LAPORAN
PROBABILITAS DALAM PERCOBAAN
PELEMPARAN 3 KOIN 2 DADU DAN PENGAMBILAN KARTU BRIDGE
Yang diampu oleh Ibu SRI RIZQI
WAHYUNINGRIM M.SI
Disusun Oleh :
JURUSAN TARBIYAH
PRODI BIMBINGAN KONSELING
PENDIDIKAN ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
TAHUN AKADEMIK 2017-2018
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pengambilan keputusan sering kali dihadapkan pada pilihan kompleks dan
tidak pasti. Kompleks yang dimaksud situasi yang tidak didukung dengan adanya
yang mampu menjawab permasalahan. Ketidak pastian yang dimaksud berupa ketidak
pastian akan seberapa besar perolehan dari suatu konsep. Ketidak pastian
tersebut dapat dituntaskan dengan statistika.
Bidang statistika berhubungan dengan cara atau metode pengumpulan data,
pengolahan , penyajian, serta penarikan kesimpulan berdasarkan data dan
analisis yang telah dilakukan. Salah satu pengumpulan data adalah melakukan
percobaan. Dengan melakukan percobaan diharapkan menggambarkan peluang dari
suatu peristiwa yang terjadi.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata peluang yang
biasanya kita asumsi sebagai prediksi. Akan tetapi bukan itu sebenarnya tetapi
peluang merupakan kemungkinan suatu kejadian yang kita inginkan terjadi. Dengan
mempelajari peluang akan menjadi salah satu car efektif untuk menghadapi
ketidakpastian karena mampu memberikan nilai peluang yang akurat dan dapat
dipertanggung jawabkan.
Dalam hal ini
akan dipelajari mengenai teori peluang dengan cara melakukan suatu percobaan
dengan uang logam, dadu, dan kartu yang
kemudian nantinya hasilnya dibandingkan dengan teori peluang. Diharapkan
pembuatan laporan ini dapat membantu mahasiswa dalam memahami teori peluang.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana
peluang kejadian dalam pelemparan 3 buah koin?
2.
Bagaimana
peluang kejadian dalam pelemparan 2 buah dadu?
3.
Bagaimana
peluang kejadian muncul angka 10 dan jack merah dalam pengambilan satu kartu
bridge acak?
C.
Tujuan
Penelitian
1.
Untuk
mengetahui peluang kejadian dalam pelemparan 3 buah koin.
2.
Untuk
mengetahui peluang kejadian dalam pelemparan 2 buah dadu.
3.
Untuk
mengetahui peluang kejadian muncul angka 10 dan jack merah dalam pengambilan
kartu bridge acak.
D.
Manfaat
1.
Agar
mengetahui peluang kejadian dalam pelemparan 3 buah koin.
2.
Agar
mengetahui peluang kejadian dalam pelemparan 2 buah dadu.
3.
Agar
mengetahui peluang kejadian muncul angka 10 dan jack merah dalam pengambilan
kartu bridge acak.
BAB II
LANDASAN TEORI
Untuk
mengetahui sesuatu yang belum jelas akan kebenarannya sering digunakan kata
kemungkinan atau peluang. Contohnya siswa yang menghadapi UN tentu ia menghadapi
kemungkinan lulus dan tidak lulus. Sebuah tim yang bermain sepak bola juga akan
menghadapi kemungkinan antara mennag dan kalah. Dan juga jika seorang melempar
logam ke atas, disitu juga terdapat kemungkinan munculnya salah satu sisi
apakah terlentang atau terlungkup. Dan begitu juga seorang ibu yang melahirkan
juga menghadapi kemungkinan seorang anak yang muncul apakah anaknya laki-laki
atau perempuan dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. (Suryo, 1990:154)
Dalam
genetika, peluang tersebut mempunyai peranan yang penting. Contohnya: tentang
pemindahan gen dari orang tua ke game-gamet, jenis dari spermatozoa yang
dibuahi sel telur dan berkumpulnya kembali gen-gen dalam zigot sehingga muncul
berbagai kombinasi. (Suryo, 1990:154)
Persilang
monohibrid merupakan persilangan antar dua individu dengan satu sifat beda.
Persilangan monohibrid ini berkaitan dengan hukum Mendel I atau yang disebut
dengan hukum segresi. Hukum ini berbunyi, “Pada pembentukan gamet untuk gen
yang merupakan pasangan akan disegresikan kedalam dua anakan.” Mendel
mengetahui adanya sifat monohibrid ketika melakukan percobaan yang pertama
kalinya dengan menyilangkan kacang ercis (Pisum
sativum). Sehingga sampai sekarang dalam persilangan monohibrid selalu
berlaku hukum Mendel I. Hukum Mendel I berlaku pada genetosis F1 X F1 mempunyai
genotipe heterozigot. Gen yang terletak pada lokus yang sama, pada waktu
gametosis gen yang satu alel akan terpisah mencadi satu (Campbell, 2002).
Setela
Mendel melakukan percobaan pertama yaitu persilangan monohibrid, Mendel juga
melakukan percobaan yang kedua yaitu persilangan dihibrid dimana persilangan
dihibrid merupakan persilangan dengan dua sifat beda dengan prinsip segregasi
percobaan Mendel berlaku pada segresi kromosom yang homolog. Persilangan
dihibrid berkaitan dengan Hukum Mendel II yang berbunyi “Bila dua individu
berbeda satu dengan yang lain dalam dua pasang sifat atau lebih, maka
diturunkannya sifat yang sepasang tidak tergantung dari pasangan sifat yang
lain.” (Campbell, 2002)
Peluang
atas terjadinya sesuatu yang diinginkan ialah sama dengan perbandingan antara
sesuatu yang diinginkan itu terhadap keseluruhan yang ada.
Singkatnya:
Dengan
K = peluang
besarnya peluang untuk mendapat (x)
X = peristiwa yang diharapkan
Y = peristiwa yang tidak diharapkan
Untuk
mencari peluang biasanya dapat ditempuh jalan yang lebih mudah, yaitu dengan
menggunakan rumus binomium.
(a+b)n
dengan, a dan b = kejadian/peristiwa terpisah, n = banyaknya percobaan
Rumus
binomium hanya dapat digunakan untuk menghitung peluang yang masih dalam
rencana. Seringkali dalam melakukan percobaan kita tidak akan memperoleh hasil
yang sesuai benar dengan yang kita harapkan. Agar supaya kita mantap bahwa
hasil yang nampaknya “menyimpang” itu masih dapat kita anggap sesuai atau masih
dapat kita pakai. (Suryo, 1990).
Selain itu, peluang itu
sendiri juga dapat diartikan sebagai suatu kemungkinan yang akan
terjadi/timbul, yang dinyatakan dengan nilai. Suatu kejadian yang tidak mungkin
terjadi yaitu mempunyai nilai 0, tetapi yang pasti terjadi mempunyai nilai 1.
Kejadian yang sering muncul dikatakan memiliki peluang = 1, sedangkan kejadian
yang tidak pernah muncul dapat dikatakan memiliki peluang = 0. Dua kejadian
muncul secara bersama-sama itu berarti mempunyai peluang yang sama dengan hasil
kali dari suatu kejadian. Sebagai contoh adalah jika mata uang dilempar maka
kemungkinan yang terjadi yang akan muncul adalah gambar atau angka. Jika
dimisalkan P: gambar dan Q: angka maka P+Q=1.
BAB III
METEDOLOGI
A. Waktu Penelitian
Minggu,
13 Mei 2018
B. Tempat Penelitian
Jl.
Raya Konang Galis, Pamekasan
C. Langkah-langkah kerja
1.
Siapkan
3 buah koin, 2 buah dadu, dan 1 set kartu bridge.
2.
Lemparkan
3 buah koin bersama-sama dan catat setiap kejadian kemunculan, ulangi sampai 50
kali dan 100 kali.
3.
Lemparkan
2 buah dadu bersama-sama dan catat setiap kejadian kemunculan, ulangi sampai 50
kali dan 100 kali.
4.
Kocok
1 set kartu bridge, lalu ambil satu kartu secara acak (setiap kartu yang
diambil, dikembalikan lagi). Kemudian catat kejadian kemunculan, ulangi sampai
50 kali dan 100 kali.
BAB IV
PEMBAHASAN
A. Pelemparan 3 Koin sebanyak 50 kali dan
100 kali
AAG
|
AAG
|
GGG
|
AAG
|
AGG
|
AAG
|
AGG
|
GGG
|
AGG
|
AGG
|
AGG
|
GAA
|
GGA
|
GGA
|
GGA
|
AGA
|
GAG
|
AAG
|
AGA
|
GAA
|
AGA
|
GAG
|
GAA
|
AAA
|
GGG
|
GGG
|
AGA
|
GAG
|
GGA
|
GGG
|
GAG
|
GAA
|
AGA
|
AAA
|
AGG
|
GAA
|
AAA
|
AGG
|
GAG
|
GAA
|
GAG
|
AAG
|
AAG
|
AGA
|
GAG
|
GGG
|
AGG
|
GGG
|
AGG
|
GGG
|
Jumlah
kemungkinan yang muncul = 8 (AAA, GGG, AAG, GAA, AGG, GGA, AGA, GAG)
Peluang =
Peluang muncul GGG:
Peluang muncul AAG:
Peluang muncul AAA:
Peluang muncul AGG:
Peluang muncul GGA:
Peluang muncul GAA:
Peluang muncul AGA:
Peluang muncul GAG:
AGG
|
AGG
|
AAG
|
AGG
|
AAA
|
GAG
|
AAA
|
GGG
|
GAA
|
AGA
|
GAA
|
GAG
|
GGG
|
GGG
|
GAG
|
AGA
|
AGA
|
GAA
|
AGG
|
GAA
|
AGA
|
GAG
|
GAA
|
GAA
|
AAA
|
AGG
|
AGG
|
AGG
|
GAG
|
GAG
|
GGG
|
GGG
|
AAG
|
AAA
|
GAG
|
AAG
|
AGA
|
GAA
|
AGG
|
AGA
|
GAG
|
AGG
|
GGG
|
AGA
|
AAG
|
AAG
|
AGG
|
GAA
|
AGG
|
AGA
|
AAA
|
AAA
|
GGA
|
GAG
|
AGA
|
GGA
|
GAG
|
GGG
|
GGG
|
AGG
|
GGG
|
AGA
|
AGG
|
AGA
|
GGA
|
GGA
|
GAA
|
AGG
|
AAG
|
AAA
|
GGG
|
AGA
|
AGA
|
GGA
|
AAG
|
GAA
|
GGG
|
GGA
|
GAG
|
GGA
|
GGG
|
AAG
|
AGA
|
AGG
|
GGA
|
GGG
|
AAG
|
AAA
|
GGA
|
AGG
|
GAG
|
GGG
|
AAA
|
AGA
|
AAG
|
AAG
|
GGG
|
GGA
|
GAG
|
GGA
|
Jumlah kemungkinan yang muncul = 8 (AAA, GGG, AAG,
GAA, AGG, GGA, AGA, GAG)
Peluang =
Peluang muncul AAG:
Peluang muncul AGG:
Peluang muncul AAA:
Peluang muncul GGG:
Peluang muncul GAA:
Peluang muncul GAG:
Peluang muncul AGA:
Peluang muncul GGA:
B. Pelemparan 2 Dadu sebanyak 50 kali dan
100 kali
6 & 5
|
1 & 1
|
6 & 5
|
5 & 6
|
1 & 4
|
2 & 2
|
3 & 4
|
5 & 1
|
4 & 1
|
5 & 3
|
4 & 5
|
2 & 1
|
5 & 5
|
2 & 3
|
2 & 1
|
6 & 1
|
6 & 4
|
4 & 3
|
3 & 4
|
4 & 5
|
2 & 6
|
4 & 4
|
3 & 4
|
3 & 2
|
3 & 4
|
5 & 6
|
4 & 1
|
5 & 4
|
1 & 5
|
2 & 5
|
4 & 2
|
6 & 6
|
5 & 2
|
3 & 5
|
2 & 1
|
2 & 3
|
2 & 1
|
1 & 2
|
6 & 6
|
2 & 1
|
4 & 6
|
1 & 3
|
3 & 3
|
6 & 3
|
4 & 1
|
2 & 2
|
6 & 3
|
1 & 6
|
4 & 4
|
2 & 2
|
Jumlah kemungkinan yang muncul = 28
Peluang =
Peluang muncul angka 6 & 6:
Peluang muncul angka 1 & 5:
Peluang muncul angka 6 & 5:
Peluang muncul angka 5 & 1:
Peluang muncul angka 1 & 4:
Peluang muncul angak 2 & 2:
Peluang muncul angka 3 & 4:
Peluang muncul angka 4 & 1:
Peluang muncul angka 5 & 2:
Peluang muncul angka 4 & 5:
Peluang muncul angka 2 & 1:
Peluang muncul angka 5 & 5:
Peluang muncul angka 2 & 3:
Peluang muncul angka 6 & 1:
Peluang muncul angka 6 & 4:
Peluang muncul angka 4 & 3:
Peluang muncul angka 2 & 6:
Peluang muncul angka 4 & 4:
Peluang muncul angka 3 & 2:
Peluang muncul angka 5 & 6:
Peluang muncul angka 4 & 2:
Peluang muncul angka 5 & 4:
Peluang muncul angka 1 & 3:
Peluang muncul angka 2 & 5:
Peluang muncul angka 3 & 5:
Peluang muncul angka 1 & 2:
Peluang muncul angka 6 & 3:
Peluang muncul angka 1 & 6:
2 & 2
|
2 & 2
|
2 & 6
|
4 & 5
|
3 & 5
|
6 & 3
|
1 & 2
|
1 & 3
|
1 & 3
|
4 & 4
|
2 & 6
|
3 & 3
|
5 & 1
|
5 & 6
|
6 & 4
|
4 & 2
|
5 & 3
|
3 & 5
|
3 & 5
|
5 & 2
|
6 & 3
|
6 & 3
|
4 & 2
|
5 & 6
|
3 & 4
|
5 & 3
|
5 & 2
|
5 & 3
|
3 & 6
|
2 & 2
|
6 & 3
|
1 & 5
|
4 & 6
|
3 & 2
|
5 & 5
|
3 & 5
|
5 & 5
|
2 & 2
|
6 & 6
|
4 & 3
|
3 & 2
|
3 & 6
|
4 & 1
|
4 & 4
|
4 & 3
|
5 & 5
|
6 & 5
|
1 & 6
|
4 & 3
|
1 & 2
|
5 & 2
|
3 & 4
|
5 & 2
|
5 & 3
|
1 & 2
|
1 & 2
|
5 & 6
|
6 & 2
|
6 & 4
|
3 & 4
|
4 & 2
|
6 & 6
|
3 & 5
|
2 & 3
|
3 & 5
|
1 & 4
|
3 & 3
|
5 & 2
|
1 & 5
|
6 & 2
|
6 & 6
|
1 & 6
|
6 & 2
|
2 & 1
|
5 & 6
|
2 & 6
|
4 & 3
|
4 & 6
|
4 & 2
|
6 & 1
|
5 & 4
|
1 & 6
|
5 & 2
|
5 & 2
|
6 & 4
|
2 & 6
|
5 & 3
|
4 & 3
|
4 & 4
|
6 & 6
|
2 & 6
|
6 & 2
|
6 & 3
|
3 & 1
|
6 & 4
|
2 & 2
|
6 & 2
|
3 & 3
|
3 & 1
|
4 & 6
|
Jumlah kemungkinan yang muncul = 32
Peluang =
Peluang muncul angka 4 & 3:
Peluang muncul angka 2 & 2:
Peluang muncul angka 2 & 6:
Peluang muncul angka 4 & 5:
Peluang muncul angka 3 & 5:
Peluang muncul angka 6 & 3:
Peluang muncul angka 1 & 2:
Peluang muncul angka 1 & 3:
Peluang muncul angka 3 & 3:
Peluang muncul angka 4 & 4:
Peluang muncul angka 5 & 6:
Peluang muncul angka 6 & 4:
Peluang muncul angka 4 & 2:
Peluang muncul angka 5 & 3:
Peluang muncul angka 5 & 2:
Peluang muncul angka 3 & 4:
Peluang muncul angka 3 & 6:
Peluang muncul angka 1 & 5:
Peluang muncul angka 4 & 6:
Peluang muncul angka 3 & 2:
Peluang muncul angka 5 & 5:
Peluang muncul angka 6 & 6:
Peluang muncul angka 4 & 1:
Peluang muncul angka 6 & 5:
Peluang muncul angka 1 & 6:
Peluang muncul angka 6 & 2:
Peluang muncul angka 2 & 3:
Peluang muncul angka 1 & 4:
Peluang muncul angka 2 & 1:
Peluang muncul angka 6 & 1:
Peluang muncul angka 5 & 4:
Peluang muncul angka 3 & 1:
C. Pengambilan Satu Kartu Bridge sebanyak
50 dan 100 kali
Keterangan
: S = Sekop; K = Keriting; L = Love; W =
Wajik; J = Jack; Q = Queen; K= King; A = As
10W
|
7S
|
4K
|
6W
|
JS
|
2K
|
7S
|
10W
|
3W
|
9S
|
4L
|
10K
|
JS
|
KL
|
10S
|
7K
|
8W
|
AS
|
9S
|
10K
|
2L
|
2W
|
10K
|
7L
|
9B
|
AS
|
6S
|
4S
|
JW
|
7S
|
4W
|
4L
|
KW
|
3S
|
AK
|
8W
|
10L
|
8K
|
QS
|
AL
|
6S
|
10K
|
4W
|
6W
|
KS
|
5L
|
5K
|
9K
|
JL
|
2W
|
Jumlah
kemungkinan yang muncul = 35
Peluang =
Peluang muncul angka 10:
Peluang
muncul jack merah:
5S
|
QW
|
JW
|
8L
|
8K
|
3K
|
4L
|
QK
|
9W
|
8K
|
9L
|
6W
|
5W
|
KW
|
9L
|
KL
|
5W
|
KW
|
10K
|
2W
|
9W
|
7S
|
AK
|
4S
|
2K
|
10K
|
JL
|
KW
|
KK
|
JK
|
QW
|
QL
|
AW
|
KK
|
9W
|
5K
|
9S
|
10L
|
3W
|
JK
|
JL
|
7S
|
6S
|
KS
|
KL
|
3L
|
3K
|
4K
|
6K
|
AK
|
8W
|
7K
|
4L
|
8K
|
3L
|
6W
|
3L
|
JL
|
3K
|
4L
|
2W
|
JW
|
KL
|
7W
|
8S
|
JL
|
AL
|
3W
|
5S
|
3L
|
10K
|
7K
|
3S
|
6W
|
3W
|
10S
|
JL
|
2S
|
JL
|
3W
|
5S
|
JK
|
3L
|
7K
|
6L
|
AK
|
9L
|
5K
|
4K
|
AS
|
AW
|
JS
|
8K
|
QW
|
AW
|
4K
|
5K
|
5S
|
7K
|
7K
|
Jumlah kemungkinan yang muncul = 48
Peluang =
Peluang muncul angka 10:
Peluang
muncul jack merah:
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Dari percobaan diatas
diperoleh bahwa peluang kejadian sangat kecil, dikarenakan sedikitnya
kemunculan dalam percobaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin banyak
kemunculan dalam percobaan maka semakin besar probabilitas dalam percobaan
tersebut.
Saran
Sebaiknya dalam
melakukan percobaan memilih percobaan yang jumlah kemungkinanya sedikit, agar
peluang kejadiannya semakin besar.
DAFTAR PUSTAKA
Zenardjov “Laporan Praktikum Teori Peluang” diakses pada 23
juni 2015 pukul 16.16
Werdi nur “laporan praktikum genetika peluang” diakses
pada 1 oktober 2015 pukul 16.18