dibawah ini adalah rencana proses pembelajaran (rpp) tentang potenti sumber daya alam dan perikanan laut di indonesia. bagi yang membutuhkannya silahkan kirim email. insyallah materi ini sangat bermanfaat bagi calon guru khusunya bagi guru yang sedang membuat RPP.
Sekolah : SMPNegeri �������.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/Satu
Alokasi Waktu : 2X Pertemuan ( 4 JP)
1. KOMPETENSI INTI (KI)
K.I. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
K.I. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.I. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K.I. 4. Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.
2. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KompetensiDasar (KD) | IndikatorPencapaianKompetensi (IPK) |
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budayadanpendidikan. | 3.1.1 Persebaran Flora dan fauna di Indonesia yang kaitannya dengan kehidupan ekonomi dan social masyarakat |
4.1. Menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. | 4.1.1Mempresentasikan hasil observasi tentang keragaman Flora di Indonesia 4.1.2Mempresentasikan hasil observasi tentang keragaman Fauna di Indonesia |
3. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan peserta didik diharapkan dapat :
1. Menjelaskan keaneka ragaman flora dan fauna di Indonesia
2. Menunjukkan di peta persebaran folra dan fauna di Indonesia
4. MATERI PEMBELAJARAN
a. Materi Pembelajaran Reguler
1. Keaneka ragaman Flora di Indonesia
2. Persebaran folra dan fauna di Indonesia
b. Materi Pembelajaran Pengayaan
1. Karakteristik Flora di Indonesia di daerah peralihan
2. Fauna yang terdapat di Indonesia barat dan Timur
c. Materi Pembelajaran Remedial
Pengaruh Flora dan Faunabagi kehidupan masyarakat Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan
5. KEGIATANPEMBELAJARAN
Kegiatan literasi 10 menit
Pertemuan I
a. Kegiatan Pendahuluan ( 3 Menit )
1) Guru mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, menanyakan kondisi siswa
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, dengan memberikan pertanyaan kepada siswa
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa beserta langkah-langkah pembelajaran ( model pembelajaran ) yang akan digunakan
4) Menginformasikan teknik penilaian yang digunakan selama proses pembelajaran
b. Kegiatan Inti ( 10 Menit )
1) Mengamati
Peserta didik yang sudah terbentuk kelompok , masing-masing kelompok beranggota 4-5 orang. disuruh mengamati gambar yang ada dan mencatat apa saja yang belum diketahui tentang gambar yang ada.
Guru memberikan nomor kepada siswa dari masing-masing kelompok angka 1 �
2) Menanya
a. Peserta didik merumuskan pertanyaan berdasar kanhal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Diharapkan pertanyaan yang muncul dari peserta didik adalah :
� Persebaran fauna di Indonesia
� Mengapa Indonesia kaya dengan keanekaragaman fauna
� Apa manfaat bagi masyarakat dengan banyaknya fauna
b. Salah satu di antara peserta didik dari wakil kelompok diminta menulis rumusan pertanyaan yang telah disusun di papan tulis.
c. Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui
3) Mengumpulkaninformasi
a. Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/ data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti :membaca Buku Siswa, sertareferensi lain yang relevan, termasuk internet.
b. Peserta didik menuliskan hasil pengumpulan informasi pada buku catatanny amasing-masing.
c. Peserta didik mengumpulkan informasi keragaman fauna yang ada di Indonesia
4) Mengasosiasi
a. Peserta didik mendeskripsikan kondisi dan sebaran keragaman fauna Indonesia
b. Peserta didik menganalisis faktor yang mempengaruhi keragaman fauna di Indonesia
c. Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis pemanfaatan fauna yang ada di Indonesia.
5) Mengomunikasikan
a. Guru mengajukan pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dijawab dengan menyebutkan angka 1 � 5
b. Kelompok lain diminta memberitanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan
c. Guru memberikan tanda kepada siswa yang menjawab dengan benar (tanda bintang)
d. Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan
c. KegiatanPenutup ( 2 Menit )
1) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
2) Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik
3) Pesertadidikdimintamelakukanrefleksiterhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
4) Peserta didik diberitugas untuk mengidentifikasi kondisi keragaman fauna di wilayah tempat tinggalnya sendiri
5) Guru memberikan informasi mengenai materi yang akan disampaikan pada pertemuan yang akan datang.
6. PENILAIAN
1) TehnikPenilaian
a. Sikap : Observasi
b. Pengetahuan : TesTulis
c. Keterampilan : Kinerja
2) InstrumenPenilaian
a. Sikap ( Terlampir )
b. Pengetahuan ( Terlampir )
c. Keterampilan ( Terlampir )
3) Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan dalam bentuk pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesua ihasi lanalisis penilaian
4) Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan analisis penilaian, pesertadidik yang sudah mencapai ketuntusan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan materi atau pendalaman materi selanjutnya
7. MEDIA / ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1) Media / Alat
a) Gambar hewan yang ada di Indonesia dari Sumatra sampai Irian Jaya, peta penyebaran hewan di Indonesia
b) LCD/ Proyektor
c) Laptop
2) Bahan
3) SumberBelajar
a) Kemendikbud. 2016 BukuSiswaPengetahuanSosial. Kelas VII. Jakarta Kemendikbud (67 74)
b) Kemendikbud. 2016 Buku Guru PengetahuanSosial. Kelas VII. Jakarta Kemendikbud (84 87)
Pamekasan, Juli 2016
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri .................
.................................................. ........................................
PenilaianSikap
1. Teknikpenilaian: Observasi
2. Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a. Instrumen Penilaian
1. Petunjuk Umum
a) Instrumen penilaian/pencatatan kompetensi sikap spiritual berupa Lembar Observasi.
b) Instrumen ini diisioleh guru.
2. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Andaselama proses pembelajaran, tulisan kejadian-kejadian khusussesuai format jurnalberikut.
JurnalPerkembanganSikap
Nama Sekolah : SMP ��
Kelas/Semester : VII/I
Mata Pelajaran : IPS
Tahun pelajaran : 2016/2017
No | Tanggal | Nama Peserta Didik | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
1. | ||||
2. 4 | ||||
Dst .. |
Guru Mata Pelajaran,
_______________________________
NIP
A. Penilaian Pengetahuan
1. Teknik Penilaian: Tes tertulis bentuk uraian
2. Instrumen Penilaian dan Pedoman Pensekoran
a. Instrumen Penilaian
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(SOAL URAIAN)
1) Petunjuk Umum
a) Instrumen penilaian pengetahuan ini berbentuk soal uraian.
b) Soal ini dikerjakan oleh peserta didik.
2) Petunjuk Pengisian
Kerjakan soal berikut dengan singkat dan jelas!
3) Soal
No | Indikator | ButirPertanyaan |
1 | Dapat menjelaskan Persebaran Flora di Indonesia yang kaitannya dengan kehidupan ekonomi dan social masyarakat | 1. Jelaskan persebaran Flora di Indonesia 2. Sebuatkan flora di Indonesia berdasarkan persebarannya 3. Apa yang membedakan pembagian Flora di Indonesia 4. Apa manfaat keanekaragaman flora bagi kehidupan masyarakat dilihat dari segi ekonomi |
2 | Dapat menjelaskan persebaran Fauna Indonesia kaitannya dengan kehidupan ekonomi dan social masyarakat | 1. Jelaskan persebaran Fauna di Indonesia 2. Sebuatkan fauna di Indonesia berdasarkan persebarannya 3. Apa yang membedakan pembagian fauna di Indonesia 4. Apa manfaat keanekaragaman fauna bagi kehidupan masyarakat dilihat dari segi ekonomi dan sosial |
b. Kunci Jawaban dan Pedoman Pensekoran
Pedoman Penskoran Soal Uraian
No. Soal | KunciJawaban | Skor |
1 | Persebaran flora di Indonesia di bagimenjadi 3 yakni Indonesia bagian Barat, Indonesia bagian Tengah, Indonesia bagianTimur | 20 |
SkorMaksimum | 20 | |
2 | Bagian Barat Sumatra : pinus, kayumanis, beringin, kamper, meranti, kayubesi, danraflesia Jawa : pinang, bungaanggrek,jatimeranti, mahoni, beringin, danbugenvil Kalimantan : meranti, besi, jelutung, bakau, ramin, kamper, pinus, danrotan Bagian Tengah Sulawesi : eboni, kayubesi, rotan, pinus, kayuhitam, dananggrek Nusa Tenggara : jati, akasia, cendana, sandelwood, Maluku : gotasa, kayubesi, lenggua, jati, sagu, meranti, kayuputih, dananggrek BagianTimur agatis alba serta obi | 8 8 4 |
SkorMaksimum | 20 | |
3 | GarisWellacedangarisWaber | 10 |
SkorMaksimum | 10 | |
4 | Sebagaisumbermatapencaharianmasyarakatsekitar ( diserahkankepemahamn guru masing) | 10 |
SkorMaksimum | 10 | |
5 | Persebaran fauna di Indonesia di bagimenjadi 3 yakni Indonesia bagian Barat, Indonesia bagian Tengah, Indonesia bagianTimur | 2 |
SkorMaksimum | 2 | |
6 | Bagian Barat gajah, macan, tapir,badakberculasatu, banteng, kerbau, rusa,babihutan, orang utan, monyet, bekantan Bagian Tengah babirusa, anoa, ikanduyung, kuskus, monyethitam, kuda, sapi, monyetsaba, beruang, tarsius, sapi, danbanteng. Selainituterdapat pula reptil, Amphibia BagianTimur kanguru, beruang, walabi, landakirian (nokdiak), kuskus, pemanjatberkantung (oposumlayang), kanggurupohon,dankelelawar | 8 8 4 |
SkorMaksimum | 20 | |
7 | Garis Wallace danGarisWaber | |
SkorMaksimum | 10 | |
8 | Sebagaimatapencaharian (diserahkankepemahaman guru-guru masing-masing | |
SkorMaksimum | 10 |
B. Penilaian Keterampilan
1. Teknik Penilaian: Penilaian Kinerja (proses dan produk)
2. Instrumen Penilaian dan Pedoman Pensekoran
a. Kinerja proses
LEMBAR OBSERVASI KINERJA PRESENTASI
Mata pelajaran : IPS
Kelas/Semester: VII / I
No. | NamaSiswa | AspekPenilaian | Rerata Nilai | |||||||||||||||
Penampilan | Media yang digunakan | Penguasaanmateri | Sistematikapenyampaian | |||||||||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1. | ||||||||||||||||||
2. | ||||||||||||||||||
3. | ||||||||||||||||||
4. | ||||||||||||||||||
5. | ||||||||||||||||||
6. | ||||||||||||||||||
7. | ||||||||||||||||||
8. | ||||||||||||||||||
9. |
Guru,
_________________
b. Kinerja produk
Rubrik Penilaian Kliping
No. | NamaSiswa | AspekPenilaian | Rerata Nilai | |||||||||||||||
Kesesuaiandengantema | Sistematika | Kuantitas | Kebaruanberita | |||||||||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | |||
1. | ||||||||||||||||||
2. | ||||||||||||||||||
3. | ||||||||||||||||||
4. | ||||||||||||||||||
5. | ||||||||||||||||||
6. | ||||||||||||||||||
7. | ||||||||||||||||||
8. | ||||||||||||||||||
9. | ||||||||||||||||||
10. |
a. Persebaran Flora di Indonesia
Flora di Indonesia ternyata dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu Indo-Malayan dan Indo-Australian. Kelompok Indo-Malayan meliputi kawasan Indonesia Barat. Pulau-pulau yang masuk ke dalam kelompok ini adalah Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Kelompok Indo-Australian meliputi tumbuhan yang ada kawasan Indonesia Timur. Pulaupulau yang termasuk dalam kawasan ini adalah Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Perbandingan karakteristik flora yang ada di Indonesia Barat dan Indonesia Timur adalah sebagai berikut:
Tabel 1.1 Karakteristik Flora yang Ada di Indonesia Barat dan Indonesia Timur
Indonesia Barat | Indonesia Timur |
Jenis meranti-merantian sangat banyak | Jenis meranti-merantian hanya sedikit |
Terdapat berbagai jenis rotan Tidak | terdapat berbagai jenis rotan |
Tidak terdapat hutan kayu putih | Terdapat hutan kayu putih |
Jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) sedikit | Terdapat berbagai jenis tumbuhan matoa, khususnya di Papua |
Jenis tumbuhan sagu sedikit Banyak | Terdapat tumbuhan sagu |
Terdapat berbagai jenis nangka | Tidak terdapat jenis nangka |
Berbagai jenis flora tersebut telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik sebagai bahan furnitur, bahan bangunan, bahan makanan dan lain-lain. Sebagai contoh, rotan banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kursi, meja, dan perabotan rumah tangga lainnya. Berbagai jenis kerajinan dihasilkan dengan memanfaatkan bahan dari rotan. Sentra penghasil produk kerajinan tersebut banyak berkembang di daerah-daerah tertentu, misalnya di Cirebon dan daerah lainnya di Pulau Jawa.
b. Persebaran Fauna Indonesia
Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. Garis yang memisahkan fauna Indonesia Bagian Barat dengan Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan garis yang memisahkan fauna Indonesia Bagian Tengah dan Timur dinamakan Garis Weber.
Fauna bagian barat memiliki ciri atau tipe seperti halnya fauna Asia sehingga disebut tipe Asiatis (Asiatic). Fauna bagian timur memiliki ciri atau tipe yang mirip dengan fauna yang hidup di Benua Australia, sehingga disebut Tipe Australis (Australic). Fauna bagian tengah merupakan fauna peralihan yang ciri atau tipenya berbeda dengan fauna Asiatis maupun Australis. Faunanya memiliki ciri tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lainnya di Indonesia. Fauna tipe ini disebut fauna endemis.
Pembagian wilayah sebaran fauna di Indonesia. Garis Wallace membatasi wilayah sebaran fauna Indonesia Barat dan Tengah, sedangkan garis Weber membatasi wilayah sebaran fauna Indonesia Tengah dengan Timur.
1). Fauna Indonesia Bagian Barat
Fauna Indonesia bagian Barat atau tipe Asiatis mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Mamalia berukuran besar banyak ditemui di wilayah ini seperti gajah, macan, tapir, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet, bekantan, dan lain-lain. Selain mamalia, di wilayah ini banyak pula ditemui reptil seperti ular, buaya, tokek, kadal, tokek, biawak, bunglon, kura-kura, dan trenggiling. Berbagai jenis burung yang dapat ditemuin diantaranya burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas. Berbagai macam ikan air tawar seperti pesut (sejenis lumba-lumba di Sungai Mahakam) dapat ditemui di wilayah ini. Perhatikan gambar di bawah ini yang merupakan contoh fauna Indonesia bagian Barat.
2). Fauna Indonesia Tengah atau tipe peralihan
Wilayah fauna Indonesia Tengah atau disebut pula wilayah fauna Kepulauan Wallace, mencakup Sulawesi, Maluku, Timor, dan Nusa Tenggara serta sejumlah pulau-pulau kecil di sekitar pulau-pulau tersebut. Fauna yang menghuni wilayah ini antara lain babi rusa, anoa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, kuda, sapi, monyet saba, beruang, tarsius, sapi, dan banteng. Selain itu terdapat pula reptil, Amphibia, dan berbagai jenis burung. Reptil yang terdapat di daerah ini, diantaranya biawak, komodo, buaya, dan ular. Berbagai macam burung yang terdapat di wilayah ini diantaranya maleo, burung dewata, mandar, raja udang, rangkong, dan kakatua nuri. Berikut ini gambar contoh fauna Indonesia bagian Tengah.
3). Fauna Indonesia Bagian Timur
Fauna Indonesia Bagian Timur atau disebut tipe australic tersebar di wilayah Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru. Fauna berupa mamalia yang menghuni wilayah ini antara lain kanguru, beruang, walabi, landak irian (nokdiak), kuskus, pemanjat berkantung (oposum layang), kangguru pohon, dan kelelawar. Di wilayah ini tidak ditemukan kera. Di samping mamalia tersebut terdapat pula reptil seperti biawak, buaya, ular, kadal. Berbagai jenis burung ditemui di wilayah ini diantaranya burung cenderawasih, nuri, raja udang, kasuari, dan namudur. Jenis ikan air tawar yang ada relatif sedikit.