Friday 6 October 2017

PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN LABORATORIUM BAHASA


PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN LABORATORIUM BAHASA
makalah

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah laboratorium bahasa yang di bina oleh Bapak royhan yasin. M.Pd.

Disusun oleh:
Nurus shabahah                       18201501020040
Muhammad khefni                  18201501020035

  








PROGRA STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
2017
                                      KATA PENGANTAR

      Assalamualaikum w.r w.b
      Puja syukur kehadiran allah SWT. Karna berkat taufik dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “perkembangan dan pertumbuhan laboratorium bahasa”  sesuai dengan waktu yang tela d tentukan, sholawat dengan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada baginda Rasulullah SAW.semoga kita dapat kan syafaatnya nanti di hari kiamat amin.
      Kami menyadari bahwadalam makalah ini masaih banyak kekurangan dan kekhilafan, oleh karena itu khususnya kepada pembaca kami mengharapkan saran dan kritiknya demi kesempurnaan makalah ini.
      Dan selanjutnya, kami sebagai pemakalah mengucapkan terimakasih banyak terutama keepada dosen pengampu mata kuliyah laboratorium bahasa yang telah membimbing rekan rekan kamidalam mata kuliyah tersebut.dan tidak lupa pula shahabat-shahabat kami saling mendorong dan memeotivasi kami ucapakan terimakasih.
      Dan akhirnya, kami sebagai pemakalah berpengharapan besar semoga makalh yang kami susun dapat bermamfaat bagi shahabat-shahabat (pembaca) dan akan menjadi tambahan khusus bagi kami khususnya.
                                                                                     
                                                          Penyusun    oktober 2017                                                                           Kelompok 3




DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL..............................................................................         i
KATA PENGANTAR ..............................................................................        ii
DAFTAR ISI .............................................................................................       iii
BAB I: PENDAHULUAN........................................................................        1
Latar belakang .............................................................................................        1
Rumusan masalah ........................................................................................        1
Tujuan masalah ...........................................................................................         1
BAB II: PEMBAHASAN .........................................................................        2
Pengertian laboratorium bahasa ..................................................................        2
Perkembangan laboratorium bahasa ...........................................................         3
Pentingnya laboratorium bahasa .................................................................        4
Manfaat laboratorium bahasa ......................................................................        4
BAB III: PENUTUP...................................................................................        6
A.  Kesimpulan......................................................................................        6
B.   Saran ...............................................................................................        6
DAFTAR PUSTAKA................................................................................        7
 BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Laboratorium multimedia modern adalah sebuah gabugan keseluruhan laboratorium digital menjadi software yang mana dpat dipergunakan  untuk pembelajan istima’, kalam, kitabah, dan qira’ah.di bantu dengan fungsi-fungsi yang luar biasa, pengajar dapat memberikan pembelajaran bahasa di kelas dengan nyaman dan menarik. Dengan tampilan interface yang simple dan mudah, sehingga membuat software laboratorium bahasa modern vettra classpro menjadi amat sangat mudah untuk dipelajari dan di gunakan.
B.     Rumusan masalah
a.       Apa pengertian laboratorium bahasa
b.      Bagaimana perkembangan dan pertumbuhan laboratorium bahasa
c.       bagaimana pentingnya laboratorium bahasa
d.      bagaimana mamfaat laboratorium bahasa
C.     tujuan masalah
a.       untuk mengetahui pengertian laboratorium bahasa
b.      untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan laboratorium bahasa
c.       untuk mengetahui pentingnya laboratorium bahasa
d.      untuk mengatahui mamfaatnya laboratorium bahasa






BAB II
PEMBAHASAN
A.    pengertian laboratorium bahasa
sebelum kita mengetahui pengertian laboratorium bahasa kita ketahui terlebih dulu pengertian laboratorium dan bahasa.
Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan.Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali.Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut disiplin ilmunya, misalnya laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biokimia, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa.  Sedangakan Bahasa bisa mengacu kepada kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau kepada sebuah instansi spesifik dari sebuah sistem komunikasi yang kompleks. Kajian ilmiah terhadap bahasa dalam semua indra disebut dengan linguistik.
Pengertian Laboratorium Bahasa adalah sebuah laboratorium yang dibuat untuk mempermudah penyampaian materi apapun di sebuah ruangan, pada umumnya digunakan untuk materi bahasa, baik bahasa inggris, bahasa Indonesia, bahasa asing lainnya.
Sedangkan menurut Artikel Pendidikan Network sebuah laboratorium bahasa mengacu kepada seperangkat peralatan elektronik audio video yang terdiri atas instructor console sebagai mesin utama, dilengkapi dengan repeater language learning machine, tape recorder, DVD Player, video monitor, headset dan students booth yang dipasang dalam satu ruang kedap suara. Banyak sekali komponen yang ada di dalam ruangan lab bahasa, dan sebagaian besar adalah perlengkapan elektronik yang terintegrasi sehingga menjadi sebuah kesatuan. Selain itu terdapat juga perlengkapan lain yang tidak kalah penting, misanya karpet dan meja laboratorium bahasa.
B.     Perkembangan dan pertumbuhan laboratorium bahasa
Perkembangan teknologi informasi saat ini telah berkembang dengan sangat cepat & pesat di seluruh lapisan masyarakat dunia khususnya Indonesia.  Pertumbuhan internet di Indonesia saat ini mencapai 600% pertahun, baik internet menggunakan mobile devices maupun destop devices. Pertumbuhan ini selain didukung oleh gaya hidup juga didukung harga sarana teknologi informasi yang cenderung turun. Sehingga masyarakat menjangkau. Pemakaian komputer sekarang tidak hanya terbatas di sekolah maupun kantor tetapi sudah merambah pada rumah tangga. Saat ini sekolah dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi di pastikan sudah memiliki komputer maupun laboratorium komputer  yang mengajarkan teknologi informasi kepada anak didik.
Globalisasi saat ini menuntut setiap manusia untuk memiliki kemampuan yang tinggi dalam penguasaan teknologi informasi & bahasa asing. Penguasaan teknologi informasi sangat dibutuhkan karena seluruh pengelolaan informasi telah dilakukan secara elektronis, sehingga dihasilkan data yang akurat dan cepat.
banyak sekali hal yang perlu disiapkan diantaranya, sarana, prasarana dan metoda pengajaran. Seperti penyediaan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa disekolah-sekolah. Besarnya biaya yang diperlukan untuk menyiapkan prasarana seperti ruangan, alat-alat lab dan materi pengajaran menimbulkan ketimpangan atau tidak semua sekolah mampu menyediakan fasilitas tersebut.

Dari tahun ke tahun teknologi terus berkembang dengan pesatnya. Hal itu tidak dapat  kita pungkiri lagi atau kita hindari. Berbagai teknologi telah menjalar ke seluruh muka bumi dan dapat kita katakan bahwa teknologilah yang sekarang telah menguasai dunia. Teknologi yang berkembang saat ini tidak begitu saja maju dengan mudahnya melainkan membutuhkan proses yang sangat panjang dan terstruktur, mulai dari konsep sampai dengan praktek. Teknologi yang kita temui saat ini pertama kali muncul dalam bentuk yang sangat sederhana, tetapi dengan perkembangan zaman di abad ke-20 ini teknologi telah berevolusi dari bentuk yang sederhana menjadi bentuk yang komleks atau dapat kita kenal dengan bahasa sekarang ini dengan sebutan canggih.
Beraneka ragam teknologi yang dapat kita temukan sesuai kebutuhan kita di zaman yang modern ini.Teknologi tersebut bertujuan untuk membantu kita melaksanakan kegiatan kita sehari-hari, dari kegiatan yang mendasar sampai dengan kegiatan yang khusus. 
             Laboratorium bahasa dapat dikatakan masih berumur muda. Laboratorium bahasa mempunyai fungsi yang bermacam-macam seiring dengan kebutuhan dan perkembangan zaman Yang semakin modern ini.
C.     Pentingnya laboratorium bahasa
Laboratorium bahasa adalah sarana dan prasarana yang menjadi hal penting dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah maupun di pendidikan tinggi. Dengan adanya lab bahasa yang lengkap dan adanya system computer digital yang semakin canggih akan mempermudah proses belajar bahasa asing.
D.    Manfaat laboratorium bahasa
Peralatan laboratorium bahasa itu mencakup berbagai jenis media dan fungsi masing-masing yang berfariasi. Dengan laboratorium bahasa guru kreatif dapat memamfaatkan aneka jenis program pelajaran bahasa asing baik yang dikemas dalam bentuk kaset audio, video maupun CD interaktif. Bahkan, dengan alat laboratorium bahasa dan software laboratorium bahasa ini guru juga dapat memamfaatkan kemampuan dirinya dalam memfasilitasi siswa agar terlibat dalam proses komonikasi secara aktif melalui headset dan microphone yang tersedia pada masing- masing meja siswa.
Laboratorium bahasa dapat memberikan sarana pengembangan intensif keterampilan berbahasa (istima’, kalam, kitabah, dan qira’ah, ). Laboratorium bahasa juga bisa dipakai untuk pembelajaran computer dan pelatihan guru. Laboratorium bahasa juga dipersiapkan sebagai tempat ujian nasional berbasis computer.























BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Laboratorium Bahasa adalah sebuah laboratorium yang dibuat untuk mempermudah penyampaian materi apapun di sebuah ruangan, pada umumnya digunakan untuk materi bahasa, baik bahasa inggris, bahasa Indonesia, bahasa asing lainnya.
Perkembangan dari tahun ke tahun teknologi terus berkembang dengan pesatnya. Hal itu tidak dapat  kita pungkiri lagi atau kita hindari. Berbagai teknologi telah menjalar ke seluruh muka bumi dan dapat kita katakan bahwa teknologilah yang sekarang telah menguasai dunia. Sehingga adanya sebuah loratorium bahasa  dapat membantu  proses belajar mengajar di sekolah atau di universitasi
B.     Saran
Kami sadar dalam pembuatan makalah ini tentunya banyak kekurangan dan kami membutuhkan saran dan kritik yang membangun agar  makalah selanjutnya kami dapat menulisnya dengan lebih baik.










DAFTAR PUSTAKA

Googleweblight.com