Tuesday 6 December 2016

Demokrasi Sebagai Pandangan Hidup dan Model dan Prospek Demokrasi


A.    Demokrasi Sebagai Pandangan Hidup
            Masyarakat harus menjadikan demokrasi sebagai filsafat hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Demokrasi tidak akan datang tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena itu demokrasi memerlukan usaha nyata setiap warga dan perangkat pendukungnya yaitu budaya yang kondusif sebagai manifestasi dari suatu kerangka berpikir dan rancangan masyarakat.[1]
            Demokrasi tidak datang tiba-tiba dari langit. Ia merupakan proses panjang melalui pembiasaan, pembelajaran dan penghayatan. Keberhasilan demokrasi ditunjukkan oleh sejauh mana demokrasi sebagai prinsip dan acuan hidup bersama antar warga negara dan antar antar warga negara dengan negara yang dijalankan dan dipatuhi oleh kedua belah pihak. Menurut Nurcholis Madjid, demokrasi bukanlah kata benda, tetapi lebih merupakan kata kerja yang mengandung makna sebagai proses dinamis. Karena itu demokrasi harus diupayakan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Demokrasi dalam kerangka di atas berarti sebuah proses melaksanakan nilai-nilai civiliti (keadaban) dalam bernegara dan bermasyarakat.
            Menjadi demokratis membutuhkan norma dan rujukan praktis serta teoritis dari masyarakat yang telah maju dalam berdemokrasi. Menurut Norcholis Madjid, pandangan hidup demokratis dapat bersandar pada bahan-bahan yang telah berkembang, baik secara teoritis maupun pengalaman praktis di negri-negri yang demokrasinya sudah mapan.
            Demokrasi sebagai sikap hidup berisi nilai-nilai yang dapat dimiliki, dihayati, dan diamalkan oleh setiap orang. Bentuk pemerintahan demokrasi ataupun sistem politik demokrasi suatu negara memerlukan sikap hidup warganya yang demokratis. Demokrasi merupakan suatu keyakinan, suatu prinsip utama yang harus dijabarkan dan dilaksanakan secara sistematis dalam bentuk aturan sosial politik. Bentuk kehidupan yang berdemokrasi akan kokoh bila di kalangan masyarakat tumbuh nilai-nilai demokrasi tersebut.

     B.     Unsur-unsur penegak demokrasi
            Sebagai suatu sistem, demokrasi memiliki unsur-unsur yang membuatnya eksis dan tegak di dalam sebuah negara. Tegaknya demokrasi sebagai sebuah tata kehidupan sosial dan sistem politik sangat bergantung kepada tegaknya unsur penopang demokrasi itu sendiri. Berikut adalah unsur-unsur yang dapat menopang tegaknya demokrasi, antara lain:[2]
1.      Negara hukum
            Istilah negara hukum identik dengan terjemahan dari rechtsstaat dan the rule of law. Konsep negara hukjum mengandung pengertian bahwa negara memberikan perlindungan hukum bagi warga negara melalui pelembagaan peradilan yang bebas dan tidak memihak dan penjaminan HAM.
2.      Masyarakat madani
            Masyarakat madani (civil society) dicirikan dengan masyarakat terbuka, masyarakat yang bebas dari pengaruh kekuasaan dan tekanan negara, masyarakat yang kritis dan berpartisipasi aktif serta masyarakat egaliter. Masyarakat madani merupakan elemen yang sangat signifikan dalam membangun demokrasi. Sebab salah satunya syarat penting bagi demokras adalah terciptanya partisipasi masyarakat dalam proses-proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh negara atau pemeritahan.
3.      Infrastruktur politik
            Dianggap sebagai salah satu unsur yang sifnifikan terhadap tegaknya demokrasi. Infrastuktur politik terdiri dari partai politik (political party), kelompok gerakan (movemen grup) dan kelompok penekan atau kelompok kepentingan (pressure atau interest grup). Partai politik merupakn struktur kelembagaan politik yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai dan cita-cita yang sama yaitu memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik dalam mewujudkan kebijakan-kebijakannya.

      C.    Prinsip-prinsip demokrasi[3]
Menurut Inu Kencana prinsip-prinsip demokrasi sebagai barikut :
1.      Adanya pembagian kekuasaan (sharing power)
2.      Adanya pemiliohan umum yang bebas (general election)
3.      Adanya manajemen pemerintah yang terbuka
4.      Adanya kebebasan individu
5.      Adanya peradilan yang bebas
6.      Adanya pengakuan hak minoritas
7.      Adanya pemerintah yang berdasarkan hukum
8.      Adanya pers yang bebas
9.      Adanya multi partai politik
10.  Adanya musyawaroh
11.  Dan sebagainya

       D.    Model dan Prospek Demokrasi
1.      Model demokrasi[4]
      Sklar mengajukan 5 corak atau model demokrasi yaitu demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, demokrasi sosial, demokrasi partisipasi, dan demokrasi konstitusional.
a.       Demokrasi liberal
      Yaitu pemerintahan yang dibatasi oklehg UU dan pemilihan umum bebas yang diselenggarakan dalam waktu yang panjang. Banyak negara afrika menerapkan model ini hanya sedikit yang bertahan.
b.      Demokrasi terpimpin
      Para pemimpin percaya bahwa semua tindakan mereka dipercaya rakyat tetapi menolak pemilihan umum yang bersaing sebagai kendaraan untuk menduduki kekuasaan.
c.       Demokrasi sosial
      Yaitu demokrasi yang menaruh kepedulian pada keadilan sosial dan egalitarianisme bagi persyaratan untuk memperoleh kepercayaan politik.

d.      Demokrasi partisipasi
      Menekankan hubungan timbal balik antara penguasa dan yang dikuasai.
e.       Demokrasi konstitusioanl
      Menekankan proteksi khusus bagi kelompok-kelompok budaya yang menekankan kerja sama yang erat diantara elit yang mewakili bagian budaya masyarakat utama.

2.      Prospek demokrasi[5]
      Tidak dapat dipungkiri bahwa kedepan dengan adanya globalisasi dan juga perkembangan partai seraya berbagai masalah intern dalam kepartaian berdampak pada terganggunya masalah demokrasi yang ada di Indonesia. Di khwatirkan akan terjadi pergeseran aturan main dalam demokrasi pancasila yang kini dijalankan oleh pemerintah.
      Hal lain yang bertitik tolak dari tantangan ini adalah bagaimana terhadap demokrasi yang ada di satu pihak, berasal dari ekonomi politik dunia yang ikut serta dalam pengelolaan negara. Jaringan hubungan yang merentang melintas batas-batas nasional dan di pihak lain berasal dari perbedaan yang kadang-kadang muncul diantara pemerintahanyang berjalan. Jika teroti demokrasi di indonesia pada hal ini adalah demokrasi pancasila dilaksanakan dengan sebenarnya, bukan hal yang mustahil bahwa indonesia memiliki peran besar dalam pembentukan ideologi baru yang dapat menjadi ideologi dunia kedepan.
      Pancasila yang mengedepankan hal tersebut diharapkan memiliki pandangan yang real tentang keadaan dan kondisi dunia kini. Hal tersebut dapat membantu pemerintah dalam mengusahakan perbaikan kondisi indonesia dalam masa peralihan dan ketergoncangan saat ini. Namun lebih jauh, indonesia memiliki prospek yang bagus dalam pemerintahan kedepan. Karena pada dewasa ini, masyarakat memiliki pemikiran dan pemahaman kedepan tentang demokrasi. Walau belum sepenuhnyamengerti dan melaksanakan dengan sepenuhnya demokrasi di indonesia cenderung mengalami perubahan dan perkembangan yang pesat. Hal itu dapat menjadi acuan kedepandan sebagai pedoman dalam berkehidupan dan pemerintah dakam mengambil kebijakan. Diantara banyak pihak demokrasi juga penting dalam kehidupan perpolitikan di indonesia. Hal ini akan menjadi penting karena indonesia memiliki prospek yang baik. Walaupun masih banyak kekurangan entah itu KKN maupun penyimpangan yang lain itu bukan jadi soal.
      Dengan demokrasi pancasila yang kini diterapkan, hal itu menjadi salah satu keuntungan tersendiri untuk indonesia. Dengan banyak pembahasan dan kepentingan indonesia bukan hanya sebagai ladang berpolitik dan berinvestasi semata. Namun lebih jauh, indonesia merupakan tempat pilihan untuk bersosialisasi dan memiliki banyak pahamdan penyempurnaan demokrasi itu sendiri. Dengan adanya paradigma dan pelaksanaan yang baik dan bertujuan untuk kepentingan bersama bukan hanya golongan dan perseorangan.



[1]https://www.seputarpengetahuan.com
[2]https://wanzhoe.wordpress.com
[3]Dra. Hj. Waqiatul Masrurah, M.Si, buku ajar civic education (pendidikan kewargaan) (surabaya: pena salsabila, 2013,) hlm 73
[4]www.informasi-pendidikan.com
[5]www.softilmu.com