Wednesday 2 November 2016

Kajian tasawuf Nusantara


Kajian tasawuf Nusantara adalah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kajian Islam di Indonesia. Sejak masuknya Islam di Indonesia telah tampak unsur tasawuf yang mengisi kehidupan beragama masyarakat Indonesia, bahkan saat inipun kajian mengenai tasawuf masih menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Indonesia, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin maraknya kajian Islam diberbagai penjuru negara .
            Perkembangan-perkembangan tasawuf di Indonesia erat kaitanya dengan budaya- budaya bangsa Indonesia yang bersifat mistik , tasawuf dapat berkembang secara cepat dalam penyebarannya. Tasawuf merupakan bagian dari metode penyebaran ajaran Islam yang sangat mempunyai kemiripan dalam metode pendekatan-pendekatan agama Hindu-Budha yang merupakan sistem keagamaan masyarakat Indonesia sebelum Islam. Kemiripan dalam metode pendekatan dengan latihan kerohanian, inilah yang kemudian mempermudah berkembangnya tasawuf di Indonesia.
Seiring dengan perkembangan zaman, tasawuf masuk di Nusantara. Tasawuf masuk di Indonesia seiring dengan masuknya Islam di Indonesia. Untuk itu kiranya kita perlu mengetahui perkembangan tasawuf di Indonesia dengan model tasawufnya. Serangkaian pembahasan Perkembangan Tasawuf di Indonesia akan diterangkan oleh pemateri dalam penjelasan di bawah ini.