Thursday 12 October 2017

TUGAS UTS AKHLAQ TASAWUF




TUGAS UTS AKHLAQ TASAWUF

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah akhlaqTasawuf
Dosen Pengampu : bapak Moch Cholid Wardi, M.H.I

DIsusun Oleh:
Khofiyul Lutfi
NIM: 20170703041052


 









PROGRAM STUDI AKUNTANSI SYARIAH
JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
2017-2018

LOKASI OBSERVASI
            Observasi ini dilakukan di desa Tlanakan kecamatan Tlanakan kabupaten pamekasan. Alasan saya memilih desa ini sebagai observasi di karenakan ingin mengetahui sejauh mana pembentukan akhlak terhadap anak tersebut dalam berintraksi terhadap linkungannya.
DATA HASIL OBSERVASI
    A.            FAKTOR YANG  MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN AKHLAQ
Saya tinggal di desa Tlanakan ini yang letaknya jauh dari pusat kota pamekasan di daerah tempat saya tinggal banyak sekali macam-macam sifat sikap yang dimiliki oleh tetangga sekitar .
Pada zaman sekarang ini kita mendengar banyak sekali perbuatan perbuatan anormal yang dilakukan oleh anak-anak remaja kita, sehingga semua ini menunjukkan kenakalan remaja kita. Berdasarkan observasi penulis faktor yang mempengaruhi akhlak remaja di desa Tlanakan yaitu kurangnya keyakinan agama (Internal) pada diri remaja, tetapi setelah penulis melakukan penelitian dengan observasi tentang penyebab terjadinya penurunan akhlak remaja di Desa Tlanakan ini lebih dominan adalah dari faktor lingkungan (Eksternal) dan semaikin modern nya arus globalisasi, kecanggihan teknologi yang berkembang sangat pesat. Sehingga mempengaruhi budaya-budayapadadiriremaja.

a. Faktor Internal
Kurang kepedulian mereka dalam menjalankan ajaran agama yang dimiliki, Sehingga mereka tidak ada merasa bersalah dalam melakuka perbuatan yang melanggar norma agama dan adat istiadat setempat. Dan juga kurangnya minat pada diri remaja untuk mengikuti pengajian-pengajian yang dilaksanakan di Desa Tlanakan.
Kurangnya kesadaran pada remaja dan rendahnya minat remaja terhadap pendidikan agama dan Kurangnya disiplinnya para remaja dalam menjalankan kehidupan sehari, sepertihalnya para remaja sudah terbiasa keluar rumahpadamalamhari.

b. Faktor eksternal
Berdasarkan observasi penulis sebab menurunnya akhlak remaja di Desa Tlanakan adalah pengaruh dari teman sebaya, arus globalisasi yang semakin modern. dan tidak filter dalam memamfaatkan kecanggihan teknologi yang berkembang begitu pesat. Contohnya internet, Televisi,dan  Hp.Teknologi internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat di akses setiap saat dengan mudah oleh siapa saja.Dengan adanya internet, remaja sekarang ini bisa mendapatkan berbagai informasi dari mana saja, termasuk informasi luar negeri. Pengaruh dari informasi yang didapatkannya tersebut akan mempengaruhi pola pikir remaja dan akan mempengruhi sikapnya terhadap budaya tradisional Solidaritas dan kesetiakawanan remaja di desa Tlanakan Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci sering di jadikan sebagai landasan bagi mereka untuk terjun kedunia hura-hura. dengan setia kawan itu pula kebanyakan dariremajadesaTlanakanmulaimerokok, minum-minumankeras,dan tawuran, kalau tidak ikut kegiatan-kegiatan geng ataupun teman nongkrong bisa di anggap tidak setia kawan. Sebenarnya jika dipahami secara mendalam maka sebenarnya dengan tindakan itu mereka telah merusak kemurnian makna dari solidaritas dan tidak kesetiakawanan itu sendiri. Jika ditinjau lebih dalam “gaul” tidak akan menimbulkan banyak dampak negatif jika standar nilai yang di pakai untuk mendefinisikan gaul itu, standar nilai yang sesuai dengan syariat islam dan juga budaya timur yang penuh dengan tata karma dan kesopanan dalam kehidupan bermasyarakat atau bergaul. Berdasarkan hasil observasi penulis menemukan bagaimana pakian mereka yang serba bermerek, hp yang pada umumnya seharga satu juta lebih, kemudian kendaraan yang mereka pakai sering di rombak atau dimodifi kembali, bahkan tidak jarang mereka selalu gonta ganti kendaraan roda dua
     B.            PENYAKIT HATI
Masyarakat di desa Tlanakan terdapat beberapa yang namanya penyakit hati karena di setiap oorang pasti memilikiu penyakit hati.
             Ada sebuah anak yang ngaji pada waktu subuh, setelah selesai ngaji anak itu di suruh oleh seorang ustadah di suruh beli barang yaitu pettis dan uangnya di titipkan kepada orang yang benama, anggap saja B, lalu anak itu memberikan uang kepada si B untuk menitip pettis dan setelah itu si B membeli timun dan akhirnya anak itu di kena marah ustadah karena anak itu kena fitnah dari si B dan akhirnya anak itu pulang dan marah, dan suatu hari ibu si anak pergi membeli ikan ke pasar dan akhirnya ibu si anak bertemu dengan si B, dan ibu si anak berkata"kenapa anak saya kok di marahin ustadah" dan si B bilang" biarin saja, karena ustadah tidak memberikan aku pinjaman uang dan beras,".
Dan setalah itu bahwa si B mempuyai penyakit hati yaitu berupa dengki dan si B tersebut tetap masih dengki. Dan cara mengatasi orang yamg mempunyai sifat dengki yaitu dengan cara orang tersebut harus beristifar kepada Allah S.W.T dan banyak berzikir agar di lindungidaribisikansetan










     C.            IDENTIFIKASI AHLAK YANG BAIK DAN AKHLAK YANG BURUK
akhlaq adalah suatu kebiasaan sikap dan perbuatan spontan dalam kehidupan sehari-hari yang telah tertanam dalam jiwa seseorang.
akhlaq terpuji adalah suatu kebiasaan sikap dan perbuatan spontan dalam kehidupan sehari-hari yang telah tertanam dalam jiwa seseorang yang sifatnya baik 
akhlaq tercelah adalah suatu kebiasaan sikap dan perbuatan spontan dalam kehidupan sehari-hari yang telah tertanam dalam jiwa seseorang yang sifatnya buruk
akhlaq terpuji disebut juga akhlaq mahmuda , sedangkan akhlaq tercelah disebut juga akhlaq mazmumah 

contoh akhlaq terpuji : berlaku adil , jujur , amanah , tabligh , sopan , santun 
contoh akhlaq tercela : sombong , congkak , berbohong, khiana

BUKTI DARI OBSERVASI
Description: E:\My Documents\Downloads\Pembinaan-Mengaji.jpgPada saat dzuhur anak –anak ini rela untuk mengaji di mosholla














Pada suatu malam hari ada sebuah anak-anak yang mabuk di rumahnya teman saya


Description: E:\My Documents\Downloads\mabuk-miras-oplosan-kelompok-remaja-dikeler.jpg