JFrame merupakan komponen dasar dalam membuat aplikasi GUI, dimana JFrame berfungsi sebagai container atau wadah untuk menampung komponen GUI lainya.
#Konstruktor:
~JFrame()
~JFrame(String judul)
~JFrame(String judul, GraphicsConfiguration gc)
#Beberapa metode:
~setTitle(string judul);
~setSize(int lebar, int tinggi);
~setLOcation(int x, int y);
~setDefaultCloseOperation(int);
~setVisible(boolean tampil);
contoh program JFrame
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
public class jframe extends JFrame{
public jframe(){
initComponents();
}
private void initComponents(){
setTitle("luas persegi panjang");
setSize(500, 400);
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
panel = new JPanel();
namaLabel = new JLabel("Nama");
utsLabel = new JLabel("");
uasLabel = new JLabel("Nilai Uas");
akhirLabel = new JLabel("Nilai Akhir");
namaTextField= new JTextField();
utsTextField = new JTextField();
uasTextField = new JTextField();
akhirTextField = new JTextField();
hitungButton = new JButton("Hitung");
tutupButton = new JButton("Tutup");
panel.setLayout(null);
getContentPane().add(panel);
panel.add(namaLabel);
panel.add(utsLabel);
panel.add(uasLabel);
panel.add(akhirLabel);
panel.add(namaTextField);
panel.add(utsTextField);
panel.add(uasTextField);
panel.add(akhirTextField);
panel.add(hitungButton);
panel.add(tutupButton);
namaLabel.setBounds(30,30,90,25);
utsLabel.setBounds(30,60,90,25);
uasLabel.setBounds(30,90,90,25);
akhirLabel.setBounds(30,120,90,25);
namaTextField.setBounds(130,30,100,25);
utsTextField.setBounds(130,60,100,25);
uasTextField.setBounds(130,90,100,25);
akhirTextField.setBounds(130,120,100,25);
hitungButton.setBounds(40,180,100,30);
tutupButton.setBounds(150,180,80,30);
akhirTextField.setEditable(false);
hitungButton.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed(ActionEvent evt){
hitungButtonActionPerformed(evt);
}
});
tutupButton.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed(ActionEvent evt){
tutupButtonActionPerformed(evt);
}
});
}
private void hitungButtonActionPerformed(ActionEvent evt){
double uts=0, uas=0, akhir;
try{
uts=Double.parseDouble(utsTextField.getText());
}catch (NumberFormatException ex){
JOptionPane.showMessageDialog(this, "Nilai UTS yang di masukan salah");
}
try{
uas = Double.parseDouble(uasTextField.getText());
} catch (NumberFormatException ex){
JOptionPane.showMessageDialog(this, "Nilai uas yang dimasukan salah");
}
akhir = (0.4*uts) + (0.6*uas);
akhirTextField.setText(Double.toString(akhir));
}
private void tutupButtonActionPerformed(ActionEvent evt){
System.exit(0);
}
public static void main(String[] args){
new menghitungnilai().setVisible(true);
}
private JPanel panel;
private JLabel namaLabel;
private JLabel utsLabel;
private JLabel uasLabel;
private JLabel akhirLabel;
private JTextField namaTextField;
private JTextField utsTextField;
private JTextField uasTextField;
private JTextField akhirTextField;
private JButton hitungButton;
private JButton tutupButton;
}
script di atas kemudian kita tulis kedalam notepad++, kemudian kita save dengan nama class pada program di atas yaitu jframe, setelah itu lakukan pemanggilan file melalui CMD dengan cara win+R --> cmd<enter> kemudian cari lokasi penyimpanan file yang anda ketikan tadi, disini saya menyimpan pada : D:\MATERI KULIAH\semseter4\pemrograman 1\materi02\new<enter>,kemudian ketikan javac<spasi> jframe .java setelah itu, ketikan java<spasi>jframe<enter>
maka output progam seperti di bawah ini:
Friday, 17 June 2016
GUI (Grapical User Interface) contoh program java JFrame menampilkan nilai Akhir
Subscribe to:
Post Comments (Atom)