Wednesday 16 May 2018

TELAAH TEKS ARAB





MAKALAH
TELAAH TEKS ARAB
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah “Telaah Teks Bahasa Arab”
Dosen Pengampu:
Azhar Amrullah Hafizh, LC, M. TH. I
 



                                        
                               
                       


Disusun Oleh:


PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INGGRIS
JURUSANTARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN
TAHUN AKADEMIK: 2017-2018 M




A.    Teks Arab
وَهَكَذَا فَقَدْ أَضْيَرْتُ التَّرْبِيَةُ فِى الْغَرْبِ مِنْ خِلَالِ الْانحِرَافِ عَنِ الْمَبَـاِدِئِ الْكُلِّيَةِ, وَالْخُرُوْجِ مِنَ الْأَطَرِ الْعَامَّةِ, وَتُضِيْعُ الْاَهْدَافَ الْكُبْرَى, وَأٌصِيْبَتِ التَّرْبِيَةُ لِدُّنْيَا بِالضَّرَرِ نَتِيْجَةِ الْاَهْمَالِ وَالْكَسَلِ وَالْقُصُوْرِ فِى الْوَسَائِلِ وَرَدَاءَةِ الْأَوْضَاعِ الْعَامَّةِ عَلَى حِيْنِ حَرْفِ الْغَرْبِ مُرَاكِبِ الْعُوْدَةِ إِلَى رِيَاضِ الْوَحْيِ, فَاِنَّ طَرِيْقَ التَّصْحِيْحِ لِدُنْيَا مَا زَالَ مَشْرَعَ الْأَبْوَابِ, إِذَا مَا تَوَفِّرُ لِدُنيْاَ مَا يَكْفِي وَ الْاِخْلَاصِ وَالْعَزِيْمَةِ.
التَّرْبِيَةُ جُزْءٌ مِنْ كُلٍّ :
        تَتَحَكَّمُ بِحَيَاتِنَا مَجْمُوْعَةٌ كَبِيْرَةٌ مِنَ النَّظْمِ الْعُقْدِيَةِ وَلْأَخْلَاقِيَةِ وَالسِّيَاسِيَةِ وَالْاِجِتِمَاعِيَّةِ ... وَلَا يَسْتَطِيْعُ أَيَّ نِظَامٍ مِنْ هَذِهِ النَّظْمِ أَنْ يَنْفَرِدَ بِتَوْجِيْهِ الْحَيَاةِ مُتَجَاهِلًا مُعْطَيَاتِ النَّظْمِ الأُخْرَى, وَلَنْ يَكُوْنَ مِنْ مُصْلِحَةٍ أَيَّ أُمَّةٍ أَنْ تُعَلِّقَ تَوَازِنَهَا الْعَامُ عَلَى نِظَامٍ وَاحِدٍ;فَإِذَ صَلَحَ صَلَحَ حَالَهَا, وَإِذَا فَسَدَ فَسَدَ أَمْرَهَا, بَلْ إِنَّ الْأُمَّةَ لَاتَسْتَطِيْعُ أَنْ تَفْعَلَ ذَلِكَ إِلَّا فِي حُدُوْدٍ مُعَيَّنَةٍ.
        إِنَّ طَبِيْعَةَ التَّخَصُّصِ تُغْرِيْ بِالْاِنْحِيَازِ وَالرُّؤْيَةِ الْأَحَادِيَةِ, فَعُلَمَاءُ الْاِقْتِصَادِ يَعْتَقِدُوْنَ أَنَّ الُأُمَّةَ لَنْ تَتَقَدَّمَ إِلَّا إِذَ تَقَدَّمَ اِقْتِصَادَهَا, وَالتَّرْبَوِيُّوْنَ يَعْتَقِدُوْنَ أَنْ تَقَدَّمَ التَّرْبِيَةَ شَرْطُ لِتَقَدُّمِ الْعَالَمِ وَهَكَذَا ...وَهَذَا كُلُّهُ بَعِيْدٌ عَنِ النَّظْرَةِ الْمَوْضُوْعِيَّةِ, لِأَنَّ أَجْزَاءَ أَيُّ مَنْظُوْمَةٍ يَتَفَاعَلُ بَعْضَهَاَمَعَ بَعْضٍ تَفَاعَلاً غَيْرَ مَنْظُوْرٍ, َوكُلُّ جُزْءٍ مِنْ تِلْكَ الْأَجْزَاءَ يَعِيْقُ عَمَلِهَا, وَيَتَمَدَّدُ عَلَى حِسَابِهَا, كَمَا أَنَّهُ فِي بَعْضِ الْأَحْيَانِ يُنَشِّطُهُ, وَيَمُدُّ فِي سُلْطَانِهِ, وَلَيْسَ لَدَيْنَا قَاعِدَةٌ وَاحِدَةٌ تَحَكَّمَ عَمَلِيَّةَ التَّفَاعُلِ تِلْكَ, فَأَزْمَةُ اقْتِصَادِيَّةِ قَدْ تَحَّطَمَ الْكِيَانُ الْتَرْبَوِيُّ فِي بَعْضِ الْبُلْدَانِ حَيْثُ تَسُوْءُ الْأَخْلَاقِ, وَتُصْبِحُ الْمُؤَسَّسَاتُ التَّرْبَوِيَّةِ أَشْبَهَ بِجِسْمِ مُتَهَدِّمٍ. وَلَيْسَ مِنَ النَّادِرِ أَنْ تَرَى فِي بُلْدَانٍ أُخْرَى إِقْبَالًا عَلَى الْعِلْمِ, عَلَى أَنَّهُ الْمَلَاذُ الْأَخِيْرُ, نَتِيْجَة اِنْسِدَاد اَّفَاقِ الْعَمَلِ وَالنُّمُوِّ فِي الْمَجَلّاَتِ الْاِقْتِصَدِيَّةِ الْمُخْتَلِفَةِ, كَمَا حَدَثَ لِلْفِلَسْطِيْنِ بَعْدَ خُرُوْجِهِمْ مِنْ بِلَادِهِمْ, وَهَكَذَا...






B.     Terjemahan
Dengan demikian, pendidikan di Barat telah dirugikan oleh penyimpangan dari prinsip-prinsip umum dan keluar dari kerangka kerja publik dan membuang banyak sasaran utama. Pendidikan kita telah rusak karena kelalaian, kemalasan, kurangnya sarana dan kondisi umum yang buruk. Tapi ketika Barat membakar kapal kembali ke Taman Wahyu, jalan koreksi kita masih terbuka jika kita memiliki cukup ketulusan dan keteguhan hati.
Pendidikan adalah bagian dari segalanya:
Hidup kita diatur oleh berbagai sistem doktrinal, moral, politik dan sosial. Tak satu pun dari sistem ini unik dalam mengarahkan kehidupan, mengabaikan data sistem lainnya. Dan Itu tidak akan menjadi kepentingan bangsa manapun untuk menangguhkan keseimbangan umumnya pada satu sistem, maka apabila baik,  baiklah keadaannya, dan jika rusak, rusaklah urusannya akan Tetapi sesungguhnya suatu bangsa hanya bisa melakukannya dalam waktu yang tertentu.
Sesungguhnya karakter khusus memikat prasangka dan pandangan yang satu. Para ekonom percaya bahwa negara tidak akan maju kecuali ekonominya maju dan pendidik percaya bahwa pendidikan adalah syarat bagi kemajuan dunia dan seperti inilah…Dan semuanya ini jauh dari pandangan obyektif, Karena bagian-bagian dari setiap sistem berinteraksi satu sama lain interaksi yang tidak terlihat dan setiap bagian dari bagian ini menghalangi pekerjaannya dan berkembang dengan mengorbankannya dan kadang-kadang mengaktifkan dan meluas dalam kekuatannya. Dan kita tidak memiliki satu peraturan yang mengatur proses interaksi bahwa krisis ekonomi telah menghancurkan entitas pendidikan di beberapa negara di mana moral memburuk dan institusi pendidikan menjadi seperti tubuh yang memburuk dan tidak jarang melihat di negara lain permintaan ilmu pengetahuan sebagai keuntungan terakhir karena menyumbat prospek kerja dan pertumbuhan di bidang keterbelakangan ekonomi, seperti yang terjadi pada orang-orang Palestina setelah mereka meninggalkan negara mereka , dan seperti inilah...



C.    Analisis Nahwu

وهكذا mubtada’ =
فقد huruf =
اضيرتfi’il madhi =
التربية =mubtada’
جزء  khobar =
من كل  jar majrur =
تتحكمfiil mudhari’ =
من النظم العقدية jar majrur =
والاخلا قية athof =
يستطيع fiil mudhari’ =
ان ينفردnashob =
الاخرىkalimat isim =
من مصلحةi’rab jar =
على نظامkalimat isim =
واحدkalimat isim =
صلحFiil madhi =
فسدfiil madhi =
ان طبيعة = انmudhaf/ismu 
التخصيص = mudhaf ilaih
تغرير = fi’il mudhari’
  بالانجاز =(ب)isim majrur
والرؤية =athof
الاحادية naن ينفرد’at =
فعلماء = mubtada’/mudhaf
الاقتصاد =mudhaf ilaih
يعتقدون =fi’il mudhari’
ان الامة = ان ismul
لن =awamil nashob
تتقدم =fi’il mudhari’
الا =harful istisna’
اذا تقدم =fi’il mudhari’
اقتصادها =maf’ul bih
والتربويون =mubtada’
يقتقدون =fi’il mudhari’
ان تقدم =انmudhaf/ismul
التربية =mudhaf ilaih
شرط =انkhobar
لتقدم =jar majrur
العالم =mudhaf ilaih
وهكذا =athof
وهذا mubtada’ =
كله khobar/man’ut =
بعيد na’at =
عن huruf jar =
النظرة majrur/man’ut =
الموضوعية = na’at
لأن أجزاء = ismuأن
أي = / mudhaf أنkhobar 
منظومة =mudhaf ilaih
يتفاعل =fi’il mudhari’
بعض =fa’il/mudhaf ilaih
ها =mudhafnya
بعض =majrur
تفاعلا =mashdar
غير =huruf istisna’
منظور =mustasna’
وكل =mubtada’/mudhaf ilaih
جزء =mudhaf
من =huruf jar
تلك =isim isyarah
الأجزاء = من majrur dengan
يعيق عمل =mudhaf ilaih
ها = khobar/mudhaf
ويتمدد =fi’il mudhari’
على =huruf jar
حساب=على mudhaf/majrur dengan 
ها = mudhaf ilaih
بعض =mudhaf
الأحيان =mudhaf ilaih
ينشط =fi’il mudhari’
ه  maf’ul bih =
يمد =fi’il mudhari’
لدي =ليسismu
عملية =maf’ul
التفاعل =maf’ul bih



D.    Substansi Teks
Dalam kenyataannya, semua yang kita lakukan pasti membutuhkan pendidikan atau pengetahuan terlebih dahulu. Namun tingkat pendidikan yang berlaku saat ini mengalami penurunan dikarekan meningkatnya kemalasan, kelalaian dan kurangnya sarana sehingga pendidikan jadi memburuk. Akibatnya banyak perilaku-perilaku menyimpang karena mudahnya terpengaruh pada pedidikan Barat yang mulai rusak.
Di dalam sebuah negara, hidup kita akan diatur oleh doktrin-doktrin, moral dan politik yang menjadi cerminan bangsanya. Jika doktrin, moral dan politiknya baik, maka baiklah tatanan kenegaraannya. Sebaliknya, jika buruk maka buruk pula bangsanya.
Ada dua pandangan umum yang memaknai kemajuan sebuah negara, yang pertama ialah pandangan para ekonom yang memandang bahwa kemajuan dunia tergantung dari majunya ekonomi di negara tersebut, sedangkan yang kedua yaitu dari kalangan ilmuwa yang menganggap bahwa dunia akan maju apabila banyak negara yang memiliki pendidikan yang maju.