RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs MIFTAHUL ULUM JAMBRINGIN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /Semester : VIII/Genap
Materi Pokok : Thats what friends
are supposed to do
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
NO
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1.
|
3.8
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs
|
3.8.1.
Memahami fungsi sosial dalam
lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
3.8.2.
Memahami unsur kebahasaan dalam
lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
2.
|
4.8
Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
4.8.1.
Mempelajari makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial dalam pembelajaran lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8.2.
Mempelajari makna secara
kontekstual terkait dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Menjelaskan
fungsi sosial dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
à Menjelaskan
unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
2.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
à Memahami makna secara kontekstual terkait
dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja
SMP/MTs
Fokus nilai-nilai sikap
1.
Religius
2.
Kesantunan
3.
Tanggung jawab
4.
Kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
1.
Fakta
à Lirik lagu terkait dengan kehidupan
remaja
2.
Konsep
à
Fungsi sosial
à
Mengembangkan
nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif.
3.
Prinsip
à
Unsur kebahasaan
à
Kosakata dan tata
bahasa dalam lirik lagu
à
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
4.
Prosedur
à Mempelajari
makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
2.
Materi Pembelajaran Remedial
à Unsur kebahasaan
à Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik
lagu
à Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
3.
Materi Pembelajaran Pengayaan
à Fungsi
sosial
à Mengembangkan
nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3. Bahan
Tayang
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata
Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang
relevan
H.
Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK:
Religius)
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kegiatan
sebelumnya yaituSay good things about our
objects
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projekini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang:
Ø Very
good song about friendship and caring
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø Very good song about friendship and caringdengan cara
:
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
Peserta
didik diminta untuk mengamatiVery good song about friendship and caring (Literasi)
v
Mengamati
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
à Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan Very good
song about friendship and caring
v
Mendengar
à
Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan denganVery good
song about friendship and caring
v
Menyimak,
à
Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran mengenai :Very good
song about friendship and caring
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan
tentang :
à Apa
informasi yang di dapat dari Very good song about friendship and caring
yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
à Anybody knows what the song is about? (Hot)
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati
obyek/kejadian,
v
Wawancara
dengan nara sumber
v
Mengumpulkan
informasi
v
Membaca sumber
lain selain buku teks,
à
Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
-
Thats what
friends are supposed to do
v
Mempresentasikan
ulang
v
Aktivitas :
à Peserta
didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:We will learn
-
Here, we will learn to get the
message of a song to praise
them.
v Mendiskusikan
v
Mengulang
v
Saling tukar
informasi tentang :
à Very good song about friendship and caring
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data :
à Very good song about friendship and caring
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya. (4C)
v
Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Pesertadidik mengerjakan beberapa soal
mengenai
à
Very good song about friendship and caring
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikanVery good
song about friendship and caringantara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang :
à
Very good song about friendship and caring
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang
à
Very good song about friendship and caring
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v
Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK:
Religius)
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,Very
good song about friendship and caring
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang:
Ø Learning process use english
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
à
Learning process use englishdengan cara
:
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto
tentang
à
Peserta
didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru
maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tentangLearning process use English (Literasi)
v
Mengamati
à Peserta
didik diminta mengamati gambar /foto
yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan
oleh guru seperti gambar dibawah ini
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
à Peserta
didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain,
dari internet/materi yang berhubungan dengan Learning process use english
v
Mendengar
à Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan denganLearning process use english
v
Menyimak,
à Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :Learning process use english
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan
tentang :
à
Learning process use english
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
à
What
do we need to do to know the message of a song? This is what we are going
to do? (Hot)
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati
obyek/kejadian,
v
Wawancara
dengan nara sumber
v
Mengumpulkan
informasi
à Peserta
didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
Learning process use english
v
Membaca sumber
lain selain buku teks,
à Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang Learning process use english
v
Mempresentasikan
ulang
v
Aktivitas :
à Peserta
didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
- Thats what friends are supposed to do
mendengarkan dengan cermat guru kami membaca
pertanyaandan yang Kami akan We will learn:
-
Here, we willlearn to get the
message of a song.
v
Mendiskusikan
v
Mengulang
v
Saling tukar
informasi tentang :
à
Learning process use english
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data :
à
Learning process use english
yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya. (4C)
v
Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Pesertadidik mengerjakan beberapa soal
mengenai
à Learning process use english
|
Verification
(pembuktian
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
à
Learning process use english
antara
lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal
yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang :
à Learning process use english
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang
à Learning process use english
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
v
Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian:
à
Sikap (Spiritual dan
Sosial)
â
Observasi (jurnal)
â
Penilaian
diri
â
Penilaian
antarteman
à
Pengetahuan
â
Ter tertulis
à
Keterampilan
â
Kinerja
2. Instrumen Penilaian:
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial:
Kegiatan pembelajaran
remedial
dilaksanakan
dalam bentuk:
à Penjelasan
kembali materi oleh guru tentang Thats what friends are supposed to do”
4. Pembelajaran Pengayaan:
Kegiatan pembelajaran pengayaan
dilaksanakan dalam bentuk:
à
Pemberian tugas menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang “Thats what friends are supposed to do”
Pamekasan,
Mengetahui :
Kepala MTs Miftahul
Ulum Jambringin Guru
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
SAIFUL BAHRI, S.Pd RINITA DEVI, S.Pd
NIP. NIP.