
ما أجمل السماء !-ما أشر قول ازور
·
Dalam kalimat
yang berisikan tentang do’a atau ungkapan mencela.
بارك الله فيك ! – ويلٌ الكافرين!
·
Dalam kalimat
yang menunjukkan seruan, kesedihan atau kebahagiaan.
و أسفا لقد ضاعت الفرصة!
·
Terkadang tanda
seru berkumpul menjadi satu dengan tanda Tanya dan ditulis (?!).
كيف تشكوني والظّا لم غيري؟!
7.
Tanda kurung (
)القوسان, tanda ini terkadang diganti dengan tanda garis
untuk mengapit suatu kalimat (- -). Tanda kurang dipergunakan:
·
Ditengah kalimat
untuk menandai sebuah kalimat yang bukan pokok. Andaikan kalimat yang berada dalam
kurung dibuang tidak mempengaruhi keseluruhan kalimat.
توفي رمزة (رضي الله عنه) في الغزوة / توفي حمزة –رضي الله عنه- في
الغزوة
·
Untuk menandai kalimat
yang menjadi tafsir atau maksud dari kalimat sebelumnya.
خذوا زينتكم (صل الله عليه وسلم) :"لعب الله الشحيح"
·
Untuk menandai tahun
kelahiran atau tahun wafat jika disebutkan setelah nama orang.
ابن سلام الجمحي (ت 132 ه ) صاحب كتاب "طبقات فحل الشعراء"
8.
Tanda petik dua
diatas (“”)علامة التنصيص , tanda ini dipergunakan
untuk menandai kalimat yang dinukil tidak secara utuh. Biasanyaberupaayat,
hadist, perkataan, dansejenisnya.Misalnya: قال الرسول
(صلى الله عليه و سلم) "لعن الله الشحيح"
9.
Tanda garis (-)الشرطة , tanda ini dipergunakan:
·
Antara adaddanma’dud
(angka dan kalimat yang diberi angka).
الرّياضة البدنيّة تكسب الللأنسان فوائد منها :
1.
صحّة
الخسم
2.
سلامة
العقل
3.
محبّة
في النّظام للعمل
·
Antara dua pokok
kalimat dimana pokok kalimat yang pertama sangat panjang.
إنّ العملّم المخلص في عمله الدّراسي لمصلحة طلاّبه – يستحقّ كل تقدير
واحترام
·
Dalam sebuah percakapan.
-ما اسمك ؟
-اسمي أكليلة
10. Tanda titik tiga (. . .)علامة الحذف,
tanda ini menunjukkan kalimat yang dibuang. Tanda ini dipergunakan:
·
Dalam membuat soal
atau ujian.
للآنبياء أربع صفة : الصدق، و...و...و...
·
Untuk meringkas
karena terlalu panjang bila harus ditulis dari awal.
((...ثمّ دخل المدرس، وبدأ يشرح الدرس...))
·
Karena tidak tahu
atau lupa kalimat yang akan ditulis.
قتل في غزوة بدر سبعون رجلا من...
·
Untuk menunjukkan
kalimat atau ucapan yang buruk.
قلق الآب حين سمع أولاده يسبّ بعضه بعضا، فيقول أحدهما ... ويقول
الآخر...[2]
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Tanda baca berfungsi untuk menjelaskan,
membedakan satu susunan dengan susunan lainnya, membedakan intonasi suara pada saat
membaca, memperjelas arti suatu kalimat, atau berfungsi menekankan pada
kata-kata tertentu.
Tanda baca meliputi : tanda koma(الصلة),tanda titik
koma(الفصلة المنقوطة), tanda titik (النقطة), tanda titik dua (القطتان), tanda Tanya (علامة الاستفهام),
tanda seru (علامة التأثّر), tanda kurung(القؤسان), tanda petik dua diatas (علامة التنصيص), tanda garis (الشرطة),
tanda titik tiga (علامة الحذف) Dengan kegunaannya masing-masing.
B.
Saran
Tanda baca ini mungkin satu-satunya bagian
dari kaidah-kaidah imla’ yang berlaku secara global. Artinya, topic ini yang
berlaku bagi semua bahasa di dunia.
Demikianlah, penulisan ini tidak perlu
lagi mengupas satu persatu karena tanda-tanda baca tersebut telah dikenal luas.
DAFTAR PUSTAKA
Munjiah, Ma’rifah. Kaidah-kaidah Imla’ Teori & Praktik.
Malang: UIN-Maling Press. 2012
Thabrani. Abdul Mukti. Kaidah-kaidah Dasar Penulisan Bahasa Arab(Imla’).
Lumajang: cendekia publishing. 2014