PENGGUNAAN KITAB AL-JAMI’
AS-SHAGHIR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DI PONDOK PESANTREN AL-ABROR
BERRUH BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
A.
LATAR BELAKANG
Bahasa
merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh setiap kelompok masyarakat.
Setiap bahasa biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungan yang
sejenis. Oleh karena itu, wajar apabila manusia dalam komunitas tertentu tidak
dapat mengetahui bahasa dari komunitas yang lain. Meski demikian, pada
lingkungannya yang sejenis, setiap orang dapat berkomunikasi dengan baik. Hal
ini menunjukkan bahwa pada dasarnya bahasa adalah alat komunikasi antara
individu dengan lingkungannya. Secara umum, bahasa kemudian disimbolkan dengan
lafal dan ujaran.
Bahasa juga
dapat dikatakan sebagai sejumlah aturan dari berbagai kebiasaan ujaran yang
digunakan untuk berkomunikasi diantara individu dalam sebuah komunitas, dan
digunakan dalam urusan kehidupan mereka. Dan juga kita bisa menyebut bahasa sebagai
alat yang unik yang dapat memindahkan sesuatu yang diterima oleh panca indera
kepada hati.[1]
Jadi bahasa merupakan jembatan yaang dapat menghubungkan antara kehidupan dan
pemikiran.
Maka dari itu,
Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Karena
dengan bahasa semua orang bisa saling memahami, dengan bahasa semua orang
saling mengerti. Dan tanpa bahasa semua orang akan kesulitan untuk
mengungkapkan maksud dan perasaannya kepada orang lain.
Bahasa arab
adalah salah satu bahasa yang paling pentig di Dunia. Mengingat agama terbesar
di dunia adalah agama islam, sedangkan islam sendiri lahir di negara arab,
secara otomatis semua sumber ajarannya menggunakan bahasa arab. Al-qur’an dan
al-hadits yang merupakan sumber utama ajaran islam menggunakan bahasa arab.
Maka kita sebagai umat islam apabila ingin mendalami agama islam secara
sempurna atau paling tidak apabial ingin mencapainya, tidak boleh tidak untuk
bisa bahasa arab, minimal bisa memahaminya.
Ketika kita
mempunyai keinginan untuk bisa berbahasa arab secara sempurna, penting bagi
kita untuk menguasai empat maharah. Pertama maharah istima’ (keterampilan
menyimak), kedua maharah kalam (keterampilan berbicara), ketiga maharah qira’ah
(keterampilan membaca) dan yang terakhir adalah maharah kitabah (keterampilan
menulis).
Membaca
termasuk salah satu keterampilan yang amat penting untuk dikuasai. Karena
dengan membaca kita akan bisa memahami berbagai disiplin ilmu yang tentunya
disajikan dalam sebuah tulisan, yang dengan membacalah kita bisa memahaminya.
Dulu terdapat
sebuah pemikiran atau anggapan bahwa seseorang pergi ke sekolah hanya untuk
satu tujuan, yaitu “bisa membaca”. Akan tetapi pemikiran seperti ini lambat
laun semakin berkembang menjadi membaca sebagai media untuk memperoleh
pengetahuan yang lebih luas.[2]
Pondok
pesantren al-abror mulai berdiri sejak 30 tahun yang lalu, mempunyai kitab
wiridan, yaitu kitab al-jami’ as-shaghir. Kitab al-jami’ as-shaghir adalah
kitab hadits yang memuat 10.000 hadits. Mulai dari santri paling junior hingga
paling senior, semuanya mengkaji kitab ini.
Yang mebuat
kitab ini spesial dari kitab ini adalah cakupan kajiannya, yaitu tidak terbatas
pada suatu kajian. Jika kitab hadist lain membahas hadist dengan ditentukan
oleh beberapa topik kajian, seperti jika satu bab kajiannya tentang shalat,
maka semua kajian didalamnya pasti secara keseluruhan akan membahas tentang
shalat. Jika satu bab kajian membahas tentang puasa, maka sudah dapat
dipastikan didalamnya akan memuat hadist-hadits yang berkaitan dengan puasa.
Berbeda dengan kitab al-jami’ as-shaghir yang kajiannya tidak terbatas pada hal
itu.
Kitab al-jami’
as-shaghir memuat hadist yang ditentukan dari hadits yang diawali dengan huruf
hijaiyah ء (Hamzah
) samapi ي (Ya’) contoh hadist yang dimulai dengan
Hamzah :
اخرما تكلم به
ابراهيم حين القى فى النار حسبى الله ونعم الوكيل
Ketika suatu kitab tidak
terbatas pada suatu bab kajian tertentu, maka mufrodat yang ada didalamnya akan
semakin banyak dan luas, yang secara otomatis akan memperkaya pembendaharaan
mufrodat bagi pembacanya.
Dari
indikator yang disajikan diatas, peneliti tertarik untuk meneliti tentang
“Penggunaan Kitab Al-Jami’ As-Shaghir Dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Di
Pondok Pesantren Al-Abror”.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.
Bagaimana penggunaan kitab al-jami’ as-shaghir dalam meningkatkan
kemahiran membaca dipondok pesantren al-abror berruh blumbungan larangan
pamekasan ?
2.
Bagaimana langkah-langkah penggunaan kitab al-jami’ as-shaghir
dalam meningkatkan kemahiran membaca dipondok pesantren al-abror berruh
blumbungan larangan pamekasan ?
C.
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitan ini adalah :
1.
Untuk mengetahui penggunaan kitab al-jami’ as-shaghir dalam
meningkatkan kemahiran membaca dipondok pesantren al-abror berruh blumbungan
larangan pamekasan.
2.
Untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan kitab al-jami’
as-shaghir dalam meningkatkan kemahiran membaca dipondok pesantren al-abror
berruh blumbungan larangan pamekasan.
D.
MANFA’AT PENELITIAN
Adapun manfaat dari penelitian ini ada dua, yaitu :
1)
Secara Teoritis
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasan pengembangan ilmu
pengetahuan, khususnya dunia penelitian serta memberikan teori tentang
pentingnya peningkatan kemahiran membaca.
2)
Secara praktis
a.
Bagi STAIN Pamekasan
Kegunaan
penelitian ini untuk memberikan masukan atau solusi terkait dengan peningkatan
kemahiran membaca sumber bacaan dan sumbangan pemikiran dalam khazanah
keilmuan.
b.
Bagi Pondok Pesantren Al-Abror
Kegunaan
penelitian ini sebagai sumbangsih masukan dan acuan yang bersifat membangun
dalam menilai peningkatan kemahiran membaca santri, sehingga memberikan andil
yang besar bagi kemajuan Pondok Pesantren kedepan.
E.
PENELITIAN TERDAHULU
1.
اضافة الرحمة 2104, إستخدام كتاب
الإكتشاف فى تنمية مهارة القراءة بمعهد فونجأ دار السلام فوطائن دايا بلنجائن
باميكاسان
STAIN
Pamekasan, Skripsi.
Sama-sama
meneliti tentang bagaimana meningkatkan kemahiran membaca, tapi berbeda di
kitab atau buku yang digunakan.
2.
محمد حمدانى 2017, إستخدام الكتاب
التعليمى "العبارات القصيرة" لترقية مهارة الكلام بمعهد دار الهجرة أرطادونج
جاليس باميكاسان
STAIN
Pamekasan, Skripsi.
Skrisi
ini sama-sama meneliti tentang penggunaan kitab atau buku, tapi berbeda dalam
maharah yang dikembangkan.
3.
محمد زين الحمدي2013, إستخدام الجريدة
الإلكترونية لتنمية مهارة القراءة بمعهد دار اللغة والدراسات الإسلامية سنينان
أكور بالنجائن باميكاسان
STAIN
Pamekasan, Skripsi.
Skripsi
ini sama-sama meneliti tentang bagaimana meningkatkan maharah qira’ah, tapi
perbedaannya menggunakan الجريدة الإلكترونية.
4.
محمد أمين 2017, استخدام كتاب الكشاف
لترقية مهارة القراءة فى معهد فونجأ دار السلام فوطائن دايا بلنجائن باميكاسان
STAIN
Pamekasan, Skripsi.
Peneliti
yang menulis skripsi ini sama-sama meneliti tentang bagaimana meningkatkan
kemahiran membaca, tapi berbeda kitab yang digunakan.
5.
أنيسة الكاملة 2016, إستخدام كتاب
التعليمى "الفتاح للعلوم" لتنمية مهارة القراءة بالمدرسة الإبتدائية
مفتاح العلوم بمعهد الأشموني تراتي فانديان سومنب
STAIN
Pamekasan, Skripsi.
Skripsi
ini sama-sama meneliti tentang bagaimana meningkatkan kemahiran membaca, tapi
berbeda di kitab atau buku yang digunakan.
F.
KAJIAN TEORITIK