Thursday 12 October 2017

Ujian Tengah Semester Laporan Hasil Observasi




A.                Dari hasil observasi lapangan saya mencoba memilih salah satu anak  yang ada di lingkugan rumah saya tempatnya di daerah pamekasan jalan jokotole yang menurut saya perilaku anak tersebut agak menyimpang.seperti,pulang larut malam dan merokok di luar rumah yang belum cukup umur untuk anak seusianya.
     Saya mencoba berkomunikasi dengan anak tersebut yang memang saya mengenalnya namun tidak terlalu akrab dengan anak tersebut.kebetulan waktu itu dia sedang duduk di halaman depan rumahnya dan saya mencoba menghampirinya dan mencoba membuka percakapan.anak tersebut bernama Deni yang berumur 15 tahun tepatnya kelas 1 SMA di salah satu sekolah di pamekasan.
Saya  :Den   (sambil mencoba menghampirinya)
Deni  :iya mas,ada apa mas?
Saya :gak papa den,Cuma pengen ngomong-ngomong aja soalnya males di rumah gak ada kerjaan
Deni  :oh iya mas,sini mas duduk
Saya  :eh kamu gimana kabarnya?,kayaknya sibuk sama teman-temannya ya?
Deni  :baik mas,iya mas anak-anak sekolah sering ngajak  nongkrong kalau malam
Saya  :emangnya kamu di bolehi sama orang tuamu kalau sering pulang malam?
Deni :gak papa sih mas,soalnya orang tuanya saya sibuk sendiri sama urusan.jadi,saya jarang di urus sih     (sambil tersenyum)
Saya  :hhmm,kamu ngerokok ya?
Deni  :mas tau dari siapa?
Saya  :mas ngeliat sendiri kalau kamu ngerokok di pinggir jalan sama teman-temanmu
Deni  :iya saya ngerokok mas,tapi jangan bilang-bilang ke orang tuanya saya ya mas
Saya  :iya den,emangnya sejak kapan kamu merokok?
Deni :ya sejak sering kumpul sama teman-teman tongkrongan mas.saya pertama di suruh mencoba katanya sih biar kelihatan gaul mas,jadi saya coba mas,terus berlanjut sampai sekarang.
Saya :awas deni rokok buat kesehatan apalagi kamu masih belum cukup umur untuk mencoba hal seperti itu.jadi saranku sih lebih baik kamu stop dulu untuk merokok biar gak menyesal
Deni :iya mas saya akan usahakan untuk berhenti merokok.tapi mungkin tidak untuk saat ini
Saya  :ya seemua terserah kamu deni,mas Cuma memberi tahu bahaya merokok
Deni  :iya mas makasih sarannya
(percakapan kami berlanjut agak lama.lalu,saya berpamitan untuk pulang .sebelumnya saya mengajak deni untuk berfoto terlebih dahulu alasannya buat memory aja)

Jadi,dari hasil pengamatan saya,saya dapat menyimpulkan bahwa Deni tingkah lakunya menyimpang karena ada 2 faktor:
1.Faktor keluarga:
Dalam wawancara saya dengan deni,saya dapat menyimpulkan bahwa Deni kurang pengawasan,kasih sayang dan didikan dari orang tuanya,karena orang tuanya yang sibuk dengan urusannya sendiri.seharusnya orang tua memberi pengawasan dan perlindungan kepada tingkah laku anaknya.
2.Faktor pergaulan:
 Dalam wawancara saya dengan Deni saya dapat menyimpulkan bahwa Deni terbawa arus pergaulan yang di pengaruhi oleh temannya dalam tingkah laku dan fikiran seperti perbuatan merokok yang di ajarkan/di suruh oleh temannya dan Deni juga sering pulang hingga larut malam.





B.       Dalam tugas ini saya juga mencoba mengamati di sekitar rumah di daerah pamekasan jalan jokotole,saya mendapati seorang teman saya yang bernama beni yang menurut saya mempunyai penyakit hati yaitu “iri hati”. Iri hati sendiri adalah suatu penyakit hati yang di benci ALLAH SWT.
     Lalu saya mencoba menyelidiki dan menanyakan kepada teman dekat beni yang benama cahyo ,saya mencoba mendatangi kediaman cahyo yang berada di jalan veteran.sebelum itu saya sudah memberi tahu kepada cahyo bahwa saya akan bermain ke rumahnya,setelah sampai saya langsung membuka percakapan terhadap cahyo.
Saya   :Hai Cahyo,apa kabar?
Cahyo :baik Fir,kamu bagaimana kabarnya?
Saya   :alhamdulillah baik juga Yo
Cahyo :tumben kamu kesini,emang ada perlu apa?
Saya   :gini Yo,saya ada tugas kuliah.tugasnya di suruh observasi tentang penyakit hati
Cahyo :hhmm terus apa yang bisa saya bantu?
Saya  :kamu kan temanan sama Beni sudah lama jadi kamu sudah tahu banyak tentang  Beni,katanya Beni sering iri kalau ada temannya membeli suatu barang?
Cahyo :iya sih Fir
Saya   :terus apa penyebabnya ya?,kok Beni bisa mempunyai sifat seperti itu?
Cahyo :sebenarnya Beni itu iri kalau ada temannya membeli barang baru yang beni itu sendiri tidak mempunyainya,mungkin karna dia tidak mampu membeli barang yang temannya beli
Saya   :kamu kok bisa berpendapat seperti itu?
Cahyo :iya,soalnya waktu itu pernah temannya Beni membeli hp iphone.tapi,wajah Beni menunjukakkan wajah yang tidak suka terhadap temannya dan bilang ke saya kalau hp tersebut jelek,padahal saya tahu bahwa hp tersebut tergolong hp yang mahal,kita jan tahu sendiri bahwa beni tergolong orang yang kurang mampu
Saya   :oh gitu ya,ya sudah saya mau pulang dulu ya.makasih infonya
Cahyo :oh ya Fir

Kesimpulan dari perilaku Beni tersebut adalah kurangnya rasa syukur atas rejeki dan nikmat yang di beri ALLAH SWT kepada dirinya dan Beni merasa kebutuhannya selalu kurang,dan bahaya dari iri hati itu sendiri dapat berdampak buruk bagi Beni:
1.orang iri hati mudah menyimpan dendam
2.orang iri hati mudah menghalalkan segala cara
3.orang iri hati mudah melupakan firman Allah Swt
4.orang iri hati mudah kecewa



















c. Di sini saya mencoba mengamati akhlak baik dan akhlak buruk dari teman kampus sendiri yaitu di stain pamekasan,namun saya tidak dapat menyebutkan namanya.karena,saya mengamati tanpa sepengetahuan teman saya tersebut dan ditakutkan menimbulkan kebencian.
  1.Dari segi akhlak baiknya:Dia bisa di bilang orang yang cukup baik dan suka membaur dengan teman kampus tanpa membeda-bedakannya,dia juga tergolong orang yang suka membantu temannya jika temannya ada kesulitan dalam hal pelajaran atau dalam hal di luar pelajaran,menurut saya dia juga termasuk orang yang cukup alim mungkin di karenakan dia berasal dari anak pondok,kalau pada saat jam kosong dia suka membaca buku yang berkaitan dengan agama.
2.Dari segi akhlak buruknya:Dari pengamatan saya,dia termasuk orang yang emosional dan tidak terlalu suka unuk di ajak bercanda. Jadi, dia orang yang terlalu serius dalam banyak hal namun sikap emosional itu mudah hilang.






































Ujian Tengah Semester
Laporan Hasil Observasi

Di ajukan untuk memenuhi Ujian Tengah Semester Akhlaktasawuf yang di ampu oleh Bpk :Moh.cholid Wardi,M.HI




Di susun oleh:
Firdaus Maulidy Rahman
(NIM.21753500599)




















PROGRAM STUDI AKUNTANSI SYARI’AH
JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAM ISLAM NEGERI PAMEKASAN
2017





Bukti Otentik Observasi















































Bukti Otentik Observasi