Thursday 12 October 2017

LAPORAN HASIL OSERVASI LAPANGAN PERILAKU BAIK BAPAK SATA




LAPORAN HASIL OSERVASI LAPANGAN
PERILAKU BAIK BAPAK SATA
A.    PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang Masalah
Setiap individu memiliki karakteristik yang beragam. Dari keragaman karakteristik tersebut yang mengakibatkan adanya perbedaan kemampuan, latar belakang, perilaku, serta kepribadian. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara seseorang merespon terhadap rangsangan pada lingkungan yang berbeda.
Tanpa disadari, setiap individu telah membawakan peran dan fungsinya masing-masing terhadap masyarakat. Namun, tidak semua individu melakukan peran dan fungunsinya dengan baik. Sehingga muncullah istilah perilaku baik dan buruk.
2.      Perumusan Masalah
Dalam laporan ini penulis membahas tentang perilaku baik Bapak Sata dan dirumuskan sebagai berikut:
a.       Apa factor yang mempengaruhi terhadap perilaku baik Bapak Sata tersebut?
b.      Penyakit hati apa yang di dapat dari Bapak Sata tersebut?
3.      Tujuan Observasi
Laporan observasi ini disusun selain untuk memenuhi tugas mandiri mata kuliah Akhlaq Tasawwuf juga memberi wawasan dan pengetahuan baru bagi kami agar kami mengetahui tentang perilaku baik dan buruk seseorang pada lingkungan masyarakat.
B.     PEMBAHASAN
1.      Lokasi Observasi
Dalam observasi ini penulis mengambil lokasi di Arongan yang berlokasi di Dusun Gerinih, Desa Ketawang Daleman, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep.
2.      Hasil observasi
Penulis disini mengangkat tentang perilaku baik dari Bapak Sata, dimana Bapak Sata disini selalu dijadikan sebagai contoh atau gambaran para orang tua terhadap anak-anaknya, karena kebisaannya setiap 3 hari bisa menghatamkan Al-Qur’an, dan kesabarannya dalam melewati suatu masalah, dan disiplin dalam mengatur waktu, Bapak Sata tersebut mempunyai profesi sebagai guru ngaji dirumahnya dan guru Bahasa Indonesia disuatu lembaga pendidikan yang berbasis pesantren di Kecamatan Ganding,
3.      Factor Yang Mempengaruhi Pembentukan Akhlaq
a.      Lingkungan Keluarga
Pengaruh keluarga dalam pendidikan anak sangat besar dalam berbagai macam sisi. Keluargalah yang menyiapkan potensi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak. Lebih jelasnya, kepribadian anak tergantung pada pemikiran dan tingkah laku kedua orang tua serta lingkungannya. Bapak Sata terlahir dari keluarga yang memang terkenal keturunan baik, dan beliau juga terlahir dari keluarga menengah kebawah, kedua orang tuanya meninggal dunia dari beliau sejak umur 14 tahun, dari sejak itulah kemandirian beliau terliahat, meskipun beliau mempunyai 4 saudara, beliau tidak pernah merepotkan saudara-saudaranya tersebut.
b.      Pendidikan
Dunia pendidikan, sangat besar sekali pengaruhnya terhadap perubahan prilaku akhlaq seseorang. Berbagai ilmu di perkenalkan, agar siswa memahaminya dan dapat melakukan perubahan pada diriya.
Dari segi pendidikan, Bapak Sata Dulu bersekolah di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-guluk, yang memang sudah terkenal dari dulu mencetak santri yang ber akhlaqul karimah. Beliau setiap hari berangkat sekolah jalan kaki dari rumahnya, ketika musim tembakau, sebelum berangkat sekolah beliau terkadang harus menyiram tembakaunya, karna beliau sudah tidak punya orang tua, dan harus berkerja sendiri, dari sejak itulah terlihat bagaimana kesabarannya seorang Bapak Sata.




4.      Penyakit Hati
Dari observasi terhadap Bapak Sata, Penulis disini tidak menemukan ciri-ciri penyakit hati dari Beliau, karna beliau memang terkenal baik dan semua masyarakat mengakui kebaikannya. Dan sampai perilaku baiknya di jadikan sebagai contoh.
5.      Bukti Otentik




UJIAN TENGAH SEMESTER
LAPORAN OBSERVASI
Laporan ini disusun untuk mata kuliah : Akhlaq Tasawuf
                                                    Dosen pengampu :
MOH CHOLID WARDI, MHI
Disusu oleh :
MUHAMMAD NAUFILURRAHMAN AL-IDRISI
(20170703041076)

PROGRAM STUDI AKUTANSI SYARI’AH
JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKSAN
2017

C.    PENUTUP
1.      KESIMPULAN
Penulis disini menyimpulkan, terbentuknya akhlak seseorang bisa dilihat dengan Faktor lingkungan dan pendidikan
a)      Lingkungkungan
Faktor lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap terbentuknnya suatu prilaku seseorang, entah itu dari lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah dll. Apabila seseorang hidup di lingkungan yang baik, maka akan baik pula prilaku seseorang tersebut, Namun sebaliknya apabila seseorang terseb hidup di lingkungan yang buruk, maka otomatis prilaku seseorang tersebut akan ikut buruk, Akan tetapi semua itu tergantung hatinya masing-masing,
b)      Pendidikan
Pendidikan sangat penting untuk kehidupan seseorang, pendidikan juga mempunyai pengaruh besar terhadap terbentuknya akhlak seseorang,
2.      SARAN
a)      Agar kita terhindar dari akhlak buruk maka perbanyaklah Bacalah Qur’an dan
maknanya, Sholat malam, Berkumpullah dengan orang sholeh, Perbanyaklah berpuasa, Dzikir malam.
b)      Apabila ingin mencari sekolah, maka carilah sekolah yang berbasisi Islam, karna sejelek-jeleknya sekolah yang berbasis islam, akan mengajarkan kita bagaimna akhlak baik kepada kita.