LAPORAN
TUNA GANDA
Disusun sebagai salah satu tugas observasi
Mata Kuliah Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus
Tahun 2018
Disusun Oleh :
HALIMAH
NURHASANAH
PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING
ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PAMEKASAN
2018
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
1.
Identitas klien/siswa SLB
a.
Nama : Anis Tamarah
b.
Usia: 16
c.
Bersekolah atau tidak: sekolah kelas 1 MA
d.
Tempat tanggal bulan tahun lahir:
e.
Anak ke berapa dari berapa bersaudara: Ke dua
f.
Nama ayah: Abd. Rahman
g.
Pekerjaan ayah: Nelayan
h.
Pendidikan terakhir ayah: SD
i.
Nama ibu: Hozaimah
j.
Pekerjaan ibu: ibu rumah tangga
k.
Pendidikan terakhir ibu: SMA
l.
Alamat: baranta pesisir
2.
Identifikasi Disabilitas
a.
Keterbatasan atau disabilitas-nya apa, cacat apa, deskripsikan/gambarkan keadaannya
Anis Tamarah adalah
anak berkebutuhan khusus disabilitas tuna rungu, suara ( tidak bisa bicara), dan
tuna grahita ringan. Ai bermasalah pada pendengaran,
pendengaran sebelah kiri 90 desibel telinga sebelah kanan diatas 100 desibel, sehingga Anis mampu mendengar
tingkat bunyi seperti bunyi pesawat ,
selain itu ia juga bermasalah pada IQ-nya , dia lamban sekali untuk belajar dan
faham atas apa yang di katakana orang lain.
b.
Sejak usia berapa mengalami disabilitas/kecacatan
Anis mengalami disabilitas sejak usia 10 bulan.
c.
Apa penyebab disabilias/kecacatan yang
dialami
pada saat usia 10
dia mengalani panas yang luar biasa sehingga tubuhnya mernggigil, dia tidak
sempat di bawah kerumah sakit karena sudah malam.
d.
Tuliskan pengalaman/perjalanan kehamilan
ybs dan perkembangan ybs sejak 00 – 12 bulan
Perjalan kehamilan
ibu hozaimah sama seperti ibu hamil pada
umumnya.
e.
Apa saja masalah yang dialami saat ini
Masalah saat ini adalah pendengaran, dan suara (tidak bisa bicara), IQ
lambat
f.
Apa saja keterlambatan yang dialami saat
ini.
·
Keterlambatan dalam berbicara
karena dia harus menggunakan bahasa isyarat
sebagai bahasa komunikasi dan tidak semua temanya mengerti sehingga terjadi miskomunikasi
antara anis dengan teman temanaya.
·
Keterlambatan pendengaran.
Karena masalah yang dialami adalah pendengaran jadi anis tidak dapat
merspon pelajaran dengan cepat.
·
Keterlambatan IQ
Karena masalah yang di alami anis IQ rendah maka dia sangat lambat untuh
baerfikir, menghitung, dan menulis.
g.
Apakah ybs memiliki kelebihan, jika ada
deskripsikan
Kelebihanya adalah
dia mempunyai kreatif
tangan ada beberapa kreasi yang pernah dia buat sendiri tanpa bantuan siapapun,
dan dia lebih nurut dibandingkan dengan teman teman yang sama tuna ganda.
3.
Deskripsikan keseharian klien/siswa SLB
Keseharian anis
disekolah seperti biasa berangkat dijemput guru pembimbing, dan samapai
disekolah ia belajar dengan guru pemimbing, ia tidak mau belajar kepada guru
selain guru pembimbingnya, bahkan jika guru pembimbinga terpaksa tidak bisa
masuk sekolah, dia baru mau belajar pada guru yang lain. Karena menurut dia
guru pembimbinya sangatlah baik.
Antara teman sesame
ganda ia dapat berkomunikasi dengan lancar karna ia menggunakan sisbi namun
dengan teman lainya ia justru miskomunikasi karena temanya tidak faham dengan
bahasa yang digunakan.
B.
TUJUAN OBSERVASI
Laporan observasi ini
disusun selain untuk memenuhi tugas mandiri
mata kuliah Pemahaman ABK agar bisa melihat langsung seperti apa
ABK tersebut, anak yang mengalami keterbatasan baik, fisik mental, intelektual,
emosional social dsb. Dan uga inin megetahui bagaimana cara pihak sekolah dan guru menangani ABK.
C. MANFAAT OBSERVASI
a.
Bagi mahasiswa
1)
dapat mengetahui anak berkebutuhan
khusus dengan berkomunikasi langsung dengan klien.
2)
Dapat mengetahui layanan yang dibutuhkan siswa yang mengalmi ABK
3)
Dapat mengetahui secara langsung
tritment yang diberikan guru pada siswa ABK
b.
Bagi penulia lain
1)
Sebagai bahan bacaan dan tambahan ilmu.
2)
Sebagai refrensi
BAB II
PELAKSANAAN OBSERVASI
LOKASI DAN WAKTU OBSERVASI
1. Lokasi Observasi
Dalam observasi ini penulis mengambil lokasi di SLB
TLANAKAN
2. Pelaksanaan observasi
HARI: senin
TANGGAL: 26-maret-2018
JAM: 08:00
WIB
BAB III
I.
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING, Jika di SLB
1.
Apakah ada guru BK di SLB tsb
Tidak
ada, namun masing masing siswa mempunyai guru pembimbing yang bertanggung jawab
terhadap perkembanganya.
2.
Jika ada layanan bimbingan dan konseling seperti apa
saja
yang di terapkan dan dilakukan
pada siswa yang anda amati
untuk disabilitas
tuna rungu guru mnerapkan
·
Menerapkan dua bahasa yaitu bahasa ibu, dan bahasa
SIBI ( system isyarat bahasa menggunakan jari)
Ketika
anak berkomunikasi dengan orang tua ia menggunakan bahasa ibu, dan guru dan
temannya tidak faham. Maka diberikan bahasa SIBI sesuai dengan bahasa isyarat
nasional. Dan pelan pelan diajarkan dan langsung dipraktekkan disekolah.
·
Therapy meja artikulasi
Meja
artikulasi ini adalah meja besar dan lengkap dengan cermin yang cukup besar, menja ini digunakan
oleh guru khusus untuk tuna rungu, untuk mereka latihan berbicara, adu fokal
dengan melihat langsung bayanganya sendiri.sehingga pelan pelan dia terus
belajar berbicara.
·
Gambar
Layanan
ini selalu diterapkan oleh guru, karena jika tidak ada gambar anak selalu
bertanya bentuk dari tulisan.
Contoh:jika
guru menulis kata MOBIL maka harus ada gambar yang menunjukkan itu MOBIL, jika
tidak ada gambar anak tidak paham.
Kesulitan
guru dalam memberikan layanan ini adalah ketika ada kata penghubung.
Contoh.
Kata “MAKA” guru tidak dapat memberikan
gambar pada kata “ MAKA”.
·
Video
video
jarang diberikan tapi sesekali deberikan video tentang huruf huruf, huruf
hijaiyah
BAB IV
PENUTUP
A.
REFLEKSI
Saya mendapatkan banyak pengalaman di sekolah SLB TLANAKAN,
karena saya melihat siswa berkebutuhan khusus itu benar- benar memprihatinkan,
dan begitu sabarnya guru dalam memberikan layanan yang sesuai dengan yang
mereka butuhkan, berkat ketelatenan guru saya melihat banyak prestasi yang
mereka raih, dan juga karya mereka dalam
bidang keterampilan. Bahkan ada siswi yang mengalami
tunaanetra tapi mampu menghafal al quran sebanyak 7 jus. Dan ada anak yang tuna
dia bisa meraih juara puisi Nasional nomer SATU.
Saya merasa bahwa kita
yang mampu melihat, fisik sempurna, tapi semangat kita kalah dari mereka, dari
sini saya pribadi banyak belajar bahwa disetiap Allah memberikan kekurangan
Allah juga pasti memberikan kelebihan dan itu saya lihat pada siswi umur 11
tahun dan mengalami disabilitas tuna netra mampu menghafal al quran.subhanallah
B.
PEMBELAJARAN/ LESSON LEARN
·
Kesabaran dalam mendidik siswa ABK
·
Keikhlasan guru dalam mengantar
jemput siswa setiap hari.
·
Tanggung jawab yang begitu besar
terhadap anak didik.
Lampiran
1.
Surat tugas
2.
Foto dokumentasi dengan kepsek
3.
Foto dengan guru pembimbing
4.
Foto berkaitan dengan aktivitas keseharian
ybs di sekolah/dirumah
5.
Foto anda dengan klien/siswa SLB tersebut
Meja
Artikulasi